Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit

0
233
Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit
Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit

Mobil pilihan mobil keluarga yang irit menjadi pilihan keluarga Indonesia agar mudah dalam hal mobilitas, tapi tetap dapat menjaga pengeluaran rumah tangga tidak jor-joran. Karena saat ini biaya untuk bensin atau bahan bakar kendaraan sangat tinggi.

Baca Juga: Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik

Mengingat Pemerintah telah menaikkan harga BBM dan mahalnya biaya perawatan kendaraan sehingga pengeluaran pemilik kendaraan pribadi juga meningkat. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah kendaraan yang mampu menghemat pengeluaran bahan bakar.

Saat ini ada banyak produsen menawarkan mobil-mobil hemat bahan bakar, jadi bukan perkara sulit apabila ingin menemukan salah satunya. Namun, tetap tidak boleh pilih sembarangan karena harus menyesuaikan kebutuhan dan budget juga.

Mengapa Harus Pilih Mobil Keluarga yang Irit?

Kenapa harus cari kendaraan hemat? Pertanyaan ini sudah jelas jawabannya, agar bisa berhemat dalam urusan anggaran rumah tangga. Sebab selain kendaraan juga banyak kebutuhan lain harus dipenuhi. Alasan lain mengapa Anda harus memilih mobil pilihan mobil keluarga yang irit adalah:

  • Sesuai dengan Kebutuhan

Alasan pertama karena jenis kendaraan keluarga dibuat untuk keluarga akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Terutama jika Anda memang sudah memiliki keluarga dengan jumlah anggota lebih dari 4 orang.

Desain dan fitur di dalamnya memang dibuat khusus untuk kebutuhan Anda sehingga memang sesuai. Jadi, satu kendaraan sudah bisa memenuhi kebutuhan anggota keluarga.

  • Muat Banyak dan Lega

Keunggulan dari tipe family car adalah bisa memuat banyak penumpang dan lebih lega, karena mendukung kenyamanan pengguna. Biasanya kursinya terdiri atas 3 baris, dan apabila tidak digunakan baris paling belakang dapat menjadi bagasi.

  • Bisa Menghemat Biaya

Sudah jelas keunggulan mobil pilihan mobil keluarga yang irit adalah irit dalam masalah bahan bakar. Jadi, sangat cocok bagi keluarga-keluarga dengan kebutuhan akan mobil, tapi tidak memiliki anggaran besar.

5 Cara Agar Bisa Menemukan Mobil Keluarga yang Irit

Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit_5 Cara Agar Bisa Menemukan Mobil Keluarga yang Irit
Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit_5 Cara Agar Bisa Menemukan Mobil Keluarga yang Irit

Tahukah Anda bahwa memilih kendaraan pribadi bukan hal main-main. Harus dipertimbangkan dengan matang segala aspeknya terlebih dahulu. Apalagi saat ini ada banyak sekali pilihan sehingga jangan sampai menyesal kemudian.

Jika Anda sedang mencari mobil pilihan mobil keluarga yang irit bisa gunakan beberapa tips berikut ini:

  • Perhitungkan Dahulu Jumlah Penumpang

Pertama-tama memilih kendaraan harus disesuaikan dengan jumlah penumpang yang akan naik ke dalamnya. Apabila jumlah anggota keluarga ada 6 orang atau lebih, tidak cocok memilih kendaraan dengan kapasitas memuat 5 orang.

Jadi, harus benar-benar menyesuaikan kebutuhan Anda. Saat ini ada banyak pilihan kendaraan dengan jumlah penumpang mulai dari 4 hingga 8 orang dapat dipilih.

  • Pilih Mesin Sesuai Kapasitasnya

Angka 1000 cc atau 1100 cc, atau bisa lebih besar lagi, biasanya digunakan untuk menyebutkan kapasitas mesin. Semakin besar cc digunakan, maka tenaga dihasilkan juga makin besar.

