Honda Civic Estilo, Mobil Legendaris dengan Harga Mencengangkan

0
20
Honda Civic Estilo, Mobil Legendaris dengan Harga Mencengangkan
Honda Civic Estilo, Mobil Legendaris dengan Harga Mencengangkan

Honda Civic Estilo merupakan versi hatchback 3 pintu dari Honda Civic Genio yang diproduksi sekitar tahun 1992-1995. Mobil ini sangat populer di era 90-an, terutama pada kalangan penggemar JDM (Japanese Domestic Market) atau pasar mobil Jepang.

Memiliki desain sporty, elegan, dan futuristic dengan lampu depan serta belakang yang aerodinamis. Dengan bumper telah terintegrasi dengan bodi, dan spoiler bagian belakangnya menambah kesan dinamis. 

Baca juga: Mobil Listrik Renault, Banyak Pilihan dengan Harga Terjangkau

Selain itu, memiliki dimensi yang pas untuk turun balap, seperti drag race maupun touring car championship. Sehingga tidak heran banyak orang mengincar mobil ini untuk koleksi atau memodifikasinya. 

Honda Civic Estilo menjadi salah satu model mobil paling sukses hingga berpengaruh dari keluaran Honda. Meskipun unitnya langka, ternyata ketersediaan suku cadang terhitung melimpah. Perawatannya terbilang tidak rumit serta biayanya masih terjangkau.

5 Spesifikasi Honda Civic Estilo 

5 Spesifikasi Honda Civic Estilo
5 Spesifikasi Honda Civic Estilo

Untuk memperdalam pengetahuan terkait dengan performa yang ditawarkan pada Honda Civic Estilo, maka kalian harus mengetahui spesifikasinya. Berikut spesifikasi dari mobil lama yang masih menjadi incaran pecinta otomotif:

Desain

Memiliki desain sporty dan elegan membuat sangat menarik, dengan bentuk bodi yang aerodinamis, lampu depan serta belakang tajam. Kemudian bumper telah terintegrasi dengan bodi, dan spoiler belakangnya besar. 

Mobil ini memiliki banyak pilihan warna, mulai dari merah, biru, hijau, abu-abu dan putih. Selain itu, velg alloy yang berukuran 14 inci menambah kesan sporty dan dinamis.

Performa

Selanjutnya memiliki performa lebih responsif dan bertenaga. Honda Civic Estilo memiliki mesin 1.600 cc, 4 silinder, SOHC, dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan transmisi manual 5 kecepatan yang membuatnya lebih mudah serta nyaman saat dikendalikan. Sehingga membuat salah satu alasan mobil ini tetap diminati para pecinta otomotif.

Handling

Kemudian handling lebih stabil dan nyaman dengan sistem suspensi yang menggunakan MacPherson strut pada bagian depan dan double wishbone di bagian belakang. Sehingga membuatnya lebih stabil serta nyaman saat melewati berbagai rintangan kondisi jalan.

Selain itu, memiliki sistem kemudi yang menggunakan rack and pinion dengan power steering. Membuatnya lebih mudah serta ringan saat ada belokan. Selanjutnya sistem pengereman menggunakan disc brake pada bagian depan dan drum brake pada bagian belakang membuatnya lebih aman.

Interior

Interior Honda Civic Estilo lebih luas dan fungsional meskipun hanya memiliki 3 pintu. Mobil ini bisa menampung hingga 5 orang penumpang dengan kursi dilapisi bahan kain nyaman dan berkualitas. Selain itu, memiliki dashboard yang fungsional.

Kemudian panel instrumen yang lengkap mudah dibaca, serta sistem audio menggunakan tape dan radio. Memiliki 4 speaker yang tersebar pada area kabin dengan ruang bagasi besar sehingga bisa diperluas dengan melipat kursi belakang.

Fitur 

Meskipun fitur yang ditawarkan tidak secanggih mobil masa kini, namun tetap fungsional. Sudah dilengkapi dengan fitur kenyamanan standard seperti AC dan juga panel audio yang tertata rapi pada bagian tengah dashboard mobil.

Namun, sayangnya tidak dilengkapi banyak penyimpanan. Meskipun demikian Honda Civic Estilo sudah dibekali dengan beragam fitur menarik seperti sabuk pengaman, central lock, power steering, power window, dan juga electric mirror.

Alasan Honda Civic Estilo Tetap Banyak Diminati

Alasan Honda Civic Estilo Tetap Banyak Diminati
Alasan Honda Civic Estilo Tetap Banyak Diminati

Meskipun mobil ini sudah lumayan berumur tua, namun nyatanya hingga saat ini masih banyak diburu oleh beberapa kalangan pecinta otomotif mobil lawas atau legendaris. Dengan memiliki banyak keunggulan yang dimiliki Honda Civic Estilo, sehingga tetap diminati saat ini.

Tampilan Eksterior yang Sporty

Desain eksterior lebih unggul dari mobil lainnya di era tahun 90-an. Desain dengan hatchbacknya berbeda dan kontruksi dua pintu membuat tampak lebih sporty serta dinamis. Banyak yang mengatakan mobil legendaris ini cocok untuk anak muda.

Harga Jual Melebihi Harga Mobil LCGC

Harga jual Honda Civic Estilo terbilang masih tinggi dan stabil. Tidak seperti kendaraan bekas lainnya yang harganya tidak stabil. Jadi, saat kalian sudah memiliki mobil ini tidak perlu khawatir dengan harga jual yang anjlok. 

