Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil

0
404
Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil
Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil

Pentingnya menyalakan lampu hazard masih jarang disadari oleh pengguna mobil bahkan ada juga yang mengabaikan. Beberapa lainnya menyalahgunakan dengan fungsi yang tidak semestinya. Walaupun sudah ada aturan jelas, penerapannya masih belum maksimal.

Bentuk tombol untuk menyalakan lampu hazard berupa simbol segitiga berwarna merah. Saat Anda menekannya, lampu sein kiri dan kanan akan hidup secara bersamaan dan berkedip. Tombol satu ini tidak boleh sembarangan ditekan, ada waktu khusus paling tepat.

Baca Juga : Fungsi Marka Jalan di Jalan Tol, Pengendara Wajib Tahu!

Walaupun dipakai saat kondisi genting, tidak semua situasi darurat boleh mengaktifkan tombol ini. Ada waktu paling tepat dan tidak tepat menyalakan beserta berbagai alasan mengapa penting yang akan dijelaskan pada pembahasan berikut.

Waktu Paling Tepat Menyalakan Lampu Hazard

Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Waktu Paling Tepat Menyalakan Lampu Hazard
Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Waktu Paling Tepat Menyalakan Lampu Hazard

Apa sebenarnya alasan pentingnya menyalakan lampu hazard? Nah, sebelum menjawab pertanyaan satu ini, Anda perlu mengetahui kapan waktu paling tepat menyalakannya. Inilah beberapa waktu tepat yang dimaksud:

  1. Terjadi sesuatu hal yang membuat kendaraan ditumpangi harus segera menepi di pinggir jalan, salah satu contohnya mengalami ban bocor.
  2. Kendaraan mengalami malfungsi atau tidak berfungsi dengan baik, akibatnya mogok atau melaju lebih lambat dibandingkan yang seharusnya.
  3. Kendaraan melaju di luar jalur seharusnya.
  4. Memberikan informasi kepada kendaraan yang posisinya ada di belakangan bahwa di depan sedang terdapat gangguan. Ada berbagai jenis gangguan yang biasanya terjadi, seperti kecelakaan lalu lintas, tanah longsor dan lain-lain.

Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil

Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil
Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil

Pentingnya menyalakan lampu hazard bukanlah tanpa alasan. Bila sedang berada pada kondisi darurat, menekan tombolnya menjadi sangat penting dilakukan. Perlu diingat bahwa tombol ini tidak boleh dipakai saat mobil masih melaju karena bisa menimbulkan dampak buruk.

Alasan mengapa penting yaitu pengguna kendaraan yang posisinya ada di belakang tidak mengetahui bahwa mobil di depannya sedang berada dalam kondisi darurat. Dampak buruknya, bisa berpotensi terjadi tabrakan beruntun.

Hal ini tentu akan sangat membahayakan dan merugikan banyak pihak. Bukan hanya bagi pemilik kendaraan yang mengalami permasalahan saja, tapi juga pengguna jalan lain. Baik itu yang bertabrakan langsung atau pengguna jalan lain di belakangnya.

Jadi, akses jalan tersebut menjadi terhambat bahkan berkemungkinan diarahkan ke jalur lain bila memang situasinya cukup parah. Inilah yang membuat pentingnya menyalakan lampu hazard.

Namun, memang harus sesuai dengan ketentuan waktu darurat. Sebab, tidak semua keadaan darurat diperkenankan untuk menyalakan lampu hazard. Ada waktu darurat tertentu yang tidak dianjurkan memanfaatkan tombol satu ini.

Waktu atau Situasi yang Salah Menyalakan Lampu Hazard

Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Waktu atau Situasi yang Salah Menyalakan Lampu Hazard
Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Waktu atau Situasi yang Salah Menyalakan Lampu Hazard

Masih ada saja pengguna mobil yang tidak menyadari bahwa penggunaan lampu hazard sangat berdampak terhadap kelancaran perjalanan. Ada beberapa waktu atau situasi yang salah memanfaatkan tombol darurat satu ini, antara lain:

  • Iring-iringan atau Konvoi

Ada sebagian pengguna mobil yang menyalakan lampu hazard saat sedang melakukan iring-iringan atau konvoi. Tujuan mereka melakukannya sebagai salah satu upaya untuk menunjukkan bahwa tergabung dalam rombongan.

