Perlu Membeli Kaca Film Terbaik? Simak Dulu Tips Memilihnya

0
451
Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya_Berbagai Variasi dari Kaca Film
Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya_Berbagai Variasi dari Kaca Film

Apakah Anda berniat membeli kaca film terbaik? Kaca film sendiri ialah lapisan yang dipasang pada mobil untuk mengurangi pengaruh panas matahari. Produk ini bisa terbuat dari beragam bahan yang mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. 

Baca Juga: Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?

Selain terbuat dari beragam material, produk ini juga mempunyai intensitas kegelapan bervariasi. Jadi, Anda dapat memikirkan sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Di masa sekarang, sebuah mobil tanpa produk tersebut terasa kurang lengkap.

Apalagi produk tersebut bukan hanya diciptakan sebagai aksesoris belaka. Melainkan mengurangi tingkat panas yang diterima oleh penumpang mobil. Tentu akan sangat gerah apabila tidak menempelkannya.

Mengenal Ragam Material Kaca Film Terbaik

Ketika dilihat dari luar, semua kaca film memang tampak sama saja. Namun sebenarnya produk ini bisa terbuat dari beragam jenis material. Anda bisa menyimak beberapa jenis bahan pembuatnya berikut ini.

Nano Metal

Salah satu material pembuat kaca film terbaik ialah nano metal. Nano metal mampu menghambat panas sinar matahari dengan baik. Visibilitas juga tergolong bagus. Namun, nano metal mempunyai kekurangan mampu menghambat sensor kendaraan.

Tidak jarang sebuah mobil menerapkan sensor dan sinyal tertentu pada bagian kabin. Misalnya saja lampu dan wiper otomatis. Produk dengan material nano metal berpotensi mengganggu sensor tersebut. 

Bahan nano metal dianggap mempunyai harga cukup murah. Sebab material pembuatnya tergolong dalam kategori standar. Akan tetapi jika memang karakteristiknya sesuai dengan mobil Anda, tidak masalah untuk memilihnya.

Nano Ceramic

Bahan kaca film terbaik berikutnya ialah nano ceramic. Nano ceramic mempunyai tingkat perlindungan dari sinar matahari cukup tinggi, mirip dengan nano metal. Nano ceramic mempunyai warna lebih gelap daripada bahan lain. 

Akan tetapi, tingkat visibilitasnya tergolong rendah. Jadi, kelebihan utamanya terletak pada warna gelap. Sebelum membelinya sesuaikan dahulu dengan keperluan kendaraan Anda. Jadi bukan sembarangan mengambil produk.

Produk dari bahan nano ceramic dianggap mempunyai daya tahan yang lebih lama daripada nano metal. Hal tersebut diakibatkan oleh proses pencelupan dalam pembuatannya. 

Nano Carbon

Ada pula kaca film terbaik yang terbuat dari material nano carbon. Nano carbon juga mampu menolak panas matahari seperti material lainnya. Sementara kelebihan utamanya ialah mempunyai visibilitas baik dengan tingkat kejernihan tinggi. 

Beragam Fungsi dari Kaca Film Mobil

Beragam Fungsi dari Kaca Film Mobil_Perlu Membeli Kaca Film Terbaik? Simak Dulu Tips Memilihnya
Beragam Fungsi dari Kaca Film Mobil_Perlu Membeli Kaca Film Terbaik? Simak Dulu Tips Memilihnya

Secara umum, pemasangan kaca film mempunyai beragam fungsi. Mulai dari segi keamanan, fungsional sampai estetika. Berikut ini beberapa fungsi utama yang dimiliki oleh produk tersebut.

Pengaman

Fungsi pertama dari kaca film terbaik ialah sebagai pengaman. Produk ini mampu menjaga privasi sebuah kendaraan, terutama mobil pribadi. Tingkat kegelapannya sendiri bisa mencapai angka 90%. 

Kegelapan yang dimiliki produk tersebut membuat orang lain tidak mampu mengamati isi kendaraan dari luar. Bukan itu saja, produk ini juga dapat menahan pecahan kaca yang berhamburan akibat benturan.