Jika Anda membutuhkan kendaraan dengan kemampuan lari kencang, maka sebaiknya pilih kapasitas mesin besar. Namun, akan memakan lebih banyak biaya bbm.

  • Pilih Sistem Transmisi Sesuai Kebutuhan

Hal penting lainnya dalam memilih mobil pilihan mobil keluarga yang irit adalah menentukan jenis transmisi diinginkan. Bisa memilih manual atau ingin sistem otomatis dan canggih.

Sebagai catatan, sistem manual lebih murah perawatannya dan mudah dilakukan. Sedangkan otomatis perawatannya lebih sulit dan mahal, tapi memberikan banyak kemudahan saat berkendara.

  • Ketahui Batas Konsumsi Bahan Bakar

Biaya bahan bakar merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi anggaran rumah tangga. Akan lebih baik apabila Anda memilih jenis kendaraan yang irit.

Cara mengetahui irit tidaknya sebuah kendaraan, bisa dengan mengecek berapa kebutuhan bbm per kilometer dengan jarak tempuh optimal. Sebaiknya, bandingkan beberapa kendaraan agar tidak salah memilih.

  • Fitur Keselamatan Penting

Mobil pilihan mobil keluarga irit tidak cukup baik apabila tidak didukung dengan fitur keselamatan. Jadi, pastikan Anda sudah mengecek apa saja fitur keselamatan yang tersedia sehingga bukan hanya irit, tapi juga aman.

5 Rekomendasi Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit

Mau pilih kendaraan untuk dipakai bersama keluarga tentu bukan hal mudah. Namun, Anda tidak perlu pusing apalagi sampai membuang tenaga mengunjungi dealer satu per satu, sebab beberapa rekomendasi berikut bisa dijadikan bahan pertimbangan:

  • MVP

Jenis mobil pilihan mobil keluarga yang irit ini sangat disukai karena multifungsi. Bukan hanya dapat digunakan untuk menampung penumpang, tapi juga bisa dipakai sebagai angkutan barang.

Bentuknya memang besar dan terlihat hampir seperti minibus, tapi tampilannya elegan dan rata-rata desainnya sporty. Jika anggota keluarga berjumlah 4-5 orang tipe ini sangat cocok digunakan.

Namun, juga bisa digunakan mengangkut 7-8 orang tanpa banyak bagasi. Beberapa rekomendasi yang bisa dipilih adalah Avanza Xenia, Mobilio, Confero, Ertiga, Xpander, dan lain sebagainya.

  • Hatchback

Ini merupakan mobil pilihan mobil keluarga yang irit dan cocok untuk wilayah perkotaan. Bentuknya mirip sedan, tapi tidak punya ekor (bagasi bagian belakang pada sedan). Bagasinya seperti tipe MVP yaitu di bawah jok belakang.

Jenis hatchback belakangan ini juga disukai di Indonesia, karena terlihat lebih mungil, tapi juga mampu mengangkut banyak penumpang. Jenis ini dapat menampung 4-5 orang dewasa. Beberapa pilihannya Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda, dan Ayla.

  • Station Wagon

Pilihan berikutnya adalah Station Wagon dengan atap memanjang sampai ke buritan. Sekilas mirip hatchback, tapi punya bodi lebih panjang. Namun, tidak sepanjang dan sebesar MVP.

Seperti namanya, wagon, tipe mobil pilihan mobil keluarga yang irit ini dapat digunakan menampung banyak orang. Sebab ruang kabinnya luas ditambah bagasi tidak kalah luasnya.

Dengan demikian, cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh membawa banyak penumpang juga barang. Jenis ini memang tidak terlalu populer di Indonesia, tapi di negara-negara eropa banyak peminatnya.

Di Jerman sebutannya adalah kombi, di Prancis disebut break, sedangkan di beberapa negara lainnya, kendaraan ini disebut menggunakan istilah estate.