Pentingnya menyalakan lampu hazard memang tidak boleh diabaikan. Namun, lihat terlebih dahulu kondisi dan situasinya. Tombol darurat ini tidak perlu dinyalakan saat sedang melakukan konvoi.

Sebab, hanya akan membuat pengendara jalan yang ada di belakang posisi Anda malah merasa bingung. Bila memang sedang melakukan iring-iringan, sebaiknya cukup jaga jarak serta kecepatan saja supaya tidak tertinggal.

  • Memberikan Isyarat Lurus Saat Berada di Persimpangan

Waktu salah dan tidak disarankan selanjutnya yaitu memberikan isyarat lurus saat berada di persimpangan. Banyak pengemudi kendaraan memanfaatkan tombol ini saat melewati persimpangan.

Tujuannya untuk memberikan informasi bahwa mobil akan lurus. Aktivitas seperti ini tidak perlu dilakukan karena tanpa menyalakan lampu hazard sudah menandakan bahwa mobil akan bergerak lurus.

  • Situasi Cuaca Sedang Buruk, Hujan atau Berkabut

Waktu yang salah terakhir yaitu saat sedang mengalami cuaca buruk, hujan atau berkabut. Ketika menyalakannya pada kondisi seperti ini, bukannya membuat pengendara lain lebih berhati-hati, tapi malah bingung.

Sebab, fungsi dari sein kiri dan kanan akan hilang saat Anda hendak memanfaatkannya sebagai tanda pindah haluan. Jadi, pentingnya menyalakan lampu hazard harus diwaktu tepat.

Bila kedua fungsi lampu sein tidak berfungsi dengan baik, pengendara di belakangnya akan sulit mendeteksi. Keadaan inilah yang rawan menimbulkan kecelakaan. Saat cuacanya buruk, Anda hanya perlu menyalakan lampu utama.

Atau bisa juga menyalakan rear fog lamp atau lampu kabut bila kendaraan Anda dilengkapi fitur ini. Penerangan ini cukup membantu pengendara lain untuk mendeteksi keberadaan mobil Anda, sehingga bisa lebih berhati-hati.

Beberapa Fungsi Lampu Hazard untuk Keselamatan

Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Beberapa Fungsi Lampu Hazard untuk Keselamatan
Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard pada Mobil_Beberapa Fungsi Lampu Hazard untuk Keselamatan

Pentingnya menyalakan lampu hazard sangat berhubungan erat dengan keselamatan pengendara jalan. Lampu ini memang jarang dipakai karena hanya untuk kondisi darurat saja dan bukan karena cuaca.

Menyalakannya sangat mudah, namun bukan berarti Anda bisa menggunakan seenaknya. Untuk pemakaian menyesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi. Sebagai pengemudi yang baik dan taat aturan, sebaiknya pahami setiap fungsi tombol pada mobil.

Jangan sampai karena iseng menekan tombol malah merugikan bukan hanya Anda sendiri tapi juga pengendara lain. Ada tiga fungsi lampu hazard untuk keselamatan yang penting dipahami, yaitu meliputi:

  • Sebagai Sebuah Tanda Peringatan

Untuk fungsi pertama, yaitu sebagai sebuah tanda peringatan. Mengingat saat berkendara di jalanan tidak selalu berjalan lancar dan berada dalam kondisi baik. Terkadang ada situasi darurat yang mampu mengancam keselamatan.

Pada saat inilah pentingnya menyalakan lampu hazard menjalankan peran. Situasi dimaksud seperti adanya kecelakaan lalu lintas, ada orang hendak menyeberang jalan atau momen genting lainnya yang mengharuskan berhenti ditengah jalan mendadak.

