Penyebab Mesin Overheat dan Solusi untuk Mengatasinya

0
105
Penyebab Mesin Overheat dan Solusi untuk Mengatasinya
Penyebab Mesin Overheat dan Solusi untuk Mengatasinya

Penyebab mesin overheat dapat disebabkan oleh berbagai hal yang bisa saja terjadi. Terutama pemilik kendaraan roda empat pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah overheat yang mungkin terjadi pada kendaraannya.

Baca juga : Dampak Kebocoran Cairan Power Steering dan Cara Mengatasinya

Overheat sendiri adalah kondisi suhu kendaraan yang mengalami kenaikan melebihi batas normal biasanya. Dimana, secara teknis pabrik otomotif sudah merancang mesin mobil untuk mengatur temperatur mesinnya.

Dengan desain pabrik seperti itu, maka kondisi panas di luar kendaraan tidak akan mempengaruhi sehingga tidak terjadi overheating. Meskipun demikian, potensi untuk terjadinya overheating pastinya masih tetap ada.

Banyak hal yang bisa mempengaruhi terjadinya overheating pada kendaraan roda empat. Salah satunya disebabkan oleh kondisi komponen mesin yang bisa saja mengalami masalah dan mengakibatkan terjadinya overheating.

Salah satu penyebab mesin overheat adalah pengisian penggunaan air tanah pada pengisian radiator. Air tanah ini cenderung mudah diperoleh, tetapi berisiko merusak sistem pendingin jika terus digunakan dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, berbagai hal juga dapat menyebabkan kondisi overheat dapat terjadi pada kendaraan. Sebagai pemilik kendaraan roda empat kalian perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Beberapa Penyebab Mesin Overheat Berikut

Beberapa Penyebab Mesin Overheat Berikut
Beberapa Penyebab Mesin Overheat Berikut

Berbagai hal dapat menyebabkan terjadi kondisi overheat pada mesin kendaraan roda empat. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya dan kalian perlu mengetahui untuk dapat menghindarinya.

  • Radiator Coolant Habis

Penyebab pertama yang membuat mesin kendaraan menjadi overheat adalah cairan radiator coolant yang sudah habis. Akan tetapi banyak pemilik kendaraan yang tidak mengecek cairan ini secara berkala.

Baiknya cairan ini ditambah ketika volumenya sudah hampir habis sehingga tidak mengakibatkan overheat. Biasanya radiator coolant bisa dipakai hingga 20.000 km, tetapi pengecekan berkala tetap perlu dilakukan.

  • Kipas Pendingin Bermasalah

Hal lain yang menjadi penyebab mesin overheat adalah kipas pendingin yang mengalami kerusakan. Fungsi utama dari kipas pendingin ini adalah untuk menarik udara dingin dari luar untuk mendinginkan mesin.

Kerusakan pada kipas pendingin pada umumnya disebabkan oleh dinamo yang tidak bekerja semestinya. Tidak hanya itu, bisa juga disebabkan oleh pemasangan kipas yang salah atau terbalik.

  • Terjadi Kerusakan Radiator

Hal lain yang dapat menyebabkan mobil overheat adalah radiator yang mengalami kerusakan. Kerusakan pada radiator juga beragam, salah satunya adalah adanya kebocoran pada selang-selang radiator.

Misalnya pada selang radiator yang bocor dapat disebabkan oleh penggunaan yang sudah lama. Bisa juga disebabkan oleh air tanah yang merupakan cairan pengisi radiator yang bisa menyebabkan kerusakan. 

Penyebab Lain Mobil Jadi Overheat

Penyebab mesin overheat lainnya juga masih banyak yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini beberapa penyebab dari mobil yang mengalami overheat dan perlu kalian ketahui untuk mengurangi risikonya.

  • Termostat Mengalami Kerusakan

Hal lain yang dapat menyebabkan mobil menjadi overheat adalah kerusakan yang terjadi pada termostat. Fungsi utama dari termostat adalah untuk mengetahui temperatur pada mesin mobil kalian.

Jika temperatur pada mobil masih relatif rendah, maka termostat dapat bekerja tanpa meninggalkan radiator. Jika temperatur mesin tinggi, maka termostat akan memberi tahu radiator coolant menuju saluran pendingin.

  • Radiator Tersumbat

Kondisi radiator yang tersumbat atau kotor juga bisa menjadi penyebab mesin overheat. Terjadinya kondisi tersumbat pada radiator bisa disebabkan oleh karat ataupun adanya sedimentasi pada mesin.

Keberadaan endapan kotor atau kondisi berkarat dapat menyebabkan radiator menjadi tersumbat. Hal ini bisa menjadi penyebab sirkulasi coolant menjadi terhambat sehingga mesin tidak bekerja dengan baik.

  • Kualitas Oli Rendah

Hal lain yang bisa membuat mobil overheat adalah kondisi oli mesin yang rendah. Bisa dikarenakan oli yang tidak cocok dengan kondisi mesin sehingga komponen mesin tidak dapat bekerja dengan maksimal.

  • Kerusakan pada Pompa Air

Pompa air yang mengalami kerusakan juga dapat menjadi penyebab overheat pada kendaraan roda empat. Pompa air berperan dalam mengalirkan coolant sehingga berperan penting dalam komponen kendaraan.