Kecelakaan terkadang tidak bisa dihindari saat berkendara di jalan raya. Produk tersebut mampu menahan pecahan kaca agar tetap menempel. Jadi, keamanan penumpang bisa lebih terjaga.

Dekorasi

Fungsi lain dari kaca film terbaik ialah sebagai dekorasi. Umumnya produk jenis ini mempunyai motif tertentu sehingga menambah nilai estetika mobil. Mobil menjadi tampak lebih modis dan trendi.

Mencegah Panas

Fungsi paling penting dari kaca film ialah untuk mencegah panas sinar matahari. Produk tersebut diciptakan dengan teknologi yang mampu menyerap panas dan memantulkan kembali sinar ultraviolet dari matahari.

Teknologi tersebut membuat ruangan di dalam mobil menjadi lebih sejuk meskipun tanpa bantuan AC. Sebab memang tidak semua orang suka menyalakan AC ketika berada di dalam kendaraan.

Selain sejuk, teknologi yang mampu memantulkan sinar ultraviolet berguna dalam melindungi kesehatan penumpang. Seperti yang banyak orang tahu, sinar ultraviolet cukup berbahaya terutama bagi kulit. Bahkan bisa saja menyebabkan kanker kulit. 

Meringankan Kerja AC

Ketika memasang kaca film terbaik, suhu ruangan di dalam mobil terjaga kesejukannya. Jika memang ingin merasa lebih dingin lagi, cukup menyalakan AC dengan suhu sedang. Sehingga AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan kabin. 

Istilah Penting Berkaitan dengan Kaca Film

Kaca film mempunyai beragam istilah penting yang wajib Anda tahu. Apabila mengetahui makna beberapa istilah ini, akan lebih mudah bagi Anda dalam memilih produk yang tepat untuk mobil.

Kegelapan atau Darkness

Istilah tersebut dipakai untuk mengukur kadar kegelapan kaca film terbaik. Umumnya, ukuran disematkan dalam bentuk persentase. Jika angka persentase darkness semakin tinggi maka semakin temaram sinar yang bisa masuk ke dalam kendaraan. 

Di bagian samping atau belakang kendaraan, Anda dapat menempelkan kaca film yang gelap dengan tingkat darkness tinggi. Namun, di bagian depan sebaiknya jangan terlalu gelap. Sebab Anda perlu kejernihan yang cukup untuk menyetir.

Mungkin ketika siang hari kaca film gelap tidak menjadi masalah khusus ketika menyetir dan melihat lingkungan di depan. Namun hal tersebut bisa bermasalah ketika melalui jalanan ketika mendung tanpa ada lampu penerang jalan. 

UVR 

Jika istilah kaca film terbaik sebelumnya berkaitan dengan tingkat kegelapan produk, maka Ultra Violet Rejected memuat jumlah persentase sinar ultraviolet dari matahari yang bisa dihadang. Apabila angka persentase semakin tinggi maka tentu kemampuan juga semakin tinggi.

Total Solar Energy Rejected atau TSER

Istilah ini berkaitan dengan penolakan energi matahari yang dapat dihadang oleh produk. Semakin tinggi angka persentasenya tentu kemampuannya juga semakin tinggi. Seperti yang Anda tahu, matahari memang mengeluarkan beragam jenis cahaya.

Infra-Red Rejected atau IRR

Seperti yang Anda tahu, matahari juga mengeluarkan sinar infra-red. Kaca film terbaik akan membantu melawan sinar tersebut supaya tidak mengganggu penumpang di dalam mobil.

Visible Light Transmittance atau VLT

Istilah ini berhubungan dengan jumlah persentase cahaya yang mampu masuk ke kabin mobil. Jika nilainya kecil, maka semakin sedikit sinar yang dapat melewatinya. 

