Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?

0
555
Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?
Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?

Apakah Anda kerap menjumpai pertanyaan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Tidak semua orang sepakat bahwa setir harus dalam kondisi lurus. Banyak yang menganggapnya sebagai kegiatan untuk menampilkan unsur estetika saja. 

Baca Juga: Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil

Sebenarnya ada banyak sekali alasan mengapa perlu menjadikannya dalam keadaan lurus. Baik karena faktor dari mesin sendiri maupun kondisi lahan yang dipakai untuk parkir. 

Selain itu, hal ini juga mempertimbangkan tipe mesin. Sebab, teknologi yang disematkan pada kendaraan keluaran baru dan lama cukup berbeda. Teknologi baru memberikan kenyamanan yang lebih tinggi berkaitan dengan cara parkir.

Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?

Ketika melihat area parkir di gedung besar seperti mall, perkantoran, instansi pendidikan dan lainnya, apakah Anda kerap memperhatikan posisinya? Biasanya, alat transportasi terparkir secara rapi.

Kondisi tersebut memunculkan pertanyaan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus?. Sebab, sebagian orang hanya memarkirkan kendaraan secara asal tanpa memperhatikan apakah bentuknya miring atau tidak.

Keindahan yang tampak dari parkir secara lurus membuat banyak orang mengira tujuannya hanya untuk memenuhi keperluan estetika. Padahal, aktivitas tersebut sebenarnya menyimpan banyak manfaat.  

Kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Alasannya ialah untuk menjaga komponen alat transportasi supaya tahan lama dan tidak mudah rusak. Komponen tersebut ialah Power Steering Hidraulis. 

Kendaraan yang memakai komponen Power Steering Hidraulis harus meluruskan stir begitu melakukan parkir. Sebab, komponen tersebut bekerja menggunakan cairan minyak atau oli. Komponen tersebut menciptakan tekanan di bagian rack steer. 

Tekanan bertujuan meringankan beban kerja tangan saat bergerak memutar setir untuk membelokkan ban. Ketika ban dibelokkan pada suatu sisi, maka tumpuan beban tekanan oli Power Steering juga ada di salah satu bagian.

Apabila mesin sudah dimatikan, oli akan terus tertekan dan tidak bersirkulasi. Jadi, kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Jika tidak lurus, nantinya seal dan jalur oli tidak mampu menahan beban dan bisa jebol suatu waktu.

Dampak dari jebolnya oli Power Steering ialah setir menjadi lebih berat begitu dipakai untuk membelokkan ban. Sehingga, akan menyebabkan gangguan dan masalah di kemudian hari. 

Faktor Lain yang Mengharuskan Parkir Lurus

Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?_Faktor Lain yang Mengharuskan Parkir Lurus
Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?_Faktor Lain yang Mengharuskan Parkir Lurus

Apakah menurut Anda masih ada faktor lain kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Ketika menyimak penjelasan sebelumnya, sepertinya hanya bertujuan untuk menjaga komponen kendaraan. 

Memelihara komponen kendaraan sendiri merupakan hal penting untuk dilakukan. Sebab, memang biaya dasar perawatan sendiri sudah cukup menguras keuangan. Apalagi jika ada kerusakan komponen hanya karena kebiasaan buruk.

Secara umum, tujuan parkir secara lurus memang untuk memelihara alat transportasi itu sendiri. Akan tetapi, di sisi lain masih ada tujuan tertentu. Yakni memudahkan alat transportasi untuk dipindahkan. 

Bukankah cukup penting memikirkan pemindahan alat transportasi sebagai alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Seperti yang Anda tahu, kondisi lahan di Indonesia tidak selalu bagus. 

Tidak semua lahan untuk mengistirahatkan alat transportasi berbentuk lahan luas dengan kondisi tanah datar. Bisa pula berupa tepi jalan, lapangan dengan tanah bergelombang, dan lain sebagainya. 

Maka tidak heran jika perlu menyikapinya dengan memarkir kendaraan secara lurus dan rapi. jadi, mobilitas kendaraan akan berlangsung secara aman dan teratur. Jika saja menempatkan alat transportasi secara miring, maka sudah pasti mengganggu orang lain.

Apakah Anda masih memerlukan alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Apakah Anda tidak ingin menerapkan cara tersebut? Jika saja hanya parkir di rumah sendiri atau area pribadi, boleh saja melakukannya secara sembarangan.

Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku untuk alat transportasi dengan sistem Electric Power Steering (EPS). EPS memakai motor elektrik untuk menghadirkan tekanan di bagian rack steer.

Parkir dalam kondisi ban miring maupun lurus tidak mempunyai pengaruh khusus pada kendaraan dengan EPS. Karena ketika mesin mati tidak ada penyaluran tenaga ke ECU maupun perangkat elektrikal lainnya.

Panduan Melakukan Parkir Mobil yang Benar

Setelah membaca beberapa informasi di atas, sudahkah Anda mendapat jawaban kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Anda bisa memilih caranya dengan mempertimbangkan komponen kendaraan. Apakah itu berupa Power Steering Hidraulis atau EPS.

Selain berkaitan dengan ban lurus, Anda perlu melakukan parkir secara tepat. Meskipun seseorang sudah terbiasa mengendarai kendaraan roda 4, belum tentu dapat memarkirkannya secara baik dan benar. 