Bila memang harus berhenti saat dalam kondisi darurat, jangan sampai lupa menekan tombol ini. Tanda peringatan kepada pengemudi lain ini akan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sinyal yang Anda berikan akan membuat pengendara lain di belakang menjadi lebih berhati-hati memacu kendaraannya dan dengan segera menurunkan kecepatan. Bahkan tidak jarang pengemudi lain turun tangan untuk ikut membantu permasalahan Anda.

  • Dipakai dalam Kondisi Darurat

Fungsi berikutnya yang berhubungan dengan pentingnya menyalakan lampu hazard yaitu dipakai dalam kondisi darurat. Dalam UU mengenai LLAJ atau Lalu Lintas Angkutan Jalan, tepatnya pasal 121 ayat 1 sudah disebutkan mengenai lampu peringatan.

Isi pasal tersebut mengenai kewajiban setiap pengemudi kendaraan bermotor untuk memasang sebuah segitiga pengaman, lampu isyarat sebagai tanda peringatan adanya bahaya serta jenis isyarat lain saat berhenti ditengah jalan dalam kondisi darurat.

Lampu isyarat peringatan yang dimaksud adalah hazard. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, beberapa contoh kondisi daruratnya seperti mogok, ban harus diganti, sedang adanya kecelakaan dan masih banyak kemungkinan lain.

Bila sedang mengalaminya, segera menepi dan aktifkan fungsi tombol ini. Penting diingat bahwa jalanan bukan hanya Anda yang berhak menggunakannya, tapi juga orang lain. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan keselamatan pengendara lain.

  • Bukan Sebuah Isyarat Saat Akan Masuk Terowongan

Pentingnya menyalakan lampu hazard tidak digunakan sebagai isyarat saat akan masuk terowongan atau lorong gelap. Masih ada saja yang beranggapan bahwa tombol satu ini berfungsi sebagai tanda mobil masuk ke area minim cahaya serta jarak pandang rendah.

Padahal, mengaktifkannya saat masuk terowongan bukanlah hal tepat dan harus dihindari. Isyarat ini malah akan membuat pengendara yang berada di belakang Anda bingung. 

Jadi, saat masuk lorong gelap atau terowongan, Anda hanya perlu menyalakan lampu senja atau utama supaya jarak pandang terjaga. Jangan sampai salah dalam mengaktifkannya supaya tidak menimbulkan berbagai hal buruk.

  • Menggantikan Lampu Depan dan Belakang Saat Tidak Menyala di Malam Hari

Pentingnya menyalakan lampu hazard bisa Anda gunakan untuk menggantikan lampu depan dan belakang saat mati di malam hari. Fungsinya dalam situasi ini sebagai isyarat kepada pengendara yang ada di depan maupun belakang Anda bahwa ada mobil melintas.

Bayangkan bila cahaya depan dan belakang mati, sedangkan Anda berada di tempat gelap. Tentu sangat membahayakan bila tidak menyalakan lampu hazard. Sebab, tidak ada tanda sebagai pendeteksi adanya mobil melintas oleh pengguna jalan lain.

Selain keempat fungsi tersebut, sebenarnya masih banyak fungsi lainnya, seperti dipakai saat melintasi area berbahaya, contohnya kebakaran, banjir dan sejenisnya. Biasanya difungsikan juga oleh mobil patrol, ambulans, TNI, Polisi, pemadam kebakaran serta kendaraan darurat lain.

Baca Juga : Fungsi Marka Jalan di Jalan Tol, Pengendara Wajib Tahu!

Tentu saja difungsikan pada kondisi tertentu saat menjalankan tugas. Kendaraan yang memiliki kapasitas besar juga kerap memanfaatkannya, seperti truk dan bus saat melintas pelan di tol maupun jalan raya. Jadi, pastikan pentingnya menyalakan lampu hazard sesuai dengan situasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here