Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan

0
166
Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan
Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Mobil tua kini dan nanti pasti masih akan tetap menjadi legenda bagi kita para pecinta mobil atau otomotif pastinya. Namun bisanya mobil ini dikategorikan ke dalam golongan 10 tahun ke bawah. 

Baca juga: Jenis Jenis SIM di Indonesia, Pembuatan Hingga Perpanjangan

Tapi kini kebanyakan orang menganggap bahwa mobil jenis tua ini dikategorikan dalam usia yang lebih dari 15 tahun atau 20 tahun. Ada juga sebagian orang mengatakan bahwa ‘’Tua-tua keladi’’. Karena mobil ini semakin tua usianya maka akan semakin menjadi menarik perhatian orang banyak tentunya.

Manfaat Jika Kita Membeli Mobil Tua

Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan_Manfaat Jika Kita Membeli Mobil Tua
Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan_Manfaat Jika Kita Membeli Mobil Tua

Perlu untuk diketahui juga, jika kita membeli mobil dengan usia yang sudah tergolong tua atau lama tentunya akan memberikan banyak manfaat. Jadi tidak hanya dijadikan koleksi saja, namun terdapat juga berbagai keuntungan.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan jika kita membeli atau memiliki mobil tua :

  • Mobil usia tua bisa mengajarkan hidup untuk lebih prihatin

Tidak hanya mobil dengan golongan muda saja yang akan membutuhkan perawatan atau service pada setiap bulannya. Mobil berusia tua juga akan membutuhkan perawatan dan servis yang lebih sering.

Oleh karena itu pasti mobil ini akan membutuhkan jumlah biaya service yang lebih banyak. Dan tentunya bisa mengajarkan kita untuk hidup lebih hemat atau prihatin tentunya. Yang paling sering adalah mogok di tengah jalan dan kita harus memanggil mekanik dengan biaya tergantung kerusakan pada mobil tersebut.

Tidak jarang juga karena kehabisan bensin di saat sedang melakukan perjalanan dan mobil berhenti dengan tiba-tiba. Oleh karena itu mau tidak mau jika kalian memutuskan membeli mobil tua ini harus siap dengan kondisi hidup yang lebih prihatin.

  • Mobil berusia tua akan mengajarkan pemilik untuk menjadi seorang mekanik

Pasti tidak selamanya jika mobil mogok di tengah jalan mekanik akan langsung datang. Pati akan ada juga kondisi di mana mekanik tidak gercep datang ke lokasi mogok kalian.

Untuk itu, mau tidak mau kalian juga harus mengerti walaupun hanya sedikit demi sedikit mengenai dalaman mesin pada mobil tua. Minimal Kalian bisa membersihkan bagian accu dan bisa mengganti busi pada kendaraan tersebut.

  • Mobil berusia tua merupakan style bagi kalian yang memiliki keluarga muda

Biasanya pemilik mobil berusia tua ini justru malah kebanyakan para keluarga yang masih muda dan baru memiliki bayi maupun anak anak balita. Menurut pengamatan justru malah sudah 90% pengguna mobil ini adalah papah muda.

Namun orang yang sudah berusia tua juga ada yang memakai mobil dengan usia tua ini. Hanya saja jumlahnya tidak banyak seperti pemakai yang berusia muda dan berkeluarga baru.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Berusia Tua

Akan bisa menguntungkan jika Kalian bisa membeli mobil berusia tua dengan harga yang cukup terjangkau namun kondisinya masih terlihat baru dan prima. Namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli mobil dengan usia tua ini.

Langkah yang pertama adalah perhatikan berapa besar harga mobil tersebut. Harga mobil tua memang sedikit lebih terjangkau daripada harga mobil yang baru dan kekinian. Namun mobil usia tua ini juga memiliki suatu kekurangan yaitu akan lebih banyak membutuhkan perawatan dari para pemiliknya.

Oleh karena itu perlu Kalian perhatikan dan perhitungkan juga antara harga mobil dan harga perawatan mobil tersebut nantinya. Apakah akan membutuhkan biaya perawatan dalam jumlah banyak atau sedikit.

Lakukan dahulu bagaimana mengenai riset harga di pasaran beserta kondisi kendaraan tersebut. Karena harga mobil dengan usia tua di pasaran akan lebih bervariasi tergantung dari tahun pembuatannya dan kondisi pada mobil kendaraan tersebut.

Selain memperhatikan harga, Kalian juga perlu untuk memperhatikan bagaimana kondisi mesin pada mobil berusia tua tersebut. Jangan sampai Kalian membeli mobil yang sudah terjadi kerusakan pada mesinnya. Karena mesin adalah komponen utama dari kendaraan tersebut.

Memang benar membeli mobil dengan usia tua harus memperhatikan mengenai besaran harganya. Namun perlu diperhatikan dan perlu dipilih juga mengenai kondisi yang ada pada mesin kendaraan tersebut. 

Setelah memperhatikan mengenai harga, karena mobil berusia tua adalah produksi buatan lama maka sistem pembakaran pada mobil berusia tua tentunya tidak seperti teknologi mobil pada zaman sekarang ini. 

