Oli Matic Kopling Ganda Berkualitas untuk Performa Optimal

0
82
Oli Matic Kopling Ganda Berkualitas untuk Performa Optimal
Oli Matic Kopling Ganda Berkualitas untuk Performa Optimal

Pelumas untuk mesin kendaraan tentu jadi bagian yang sangat penting, sehingga mengganti oli matic kopling ganda harus kalian perhatikan dengan baik. Mengenali oli yang terbaik untuk mesin matic akan membantu memaksimalkan kualitas mesin.

Baca juga: Mengenal OBU di Gerbang Tol beserta Cara Kerjanya

Jadi jangan sampai lupa untuk menggantinya secara rutin karena tentu saja akan berpengaruh terhadap kualitas mesin. Apalagi jika sudah cukup parah maka bisa membuat kerusakan di bagian dalam kendaraan menjadi semakin parah nantinya.

Tentunya kalian tidak ingin sampai perjalanan terganggu atau bahkan harus mengeluarkan dana cukup besar untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, merawat sejak awal terutama mengenai pelumas ini harus benar-benar kalian ingat dan perhatikan.

Oli Matic Kopling Ganda Berbeda dengan Oli Transmisi Konvensional

Oli Matic Kopling Ganda Berbeda dengan Oli Transmisi Konvensional
Oli Matic Kopling Ganda Berbeda dengan Oli Transmisi Konvensional

Sebenarnya memang antara transmisi konvensional dan kopling ganda atau dual clutch menggunakan prinsip kerja sama, yaitu memakai torque converter. Namun untuk kopling ganda menggunakan 2 kopling dengan 2 komponen yang bisa bergesekan.

Hal tersebut membuat saat kalian menggunakan kendaraan tidak akan ada jeda selama perpindahan gigi. Sehingga adanya kopling ganda ini akan memberikan kenyamanan lebih selama berkendara baik jarak dekat maupun jauh.

Penggunaan komponen yang berbeda ini maka membuat oli matic kopling ganda yang harus kalian gunakan juga berbeda. Ada pelumas khusus yang berbeda dengan ATF biasa sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. 

Biasanya yang banyak direkomendasikan untuk transmisi dual clutch adalah Fuchs Titan DCTF atau Dual Clutch Transmission Fluid. Bisa juga menggunakan Motul Multi DCTF tergantung pilihan kalian masing-masing dan kebutuhan kendaraan.

Kalian tentunya bisa mendapatkan oli tersebut dengan mudah di berbagai toko khusus kebutuhan kendaraan atau bengkel terdekat sekaligus menggantinya. Jadi tidak perlu khawatir karena mudah mendapatkannya saat ini dengan banyaknya kendaraan DCT.

Tips Memilih Oli Matic Kopling Ganda yang Tepat 

Tips Memilih Oli Matic Kopling Ganda yang Tepat 
Tips Memilih Oli Matic Kopling Ganda yang Tepat

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dengan baik sebelum memilih oli khusus kendaraan matic. Dengan pemilihan pelumas berkualitas tepat maka nantinya fungsinya dalam memberikan pelumas pada bagian mesin juga akan jadi lebih optimal.

  • Sesuaikan dengan Transmisi dan Model Mesin

Sudah tentu khusus untuk oli matic kopling ganda menggunakan bahan yang berbeda. Sehingga kalian harus pastikan terlebih dahulu jenis oli yang digunakan memang sudah tepat dan berkualitas.

Oli khusus untuk transmisi dual clutch akan memberikan performa andal. Begitu juga dengan akselerasinya yang lebih cepat. Jadi jangan sampai salah dalam mengambil atau memilih pelumas khusus ini.

Mengenai merek kalian bisa mengikuti yang terbaik di pasaran. Biasanya setiap bengkel memiliki saran pilihan oli tersendiri sesuai kebutuhan kendaraan kalian masing-masing jadi kalian bisa tanyakan terlebih dahulu.

  • Pilih Tingkat Kekentalan Oli 

Setiap kemasan oli akan ada keterangan tingkat kekentalannya seperti 0W-20. Angka sebelum huruf W adalah kekentalan dan suhunya. Semakin rendah angka yang tertulis maka menunjukkan pelumas akan tetap bekerja pada suhu rendah.

Sementara itu, angka di bagian belakang adalah kekentalan oli ketika berada di suhu tinggi. Jika angkanya semakin tinggi maka oli lebih cocok untuk kalian gunakan pada daerah dengan suhu cenderung panas.

Hal ini sangat penting untuk kalian pertimbangkan karena berkaitan dengan kinerja oli matic kopling ganda ketika menjadi pelumas sesuai kondisi sekitar. Jika performanya bagus maka akan menjadi langkah tepat untuk merawat mesin.

  • Menyesuaikan dengan Bahan dan Kebutuhan Kendaraan

Ada 3 jenis bahan oli yang memang perlu kalian ketahui. Oli mineral cocok untuk kendaraan yang mobilitasnya tidak terlalu tinggi. Sedangkan jenis full sintetik bisa kalian gunakan untuk menjaga agar performa mesin lebih tahan lama.

Jika ingin kendaraan kalian bisa melaju dengan kencang maka pelumas semi sintetik adalah pilihan terbaik. Pemilihan oli matic kopling ganda yang tepat juga menjadi penentu kualitas performa kendaraan dan mesin kalian saat digunakan.

Oleh karena itu, kalian perlu mengetahuinya terlebih dahulu dan memilih sesuai kebutuhan penggunaan kendaraan juga. Apalagi setiap orang tentunya menggunakan kendaraan untuk kebutuhan berbeda satu sama lain.

