Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!

0
187
Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!
Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!

Penyebab kerusakan kaca mobil memang sangat banyak, dari yang sederhana hingga ekstrem. Kaca sendiri menjadi salah satu bagian dari mobil yang paling rentan mengalami kerusakan.

Baca Juga: Jenis Kerusakan Rem Mobil dan Cara Mengatasinya!

Kerusakan pada kaca mobil tentunya membuat Anda sebagai pengguna merasa tidak nyaman. Apa lagi, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi setiap harinya. Kerusakan tersebut dapat mengancam keselamatan anda.

Oleh sebab itu, Anda harus bisa menghindari penyebab kerusakannya agar kaca mobil tetap awet dan menjamin keamanan berkendara. Pada pembahasan kali ini, kami khusus membahas mengenai menghindari penyebab rusaknya kaca mobil.

Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Oleh Air

Saat hujan dan kelembapan udara tinggi, air akan menempel pada kaca. Padahal, pada air terdapat zat asam. Zat asam tersebut akan mengalami oksidasi dan menyebabkan kaca mobil berjamur.

Jamur ini bisa tumbuh di bagian luar maupun dalam interior. Kecepatan pertumbuhan jamur juga dipengaruhi oleh kebersihan mobil. Jika mobil Anda kotor, maka jamur akan cepat tumbuh.

Tidak hanya menyebabkan mobil berjamur, air juga dapat menyebabkan kaca cepat bocor. Sebab, zat asam pada air bersifat abrasif akan membuat pori-pori kaca melebar dan mempercepat kebocoran.

Untuk mengatasi dampak buruk dari air dan mencegahnya berjamur, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan:

  • Rajin Membersihkan Kaca Mobil

Cara mengatasi jamur dan dampak buruk dari air terhadap kaca mobil adalah dengan rajin membersihkannya. Seperti yang diketahui bahwa penyebab kerusakan kaca mobil satu ini bisa menempel kapan saja.

Misalnya adalah saat hujan, saat kelembapan udara tinggi, atau bahkan saat terkena cipratan di jalan raya yang menyebabkan timbulnya bercak pada kaca. Pastikan kamu segera membersihkannya menggunakan lap kering atau kanebo.

  • Jangan Mencuci Menggunakan Deterjen

Meski deterjen ampuh dalam mengangkat kotoran pada kaca mobil, tapi sayangnya kandungan amoniaknya membuat kaca mobil berkabut. Serta dapat merusak lapisan kaca mobil.

Untuk menghindari penyebab kerusakan kaca mobil, Anda bisa mencuci mobil menggunakan sabun khusus mobil agar lebih aman. Selain itu, formulanya juga akan membuat mobil lebih kinclong.

  • Segera Keringkan Air Hujan

Air hujan memiliki sifat asam yang cukup kuat dibandingkan air tanah. Dalam jangka waktu yang lama, air hujan akan merusak struktur pada kaca mobil. Air hujan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jamur.

Segera keringkan mobil setelah terguyur air hujan. Pastikan kaca dan bagian lainnya benar-benar kering dan bersih.

  • Gunakan Cairan Pelindung Kaca

Cairan pelindung kaca juga sangat efektif dalam mengatasi penyebab kerusakan kaca mobil satu ini. cairan pelindung ini bisa didapatkan di pasaran dengan berbagai merek. Cara kerja dari cairan tersebut sederhana.

Cairan pelindung kaca mengandung bahan yang bersifat anti air seperti daun talas. Sehingga, saat hujan airnya akan langsung jatuh dan tidak menempel pada kaca. Dengan demikian, kaca dapat terhindar dari jamur.

  • Gunakan Anti Jamur untuk Kaca

Cara ini sangat ampuh dalam mengatasi jamur pada kaca mobil. Tapi, Anda harus memastikan produk anti jamur tersebut memiliki bahan dan sifat yang aman untuk kaca mobil. Jangan asal saja memilih produk anti jamur.

Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Karena Hantaman

Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Karena Hantaman_Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!
Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Karena Hantaman_Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!

Kerusakan karena hantaman menjadi salah satu yang paling sering terjadi. Hantaman ini berasal dari berbagai sumber, yaitu hantaman kerikil atau dari benda berat. Hal ini sulit untuk dihindari, terutama di jalan.

Meski terkesan sepele, nyatanya hantaman kerikil dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada kaca mobil. Terlebih lagi jika kerikil yang mengenai kaca mobil Anda memiliki permukaan runcing, maka kerusakannya akan semakin parah.

Kerusakan yang yang bisa terjadi karena kerikil adalah goresan pada kaca, hingga kaca cepat pecah. Sedangkan hantaman dari benda berat, sudah sangat jelas menyebabkan kaca retak hingga pecah.

Cara mengatasi kerusakan kaca mobil yang disebabkan oleh hantaman di antaranya adalah membawanya ke bengkel. Kaca yang mengalami goresan halus bisa dikembalikan lagi keadaannya dengan cara glass detailing. 

Saat ini sudah banyak bengkel yang menyediakan layanan ini. Metode yang digunakan adalah pengikisan. Untuk menghindari adanya goresan lagi, anda bisa menjaga jarak saat berkendara dengan pengendara lain.

Cara ini sebenarnya bertujuan untuk mencegah penyebab kerusakan kaca mobil. Sebab jika jarak antar kendaraan dekat, maka banyak kerikil yang akan menghantam kaca mobil anda. Terutama jika di jalan berpasir.

