Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil

0
516
Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil
Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil

Saat akan membeli sebuah mobil, apakah Anda kerap dihadapkan pada pilihan matic atau manual? Kendaraan tersebut memang mempunyai dua jenis pilihan yang menyediakan keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Baca Juga: Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan

Meskipun kedua jenis mobil tersebut berbeda, bukan berarti salah satunya lebih baik daripada yang lain. Hanya saja pilihan dapat disesuaikan dengan keperluan atau selera pengguna. 

Jadi, sebelum membeli kendaraan, pastikan sudah mengetahui perbedaan matic dan manual secara jelas. Dengan begitu akan memperoleh kendaraan yang nyaman digunakan. Anda bisa menyimak informasi lengkapnya dalam artikel berikut.

Apa itu Mobil Matic atau Manual?

Kendaraan roda empat merupakan salah satu alat transportasi yang begitu diidamkan oleh banyak orang. Sebab mampu menampung orang hingga barang. Selain itu juga memberikan kenyamanan terhindar dari panas matahari dan air hujan.

Tahukah Anda bahwa ketika ingin membeli mobil saat ini bukan hanya sekedar dihadapkan pada pilihan desain dan varian namun juga dari segi transmisi, matic atau manual? Hal ini cukup menjadi alasan bagi Anda untuk menyimak perbedaan keduanya. 

Mobil matic ialah kendaraan yang dirancang dengan kemudahan persneling atau transmisi. Perpindahannya dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu menginjak pedal kopling terlebih dahulu.

Tipe matic ini terbilang inovasi baru dalam dunia otomotif. Jadi masih belum banyak orang yang mengenali keunggulannya. Sebagian orang masih berpikir bahwa tipe manual adalah yang terbaik.

Sebab, tipe lama tersebut mampu mengatasi jalanan sulit seperti tanjakan atau turunan dengan sudut kemiringan tajam. Namun tipe matic sudah dilengkapi dengan transmisi otomatis yang mampu menjaga fokus pengemudi dalam mengendalikan setir. 

Ketika memutuskan untuk membeli mobil matic maka Anda perlu menghafalkan beragam fitur di dalamnya. Mulai dari posisi gigi hingga fitur tuas transmisi. Terdapat beragam kode sehingga perlu dipahami.

Sementara mobil manual ialah kendaraan dengan sistem transmisi manual, yang mana perpindahan gigi dilakukan dengan cara menginjak kopling. Lantas menggeser tuas persneling untuk menaikkan atau menurunkan gigi transmisi.

Tipe tersebut memerlukan lebih banyak pergerakan pengemudi. Biasanya bukan hanya diterapkan pada mobil pribadi namun juga angkutan umum, kendaraan komersial, kendaraan niaga sampai mobil balap.

Transmisi ini mempunyai rasio putaran yang boleh diatur oleh pengemudinya berdasarkan keperluan. Sehingga dapat menyesuaikan karakter pengemudi. Tipe ini juga lebih banyak dipilih oleh kaum Adam daripada kaum Hawa. 

Apa Perbedaan Mobil Matic atau Manual?

Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil_Apa Perbedaan Mobil Matic atau Manual?
Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil_Apa Perbedaan Mobil Matic atau Manual?

Kedua kendaraan jenis ini bukan hanya berbeda dari segi transmisinya saja. Melainkan juga beberapa hal lainnya. Agar mendapat informasi lengkap, simak saja penjelasannya di bawah ini.

1. Performa

Dari segi performa, tipe transmisi lama mempunyai akselerasi jauh lebih mulus. Hal ini disebabkan pengemudi perlu mengatur secara mandiri laju kecepatan dan persneling. Selain itu, jenis tersebut juga mempunyai lebih banyak gigi percepatan.

Gigi percepatan hingga mencapai enam buah. Sejumlah 5 buah yang dipakai untuk maju ke depan. Kemudian masih ada 1 buah untuk mundur ke belakang. Jadi, hal tersebut membuatnya jauh lebih responsif di bidang kecepatan.

2. Kenyamanan

Dari segi kenyamanan, kira-kira unggul matic atau manual? Secara umum, jawabannya ialah pada jenis transmisi otomatis. Sebab, pengemudi tidak perlu bergerak untuk mengganti persneling dan kopling demi memindahkan gigi.

Menyetir kendaraan menjadi praktis dan tentu saja hemat energi. Jika Anda tipe orang yang malas berkendara, keunggulan bisa membuat tangan dan kaki jauh lebih rileks dan terhindar dari lelah. 

3. Fungsi

Tahukah Anda terdapat perbedaan fungsi mobil matic atau manual? Berdasarkan transmisinya, tipe otomatis membidik pasar orang-orang yang masih belum pandai dalam hal menyetir mobil.  

Sehingga orang-orang tersebut dimudahkan dalam mengemudikan kendaraan. Kenyamanan yang ditawarkan akan menghindarkan mereka dari rasa lelah. Selain itu, tipe otomatis cocok dipakai untuk berkendara jauh yang umum terjadi kemacetan lalu lintas. 

Sementara jenis transmisi manual cocok dipakai oleh orang yang menginginkan kecepatan tinggi atau menghadapi medan sulit. Berbeda dengan tipe transmisi otomatis yang cocok untuk berkendara secara santai dengan medan jalan mudah. 

Ragam Pertimbangan Penting Sebelum Memutuskan Tipe Mobil 

Selain memahami perbedaannya, tahukah Anda bahwa juga perlu memikirkan sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil matic atau manual? Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.

