Mengenal Apa Itu Dashcam, Fungsi Dashcam hingga Cara Kerja

0
44
Mengenal Apa Itu Dashcam, Fungsi Dashcam hingga Cara Kerja
Mengenal Apa Itu Dashcam, Fungsi Dashcam hingga Cara Kerja

Dashcam merupakan sebuah kamera yang terpasang di mobil dan fungsi dashcam bukan sekedar aksesoris saja. Adanya fungsi yang lebih penting sebagai salah satu aksesoris penunjang keselamatan berkendara.

Baca juga : Suzuki Jimny Heritage Mobil Segala Medan yang Legendaris

Sayangnya banyak orang belum menggunakan dashcam pada mobil mereka karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal ada banyak manfaat ketika menggunakan aksesoris satu ini, agar lebih jelasnya simak review singkat berikut ini.

Sekilas Tentang Dashcam Mobil yang Menarik Diketahui

Sekilas Tentang Dashcam Mobil yang Menarik Diketahui
Sekilas Tentang Dashcam Mobil yang Menarik Diketahui

Sebelum membahas tentang fungsi dashcam akan lebih baik jika kalian memahami tentang apa sebenarnya alat ini.

Dashcam merupakan kamera dengan ukuran cukup kecil dan sengaja dipasang pada bagian dashboard mobil. Khususnya pada bagian depan dalam kaca mobil sehingga tidak terlihat mencolok dari luar dan aman karena berada di dalam.

Namun terkadang seseorang memasang kamera ini pada bagian belakang atau justru pada kedua sisi tersebut. Pemasangan alat ini biasanya dibuat senyaman mungkin agar tidak mengganggu pandangan saat berkendara atau tidak terlihat mencolok.

Tujuan utama dari penggunaan alat ini yaitu untuk merekam berbagai kejadian saat sedang berkendara. Seperti merekam kejadian kecelakaan lalu lintas sehingga lebih mudah mengetahui siapa yang salah dan lainnya.

Menariknya dashcam akan tetap hidup dan berfungsi baik meskipun mobil dalam keadaan mati. Biasanya akan langsung merekam jika ada kejadian disekitar mobil karena adanya getaran. 

Hal ini terjadi karena menggunakan fitur G sensor sehingga lebih peka terhadap getaran-getaran kecil sekalipun. Jadi kalian tidak perlu khawatir meninggalkan mobil karena sudah terpasang kamera tersebut.

Berkaitan dengan fungsi dashcam yang ternyata mampu merekam dalam waktu beberapa menit saja. Hasil rekaman tersebut terbagi dalam beberapa bagian video pendek yang bisa dilihat sewaktu-waktu.

Tidak hanya merekam gambar saja namun kamera dasbor ini dapat merekam suara juga. Hal ini membuat hasil video menjadi sangat jelas dan jika dibutuhkan untuk tujuan tertentu bisa sangat membantu.

Soal harga sangat bervariasi di pasaran karena tergantung merek, type, kualitas dan berbagai karakteristik lainnya. Mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah jadi sesuaikan dengan budget kalian.

Fungsi Dashcam sebagai Alat Perekam

Perlu diketahui fungsi dashcam paling utama yaitu memang sebagai alat perekam pada mobil. Sering juga disebut sebagai CCTV mobil yang dapat memberikan hasil rekaman dari berbagai kejadian disekitar CCTV tersebut.

Sebagai alat perekam tentu secara otomatis akan menyimpan hasil rekaman pada file tersendiri. Nantinya file rekaman tersebut bisa diakses dan disimpan oleh pemiliknya dengan sangat mudah.

Jika memang membutuhkan hasil rekaman maka sewaktu-waktu bisa langsung dibuka tanpa perlu download lagi. Contohnya hasil rekaman bisa digunakan untuk bukti kejahatan seperti kecelakaan, tabrak lari, pencurian kendaraan dan penipuan.

Jaman sekarang ini sangat memungkinkan terjadinya tindak kejahatan disekitar kita. Maka sangat penting menempatkan kamera pengawas pada mobil kesayangan agar lebih aman dan membuat kalian tenang.

Bahkan pentingnya fungsi dashcam pada mobil ternyata dapat memberikan nilai lebih saat akan menjual kendaraan tersebut. Termasuk ketika akan mendaftarkan asuransi akan diperhitungkan oleh penyedia asuransi tersebut.

Hal ini dikarenakan hasil dari rekaman yang tersimpan akan mempermudah kalian saat klaim asuransi. Hasil dari rekaman tersebut tidak mungkin dimanipulasi sehingga bisa menjadi bukti yang kuat.

Saat ini ada beberapa jenis dashcam yang sudah dilengkapi dengan fitur GPS dalam satu alat. Jadi akan sangat memudahkan kalian ketika ingin mengetahui posisi mobil saat lupa parkir atau ketika mobil dicuri.

GPS akan membantu kalian dengan mudah menemukan mobilnya karena adanya fitur pelacakan. Jadi tidak perlu khawatir dimanapun mobil kalian berada akan dengan mudah menemukannya.

Secara Umum Cara Dashcam Mobil Bekerja

Sudah dijelaskan fungsi dashcam yaitu mirip kamera pengawas namun bukan untuk ruangan melainkan kendaraan. Karena terpasang pada kendaraan yang tidak mungkin stabil apalagi saat jalan tentu cara kerjanya berbeda.

Perbedaan cara kerja ini tidak mempengaruhi fungsi secara keseluruhan namun demi menjaga kualitas hasil video. Dengan begitu video yang dihasilkan akan menjadi jelas, tidak blur, tidak goyang dan tersimpan aman.

Secara sederhana cara kerja dari kamera ini bisa memaksimalkan fungsi dashcam dengan baik, yaitu dengan terkoneksi kelistrikan mobil. Kalian hanya perlu menyambungkan koneksi listrik pada kendaraan dengan kamera tersebut.

