Ketahui 5 Fungsi Dashcam Berikut Ini, Bukan Hanya Sekedar Gaya

0
34
Ketahui 5 Fungsi Dashcam Berikut Ini, Bukan Hanya Sekedar Gaya
Ketahui 5 Fungsi Dashcam Berikut Ini, Bukan Hanya Sekedar Gaya

Sebagai pemilik kendaraan roda empat kalian perlu mengetahui fungsi dashcam. Belakangan ini jumlah pengendara mobil ikut membuat semakin banyak pula jumlah serta jenis aksesoris yang dapat digunakan pada kendaraan kesayangan. 

Baca juga : Apa Itu Mobil Dua Gardan dan Apa Saja Kelebihannya?

Salah satu jenis aksesoris banyak digunakan adalah dashcam mobil. Kamera dasbor sendiri merupakan aksesoris yang bermanfaat untuk menunjang keselamatan berkendara. 

Kamera dasbor mobil ini juga berfungsi layaknya mata pengemudi dan akan merekam kejadian yang dilihat oleh pengemudi. Hasil rekaman dari aksesoris ini juga dapat dijadikan sebagai barang bukti kuat apabila terjadi sesuatu hal tidak diinginkan.

Mengenal Fungsi Dashcam Mobil

Mengenal Fungsi Dashcam Mobil
Mengenal Fungsi Dashcam Mobil

Dashcam merupakan kamera dengan ukuran relatif kecil dan biasanya terpasang pada bagian dasbor kendaraan. Selain itu aksesoris ini juga dapat dijumpai pada bagian depan dalam kaca mobil. Tujuannya untuk merekam semua kejadian yang terjadi ketika kalian berkendara. 

Bukan hanya bisa ditemukan pada bagian depan dalam kaca mobil saja, kamera ini juga sering dijumpai pada bagian belakang mobil. Salah satu poin penting dan perlu diperhatikan adalah agar penempatannya tidak mengganggu pandangan kalian saat berkendara.

Pada era digital seperti sekarang ini peranan dan fungsi dashcam pada kendaraan terbilang cukup penting. Bukan hanya sebagai pemanis saja, fungsi utama dari aksesoris ini adalah merekam semua aktivitas dan kejadian ketika kalian berkendara. 

Hasil rekaman dari kamera dasbor ini dapat dijadikan oleh pemilik kendaraan sebagai alat bukti apabila terjadi sesuatu di jalan raya. Aksesoris ini memang memiliki peranan vital sebagai fitur tambahan keselamatan. 

Terlebih lagi saat ini sudah ada banyak sekali tipe kamera dasbor yang tersedia dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Cara kerjanya sama halnya seperti CCTV yang siap merekam selama dalam keadaan menyala dan akan tersimpan ke dalam kartu memori.

Fungsi Dashcam Mobil, Fitur Keselamatan Tambahan

Fungsi dashcam yang paling utama adalah menjadi alat perekam selama berkendara. Bukan hanya itu saja, kamera ini juga memiliki nilai lebih yang akan diperhitungkan ketika kalian mengajukan atau mendaftarkan asuransi mobil. 

Sebab hasil rekamannya dapat mempermudah kalian untuk bisa melakukan klaim asuransi. Ternyata fungsi dashcam bukan hanya sekedar itu saja. Berikut beberapa fungsi dan manfaat kamera dasbor yang perlu kalian ketahui.

  • Merekam Berbagai Kejadian Penting

Tentu kalian pernah melihat berbagai kejadian alam seperti tanah longsor, angin puting beliung atau gunung meletus dari rekaman video di dalam kendaraan. Terkadang memang ada banyak sekali kejadian langka dan terekam ketika seseorang sedang berkendara. 

Dengan aksesoris kamera dasbor kalian tidak perlu repot lagi mengeluarkan smartphone dan mengganggu konsentrasi berkendara. Sebab fungsi dashcam secara otomatis akan merekam berbagai kejadian langka tersebut. 

Hasil rekamannya juga akan bermanfaat dan memberikan informasi bagi orang lain. Terlebih lagi jika terjadi suatu kejadian langka berada di dekat kendaraan kalian. 

  • Bisa Dijadikan Barang Bukti

Fungsi dashcam selanjutnya adalah merekam semua kejadian sedang berlangsung selama berkendara. Jadi ketika terjadi kecelakaan kalian hanya perlu membuka rekaman untuk melihat apa sebenarnya terjadi dan apa yang menyebabkan kecelakaan tersebut. 

Hasil rekaman bisa dijadikan sebagai barang bukti siapa yang bersalah hingga terjadi kecelakaan. Sebab rekaman video akan jauh lebih akurat dan dapat dianalisa dengan melihatnya berulang-ulang dibandingkan dengan mengandalkan saksi mata. 

Jadi para pengemudi bisa menuntut ganti rugi apabila kalian terbukti tidak bersalah. Meski terkesan sepele namun ternyata kamera dasbor memiliki peranan cukup penting. 

  • Membantu Menindak Pelanggaran Lalu Lintas 

Fungsi dashcam selanjutnya adab menindak pelanggaran lalu lintas. Perbuatan pengendara kendaraan bermotor di jalanan juga sering kali tidak menuruti peraturan lalu lintas yang ada. Tanpa disadari hal tersebut juga bisa menyebabkan kecelakaan pengguna jalan lain. 

Jika ada pengendara kendaraan seperti itu yang berada di dekat mobil, kalian bisa membantu pihak berwajib untuk menindak lanjuti melalui bukti rekaman video kamera dasbor. Jadi pengguna jalan tidak bertanggung jawab bisa ditindaklanjuti.

