Cara Mengetahui Mengapa Mobil Boros Bensin, Ini Penyebabnya

0
35
Cara Mengetahui Mengapa Mobil Boros Bensin, Ini Penyebabnya
Cara Mengetahui Mengapa Mobil Boros Bensin, Ini Penyebabnya

Mobil boros ini penyebabnya itu sebenarnya sangat beragam yang bisa menyebabkan mobil tersebut boros bensin. Seringkali hal itu tampak tidak terduga dan terjadi secara tiba-tiba. Tanpa disadari, frekuensi pengisian  bahan bakar Anda meningkat atau anggaran  bahan bakar kendaraan Anda mulai meningkat. 

Baca Juga: Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah

Jika tidak diwaspadai atau tidak dikendalikan, penyebab konsumsi bahan bakar mobil bisa menjadi lebih berbahaya, apalagi dalam konteks harga bensin yang terus naik seperti saat ini. Jika Anda salah satu orang yang menghadapi masalah ini, jangan merasa tidak punya pilihan lain. 

Anda bisa mencari tahu apa penyebab mobil Anda kehilangan bensin sehingga Anda bisa memperbaiki kondisinya. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai mobil boros ini penyebabnya yang mana bisa bermanfaat baru para pengguna kendaraan roda empat.

Ciri-ciri Mobil yang Gampang Boros BBM

Satu-satunya cara untuk mengetahui karakteristik mobil yang menghabiskan bensin adalah dengan memeriksa odometer dan menghitung dengan rumus (B – A): F. Dalam hal ini, Anda perlu mencatat jumlah konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh kendaraan. 

Harap dicatat bahwa B mewakili kilometer terakhir, dikurangi A yang merupakan kilometer awal dan kemudian dibagi dengan F yang merupakan konsumsi bahan bakar.

Sebagai ilustrasi, jika jarak tempuh awal (A) adalah 2000 km dan km akhir (B) adalah 2300, jumlah bensin yang digunakan adalah 30 liter, maka rumusnya adalah (2300 – 2.000): 30 = 10 km/liter. 

Ini menunjukkan konsumsi bahan bakar 10 km/liter. Itu berarti mobil tersebut mengkonsumsi bahan bakar hingga 30 liter untuk menempuh jarak 300 km. 

Supaya akurat, Anda mungkin harus mengulangi penghitungan dua hingga tiga kali. Jika hasilnya berbeda, kendaraan Anda mungkin mengalami masalah dalam menghemat bahan bakar. 

Tanpa disadari atau tidak, kendaraan pribadi yang kita miliki bisa saja mengalami permasalahan fatal yang mengakibatkan pemborosan dalam konsumsi bahan bakar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai penyebab mobil boros penggunaan bahan bakar.

Mobil Boros BBM? Ini Penyebabnya

Jika Anda sudah tahu apa saja mobil boros ini penyebabnya, baik pada mobil injeksi maupun non injeksi, langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab permasalahan tersebut. Berikut ini adalah sejumlah penyebab yang seringkali dialami kendaraan roda empat, diantaranya:

  • Melaju dalam Kecepatan Tinggi

Jika tidak diperhatikan, kecepatan tinggi kendaraan dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 25%. Dalam arti, mengemudi dengan kecepatan terlalu tinggi dapat membuang bahan bakar karena dapat meningkatkan hambatan udara.

  • Penggunaan BBM yang Tidak Tepat

Sebagai aturan umum, mobil disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) yang tinggi,  minimal 90 atau 92, seperti Pertalite dan Pertamax. 

Namun, beberapa pemilik mobil malah menggunakan bahan bakar RON rendah, yang mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

  • Bensin dan Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor akan menyebabkan piston bekerja lebih keras sehingga Anda menekan pedal gas lebih dalam sehingga menimbulkan pemborosan. Seperti halnya  filter bahan bakar yang kotor, kotoran yang masuk ke ruang bakar akan menyebabkan kerusakan dan pemborosan. 

Temukan pilihan perlindungan finansial dengan asuransi mobil sehingga Anda tidak perlu  khawatir dengan tingginya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan keamanan finansial dari asuransi mobil,  tabungan dan investasi Anda aman.

  • Masalah pada Ban Mobil

Mobil boros ini penyebabnya yaitu karena terdapat masalah dari ban mobil yang tidak perlu seperti halnya ban kempes atau botak. Keduanya dapat meningkatkan gesekan dengan aspal, yang menyebabkan pemborosan pada bahan bakar.

  • Penyetelan AC 

Selain itu, mobil boros ini penyebabnya lainnya yaitu akibat penggunaan AC yang sembarang. Perlu Anda ketahui bahwa semakin dingin AC disetel maka akan semakin boros penggunaan bahan bakarnya. Hal ini karena kekuatan mesin cenderung terkuras banyak dan kompresor AC juga bekerja lebih keras.

  • Usia Mobil Sudah Tua

Mobil boros ini penyebabnya lainnya adalah juga bisa karena mobil tersebut sudah tua atau keluaran lama. Memang, kebanyakan mobil tua tidak dilengkapi dengan sistem injeksi yang lebih kompleks dan fungsi hemat bahan bakar lainnya. 

  • Terlambat Ganti Oli

Disarankan untuk mengganti oli kendaraan rata-rata jika telah digunakan selama 5.000 km. Jika Anda melebihi batas ini dan tidak mengganti oli, ini dapat menyebabkan penurunan kualitas oli. Akibatnya, performa mesin berkurang dan bahan bakar menjadi boros.