Dari fungsi dashcam akan otomatis merekam ketika ada sesuatu yang terjadi disekitar kendaraan tersebut. Jadi kalian tidak perlu repot menyalakan kamera tersebut karena sudah otomatis dalam posisi on dan merekam.

Kamera yang terpasang pada bagian depan berfungsi untuk merekam kejadian-kejadian yang ada di bagian depan mobil. Sementara alat pada bagian belakang untuk merekam kejadian di bagian belakang.

Termasuk merekam aktivitas penumpang didalam mobil sehingga jauh lebih aman dan nyaman. Apalagi jika mobil tersebut digunakan untuk kepentingan umum sehingga bisa melihat aktivitas penumpang dengan mudah.

Dapat disimpulkan jika cara kerja dari alat ini sangat sederhana, sehingga tidak sulit untuk digunakan. Bahkan kalian tidak perlu menyiapkan secara khusus settingnya karena bisa dengan mudah terpasang.

Tidak ada salahnya kalian menggunakan alat satu ini untuk merasakan fungsi penting dari kamera pengawas ini.

Berbagai Alasan Penting Penggunaan Dashcam pada Mobil

Meskipun fungsi dashcam yang utama sebagai kamera pengawasan namun ada banyak alasan penting mengapa kalian harus memasangnya. Setidaknya ada 4 alasan yang dapat kalian pertimbangkan menggunakan aksesoris penting satu ini. Adapun berbagai alasan penting penggunaan dashcam pada mobil jika kalian ingin membelinya.

  • Sistem Keamanan Mobil

Sebuah mobil memang sudah dilengkapi sistem keamanan tersendiri namun tidak ada salahnya memperkuat sistem tersebut. Salah satunya dengan menambahkan kamera sebagai CCTV tambahan.

Hal ini dapat membantu menjaga mobil ketika ditinggal jauh atau dibiarkan berada diluar saat malam hari. Jadi tidak perlu bolak balik mengecek kendaraan dan pastinya membuat kalian merasa tenang.

  • Lebih Mudah Parkir Mundur

Salah satu kesulitan saat berkendara adalah ketika akan parkir mundur karena pandangan sangat terbatas. Namun memakai kamera khusus ini dapat membantu kalian dengan mudah melihat bagian belakang.

Sehingga parkir mundur saat ini bukan hal yang sulit lagi dan meminimalkan resiko kecelakaan.

  • Merekam Berbagai Kejadian

Sudah dijelaskan kalau fungsi dashcam sebagai kamera pengawas sehingga dapat merekam berbagai kejadian. Hasil rekaman bisa berupa gambar dan suara kemudian tersimpan pada file khusus.

Dari hasil rekaman tersebut bisa digunakan untuk berbagai tujuan yang pastinya menunjang keamanan saat berkendara. Hasil rekaman juga dapat digunakan sebagai bukti tindak kejahatan dimanapun dan kapanpun.

  • Menunjang Syarat Asuransi

Satu alasan menarik kenapa perlu memasang dashcam pada kendaraan kalian karena sebagai penunjang syarat asuransi. Meskipun terlihat sepele ternyata pihak asuransi lebih menyukai mobil dengan tambahan kamera pengawas.

Ketika kalian membutuhkan klaim asuransi akan lebih mudah dan cepat prosesnya karena adanya video kejadian. Bahkan ada beberapa perusahaan asuransi yang sengaja meminta untuk memasang aksesoris ini agar mempermudah klaim nantinya.

Rekomendasi Dashcam Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi Dashcam Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Rekomendasi Dashcam Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Banyak pemilik kendaraan enggan memasang kamera ini meskipun sudah tahu pentingnya fungsi dashcam. Salah satu alasannya karena menganggap harganya mahal bahkan mencapai jutaan rupiah.

Padahal ada banyak produk murah dengan kualitas terbaik namun dari segi harga juga sangat terjangkau. Simak apa saja rekomendasi tersebut yang bisa digunakan sebagai referensi kalian.

  • Azdome

Harga Azdome sendiri sekitar Rp. 800 ribuan saja dan tidak sulit menemukannya di marketplace. Ada beberapa pilihan untuk kamera depan, belakang atau bisa juga memasang pada kedua sisi tersebut.

Azdome dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru dan canggih seperti dapat merekam kedua sisi sekaligus. Perangkat bisa langsung terhubung dengan smartphone sehingga memudahkan dalam pengecekan dan pengaturan.

Terdapat fitur khusus sensor parkir dan night vision sehingga memudahkan saat parkir. Support memory sampai 128 GB sehingga bisa menyimpan banyak video dalam satu waktu.

  • Philip CVR208

Keunggulan dashcam satu ini yaitu hasil rekaman gambar sangat jelas, detail dan beresolusi tinggi. Harga dipasaran mulai dari Rp. 900 ribuan sampai Rp. 1,5 jutaan yang pastinya sebanding dengan kualitasnya.

Berbagai fitur unggulan seperti motion detection, loop record, G-sensor lock dan night vision.

  • 70mai Smart Dashcam 1S

Rekomendasi selanjutnya yaitu 70mai Smart Dashcam 1S yang harganya sekitar Rp. 600 ribuan saja. Menjadi model terbaik dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia karena berbagai keunggulannya.

Seperti area rekam sampai 130 derajat dan ditunjang dengan fitur night vision. Sangat mudah menyambungkan dengan smartphone atau iPhone dalam penggunaannya.

Baca juga : Kredit Mobil Listrik Esemka Terbaru Bima EV

Pentingnya fungsi dashcam ternyata memberikan jaminan keamanan lebih pada kendaraan jadi pasang sekarang juga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here