Ragam mobil pilihan mobil keluarga yang irit tipe wagon tersedia di Indonesia adalah Peugeot 407 SW, BMW 3 Series, Mazda 6 Estate, Mazda Vantrend, Mini Clubman, dan lainnya.

Cara Simpel Irit BBM Saat Berkendara dengan Mobil

Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit_Cara Simpel Irit BBM Saat Berkendara dengan Mobil
Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit_Cara Simpel Irit BBM Saat Berkendara dengan Mobil

Selain memilih tipe kendaraan yang punya kelebihan dapat menghemat bahan bakar, Anda juga bisa melakukan penghematan dengan menggunakan beberapa tips berikut:

  • Jaga Kecepatan Konstan

Agar dapat menekan biaya bahan bakar juga perawatan kendaraan, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Salah satu contoh mudahnya adalah memastikan kecepatan konstan saat berkendara selalu terjaga.

Ketika Anda menggunakan mobil pilihan mobil keluarga yang irit dengan kecepatan konstan, misalnya di antara 60-80 km/jam, maka akan lebih hemat dibandingkan kecepatan naik turun saat melaju di jalanan.

Akan tetapi, akan sangat sulit menjaga kecepatan konstan di jalanan raya, terutama apabila sedang macet. Bisanya yang membuat boros bbm adalah ketika Anda melaju di jalanan padat merayap.

  • Menjaga Putaran Mesin

Sebaiknya, jaga kecepatan putaran dalam angka yang rendah, sebab akan mengirit bahan bakarnya. Semakin tinggi putaran mesin memang membuat laju kendaraan makin kencang, tapi akan menyedot bahan bakar lebih banyak.

Jadi, kembali ke tips pertama jaga kecepatan konstan dengan putaran mesin di angka rendah atau standar.

  • Transmisi Manual Lebih Baik

Transmisi otomatis memang bagus dan memudahkan pengendara, terutama jika masih belum mahir dalam mengemudi. Namun, sisi buruknya adalah membuat pemakaian bahan bakar meningkat.

Sebaiknya, saat mengendarai mobil pilihan mobil keluarga yang irit gunakan transmisi manual saja. Namun, jika sewaktu-waktu ingin menggunakan transmisi otomatis juga bisa dilakukan.

  • Maksimalkan Engine Brake

Sangat penting bagi pengendara untuk mengetahui jalur yang dilalui, terutama saat berada di kawasan jarang dilalui. Bisa melihat dari peta online agar dapat memprediksi jalurnya. 

Gunanya apa? Yaitu untuk menghindari penggunaan rem mendadak karena Anda mengetahui kapan harus mengurangi kecepatan. Jika ingin bepergian ke tempat yang belum pernah didatangi, sebaiknya cek rute dahulu.

  • Hindari Pengereman Mendadak

Mobil-mobil keluaran terbaru memiliki sistem akselerasi yang bagus sehingga meminimalkan terjadinya kecelakaan berkendara. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakannya terus menerus.

Sebab, mobil pilihan mobil keluarga yang irit juga akan jadi boros apabila pengemudinya seringkali melakukan pengereman mendadak. Jadi, hindari hal ini agar tetap bisa hemat biaya BBM.

Bisa dikatakan memiliki mobil keluarga merupakan hal yang mudah, tapi juga sulit. Mudah karena banyak pilihannya, sulit sebab harus menentukan satu yang benar-benar sesuai. 

Sebab jika salah pilih akan merugikan Anda juga. Pemilihan kendaraan bukan hanya dari segi budgeting saja, tapi juga perlu memperhatikan berbagai faktor lainnya, seperti kebutuhan, jumlah penumpang, dan tipe transmisinya. 

Baca Juga: 5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman

Bahkan juga tetap harus memperhatikan kapasitas mesinnya. Dengan demikian, barulah bisa mendapatkan mobil pilihan mobil keluarga yang irit sesuai kebutuhan keluarga Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here