Berikut Ini Tanda-Tanda Mobil Overheat

Selain penyebab mesin overheat, kalian juga perlu mengetahui tanda-tanda mesin mobil mengalami overheat. Berikut ini beberapa tanda yang bisa menjadi indicator mesin mobil sedang tidak dalam keadaan baik.

  • Indikator Mesin Merah

Hal pertama yang bisa menjadi pertanda mesin mengalami overheat adalah adanya indikator mesin yang berwarna merah. Kalian bisa melihat indikator merah pada bagian symbol termometer.

Biasanya pada termometer tersebut terdapat dua indikator yaitu kuning dan merah. Jika indikator berwarna merah maka sudah dipastikan suhu mesin menjadi lebih panas daripada kondisi normal biasanya.

  • Mesin Mengalami Knocking

Pertanda lain mesin mengalami overheat adalah terjadi kondisi mesin kehilangan tenaga atau knocking. Hal ini dikarenakan saat mobil panas komponen di dalamnya akan mengalami pemuaian karena panas yang berlebih.

  • AC Tidak Dingin

Hal lain yang dapat memicu kondisi mesin overheat adalah AC yang sudah tidak dingin. Suhu mesin yang panas akan mengalami kondisi penguapan berupa angin panas menuju ke dalam kabin.

  • Mobil Mogok

Penyebab mesin overheat juga akan menimbulkan kondisi mobil mogok. Dimana, setiap komponen mobil memiliki kinerja fungsi yang jika terlalu panas dan dipaksakan dapat membuat mobil menjadi mogok.

  • Keretakan pada Blok Mesin

Tanda lain yang dapat menjadi indikator mobil dalam keadaan overheat adalah adanya keretakan pada blok mesin. Indikator ini juga dapat dilihat dari cairan radiator yang bisa keluar secara terus menerus.

Cara untuk Mengatasi Mesin Overheat 

Tidak hanya penyebab mesin overheat, kalian juga perlu mengatasi kondisi mesin yang overheat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi mesin overheat pada kendaraan roda empat.

  • Mematikan mesin mobil sejenak

Ketika kondisi mobil panas, kalian bisa berhenti di pinggir jalan dan mematikan mesin mobil sejenak. Tentunya hal ini penting untuk dilakukan terutama ketika kalian melakukan perjalanan jauh dengan mobil.

Hal ini penting untuk dilakukan guna mengurangi kerusakan yang terjadi pada komponen mesin mobil lainnya. Kalian bisa menunggu kondisi mesin sampai dirasa sudah normal kembali bisa melanjutkan perjalanan.

  • Membuka kap mesin

Hal selanjutnya yang juga bisa kalian lakukan adalah dengan membuka kap mesin setelah berhenti di pinggir jalan. Jangan kalian biarkan panas tetap terperangkap di ruang mesin yang membuat terjadinya overheat.

Penyebab mesin overheat dapat diatasi dengan membuka kap mesin sehingga panas bisa keluar dari mobil sedikit demi sedikit. Tunggu beberapa saat setelah kap mesin dibuka untuk mengembalikan suhu normal.

  • Jangan langsung buka tutup radiator

Ketika mobil kalian mengalami overheat, jangan langsung membuka tutup radiator. Hal ini dapat menimbulkan asap jika dilakukan dan dapat merusak komponen lain pada mobil kalian.

Ketika tutup radiator sudah dibuka, maka dapat menyebabkan uap lain serta air dengan tekanan tinggi lepas. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya percikan api dan juga kebakaran pada komponennya.

Solusi Lain Masalah Mesin Overheat

Solusi Lain Masalah Mesin Overheat
Solusi Lain Masalah Mesin Overheat

Penyebab mesin overheat dapat diselesaikan dengan beberapa solusi yang bisa kalian ikuti. Berikut ini beberapa solusi tersebut sehingga dapat mengatasi permasalahan mesin kendaraan roda empat yang overheat.

  • Periksa Air Radiator

Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengecek kondisi tabung cadangan pada radiator. Hal ini penting untuk dilakukan guna melihat air radiator masih cukup atau kurang.

Selain itu, juga terdapat indikator ketinggian air yang bisa kalian lihat untuk mengetahui kondisi airnya. Kalian bisa mengisi air radiator jika dirasa sudah kurang sehingga mesin tetap dalam kondisi normal.

  • Periksa Kebocoran

Hal lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah overheat pada mesin adalah dengan memeriksa kebocoran. Kalian bisa mencari titik kebocoran yang mungkin terjadi pada sistem pendingin.

Beberapa jenis sistem pendingin pada mobil yang bisa kalian cek adalah kepala silinder dekat gasket, blok mesin dan radiator. Hal ini bisa membuat kalian mengetahui penyebab mesin overheat pada mesin.

  • Panggil Bantuan

Jika beberapa upaya untuk mengatasi masalah overheat juga belum teratasi, maka segera panggil bantuan. Kalian bisa memanggil orang yang ahli di bidangnya untuk mengatasi permasalahan ini.

Kalian bisa menghubungi bengkel terdekat untuk mengatasi masalah overheat ini. Dengan cara ini kalian bisa melakukan perbaikan pada mesin yang mengalami overheat pada kendaraan roda empat.

Baca juga : Cara Merawat Cat Mobil Mudah dan Praktis, Tampilan Selalu Baru

Berbagai hal dapat menjadi penyebab overheat pada mesin mobil yang kalian miliki. Tentunya sebagai pemilik kendaraan kalian perlu memahami penyebab mesin overheat untuk dapat mencarikan solusinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here