Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!

0
299
Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!
Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!

Hal-hal seputar mobil listrik ini sedang menjadi perbincangan hangat akan memasuki era elektrifikasi kendaraan. Saat ini banyak sekali pabrikan otomotif yang seakan berlomba menghadirkan mobil listrik dengan harga terjangkau serta berkualitas.

Baca Juga: Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Meskipun hingga saat ini jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak, harga mobil listrik sendiri masih sangat mahal namun pihak pemerintah mendorong kendaraan listrik menjadi lebih terjangkau.

Pemerintah memiliki kebijakan teks karbon dan lokalisasi produksi mobil di mana hal ini membuat mobil dengan emisi rendah akan mendapatkan keringanan pajak sehingga nantinya mobil listrik juga akan tersedia dengan harga yang jauh lebih murah.

Mobil listrik sendiri merupakan kendaraan yang nantinya digerakkan dengan motor listrik, energi tersebut akan disimpan didalam baterai atau tempat penyimpanan energi. Ada banyak fakta menarik mengenai mobil listrik yang tidak banyak diketahui.

Jika Anda tertarik memiliki mobil listrik yang kabarnya pada 10 tahun mendatang, pemerintah akan mulai mengganti mobil dengan bahan bakar minyak menjadi mobil listrik, maka Anda perlu mengetahui fakta-fakta tentang mobil listrik berikut.

Seputar Mobil Listrik yang Sudah Populer Pada Abad 19

Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!
Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!

Perlu diketahui bahwa sebenarnya keberadaan kendaraan yang menggunakan motor listrik ini sudah populer sejak lama. Tepatnya pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 dan sudah sering digunakan oleh banyak orang di zamannya.

Namun saya kepopuleran mobil listrik tersebut tiba-tiba merujuk hanya karena teknologi mesin pembakaran yang dianggap semakin maju. Dulunya kendaraan berbahan bakar bensin juga dijual dengan harga yang sangat murah.

Membahas seputar mobil listrik, pada tahun 1970, krisis energi sempat membangkitkan sedikit minat pada mobil listrik hingga pada akhirnya pada tahun 2000. Para produsen kendaraan mulai menaruh perhatian nya kembali pada kendaraan listrik.

Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2000 harga minyak mulai melambung tinggi bahkan masyarakat dunia sudah mulai sadar apa saja dampak buruk emisi gas rumah kaca yang tentu saja jika diteruskan akan menyebabkan kekacauan pada alam dan makhluk hidup.

Kemudian pada tahun 2011 tepatnya pada bulan November, sudah ada sederet merk yang menawarkan kendaraan dengan motor listrik yang sudah dipasarkan di beberapa negara. Salah satunya yang cukup populer dan menjadi perbincangan di Indonesia adalah Tesla.

Bahkan di tahun itu, penjualan mobil listrik sangat meningkat, lebih dari 20 ribu unit terjual di seluruh dunia untuk brand Nissan, sedangkan untuk Mitsubishi mencakup penjualan global lebih dari 17 ribu unit.

Seputar Mobil Listrik yang Lebih Ramah Lingkungan

Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!
Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!

Seperti pembahasan diatas gimana mobil listrik pernah populer pada abad 19. Kemudian muncul kembali di tahun 2011 karena saat itu orang-orang mulai sadar bahwa keberadaan kendaraan berbahan bakar minyak tidak baik untuk kelangsungan hidup.

Orang-orang mulai sadar bahaya dari penggunaan bahan bakar minyak sehingga mulai beralih pada mobil listrik karena lebih ramah lingkungan. Hal ini merupakan fakta dan itulah alasan pemerintah memiliki wacana tentang mobil listrik pada 10 tahun mendatang.

Mengulas seputar mobil listrik, kendaraan ini dianggap ramah lingkungan karena menghasilkan emisi lebih kecil jika dibandingkan mobil berbahan bakar fosil, hal ini diungkapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Emisi CO2 dari BEV atau mobil listrik murni hanya 0 sampai 5 gram per km sedangkan emisi CO2 dari mobil berbahan bakar fosil bisa mencapai 125 gram per km sehingga tentu saja mobil listrik akan lebih direkomendasikan.

Selain mengenai emisi CO2 bahkan mobil listrik atau BEV juga menyumbang 11 hingga 13% polutan PM 2,5 lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak sehingga hal ini memberikan kontribusi baik terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca.

Itulah mengapa kementerian perindustrian memiliki target penggunaan 600 ribu unit mobil listrik pada tahun 2030 mendatang dengan tujuan agar pemerintah bisa mengurangi 2,7 juta ton emisi CO2 di Indonesia sehingga alam akan kembali asri.

Mobil listrik bisa dikatakan sangat ramah lingkungan bahkan tidak hanya minim polusi udara, kendaraan ini juga minim polusi suara di mana tingkat kebisingannya sendiri hanya 21 desibel, tentu sangat jauh dengan penggunaan kendaraan yang menggunakan bahan bakar.

Seputar Mobil Listrik dan Pengisian Baterai yang Cukup Mudah

Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!
Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!