Jika kerusakan tidak melebihi 5 cm, kaca masih bisa diperbaiki dengan cara menambalnya kembali. Kaca harus dibor terlebih dahulu, kemudian dimasukkan cairan pengisi. Setelah itu, kaca diratakan dan dipanas menggunakan sinar UV.

Sayangnya, untuk kerusakan lebih dari itu dan terbilang parah, maka kaca mobil harus diganti dengan yang baru. Biaya yang diperlukan tentunya jauh lebih besar.

Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Akibat Pemanas

Pemanas mobil ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada kaca mobil. Hal ini dikarenakan suhu panas dapat menyebabkan kaca memuai. Jika tidak ada ruang yang cukup untuk menopang pemuaian tersebut, maka kaca akan pecah.

Alasannya adalah karena tekanannya terlalu tinggi. Tidak hanya kaca yang akan rusak, tapi plastik pelapis kaca juga akan ikut mengelupas dan kaca menjadi buram akibat proses pemuaian tersebut.

Pemanas ini biasanya digunakan pada defogger untuk mencegah pengembunan pada kaca, Sayangnya, dampak pemakaian yang terus menerus bisa merusak kaca. Cara mengatasinya sebenarnya sangat sederhana.

Cara yang paling sederhana untuk mencegah dampak buruk dari penggunaan pemanas atau defogger adalah dengan membatasi penggunaannya. Cukup gunakan defogger seperlunya.

Misalnya ketika musim hujan dan udara menjadi sangat lembab. Pada kondisi tersebut kaca jendela rentan berembun, sehingga penggunaan defogger berguna untuk menghilangkan embun pada kaca.

Lain halnya ketika udara terik, maka penggunaan defogger tidak begitu urgent. Untuk menghindari dampak buruk penyebab kerusakan kaca mobil, Anda bisa menonaktifkan fitur dalam mobil tersebut.

Untuk mengatasi Penyebab kerusakan kaca mobil karena pemesan salah satunya adalah menggunakan sampo. Sebab, sampo dapat menjaga kelembaban di sekitar kaca. 

Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu oleskan sampo pada kaca bagian dalam dengan arah lurus menyamping agar kaca tidak buram. Anda bisa membersihkannya menggunakan lap kering. 

Tidak hanya sampo, tapi tembakau juga bisa digunakan sebagai pengganti defogger. Caranya sangat mudah, yaitu oleskan tembakau secara hati-hati jangan sampai menggores kaca. 

Kandungan nikotin dalam tembakau dipercaya dapat menyerap air di sekitar, sehingga pembentukan embun dapat dihindari. Anda bisa melakukannya dengan membuka jendela beberapa saat.

Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Karena Jalan Bergelombang

Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Karena Jalan Bergelombang_Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!
Penyebab Kerusakan Kaca Mobil Karena Jalan Bergelombang_Hindari Penyebab Kerusakan Kaca Mobil agar Tetap Aman!

Kaca mobil ternyata dapat rusak karena jalan bergelombang. Hal ini erat kaitannya dengan tempat tinggal dan kemampuan jenis mobil saat medan jalan terlalu ekstrem. Dengan demikian, hanya mobil yang tangguh akan bertahan.

Sayangnya, guncangan yang terjadi terus menerus akan merusak kaca mobil. Guncangan yang terjadi dapat menyebabkan kaca mendapat tekanan. Tekanan yang diterima oleh kaca, tidak merata.

Dengan demikian, permukaan kaca mobil ada yang mendapatkan tekanan besar dan kecil. Perbedaan tekanan tersebut meningkatkan kerusakan kaca, seperti retak atau parahnya lagi menjadikan kaca hancur.

Apa lagi jika mobil juga terkena terik matahari, maka kerusakannya akan lebih parah. Panas matahari dapat memperburuk efek pemuaian kaca mobil. Sehingga, kaca akan lebih cepat rusak. Misalnya saja mengalami keretakan, hingga mudah pecah.

Pilih tempat parkir yang rindang dan tidak terlalu terik. Selain itu setelah lama memarkir mobil, maka Anda bisa membuka kaca terlebih dahulu sebelum melakukannya. Tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan pada kaca.

Cara mengatasi penyebab kerusakan ini sangat mudah, yaitu dengan memilih rute yang tidak aman dan tidak bergelombang. Dampak buruk yang disebabkan oleh jalan bergelombang ini di antaranya adalah:

  1. Jika mobil terlalu sering melibas jalanan ekstrim, maka mobil akan terguncang-guncang dalam waktu lama. Hal ini akan merusak kaca mobil, berupa retak hingga lama kelamaan akan pecah.
  2. Spare part mobil cepat rusak dan karena guncangan tersebut.
  3. Ketahanan ban juga dapat menurun dengan cepat jika Anda menggunakan mobil pada jalan yang bergelombang. Ban akan menjadi lebih aus dan licin, sehingga bisa membahayakan saat dikendarai.
  4. Kaca mobil bisa saja macet karena terlalu sering dibuka tutup.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Tenaga Listrik yang Menarik

Kaca mobil menjadi komponen yang paling sering rusak jika dibandingkan dengan komponen lain. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui penyebab kerusakan kaca mobil agar dapat menghindarinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here