  • Masalah pada Knalpot 

Mobil boros ini penyebabnya lainnya adalah masalah knalpot atau kebocoran. Dalam arti, knalpot yang bocor melalui knalpot bisa mengkonsumsi bensin  lebih banyak.

  • Kerusakan pada Rem 

Rem macet atau rusak akan menyebabkan piston di area rem gagal atau macet. Hal ini dapat menyebabkan rem kembali ke posisi semula setelah diinjak. Di sinilah  potensi limbah bahan bakar menjadi lebih cepat habis atau boros.

  •  Mobil Jarang Dipanaskan (Idling)

Efek mobil yang jarang dipakai dan dipanasi juga bisa mengakibatkan borosnya bahan bakar. Pasalnya, mesin mobil dibiarkan dingin terlalu lama, sehingga perlu menambah bahan bakar lebih banyak saat menstarter mobil.

Cara Mengatasi Masalah Boros Bensin pada Mobil

Cara Mengetahui Mengapa Mobil Boros Bensin, Ini Penyebabnya_Cara Mengatasi Masalah Boros Bensin pada Mobil
Cara Mengetahui Mengapa Mobil Boros Bensin, Ini Penyebabnya_Cara Mengatasi Masalah Boros Bensin pada Mobil

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi mobil boros ini penyebabnya pada kendaraan roda empat, diantaranya:

  • Melajulah dengan Kecepatan Konstan

Tidak ada salahnya  mencoba mengatur ulang kecepatan mengemudi Anda. Tujuannya agar kecepatan kendaraan tetap  konstan atau tidak berubah drastis untuk menghemat bahan bakar. Ini juga akan membantu Anda mengemudi lebih aman  di jalan.

  • Ganti Bahan Bakar

Untuk menghindari mobil boros ini penyebabnya sehingga bahan bakar habis dan lainnya, ikuti rekomendasi pembuat mobil untuk menggunakan bahan bakar dengan RON minimum 90 (Pertalite) atau 92 (Pertamax) . Beberapa mobil bahkan diharuskan menggunakan bensin  RON minimal 95, Anda harus mengikuti rekomendasi ini.

  • Rutin Membersihkan Filter Udara dan Bensin

Pastikan untuk membersihkan filter udara dan bahan bakar secara teratur. Perlu diketahui bahwa filter bahan bakar harus dibersihkan dan  diganti setiap 30.000 km hingga 40.000 km. Hal ini dilakukan agar penyaluran bensin di ruang bakar selalu bersih.

  • Cek Kondisi Ban 

Sebelum mengemudi, pastikan  untuk memeriksa tekanan  ban. Jika tekanan rendah atau ban kempes, segera pompa. Namun jika terjadi kebocoran, jangan ragu untuk segera mengganti ban. Begitu juga dengan ban mobil yang botak, sebaiknya jangan menunggu terlalu lama untuk mengganti ban baru.

  • Atur Suhu AC (Kisaran 24-27 derajat Celcius)

Penyebab pemborosan bahan bakar pada mobil injeksi antara lain pengaturan AC yang terlalu dingin. Oleh karena itu, harap nyalakan arus bolak-balik antara 2427 derajat Celcius. Selain itu, saat parkir dan meninggalkan mobil dalam cuaca panas, sebaiknya pilih tempat yang teduh agar AC tidak perlu dinyalakan pada suhu yang terlalu rendah saat memulai mobil.

  • Merawat Mobil Tua dengan Tepat

Tidak selalu mobil tua, mobil tua juga berarti kendaraan ini tidak bisa menghemat bahan bakar. Mobil ini tetap bisa menghemat bahan bakar jika Anda merawat mesinnya agar tetap sehat. Namun, jika ini tampaknya tidak terlalu perlu, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mobil baru dengan teknologi injeksi bahan bakar yang lebih baik.

  • Ganti Oli Secara Berkala

Hindari membiarkan mobil Anda boros bensin dengan rutin mengganti oli rata-rata 5.000 km. Terutama bagi mereka yang menggunakan mobil secara teratur, mereka harus memeriksa jarak tempuh harian.

  • Cek dan Servis Knalpot

Pastikan untuk mencari tanda-tanda kebocoran knalpot mobil. Salah satu tandanya adalah munculnya suara bising di knalpot. Jika ada kebocoran, segera perbaiki dengan bantuan ahlinya.

Segera Servis Mobil Anda 

Jika Anda tidak dapat menentukan mobil boros ini penyebabnya, Anda dapat memilih untuk pergi ke bengkel untuk pemeriksaan menyeluruh, yang dapat mencegah terjadinya pemborosan bahan bakar  pada mobil Anda di kemudian hari. 

Untuk menekan biaya saat mobil berada di bengkel, Anda mungkin tertarik dengan asuransi mobil yang akan menanggung segala kerusakan.

Atau Anda juga bisa memiliki asuransi mobil dengan berbagai benefit, dimana dengan asuransi mobil semua permasalahan mobil Anda bisa tercover dengan baik. Oleh karena itu, Anda juga bisa memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!

Pembahasan mengenai mobil boros ini penyebabnya di atas diharapkan dapat menjadi referensi sekaligus menambah informasi bagi para pengguna kendaraan roda empat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here