Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi

0
76
Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Jaguar F-Type
Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Jaguar F-Type

Membeli mobil sporty merupakan impian semua orang, terutama para Sultan yang menginginkan salah satu kendaraannya masuk ke dalam garasi mereka. Harus diakui, banyak perbedaan yang bisa dibandingkan dengan kendaraan biasa. 

Baca Juga: Pilihan Mobil Classic yang Layak Menjadi Koleksi di Garasi

Mulai dari segi desain, kecepatan, sampai berbagai teknologi canggih juga sudah disematkan. Apalagi, fitur keamanan hingga keselamatannya terjaga dengan baik, atas alasan inilah kendaraan sporty selalu laku keras. 

Pengertian Secara Terperinci Mobil Sporty

Menurut pengertian kendaraan ini sendiri sebenarnya mirip dengan roda empat yang digunakan untuk balapan. Mulai dari fitur sampai keselamatannya, tetapi khusus jenis sport bisa dipakai di jalan raya.

Kondisi tersebut menjadi boleh karena, ada beberapa fitur yang dikurangi. Contohnya adalah kecepatan, khusus balapan bisa menempuh 100 km dalam waktu 4 detik, untuk mode olahraga biasanya lebih dari itu.

Perbedaan Sport Car dengan Kendaraan Biasa

Mungkin saat ini Anda sedang bertanya, sebenarnya apa perbedaan antara mobil sporty ini dengan kendaraan biasa? Ada banyak, paling bisa dilihat dari segi desainnya, terlihat berbeda sekali bukan?

Biasanya bentuknya lebih ramping dan pendek. Kondisi ini disesuaikan dengan fungsinya, karena tipe ini sendiri mengutamakan soal kecepatan. Maka, segi desain harus tepat agar bisa menempuh waktu yang diinginkan. Bukan hanya itu saja, berikut perbedaan lainnya

  • Tenaga yang Dikeluarkan

Perbedaan berikutnya adalah dari sisi tenaganya, harus diakui bahwa mobil sporty sendiri sangat besar. Tidak heran bila banyak pakar menyarankan agar Anda belajar dulu mengendarainya sebelum membeli.

Walau terkesan mudah, mengendarai jenis olahraga ini sangat sulit. Pengemudi harus paham benar bagaimana menginjak pedal gas untuk menjaga kestabilan kecepatan, jadi jangan sampai terpancing untuk melaju penuh.

  • Akselerasi Tinggi

Perbedaan berikutnya ada pada akselerasi serta stabil atau tidaknya. Saat Anda mengendarai mobil biasanya, ketika menempuh kecepatan 120 kmj, pasti terasa sedikit goyang. Hal itu berbeda saat mengendarai mobil sporty.

Walau berada di kecepatan 170 km, tetap mulus dan tenang. Selain kedua poin diatas, perbedaan mencolok ada pada kapasitas. Demi mendapatkan kecepatan, beban dikurangi tidak heran bila maksimal 2 orang.

  • Perawatan Mobil Sport Agar Tetap Bagus

Poin utama dalam melakukan perawatan kendaraan mobil sporty ini adalah penggantian oli. Perlu diperhatikan jangka waktunya, paling disarankan adalah 6 bulan sekali, bila lebih dari itu biasanya, suara mesin terasa kasar.

Poin kedua adalah bahan bakar, bila selama ini Anda menggunakan Ron 90, maka setelah membelinya jangan lagi memakainya. Beralih ke Ron 92 atau 96 itu jauh lebih baik. 

Kondisi tersebut bisa merawat mesinnya, sekaligus membuatnya lebih bertenaga. Terakhir, adalah periksa semua bagian, mulai dari komponen sampai sistem keamanannya. Jika, ada yang bermasalah lebih baik diganti saja.