Oleh karena itu, tidak sedikit juga orang yang menilai bahwa membeli mobil berusia tua pastry akan boros dalam hal bahan bakar kendaraan. Jika kalian membeli kendaraan tersebut pastikan bahwa mobil tersebut tidak memiliki masalah pada sistem bahan bakar, penyumbatan udara, maupun mesin.

Cara agar Mobil Tua bisa Irit BBM dan Awet

Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan_Cara agar Mobil Tua bisa Irit BBM dan Awet
Manfaat Membeli Mobil Tua dan Hal yang Perlu Diperhatikan_Cara agar Mobil Tua bisa Irit BBM dan Awet

Kalian tidak perlu khawatir perihal BBM pada mobil yang berusia tua. Kalian juga perlu memperhatikan beberapa performa pada kendaraan tersebut. Tujuannya agar mobil bisa lebih awet dan juga lebih irit.

Hal yang pertama adalah Kalian perlu melakukan suatu perbaikan pada Nosel yang mengalami sebuah penyumbatan. Dengan ukuran nosel yang kecil, lubang nosel ini sering diletakkan di dalam mesin injeksi dan pasti mengalami kendala penyumbatan.

Ada banyak sekali penyebab terjadinya penyumbatan pada nosel mobil berusia tua ini. Salah satunya adalah adanya kotoran yang muncul dari sisa pembakaran yang tidak bisa sempurna. Terutama jika Kalian menggunakan bahan bakar berkualitas jelek atau buruk di bawah standar.

Bahan bakar berkualitas rendah tentunya pasti akan meninggalkan berbagai macam kotoran. Lama kelamaan sisa kotoran ini akan mengendap dan menutupi lubang shower pada mobil.

Namun tenang saja, Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan pembersihan pada nosel. Atau Kalian bisa juga mengganti nosel jika memang sudah tidak bisa dan tidak mampu untuk dibersihkan lagi.

Cara selanjutnya adalah Kalian bisa menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Silahkan menggunakan bahan bakar yang tepat dan disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik berkualitas unggulan. Jangan yang berkualitas abal-abal.

Dengan begitu Kalian tidak perlu mengeluarkan banyak dana hanya untuk memperbaiki komponen mesin rusak pada mobil berusia tua. Salah satu bahan bakar yang masuk ke dalam kategori unggulan tentunya adalah bahan bakar berjenis Pertamax. 

Kalian bisa dengan mudah mendapatkan bahan bakar ini melalui SPBU Pertamina terdekat di wilayah Kalian. Dibekali dengan adanya RON 92, pasti dijamin bahwa performa mesin pada mobil berusia tua milik Kalian akan lebih terjaga dan konsumsi bahan bakarnya juga lebih efisien.

Harga bahan bakar ini juga termasuk terjangkau, Kalian bisa melihat daftar harganya pada situs Pertamina. Kalian juga dapat mengunduh aplikasi pertamina di smartphone untuk mengetahui di mana SPBU Pertamina terdekat dan bahan bakar berkualitas lainnya yang disediakan oleh Pertamina.

Deretan Mobil Tua yang Masih Diminati Banyak Orang

Kini kebanyakan mobil berusia tua diincar banyak orang. Namun kita akan merancang beberapa daftar mobil berusia tua yang diminati oleh kebanyakan orang. Di bawah ini adalah daftar mobil berusia tua yang masih diminati oleh banyak kalangan.

  • Honda Accord Maestro

Mobil keluaran dari Honda ini memiliki berbagai tingkat kenyamanan yang sangat baik tentunya. Bahkan kenyamanan mobil ini disejajarkan dengan Mercedez Benz di era tahun 90-an.

Interior mobil tua ini sering disebut dengan nama SM4 atau CB7 ini memiliki luas dan body yang terbilang panjang. Meskipun diproduksi pada tahun 90-an, namun peminat mobil berusia tua ini masih banyak tentunya.

  • Toyota Kijang Super dan Grand

Kijang adalah sebuah singkatan dari Kerja Sama Indonesia Jepang. Mobil ini diproduksi oleh Toyota dan juga tercatat sebagai mobil sejuta umat.

Kijang diluncurkan pada tahun 1986-an dan bisa ditumpangi oleh 8 sampai 10 orang. Sebab bagian dalam pada kendaraan ini terhitung cukup luas. Peminat dari mobil ini juga masih sangat banyak. 

Harga dari mobil ini juga terjangkau. Mulai dari harga 30 jutaan untuk Kijang Super. Dan harga 40 jutaan untuk Kijang Tipe Grand. Oleh karena itu juga mobil ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan.

  • Toyota Great Corolla

Great Corolla adalah daftar mobil tua yang tergolong dalam generasi ke-7 dari beberapa mobil sedan yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini muncul pada tahun 1992. Dan memiliki interior mewah dan juga suspensi yang cukup nyaman.

Tampilan body dari kendaraan ini juga terlihat lebih bulat daripada mobil pendahulunya yaitu Twincam. Saingan kendaraan ini adalah Mobil Civic Genio yang diproduksi oleh perusahaan Honda. Harga mobil ini juga masih cukup terjangkau yaitu sekitar 30 jutaan saja.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket dan Pengertian Pajak

Membeli mobil yang berusia tua adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Kalian perlu juga mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kendaraan tersebut. Pahami dengan betul mengenai mobil tua agar Kalian tidak kecewa setelah membelinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here