Performa Mesin Handal

Memiliki performa mesin cukup handal karena dibekali mesin kapasitas 1.600 cc dengan tipe mesin 4 silinder SOHC 16 katup. Sistem teknologinya menggunakan PGM-FI yang membuat irit bahan bakar dan mampu bersaing dengan mobil LCGC (Low Cost Green Car) pada saat ini.

Lebih Irit Bahan Bakar

Alasan lainnya adalah irit dalam penggunaan bahan bakar meskipun dengan kapasitas mesin yang besar. selain itu, menggunakan teknologi VTEC, namun penggunaan bahan bakarnya lebih irit. Perbandingannya mencapai 1:10 untuk dalam kota dan 1:12 untuk luar kota.

Suku Cadang Mudah Ditemukan

Tak perlu khawatir dengan masalah suku cadang pada Honda Civic Estilo karena tidak seperti mobil legendaris lainnya. Pasalnya, suku cadang mobil ini masih banyak dijual di toko seluruh kota Indonesia.

Akselerasi Stabil

Menariknya lagi, diketahui mobil legendaris ini sangat stabil saat berakselerasi pada kecepatan yang tinggi. Sehingga menjadi salah satu alasan mobil ini tetap tangguh untuk turun balap.

Mudah Dimodifikasi

Selanjutnya mudah untuk dibuat menyesuaikan dengan gaya modifikasi kekinian. Berbagai aliran modifikasi selalu melekat pada mobil mungil satu ini. Tak heran jika selalu hadir dalam pameran otomotif ternama dalam negeri. 

5 Tips Membeli Mobil Honda Civic Estilo Bekas

5 Tips Membeli Mobil Honda Civic Estilo Bekas
5 Tips Membeli Mobil Honda Civic Estilo Bekas

Jika kalian masih tertarik untuk membeli mobil legendaris ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentunya kalian pasti tidak akan membeli kucing dalam karung jika berniat menjadikannya sebagai koleksi. Berikut tips untuk kalian saat ingin membeli mobil Honda Civic Estilo bekas:

Persiapkan Mental dan Budget Tambahan

Membeli kendaraan untuk hobi tidaklah murah, bahkan kalian harus berhati-hati saat harga yang ditawarkan terlalu murah jika dibanding pasarannya. Hal ini dapat memakan waktu sangat lama dan budget yang jauh lebih besar. 

Lebih baik, kalian mendapatkan mobil dengan harga agak mahalan sesuai pasaran dengan perbaikan minim. Sehingga, kalian perlu banyak referensi melalui internet juga komunitas. Karena membeli mobil tua pasti ada kerusakan tidak terduga lainnya meski terlihat baik dan terawat.

Prioritaskan Body dan Sasis 

Hal selanjutnya adalah mengecek seluruh bagian mobilnya. Salah satunya kalian harus memperhatikan dengan baik bagian undercarriage atau kolong mobil hingga pada bagian dalam yang tertutup oleh karpet. Jangan tertipu dengan kondisi cat mengkilap, karena bisa saja hal itu menutupi kenyataan.

Jangan memaksakan untuk membeli kendaraan dengan karat serta berpikir kalian bisa memperbaikinya. Masalah ini bukan hanya memakan biaya cukup besar, namun jika karat sudah menyebar membuat kalian harus mengelupas cat hingga menambah panel karatan tersebut dengan plat baru.

Cek Bagian Interior dan Kabel Body

Tak kalah pentingnya saat akan membeli kendaraan bekas legendaris adalah cek kelengkapan kabel bodi. Jika tidak lengkap, maka sangat menyulitkan kalian untuk membangun bagian lain seperti mesin dan fungsi kelistrikan di eksterior maupun interiornya.

Kalian tidak perlu memaksakan untuk membeli kendaraan memiliki kondisi interior seperti baru. Setidaknya, pastikan kelengkapan dan orisinalitasnya karena kondisi interior nantinya bisa diperbaiki dan dipercantik kembali.

Cek Bagian Kaki-kaki

Biasanya pada kendaraan dengan usianya cukup tua, bagian kaki-kaki mudah mengalami kerusakan. Terlebih bagian kaki-kaki ini menjadi penyakit bawaan wajar terutama pada bagian depan. Sehingga kalian perlu melakukan peremajaan secara keseluruhan.

Jangan Memusingkan Bagian Mesin

Pasalnya, untuk mesin mobil Honda Civic Estilo ketersediaan komponennya masih sangat berlimpah. Tidak hanya itu, komponen dari mobil lainnya juga punya kemiripan. Bagian ini sektor yang paling diperhatikan, tentunya pastikan jika kendaraan tersebut bisa menyala dan berjalan.

Kalian bisa melakukan pemeriksaan dan mengganti beberapa komponen yang mengalami keausan seiring pemakaian lama. modifikasi engine swap bisa menjadi alternatif yang menarik untuk kalian penyuka kecepatan.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Bekas Toyota Kijang Innova untuk Keluarga

Memiliki performa mesin yang tangguh menjadi tidak heran jika mobil Civic Estilo masih banyak diminati. Hal tersebut tak lepas dari spesifikasinya sehingga tetap memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan desain sporty dari Honda Civic Estilo juga membuat banyak pecinta otomotif tertarik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini