Modifikasi Mobil Tetap Aman Bebas Dari Tilang di Jalan Raya

0
99
Modifikasi Mobil Tetap Aman Bebas Dari Tilang di Jalan Raya
Modifikasi Mobil Tetap Aman Bebas Dari Tilang di Jalan Raya

Melakukan modifikasi mobil memberikan keseruan tersendiri, karena mobil tersebut akan tampak jauh lebih berbeda, serta meningkatkan pengalaman berkendara. Modifikasi untuk mobil tentu berbeda dengan modifikasi yang diterapkan pada kendaraan lain.

Baca Juga: Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal

Dalam memodifikasi kendaraan seperti mobil, ada bagian-bagian yang harus diperhatikan, agar modifikasi tersebut tidak mengganggu fungsi utama mobil tersebut. Biasanya dalam modifikasi tersebut, harus juga diperhatikan apakah untuk interior atau juga untuk eksteriornya. 

Biasanya modifikasi yang diterapkan untuk mobil kesayangan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, perlu dibuat perencanaan yang baik sebelum modifikasi mobil tersebut diterapkan untuk mencegah pembengkakan biaya. 

Modifikasi ini ketika diterapkan dengan perencanaan yang baik, akan membuat kinerja mobil lebih meningkat. Modifikasi ini juga dapat membuat konsumsi bahan bakar semakin irit, sehingga mobil kesayangan Anda nyaman dipakai berkendara. 

Tips Modifikasi Mobil Menjamin Keselamatan Berkendara

Dalam menerapkan modifikasi tentu unsur keamanan harus selalu diutamakan, terutama keamanan di jalan raya. Undang-undang terkait lalu lintas sudah mengatur soal keamanan berkendaraan, termasuk juga di dalamnya soal modifikasi motor tersebut.

Jika Anda menerapkan modifikasi yang berlebihan sehingga mengancam keamanan berkendara, bisa saja Anda kena tilang nantinya. Untuk itu harus paham dengan hal ini sebelum melakukan modifikasi tersebut. Agar tetap aman, sebaiknya tips ini diterapkan ketika melakukan modifikasi untuk mobil kesayangan. 

  • Pastikan Pahami Aturan Lalu Lintas Sebelum Modifikasi

Sebelum Anda memutuskan untuk menerapkan modifikasi habis-habisan untuk mobil kesayangan, lebih baik pahami aturan lalu lintas terlebih dahulu. Perhatikan bagian-bagian apa saja yang tidak boleh dimodifikasi, agar tetap sesuai aturan.

Sebenarnya aturan modifikasi mobil yang ditetapkan dalam peraturan lalu lintas tersebut tidak banyak, dan infonya bisa diakses sendiri oleh pemilik kendaraan. Hanya saja jika aturan tersebut Anda langgar, sanksinya bisa sangat memberatkan pengendara nantinya. 

  • Pastikan Untuk Menggunakan Bahan yang Aman

Tips lain yang juga sangat penting ketika Anda melakukan modifikasi untuk kendaraan kesayangan adalah pastikan selalu menggunakan bahan-bahan yang aman. Hal ini penting agar modifikasi yang Anda lakukan tidak merusak komponen-komponen dalam mobil tersebut. 

Bahan-bahan yang aman terutama yang asli tetap penting digunakan ketika melakukan perubahan mobil. Jangan terlalu pelit akan biaya saat melakukan modifikasi mobil, karena ketika Anda menggunakan komponen yang kurang berkualitas, efek jangka panjangnya bisa sangat buruk. 

  • Gunakan Jasa Profesional Saat Modifikasi

Jika modifikasi yang hendak dilakukan bersinggungan dengan bagian kelistrikan atau bagian mesin mobil, lebih baik minta bantuan para professional. Apa lagi jika Anda melakukan modifikasi untuk mobil baru, sangat berisiko jika melakukannya secara sembarangan. 

Jasa profesional lebih paham bagian apa saja yang berbahaya untuk disentuh, sehingga tidak mengganggu kemampuan mobil kesayangan anda. Jika ingin melakukan modifikasi mobil seorang diri, lebih baik diterapkan pada hal-hal sederhana, seperti pada interior atau bagian bodi saja. 

  • Lakukan Modifikasi Sesuai Fungsi Kendaraan

Tips lainnya untuk menerapkan modifikasi yang aman pada kendaraan roda empat Anda adalah selalu utamakan fungsi kendaraan terlebih dahulu. Jika mobil tersebut Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari, jangan lakukan modifikasi secara berlebihan.

Tetapi jika mobil tersebut merupakan mobil koleksi yang dipakai hanya untuk moment-moment tertentu saja, maka bisa diterapkan modifikasi hingga tingkat ekstrem. Modifikasi mobil yang baik adalah sebisa mungkin membuat fungsi kendaraan semakin meningkat. 

Cara Modifikasi Untuk Membuat Mobil Irit Bahan Bakar

Modifikasi ketika dilakukan secara tepat dan terencana akan menimbulkan banyak manfaat positif untuk kendaraan tersebut. Misalnya modifikasi dengan tujuan menghemat bahan bakar, dapat membuat mobil kesayangan Anda semakin irit bahan bakar dan menghemat pengeluaran. 

Modifikasi untuk membuat kendaraan lebih irit banyak diterapkan bahkan termasuk untuk mobil baru. Cara menerapkannya sebenarnya relative mudah, karena cukup dengan mengganti beberapa komponen saja di dalam mobil, maka bahan bakarnya bisa semakin irit.