Panduan dalam Seri Tegak Lurus

Tahukah Anda ada yang tidak kalah penting dengan pertanyaan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Yakni cara memarkirkan kendaraan dengan seri tegak lurus.

Cara mudahnya ialah menyamakan posisi kaca spion dengan kendaraan yang sudah terparkir di samping. Kemudian, pastikan bumper depan telah dekat dengan batas area parkir pada bagian depan. 

Panduan dalam Seri Miring

Tidak jarang Anda harus memarkirkan kendaraan secara miring. Memang seri miring banyak diterapkan dalam sejumlah tempat. Sebab memudahkan bagi masyarakat untuk mengistirahatkan kendaraannya.

Seri miring memudahkan alat transportasi untuk keluar atau masuk. Anda perlu mensejajarkan arah mobil dengan garis parkir. Lantas, geser gigi R lurus ke posisi 45 derajat. Kemudian mundur tanpa tergesa-gesa.

Panduan Paralel

Menurut Anda, apakah jenis paralel perlu mempertimbangkan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Jenis paralel ini mewajibkan kendaraan untuk lurus dengan kendaraan lain di depan atau belakangnya. 

Pada mulanya Anda perhatikan dahulu ruang parkirnya. Lantas perhatikan sudut bagian belakang kendaraan yang telah terparkir. Jangan sampai Anda membuatnya lecet akibat gesekan.

Masukkan gigi mundur (R) lantas putar setir ke sisi arah tempat parkir. Nantinya, mundurkan secara perlahan lantas putar setir berdasarkan arah yang dikehendaki . Pastikan posisinya nanti sejajar dengan kendaraan di depan maupun belakang.

Panduan Memarkir Mobil dengan Cara MundurKenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus?_Panduan Memarkir Mobil dengan Cara Mundur

Ketika memarkir kendaraan dengan cara mundur juga apakah juga perlu mempertimbangkan pertanyaan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Memarkir dengan cara mundur memang terbilang sulit untuk dilakukan.

Perlu Menguasai Area

Memarkir kendaraan dengan cara mundur perlu penguasaan terhadap area. Sehingga perlu menengok ke belakang secara berkala. Jangan hanya mengandalkan pantulan bayangan dari kaca spion. 

Anda dapat memposisikan tangan kanan pada setir searah jarum jarum 12. Lantas lepaskan tangan kiri untuk melihat ke arah tempat parkir. Kemudian bergerak sesuai arah yang dikehendaki untuk memarkirkan kendaraan.

Memahami Arah Berbelok

Memahami arah berbelok juga penting dalam memarkirkan dengan cara mundur. Saat hendak memundurkan kendaraan ke kanan, maka kemudi perlu diputar ke kanan. Begitu pula ketika ingin memundurkan ke arah kiri maka kemudi juga diputar ke kiri.

Ketika masih belajar mengendarai mobil, mungkin akan sulit untuk melakukan aktivitas ini. Namun Anda perlu berlatih secara rutin supaya mampu menguasai teknik tersebut. 

Mengandalkan Rem untuk Menjaga Kecepatan

Rem sangat berguna ketika memarkirkan secara mundur. Jadi, ketika menginjak pedal gas cukup keras, perlu mengatur injakan rem secara rutin. Supaya tidak sampai mundur secara bebas tanpa kendali. 

Tidak Lupa Memperhatikan Arah Depan

Memang, memperhatikan arah belakang sangat penting. Namun bukan berarti bisa mengabaikan arah depan. Perlu memastikan supaya bagian depan alat transportasi tidak menabrak sesuatu. Jangan sampai ada halangan tertentu di bagian depan.

Tips Menentukan Posisi Parkir Mobil

Apakah Anda sudah cukup memahami alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Sekarang mari membahas tips penting untuk bisa menentukan posisi ketika memarkir kendaraan.

Memilih Spot Sepi

Supaya lebih nyaman dalam memarkir kendaraan, Anda bisa memilih spot yang sepi. Jadi, tidak khawatir akan menyenggol kendaraan lain. Namun tentu tidak setiap tempat menyisakan ruang yang sepi dan luas untuk memarkirkan alat transportasi.

Biasanya hanya pada saat waktu tertentu akan ada spot parkiran yang sepi. Ketika momen itu datang, Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal. Bukan hanya melindungi kendaraan sendiri namun juga milik orang lain dari benturan atau gesekan.

Memilih Sisi Jalan yang Luas

Saat hendak parkir di sisi jalan, jangan terburu-buru menghentikan alat transportasi. Nyalakan dahulu lampu sein dan mencari sisi jalan yang luas untuk memarkirkan kendaraan. Pastikan tempatnya lebih luas daripada ukuran alat transportasi.

Memanfaatkan Spion

Jangan lupa memanfaatkan kaca spion secara optimal. Perhatikan pantulan bayangan area parkir secara rutin melalui kaca spion. Namun jangan lupa juga menengok ke belakang untuk memastikan kondisinya aman.

Anda juga bisa membuka jendela untuk memudahkan dalam memposisikan kendaraan. Sebab dapat melihat lebih jelas area parkir. Terutama saat perlu mundur secara perlahan-lahan.

Baca Juga: Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil

Saat melihat tempat parkir, biasanya kendaraan berjejer secara rapi. Semuanya tampak lurus dan jarak antar kendaraan terjaga. Namun tahukah Anda alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here