  • Konsultasikan dengan Pihak Bengkel

Agar tidak sampai melakukan kesalahan maka akan lebih baik jika kalian melakukan konsultasi dan diskusi dengan pihak bengkel. Cek ulang dan pastikan jenis transmisi dan kebutuhan kendaraan sebaik mungkin.

Dengan begitu nantinya akan lebih mudah untuk menentukan pelumas seperti apa yang kalian butuhkan untuk kendaraan tersebut. Kesalahan kecil dalam memilih oli saja bisa berdampak sangat besar dalam performa dan ketahanan mesinnya.

Kalian yang paling mengetahui kebutuhan penggunaan kendaraan tersebut sehari-harinya. Jadi sampaikan dengan baik pada pihak bengkel untuk menemukan pilihan oli matic kopling ganda paling tepat untuk kendaraan kalian.

Mempercayakan penggantian oli pada pihak yang profesional dan sudah berpengalaman akan jauh lebih menguntungkan. Sehingga kalian tinggal menunggu prosesnya selesai dan kendaraan bisa digunakan secara maksimal.

Memperhatikan beberapa hal tersebut sebaik mungkin sebelum kalian mengganti oli memang sangatlah penting. Apalagi untuk kalian yang membutuhkan mobilitas cukup tinggi dan tidak punya banyak waktu ke bengkel jika sampai terjadi kerusakan kendaraan.

Bengkel resmi akan lebih terpercaya untuk bisa membantu kalian melakukan penggantian pelumas sekaligus melakukan pemeriksaan lanjutan. Menggunakan jasa bengkel biasa boleh saja, tetapi kalian harus benar-benar memperhatikan profesionalitasnya.

Kapan Harus Mengganti Oli Matic Kopling Ganda?

Kapan Harus Mengganti Oli Matic Kopling Ganda?
Kapan Harus Mengganti Oli Matic Kopling Ganda?

Fungsi dari oli matic adalah untuk melancarkan kinerja dari kopling saat berkendara. Pada transmisi matic ada banyak komponen yang bekerja saling bergesekan. Jika pelumas di antara komponen tersebut habis maka akan menimbulkan suara berisik.

Bukan hanya suara yang mengganggu, tetapi kualitas mesin nantinya juga bisa semakin menurun karena gesekan tersebut. Jadi adanya oli matic kopling ganda ini memang sangat penting dalam menjaga kenyamanan berkendara nantinya.

Biasanya waktu yang disarankan untuk mengganti oli matic adalah ketika jarak tempuhnya sampai di angka 8.000 KM. Bisa juga menggunakan patokan saat menggunakan kendaraan dalam waktu 8 bulan.

Itulah waktu yang paling tepat untuk kalian mengganti oli matic kopling ganda. Dengan begitu perpindahan gigi akan bisa lebih lancar dan halus. Jika oli kendaraan rutin kalian ganti maka usia penggunaannya akan lebih tahan lama dan nyaman saat berjalan.

Sebaiknya kalian tidak menunggu ada tanda-tanda oli habis baru menggantinya. Tetapi lebih aman jika menyesuaikan dengan jadwal penggantian yang tepat. Jadi nantinya kendaraan kalian tidak akan sampai mengalami masalah terutama pada mesinnya.

Kalian juga bisa melakukan penggantian oli ketika akan melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan tersebut. Tentunya ini adalah langkah yang paling aman agar perjalanan kalian bisa lebih lancar tanpa adanya gangguan masalah mesin.

Risiko Jika Terlambat Mengganti Oli Matic Kopling Ganda

Risiko Jika Terlambat Mengganti Oli Matic Kopling Ganda
Risiko Jika Terlambat Mengganti Oli Matic Kopling Ganda

Sudah jelas bahwa kualitas dari pelumas dalam kendaraan akan sangat berpengaruh terhadap performa mesinnya. Jika kalian sampai terlambat dalam menggantinya maka olinya akan menjadi kotor.

Ketika pelumas yang kotor ini tetap digunakan maka akan memberikan dampak pada saluran kecil yang berbentuk labirin pada area body control valve. Sumbatan ini nantinya akan berdampak fatal pada kerusakan mesin.

Apalagi pada mesin matic dengan kopling ganda ada 2 kopling dan beberapa komponen yang terus bergesekan. Sehingga pelumasnya juga tidak boleh sampai kurang atau bahkan sampai habis.

Risiko lain yang bisa timbul jika terlambat mengganti oli matic kopling ganda adalah adanya jeda pada perpindahan gigi, terjadi selip, ada hentakan, hingga tenaga yang berkurang. Kondisi ini pastinya membuat berkendara menjadi kurang nyaman.

Jika sudah sampai seperti ini maka harus ada pengecekan lebih dalam pada berbagai komponennya untuk melihat tingkat keparahan kerusakannya. Setelah teratasi baru kemudian mengganti pelumas sesuai kebutuhan kendaraan masing-masing.

Biaya yang harus kalian keluarkan untuk ini bergantung pada adanya kerusakan atau tidak. Semakin banyak komponen yang sudah rusak karena pengaruh pelumas yang kotor maka sudah tentu biayanya juga akan semakin besar.

Jadi untuk menghemat biaya perbaikan kalian maka memastikan oli diganti di waktu yang tepat dan kualitas terbaik sangatlah penting. Pastikan juga untuk menggunakan jasa dari bengkel yang terbaik sehingga hasil penggantiannya akan memuaskan.

Baca juga: Mengenal Ekosistem Kendaraan Listrik Lebih Dekat

Oleh karena itu, memang harus benar-benar memperhatikan waktu penggantian dan tanda-tanda pelumas sudah mulai aus. Mencatat waktu terakhir kali mengganti oli matic kopling ganda akan memudahkan nantinya untuk mengingatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini