Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya

0
354
Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya
Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya

Untuk menjaga kinerja mesin mobil, maka perlu oli mobil terbaik yang berfungsi maksimal sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Beberapa pengguna otomotif justru tidak mengganti oli di bengkel.

Baca Juga: Cara Agar Harga Mobil Tidak Jatuh Terlalu Anjlok 

Dikarenakan memakan biaya cukup besar, maka menggantinya sendiri sering dijadikan pilihan. Tetapi untuk menggantinya, Anda perlu mengenali mana yang terbaik dan cocok untuk mesin kendaraan.

Mengingat oli sendiri merupakan komponen yang berperan besar dalam bagus tidaknya kinerja kendaraan. Itulah mengapa Anda memerlukan oli mobil terbaik agar salah satu jenis fluida ini dapat memaksimalkan mesin dalam bekerja.

Selain itu, juga usahakan selalu rajin mengganti tidak melebihi batas waktunya. Hal tersebut dikarenakan kadar kemampuan oli dalam melumasi komponen mobil dapat berkurang kualitasnya, alhasil performanya dapat menurun.

Fungsi Oli Mesin Pada Kendaraan Mobil

Tidak hanya berperan sebagai pelumas, oli mesin juga menyimpan banyak fungsi detail. Berikut fungsinya pada kendaraan mobil yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerjanya.

  • Melumasi Komponen Mesin

Fungsi oli mobil terbaik secara umum adalah untuk melumasi komponen dan partikel dalam mesin. Dengan begitu, komponen mobil dapat bekerja lebih enteng dan hasilnya lebih maksimal.

  • Merekatkan Komponen Mesin

Operasi komponen yang menyala perlu diinisiasi dahulu agar menimbulkan gerakan. Gerakan tersebut menandakan bahwa terdapat proses langkah kerja. Selain itu juga berperan dalam mengoptimalkan kinerja mesinnya.

Fungsinya yang berperan merekatkan komponen, kemudian membentuk lapisan pada setiap permukaannya. Selain itu dapat meminimalisir adanya celah yang menimbulkan regangnya komponen.

  • Membersihkan Gram Hasil Pembakaran

Mesin atau motor perlu melakukan pembakaran agar hasil energi pasokan bisa beroperasi dengan baik. Dalam proses pembakaran itu sendiri, nantinya akan menghasilkan ekskresi. Kinerja ini tentunya membutuhkan peran oli.

Hasil pembakaran tersebut kemudian mengeluarkan zat buangan berupa gram agar mesinnya tetap bersih. Pengeluaran zat buangan ini harus diangkut oleh oli yang melakukan sirkulasi. Sehingga 

  • Meredakan Daya Kalor

Saat proses pembakaran, maka timbul daya kalor dari dalam mesin, sehingga memerlukan oli mobil terbaik untuk menjaga stabilitasnya. Apalagi jika mobil sering digunakan, maka kondisi kalor di dalamnya juga semakin bertambah.

  • Menghindari Korosi

Oli juga berperan menangkap seluruh partikel debu yang masuk ke dalam komponen mesin untuk menghindari korosi. Tidak heran jika semakin lama dipakai, maka warnanya semakin gelap karena menandakan fungsinya mengangkat kotoran.

  • Meminimalisir Gesekan Antar Permukaan Komponen

Permukaan licin dapat meminimalisir timbulnya gesekan, sehingga menghindarkan dari kondisi cepat aus. Oleh sebab itu perlu oli mobil terbaik agar memaksimalkan kinerja mesin agar tahan lama dari kondisi aus.

Mengenal Kode – Kode Oli dalam Dunia Otomotif

Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya_Mengenal Kode – Kode Oli dalam Dunia Otomotif
Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya_Mengenal Kode – Kode Oli dalam Dunia Otomotif

Terdapat beberapa tulisan ketika Anda melihat kemasan oli mesin, seperti SAE, JASO, atau API. Agar semakin memahami istilah – istilah tersebut, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Oli mobil terbaik ada yang memiliki kode SAE, yaitu Society of Automotive Engineer untuk mengidentifikasi tingkat kekentalannya. Terdapat beberapa kode seperti SAE 10W-30, 10W-40, 20W-40, 20W-50.

Kode W mengartikan Winter, yaitu untuk disesuaikan dengan musim dingin atau panas. Angka paling depan menunjukkan tingkat kekentalannya ketika suhu dingin. Sementara angka belakang menunjukkan tingkat kekentalannya saat sudah dipanaskan.

Semakin kecil angka W nya, maka pelumas ini akan semakin encer saat suhu dingin. Pengujian oli yang baik dilakukan pada kondisi -30 derajat celcius sampai -35 derajat celcius.

  • Kode JASO

Kode pada pelumas selanjutnya adalah JASO (Japanese Automotive Standart Association). Pelumas JASO sendiri lebih dikhususkan untuk kendaraan motor dengan pembagian kode MA dan MB.

Kode MA dikhususkan bagi kendaraan motor kopling basah, misalnya motor sport atau bebek. Sementara kode MB cocok dipakai pada motor dengan kopling kering, seperti matic atau skutik.

  • Kode API

Oli mobil terbaik berikutnya memiliki kode API atau American Petroleum Institute yang menandakan berkualitas tidaknya sebuah pelumas. Kode API ini akan ditambahkan huruf SN atau CH.

Jika jenis kendaraan adalah gasoline atau bensin, maka dilambangkan S, jika diesel dikambangkan huruf C. Selain itu, terdapat kode lain dalam pelumas API ini.

Yaitu dilambangkan dengan huruf SG maupun SN, di mana kode SN sendiri merupakan jenis terbaru serta memiliki kualitas terbaik daripada SG.