Rekomendasi Sport Car yang Bisa Dipilih

Semakin berkembangnya pasar kendaraan tipe olahraga di Indonesia, membuat banyak pabrikan masuk. Mereka menawarkan berbagai nama dengan fasilitas serta fitur menarik dan semua sudah upgrade sehingga, lebih canggih.

Bagi Anda yang ingin memilikinya tetapi masih bingung mau pilih merk apa? Berikut beberapa rekomendasinya, sekaligus berbagai penjelasan singkatnya, termasuk kelebihan, kekurangan sampai berapa harga penjualannya

  • Honda Civic Type R

    Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Honda Civic Type R
    Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Honda Civic Type R

Mobil sporty pertama yang bisa dipilih adalah Honda Civic Type R, kendaraan ini dari segi desain tampil sporty dan mengesankan. Mempunyai fitur New Tire Pressure Monitoring System.

Fasilitas ini membuat pengendara mengetahui berapa tekanan angin pada rodanya, jika dibawah standar pabrikan akan muncul alarm peringatan. Dengan begini, keadaan ban selalu terjaga sehingga, tingkat keselamatannya akan meningkat.

  • Kelebihan dari Honda Civic Type R

Bagian interior Honda Civic Type R ini sudah dilengkapi material mumpuni yaitu New Alcantara Wrapped Steering Wheel. Fasilitas ini memberikan rasa nyaman kepada pengendara saat mengendalikan kemudi.

Bukan hanya itu saja, mobil sporty ini juga sudah dibekali dengan wireless charging. Dengan begini, Anda bisa mengisi daya smartphone, tanpa perlu adanya kabel tambahan. Beralih ke sistem pengeremannya.

Kendaraan satu ini dilengkapi new 2 piece disk brake. Dengan begini, Anda bisa melakukan berbagai manuver mudah selain itu, kualitas handlingnya terasa ringan. Sistem keselamatan kelas dunia juga sudah disematkan.

Ada anti-lock braking system serta electronic brakeforce distribusi. Untuk harganya sendiri ditawarkan mulai dari Rp1 Miliar, angka tersebut tergolong terjangkau bila melihat kendaraan ini secara keseluruhan.

  • Kekurangan dari Honda Civic Type R

Kekurangan dari mobil sporty ini sendiri terlihat dari sisi harganya, harus diakui cukup tinggi yaitu Rp995 juta. Kondisi tersebut berimbas ke sparepart, bila ada penggantian minimal angka yang dikeluarkan ratusan ribu.

Bahkan, ada yang menyentuh jutaan rupiah, oleh karena itu sebelum membelinya siapkan dana perawatannya. Karena, kalau dihitung sebenarnya jauh lebih banyak. Kekurangan lainnya juga terdapat pada area mesin.

Saat digunakan untuk jalan, menghasilkan suara sangat besar. Bahkan, sampai terdengar ke area kabin walau tidak terlalu keras. Harus diakui, hal itu membuat perjalanan menjadi kurang nyaman.

  • Jaguar F-Type

    Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Jaguar F-Type
    Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Jaguar F-Type

Mobil sporty Jaguar ini hanya mempunyai kapasitas 2 orang saja. Tampangnya cukup maskulin, menggunakan aksen noble chrome memberikan motif yang mengesankan. Pada bagian headlight memberikan super slims Pixel LED.

Beralih ke sisi interiornya, kendaraan ini terasa super mewah. Fitur entertainment sudah disematkan di sini. Pabrikan juga sudah menyematkan tombol multifungsi, sehingga pengendara dapat dengan mudah menjalankannya.

  • Kelebihan Jaguar F-Type

Mobil sporty ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas mumpuni. Mulai dari Intelligent Driveline Dynamic, Jaguar adaptive Dynamics dan masih banyak lagi. Tidak heran bila banyak pengemudi ingin memilikinya.

Dari sisi hiburan sendiri Jaguar juga sudah menyematkan fasilitas Apple Carplay serta Android Auto. Kecanggihan ini membuat harga yang ditawarkan terasa terjangkau. Menariknya, kendaraan tersebut didukung oleh speaker berkualitas.