1. Bahan Bakar

Sebagian orang belum mengetahui mobil jenis transmisi mana yang menghabiskan lebih banyak bahan bakar. Ada yang mengatakan tipe transmisi manual boros bahan bakar. Namun sebenarnya justru mobil otomatis menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Hal ini sebab perputaran transmisi manual jauh lebih ringan daripada tipe otomatis. Jadi, mesin tidak membutuhkan cukup banyak bahan bakar untuk bekerja secara optimal.

Bukan hanya itu, jumlah gigi juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Jumlahnya yang banyak membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Jadi lebih hemat dalam hal pembelian bahan bakar. 

2. Perawatan

Mana yang lebih sulit perawatannya, apakah matic atau manual? Jawabannya ialah pada tipe transmisi otomatis. Alasannya ialah sistem mekanikal dan komponen rumit. Banyak sekali komponen penting yang memerlukan perawatan secara detail.

Seperti pompa, komponen elektrikal sampai mekanisme pendingin. Onderdil pada tipe ini juga memerlukan lebih banyak biaya dibandingkan mobil manual. Sehingga proses perawatan lebih sulit dan biaya tinggi. 

Apakah Anda juga memerlukan informasi pergantian oli mobil matic atau manual? Pada tipe transmisi otomatis, wajib mengganti oli dengan lebih rutin. Bukan hanya itu saja, juga perlu memperhatikan kualitas bengkel atau teknisi.  

Sebab, sekarang ini belum banyak tersedia bengkel atau teknisi khusus mobil transmisi otomatis. Jadi tidak bisa sembarangan memilih bengkel saat kendaraan mengalami masalah atau memerlukan perawatan.

Sisi Positif dan Negatif Mobil Manual

Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil_Sisi Positif dan Negatif Mobil Manual
Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil_Sisi Positif dan Negatif Mobil Manual

Setelah membaca beberapa informasi di atas, apakah sudah memutuskan mana lebih menarik di antara  matic atau manual? Hanya perlu menyesuaikan mana tipe yang paling sesuai dengan karakter Anda. 

Sebenarnya satu fitur dalam kendaraan bisa menjadi keuntungan bagi sebagian orang. Namun juga dapat menjadi tantangan bagi sebagian lainnya. Misalnya saja mengenai jumlah gigi pada mobil manual. 

Menurut Anda, mana lebih menguntungkan dari segi jumlah gigi, apakah matic atau manual? Mobil manual yang mempunyai 5 sampai 6 gigi persneling dan 1 gigi mundur begitu menguntungkan bagi penyuka tantangan dalam berkendara.

Meskipun kecepatannya rendah, mobil mampu bekerja dengan baik. Kemudian pengemudi mempunyai kendali penuh dalam mengatur kendaraan. Sehingga sangat cocok dipakai untuk mendapatkan pengalaman mengemudi tingkat tinggi. 

Misalnya pengalaman mengemudi pada kondisi jalan menantang. Kemudian, mana lebih murah antara mobil matic atau manual? Harga kendaraan tipe manual lebih murah. Jadi lebih menguntungkan untuk memakainya terutama di daerah dengan akses jalan sulit.

Sementara bagi sebagian orang, jumlah gigi juga bisa menyulitkan. Banyaknya jumlah gigi persneling membuat mereka yang tidak menyukai aktivitas berkendara menjadi pusing. Sebab perlu energi ekstra untuk mengatur pergantian gigi secara cepat dan tepat.

Kendaraan jenis ini memerlukan koneksi yang baik dengan pengemudinya. Sehingga nantinya kendaraan mampu melaju dengan mulus di jalan. Apabila pengemudi belum mahir dalam mengendalikannya bisa terjadi mogok begitu pergantian gigi. 

Hal ini juga menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka yang kesulitan dalam membagi fokus. Sebab perlu mengendalikan banyak hal di satu waktu yang sama. Wajar bukan jika hal tersebut dapat menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih matic atau manual?. 

Sisi Positif dan Negatif Mobil Matic

Berbeda dengan tipe sebelumnya, tipe transmisi otomatis mempunyai lebih sedikit gigi persneling. Selain itu, persnelingnya lebih sederhana dan dapat dijalankan secara mudah. 

Perpindahan gigi persneling dapat dilakukan secara otomatis. Jadi, tidak perlu pusing untuk memindahkannya dan tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit. Pengemudi bisa berkendara secara santai dan tenang.

Ketika berhadapan dengan jalanan macet, mana lebih baik, mobil matic atau manual? Jawabannya ialah tipe transmisi otomatis. Sebab, tidak perlu memindah-mindahkan gigi begitu menemui macet.

Kekurangan dari mesin otomatis ialah harganya mahal. Jadi sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan sudah menghitung perkiraan harga yang harus dibayar. Harga mahalnya sesuai dengan kemampuan teknologinya yang lebih tinggi.

Selain itu, biaya perawatan juga perlu dipikirkan. Sebab komponen perlu pergantian dalam jangka waktu lebih cepat. Terutama jika ada komponen rusak lebih disarankan untuk membeli baru daripada diperbaiki.

Baik memilih mobil matic maupun manual, semua dikembalikan pada karakteristik dan minat Anda sendiri. Meliputi pertimbangan dana yang tersedia, medan jalan, cara berkendara, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Pasang Segitiga yang Benar di Bahu Jalan Tol

Memilih mobil bukan hanya memperhatikan model dan desainnya saja. Melainkan juga segi transmisi. Namun, pada akhirnya semuanya bergantung pengemudi untuk menentukan mana lebih baik antara mobil matic atau manual?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here