Tips Menentukan Kaca Film Terbaik bagi Kendaraan

Perlu Membeli Kaca Film Terbaik? Simak Dulu Tips Memilihnya_Tips Menentukan Kaca Film Terbaik bagi Kendaraan
Perlu Membeli Kaca Film Terbaik? Simak Dulu Tips Memilihnya_Tips Menentukan Kaca Film Terbaik bagi Kendaraan

Pada pembahasan di atas sudah disinggung mengenai material hingga istilah penting mengenai kaca film. Pembahasan tersebut akan membantu Anda untuk menerapkan panduan dalam memilih produk terkait.

Sesuai dengan Keperluan 

Tips dalam memilih kaca film terbaik yang pertama ialah menentukan berdasarkan keperluan. Misalnya tujuannya ialah untuk mengurangi tingkat radiasi sinar ultraviolet. Bisa pula tujuannya untuk meningkatkan estetika kendaraan. 

Tujuan berbeda akan memerlukan produk dengan karakter berbeda pula. Jadi, tentukan dahulu tujuannya dengan cermat. Lantas mencari produk yang sesuai dengan tujuan tersebut. 

Mempertimbangkan Material

Jangan lupa untuk mempertimbangkan material dari produk. Tidak lupa juga memeriksa tingkat ketebalan kaca. Pastikan untuk memperoleh kualitas yang sepadan dengan harganya. Ingat juga bahwa setiap material mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Menentukan Warna 

Apabila tujuan penggunaan hanya untuk keamanan, warna memang terbilang tidak penting. Namun jika menghendaki pemasangan produk ini demi meningkatkan visual, maka tentukan warna yang selaras dengan cat mobil. 

Menentukan warna yang tepat akan membuat mobil tampak estetis dan trendi. Jadi orang akan menganggapnya keren. Jika warnanya tidak selaras, kemungkinan orang lain akan menganggapnya jelek atau mungkin norak.

Garansi 

Hampir semua produk menyediakan garansi untuk menjamin kualitas kepada konsumen. Seperti yang Anda tahu bahwa kaca film bukan aksesoris mobil yang mampu awet sampai berpuluh-puluh tahun.

Jadi, akan lebih menguntungkan apabila Anda memilih produk yang mempunyai garansi. Jangan sampai membeli produk murah tanpa garansi yang akhirnya mudah rusak hanya dalam waktu beberapa bulan saja. 

Perlunya Merawat Kaca Film Kendaraan

Jika sudah membeli kaca film terbaik, jangan lupa senantiasa melakukan perawatan secara tepat. Sebab, produk terkait bukan hanya berguna melindungi dari paparan matahari. Akan tetapi juga menghadirkan kenyamanan ketika berkendara.

Di samping itu, harga kaca film juga bisa mencapai angka ratusan ribu sampai jutaan. Jadi akan terasa rugi jika tidak merawatnya lantas rusak dengan cepat. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat produk tersebut adalah berkaitan dengan cairan pembersih. Mungkin banyak orang yang membersihkan produk secara asal-asalan memakai detergen atau mungkin sampo di rumah.

Namun sebenarnya Anda perlu memakai pembersih khusus. Apabila mendesak dan belum sempat membeli bisa memakai air hangat dan sabun lembut. Lakukan pembersihan memakai kain microfiber untuk mencegah goresan.

Selain memakai cairan khusus dan kain microfiber, pastikan untuk mengeringkannya setelah selesai. Jangan membiarkan kaca film dalam kondisi basah sesudah dibersihkan. Tujuannya supaya lemnya tidak terkikis. 

Hal ini juga berlaku apabila produk tersebut basah akibat hujan atau mungkin tersiram minuman. Jangan dibiarkan basah begitu mobil sudah sampai di rumah. Segera keringkan untuk mencegah noda bahkan jamur. 

Baca Juga: Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil

Mobil adalah kendaraan yang memerlukan aksesoris tertentu seperti kaca film. Akan tetapi, sebelum membeli kaca film terbaik, perlu menerapkan tips khusus agar mendapat produk berkualitas dengan harga sepadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here