  • Dapat Mengawasi dari Dalam Mobil

Fungsi dashcam selanjutnya adalah mengawasi dari dalam mobil. Jenis aksesoris ini juga bermanfaat untuk merekam semua kejadian yang terjadi pada kendaraan kalian ketika dipinjam oleh orang lain. 

Bukan hanya sekedar dari luar mobil saja namun kamera tersebut juga bisa diarahkan ke dalam mobil untuk melihat apa saja yang dilakukan oleh peminjam kepada kendaraan kalian. Selain itu aksesoris ini juga bermanfaat untuk membantu orang tua yang ingin mengawasi anaknya ketika pergi menggunakan mobil. 

Kamera dasbor bisa mengawasi apa saja dilakukan oleh anak di dalam kendaraan. Selain itu aksesoris ini juga dapat mengawasi sopir pribadi ketika membawa mobil apabila melakukan kegiatan yang bukan termasuk pekerjaannya.

  • Memantau Barang Bawaan

Jika kalian suka travelling menggunakan mobil dan sering membawa banyak barang bawaan terkadang merasa was-was jika barang yang berada di dalam mobil rusak atau hilang. Fungsi dashcam selanjutnya bisa digunakan untuk memantau barang bawaan. 

Jadi kalian dapat memasang kamera dasbor dan diarahkan ke muatan di dalam mobil agar lebih tenang. Selain itu kalian juga bisa memastikan bahwa semua barang bawaan tidak hilang hingga sampai tujuan. 

Jenis aksesoris ini juga sangat bermanfaat bagi para pengendara mobil bermuatan seperti pick up atau truk. Kalian dapat dengan mudah memantau muatan yang akan dibawa melalui kamera dasbor agar terhindar dari orang jahil.

Fitur yang Terdapat Dalam Dashcam Mobil

Fungsi dashcam memang terbilang cukup penting. Mengingat manfaatnya terbilang cukup krusial aksesoris ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Secara garis besar berikut beberapa fitur yang tersemat dalam kamera dasbor. 

  • Continuous Loop

Fitur ini memungkinkan kamera dasbor agar tidak kehabisan ruang penyimpanan untuk menyimpan video rekaman. Sebab aksesoris ini secara otomatis akan menghapus rekaman paling awal dan menyimpan rekaman baru. 

  • Emergency Recording

Fitur selanjutnya yang tersemat dalam dashcam mobil adalah emergency recording. Emergency recording merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk mengunci beberapa bagian rekaman agar tidak terhapus secara tidak sengaja. 

  • G-Force Sensor

Fitur ini dapat mendeteksi apabila terjadi gerakan tiba-tiba. Contohnya pengereman mendadak atau tabrakan. Sensor tersebut secara otomatis akan mengamankan bagian terpenting agar tidak terhapus oleh fitur continuous loop

  • Night Vision

Salah satu fitur menarik dan tersemat dalam dashcam selanjutnya adalah night vision. Night vision merupakan fitur yang bermanfaat agar kamera bisa merekam dengan jelas di gelapnya malam. 

  • Perekam Suara

Salah satu fitur menarik tidak kalah penting adalah perekam suara. Fitur ini bermanfaat untuk merekam suara ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan. 

  • GPS

Selain beberapa fitur di atas salah satu hal menarik dari dashcam adalah dilengkapi dengan GPS. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk dapat mengetahui dimana lokasi rekaman diambil.

Cara Kerja Kamera Dasbor Mobil

Cara Kerja Kamera Dasbor Mobil
Cara Kerja Kamera Dasbor Mobil

Setelah mengetahui fungsi dashcam penting juga bagi kalian untuk tahu cara kerja dari jenis aksesoris satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwasanya aksesoris ini bermanfaat seperti kamera pengawas dan akan bekerja secara otomatis. 

Kamera dasbor mendapatkan tenaga langsung dari mobil berkat hadirnya adaptor yang dicolok ke dalam colokan 12V. Saat ini ada banyak sekali jenis kamera dasbor yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan para pengguna kendaraan. 

Ada hadir dengan satu kamera menghadap ke depan. Namun ada pula hadir dengan dua kamera dan menghadap ke depan sekaligus kabin. Sebagai pengendara bijak pastikan kendaraan kalian selalu dilengkapi dengan dashcam.

Pada umumnya cara kerja dari kamera dasbor adalah terkoneksi dengan tenaga listrik dalam kendaraan. Tenaga listrik secara otomatis akan tersimpan dalam aksesoris sehingga kamera dasbor akan tetap berfungsi dengan baik meski kendaraan dalam keadaan tidak menyala. 

Jadi secara otomatis kamera dasbor akan aktif ketika kendaraan dinyalakan. Setelah menyala dashcam akan mulai merekam berbagai hal yang terjadi pada kendaraan. 

Kamera menghadap ke arah depan bermanfaat untuk merekam berbagai aktivitas yang terlihat pada bagian depan kendaraan. Sedangkan untuk kamera dasbor yang menghadap ke arah belakang bermanfaat untuk mengawasi dan merekam berbagai aktivitas dalam mobil.

Baca juga : Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V yang Membantu Keselamatan Berkendara

Berkendara tidak hanya membutuhkan keahlian menyetir saja, namun kalian juga perlu melindungi mobil dan diri dari segala resiko mungkin terjadi. Fungsi dashcam sendiri adalah sebagai fitur keselamatan tambahan untuk proteksi lebih baik. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here