Hal yang terlintas oleh pengguna kendaraan berbahan bakar minyak adalah bagaimana jika mobil listrik digunakan dalam jangka waktu yang lama atau jarak tempuh yang cukup jauh? Bagaimana jika baterai habis dan berapa lama pengisian daya perlu dilakukan?

Pertanyaan semacam ini sangatlah wajar di mana selama ini masyarakat sangat awam seputar mobil listrik. Adapun pasti terbayang bagaimana kesulitan yang akan dihadapi saat mobil listrik habis.

Namun ternyata pengisian baterai sangatlah mudah bahkan ada aplikasi dari PLN yaitu charge in di mana pemilik mobil listrik akan melakukan pengisian di daerah yang sudah terdaftar. Aplikasi tersebut memberi tahu tentang daerah mana saja yang memiliki fasilitas pengisian baterai.

Nantinya pada tahun 2030 lokasi pengisian baterai akan semakin mudah ditemukan sehingga pemilik kendaraan motor listrik tidak perlu khawatir lagi. Cara mengisi baterai juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut:

  1. Cobalah untuk menginstal aplikasi charge IN pada smartphone Anda bisa berbasis Android atau iOS bisa melalui play store atau app store.
  2. Kemudian cari Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat yang sudah terdaftar melalui aplikasi charge IN, nantinya list SPKLU akan terlihat melalui aplikasi.
  3. Pastikan Anda sudah melakukan top-up pada akun yang sudah terhubung pada aplikasi agar tidak terjadi kendala atau kekurangan saat melakukan pengisian baterai.
  4. Setelah itu Anda bisa langsung menuju SPKLU terdekat, pastikan memilih yang paling dekat, Anda harus benar-benar memperhatikan daya baterai jangan melakukan pengisian daya saat baterai hampir habis.
  5. Ikuti arahan dari petugas jika Anda baru pertama kali menggunakannya, pada umumnya jika Anda mengisi di daerah atau kota yang memiliki SPKLU sistem AC maka petugas akan menempelkan kartu NFC pengisian untuk otentikasi.
  6. Jika SPKLU menggunakan sistem DC maka cukup scan QR kode yang tersedia saja lalu masukkan berapa KWH yang dibutuhkan untuk pengisian daya
  7. Tunggu proses pengisian selesai dan nantinya akan terlihat dalam aplikasi charge IN.
  8. Setelah itu Anda bisa membayarnya menggunakan dompet digital atau akun perbankan lainnya.

Seputar Mobil Listrik yang Lebih Menguntungkan Dibandingkan Mobil Konvensional

Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!
Fakta-fakta Seputar Mobil Listrik, Mobil Masa Depan!

Tahukah Anda bahwa penggunaan mobil listrik lebih menguntungkan dibanding mobil konvensional apa yang masih menggunakan bahan bakar minyak. Baterai sebagai sumber energi utama nya membuat kendaraan terbebas dari emisi.

Hal tersebut membuatnya lebih hemat 4 kali lipat jika dibandingkan dengan mobil bermesin diesel maupun bensin bahkan masih mampu bersaing jika dibandingkan dengan mobil berjenis hybrid sekalipun, apalagi mobil listrik juga gratis BBN (Bea Balik Nama)

Jika membahas keuntungan memang benar-benar sangat recommended di mana Anda juga bisa melakukan perpanjangan STNK jauh lebih murah dan terbebas dari peraturan ganjil genap. Selain ramah lingkungan perawatan serta garansi juga mudah.

Membahas seputar mobil listrik memang tidak ada habisnya, bahkan jika dihitung mengenai biaya penggunaan listrik, bisa dikategorikan lebih murah dibandingkan kendaraan konvensional menggunakan bahan bakar minyak.

Nilai plus lainnya adalah tentang perawatannya yang tidak membutuhkan banyak biaya. Tidak seperti kendaraan konvensional yang harus melakukan pengecekan secara berkala sehingga pengguna harus menggelontorkan budget otomotif tersendiri.

Komponen pada mobil listrik sangat sedikit dibanding mobil konvensional. Hal tersebut membuatnya lebih murah bahkan tidak membutuhkan biaya ganti oli mesin, transmisi dan lain-lain sehingga tidak akan menguras kantong.

Apalagi sudah disediakan beberapa dealer yang sangat mumpuni sehingga Anda bisa melakukan servis secara berkala dengan biaya yang cukup ringan. Bahkan saat ini sudah ada beberapa merek mobil listrik murah yang sudah mendarat di Indonesia.

Membicarakan seputar mobil listrik, bahkan Anda bisa membelinya dengan harga dibawah 100 juta, tergantung tipe kendaraan tersebut karena memang pabrikan otomotif sedang berlomba menghadirkan mobil listrik yang terjangkau.

Beberapa brand seperti Nissan, Hyundai dan Wuling menjadi target pasar di Indonesia karena menyediakan mobil listrik yang sangat terjangkau namun memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Baca Juga: Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Beberapa informasi diatas tidak sekadar mitos namun benar-benar kenyataan yang bisa Anda nikmati jika menggunakan atau beralih dari mobil konvensional dengan mobil listrik. Setelah mengetahui fakta seputar mobil listrik, Anda tentu tertarik memilikinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here