Salah satu modifikasi mobil yang bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin irit adalah dengan mengganti komponen yang bobotnya berat. Mengganti ban menjadi ban yang lebih ringan bisa mengurangi beban kendaraan, sehingga bahan bakarnya semakin irit.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pergantian pada sistem ac kendaraan menggunakan teknologi yang lebih canggih. Kebanyakan sistem ac pada mobil membutuhkan konsumsi bahan bakar yang besar, karena kompresor tersebut memaksa mesin bekerja lebih keras.

Jadi dengan mengganti sistem pendingin pada mobil anda, dapat membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit. Sebenarnya masih banyak komponen lain yang bisa Anda buat untuk membuat bahan bakar semakin irit, hanya saja modifikasi mobil ini bisa memakan banyak biaya. 

Aturan Lalu Lintas Soal Modifikasi Untuk Mobil

Pihak kepolisian sudah menetapkan aturan perihal modifikasi untuk kendaraan, sehingga pemilik mobil tidak sesuka hati menerapkan modifikasi untuk mobil pribadi mereka. Tentu aturan ini dibuat dengan mengedepankan keamanan serta keselamatan berkendara. 

Ada beberapa komponen dalam mobil yang dibuat aturan perihal modifikasinya, dan hal ini harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk modifikasi. Berikut beberapa aturan yang sebaiknya Anda cermati sebelum menerapkan modifikasi mobil tersebut. 

Knalpot merupakan salah satu komponen dalam mobil yang kerap dimodifikasi. Hanya saja banyak orang belum paham soal aturan modifikasi knalpot untuk setiap kendaraan. Banyak pemilik mobil lebih menyukai knalpot yang suaranya gahar dan bising.

Hanya saja, tingkat kebisingan knalpot mobil tersebut sudah memiliki aturannya tersendiri. Jika hal ini Anda langgar, maka siap-siap saja kena tilang nantinya. Jika ingin melakukan modifikasi mobil pada bagian knalpot, pastikan untuk tidak melewati batas ketentuan. 

  • Modifikasi Tentang Penggunaan Lampu

Selain pada bagian knalpot, modifikasi pada lampu mobil juga memiliki aturannya tersendiri. Lampu bukan aksesoris dalam mobil, melainkan komponen yang fungsinya untuk keselamatan berkendara. Jadi pastikan menggunakan lampu yang sesuai standard dan meningkatkan keselamatan berkendara.

Pastikan juga untuk tidak menggunakan lampu strobe atau lampu rotator pada mobil kesayangan, karena ada aturan yang dibuat terkait penggunaan lampu tersebut. Jangan sampai karena kecerobohan dalam melakukan modifikasi mobil Anda dikenai denda yang memberatkan. 

  • Modifikasi Untuk Warna Kendaraan

Modifikasi terkait body mobil juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tentu banyak orang ingin mendapatkan warna yang menarik dan berbeda pada mobil kesayangan mereka, hanya saja ada aturan yang dibuat perihal warna kendaraan tersebut.

Jika Anda ingin melakukan modifikasi serta mengubah warna kendaraan, pastikan warna yang digunakan tetap sesuai dengan warna yang tercantum pada STNK mobil tersebut. Jika dimodifikasi  tidak memperhatikan hal tersebut, sanksinya bisa sangat memberatkan. 

  • Modifikasi Pada Plat

Bagian plat mobil juga menjadi bagian yang kerap dimodifikasi penggemar otomotif, karena plat yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian biasanya terlalu standar. Tetapi hal yang tidak dipahami banyak orang adalah bahwa plat tersebut tidak bisa diganti sesuka hati.

Sebaiknya ketika Anda hendak melakukan modifikasi, bagian pelat ini jangan diganggu gugat, karena berdasarkan aturannya, hanya plat nomor yang dikeluarkan pihak kepolisian yang bisa digunakan. Jika plat tersebut hasil modifikasi mobil maka bisa dikenai tilang nantinya.  

Kesalahan Banyak Pemula Saat Modifikasi

Modifikasi sesuai aturan yang berlaku tentu bisa dilakukan, karena modifikasi tersebut kebanyakan tujuannya positif. Hanya saja, banyak pemula menganggap modifikasi hanya untuk merubah tampilan mobil saja, sehingga kerap kali hasilnya tidak maksimal. 

Salah satu kesalahan banyak pemula saat melakukan modifikasi adalah terlalu banyak menggunakan produk after market. Memang produk aftermarket umumnya memiliki desain yang lebih menarik, sehingga banyak digunakan saat modifikasi mobil.

Hanya saja, banyak juga produk after market tersebut tidak sesuai dengan standar. Oleh sebab itu, ketika Anda ingin menggunakan produk after market, lebih baik gunakan yang sesuai standar. Jika harus melakukan perombakan untuk produk aftermarket tersebut, pastikan untuk memikirkannya secara matang.

Modifikasi yang baik sebisa mungkin mempertahankan komponen aslinya. Atau juga modifikasi tersebut harus bisa dikembalikan ke bentuk aslinya. Dengan demikian, ketika Anda hendak menjual mobil tersebut, harganya bisa tetap tinggi, dan peminatnya juga tetap banyak.

Baca Juga: Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?

Tentu dalam hal modifikasi, kembali kepada selera masing-masing pemilik kendaraan. Namun yang penting dipahami adalah pastikan modifikasi yang Anda lakukan tidak mengganggu keamanan serta kenyamanan berkendara. Modifikasi mobil yang baik harus mampu meningkatkan performa serta membuat kendaraan semakin special. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here