Jenis – Jenis Oli Mobil Terbaik

Sebagai salah satu komponen vital dalam mobil, oli ternyata memiliki beragam jenis yang wajib untuk Anda ketahui. 

  • Oli Mesin

Jika Anda menerima pengingat mengganti oli, maka jenis oli mesin inilah yang dimaksudkan. Agar kinerjanya semakin optimal, maka oli mobil terbaik ini perlu diganti tiap mobil telah melewati 5.000 – 10.000 kilometer.

  • Oli Sintesis

Jenis pelumas kedua merupakan oli sintetis, terbuat dari hidrokarbon buatan yaitu PAO (Polyalphaolefin). PAO memiliki struktur paling mirip dengan hidrokarbon di oli mineral. Sehingga emisi knalpot dapat berkurang.

  • Oli Transmisi

Oli transmisi digunakan pada mobil bertransmisi manual dengan konsistensi di atas SAE 40 atau lebih kental. Dengan menggunakan jenis pelumas ini, maka pergantian gigi pada mobil dapat lebih halus juga mudah.

  • Oli Rem

Jenis oli mobil terbaik selanjutnya adalah oli rem atau minyak rem, fungsinya untuk membantu kinerja pengereman. Dapat diganti kita mobil Anda sudah menempuh jarak kurang lebih 30.000 kilometer.

  • Oli Gardan

Fungsi utama dari oli gardan adalah untuk melumasi kontak gigi gardan. Tidak hanya itu, pelumas ini juga berguna melindungi pinion gear supaya tidak bersinggungan dengan bearing. Anda dapat menggantinya jika mobil sudah menempuh sekitar 10.000 kilometer.

  • Oli Power Steering

Sistem power steering bermanfaat agar kemudi dapat ringan saat diputar, sehingga membutuhkan oli power steering. Anda dapat menggantinya setiap mobil telah menempuh kurang lebih 4.000 kilometer.

  • Oli Transfer

Jenis oli mobil berikutnya adalah oli transfer yang umumnya dipakai oleh mobil dengan sistem AWD (All While Drive) maupun 4WD (Four Wheel Drive). Tugasnya memudahkan gigi ketika berputar.

Oli Mobil Terbaik dengan Kualitas Terbai

Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya_Oli Mobil Terbaik dengan Kualitas Terbaik
Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya_Oli Mobil Terbaik dengan Kualitas Terbaik

Agar mesin – mesin pada kendaraan mobil Anda bekerja secara optimal, maka perlu menggunakan pelumas terbaik yang cocok dan sesuai. Anda dapat memilih dari 10 rekomendasi di bawah ini.

  • Mesran Super SAE 20W-50 Pertamina Lubricants

Oli mobil terbaik pertama ini memiliki kandungan zat adiktif, sehingga anti aus maupun oksidasi. Cocok dipakai untuk kendaraan mobil keluaran tahun 90an dikarenakan perlu memakai pelumas dengan kinerja tinggi.

  • Fastron Techno SAE 10W-40 Pertamina Lubricants

Mengandung nano guard untuk melindungi setiap sudut mesin agar kinerjanya semakin maksimal. Merupakan produk kualitas premium, menjaga mesin agar tetap bersih serta mengurangi aus.

  • Helix HX3 20W-50 Shell

Terdapat formulasi khusus Active Cleansing Technology, berfungsi melindungi maupun membersihkan mobil yang telah berumur. Dapat digunakan untuk mobil bahan bakar bensin maupun diesel agar performanya tetap optimal.

  • SM/CF 10W-30 Idemitsu

Oli mobil terbaik selanjutnya adalah milik Idemitsu dengan formulasi bahan berkualitas. Anda tetap dapat menyalakan mobil saat kondisi dingin, dikarenakan tekstur pelumas ini tetap encer meskipun saat suhu rendah.

  • Elite Injection 10W-40 Repsol

Pelumas keluaran Repsol ini dikhususkan pada mobil modern beraktivitas tinggi. Kelebihannya mampu menghindari karat maupun aus sehingga pemakaian bisa lebih lama serta kebersihan mesinnya tetap terjaga.

  • Helix Ultra 5W-40 Shell

Helix Ultra 5W-40 milik Shell merupakan oli mobil terbaik karena dapat bertahan walaupun dalam suhu tinggi. Cocok digunakan pada mobil keluaran pabrik Jepang, misalnya Nissan, Honda, Mitsubishi, Toyota, atau Mazda.

  • Quartz 900 5W-40 Total Energies

Quartz 900 5W-40 merupakan pelumas dengan Age Resistance Technologi supaya menghasilkan performa, ketahanan, perlindungan optimal, serta tahan oksidasi tinggi. Dapat dipakai mobil jenis bensin ataupun diesel.

  • GTX Diesel 15W-40 Castrol

GTX Diesel dapat mengatasi permasalahan pada mobil berdiesel, yaitu knalpot berwarna hitam karena hasil dari proses pembakaran. Selain itu juga mencegah keausan maupun pengentalan oli.

Anda dapat mengganti oli sendiri di rumah untuk mengurangi pengeluaran biaya. Namun pastikan selalu dibawa ke bengkel atau dealer resmi terpercaya setiap 6 bulan sekali supaya dilakukan perawatan.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kaca Film Harus Diganti dan Tips Memilih yang Tepat

Kenali dahulu jenis – jenis pelumas sesuai mobil Anda, perhatikan juga setiap angka huruf kodenya supaya sesuai dengan kebutuhan. Pakailah oli mobil terbaik seperti di atas agar performa kendaraan tetap optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here