Mereka bekerja sama Meridian menghadirkan suasana memukau. Selain itu, Jaguar sendiri sudah menyematkan fitur handling untuk berbagai kondisi jalanan, tidak salah saat mengendarainya terasa nyaman.

  • Kekurangan Jaguar F-Type

Poin utama dari kekurangan kendaraan ini ada pada harga, penawarannya kurang lebih Rp1,79 miliar. Selain itu, bagi pengendara transmisi manual, rasanya harus berkecil hati karena, untuk kendaraan ini tidak ada.

Jadi, sebelum membelinya, Anda harus belajar terlebih dulu bagaimana caranya menjalankan kendaraan transmisi otomatis. Walau terlihat mudah, kalau tidak belajar dari awal tetap saja akan sulit dan menimbulkan masalah baru.

  • Volkswagen Scirocco

    Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Volkswagen Scirocco
    Mobil Sporty yang Keren untuk Masuk Dalam Daftar Koleksi_Volkswagen Scirocco

Banyak alasan mengapa mobil sporty tersebut masih menjadi incaran semua orang. Dari segi kecepatan mereka adalah juaranya. Kecepatan 100 km dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 8 detik saja.

Menariknya digunakan untuk perkotaan banyak orang juga merekomendasikannya, terutama untuk jalanan padat. Walaupun sebelum memakainya untuk rutinitas, Anda harus beradaptasi dulu. Bodynya memang sangat besar, sehingga perlu kewaspadaan ekstra. 

Jika, sudah terbiasa memakainya untuk berbagai aktivitas sangat mudah, termasuk saat parkir. Mobil Sporty ini terkenal dengan keunggulannya di keselamatan serta keamanan. Bila dibandingkan rasanya kalah jauh.

  • Kelebihan Volkswagen Scirocco

Volkswagen Scirocco ini sudah dilengkapi rem cakram abs, electronic brake distribution, sampai seatbelt tiga titik. Fasilitasnya belum cukup sampai disitu saja, pabrikan sudah memberikan kenyamanan berupa berbagai tombol.

Fungsinya untuk memudahkan Anda dalam mengendarai di berbagai situasi. Misalnya, mau parkir, cukup aktifkan saja fitur bantuan parkir. Secara tidak langsung Anda akan dibantu sehingga, posisi parkir bisa pas.

Beralih ke bagian interiornya, Volkswagen sudah terlihat mewah. Apalagi, penggunaan teknologi digital, membuatnya terkesan sangat modern. Mereka juga sudah memberikan fitur bluetooth untuk menghubungkannya dengan smartphone.

Jadi, setiap pengendara tidak perlu susah ketika mau menjawab telepon atau sms. Cukup menerimanya memakai handsfree saja, maka akan terhubung otomatis. Bahkan fasilitas ini juga bisa digunakan untuk pesan singkat.

  • Kekurangan Volkswagen Scirocco

Kekurangan dari mobil sporty Volkswagen Scirocco adalah sudah tidak dijual resmi lagi di Indonesia. Jika, ingin membelinya harus melalui jasa ekspor dan impor, harganya sendiri Rp880 juta.

Bukan hanya itu saja, untuk mendatangkannya sendiri perlu menunggu waktu lama, paling cepat adalah 2 minggu. Bahkan, ada juga yang baru menerimanya setelah 2 bulan, tetapi semua persyaratannya lengkap.

Selain itu semua sparepart juga harus impor, maka tidak heran bila biaya perawatannya bisa mencapai puluhan juta untuk sekali pergantian sparepart. Bagaimana masih berani untuk membelinya?

Baca Juga: Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya

Pemilihan Sport Car menjadi pilihan tepat dan terbaik bagi semua orang. Karena, fasilitasnya sendiri sangat mumpuni termasuk fitur keselamatan serta keamanan. Bagaimana mau memilih mobil sporty yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here