Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan

0
97
Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda ButuhkanPerhatikan Juga Konstruksi Velg Mobil
Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan

Statement velg mobil terbaik tentu jawabannya adalah relatif tergantung kebutuhan pengguna. Oleh karena itu kita tidak bisa memutuskan apakah tipe atau desain A selalu lebih baik dari B.

Baca Juga: Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat

Oleh karena itu agar tidak adalah kesalahan dalam merepresentasi kami akan membahas secara detail. Mulai berdasarkan bahan penyusun sampai metode manufakturing yang digunakan untuk membuatnya.

Jadi Anda sebagai pemakai nanti bisa menentukan apakah cocok digunakan sesuai kebutuhan atau tidak. Karena percuma saja jika misalnya memilih produk dengan harga mahal namun ternyata tidak sesuai ekspektasi.

Ini adalah aspek penting yang perlu kita pertimbangkan dalam pemilihan suku cadang kendaraan roda empat. Belum lagi aspek keamanan yang kita sendiri juga harus memperhatikannya secara seksama.

Ini Dia Bahan Pembuatan Velg Mobil Terbaik

Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan_Ini Dia Bahan Pembuatan Velg Mobil Terbaik
Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan_Ini Dia Bahan Pembuatan Velg Mobil Terbaik

Ketika kita membahas rim dari kendaraan roda empat maka bahan yang digunakan paling umum ada tiga. Namun ketiga bahan tersebut kembali lagi harus dicampur agar bisa digunakan secara optimal.

Jadi tidak ada rim murni dari bahan baja, aluminium, atau magnesium karena semuanya pasti ada campurannya. Berikut ini adalah detail mengenai bagian tersebut tergantung pada bahan pembuat utamanya.

  • Baja 

Ini merupakan bahan yang paling kuno sekarang berada di pasaran velg mobil terbaik karena memang sudah tergerus oleh zaman. Biasanya produk OEM dari baja ini digunakan oleh kendaraan kuno.

Memang daya tahannya tidak boleh kita anggap remeh namun desainnya relatif terbatas sehingga membosankan. Kemudian ini juga relatif berat sehingga membuat kendaraan kurang optimal.

  • Aluminium 

Jangan anggap remeh ternyata aluminium sekarang merupakan bahan pembuat velg mobil paling sering digunakan. Proses pembuatannya paling mudah dan desainnya juga bermacam-macam.

Karena fleksibilitas ini sekarang aluminium lebih sering dipakai karena memang harganya juga lebih murah. Untuk performa kendaraan sendiri ini sedikit lebih baik dibandingkan menggunakan baja.

  • Karbon 

Bagi Anda yang memiliki dompet tebal maka bahan karbon bisa menjadi opsi berikutnya. Harganya memang sangat mahal namun dari segi ketahanan dan estetika memiliki skor velg mobil terbaik paling tinggi.

Jadi jika Anda adalah seorang car enthusiast dengan budget besar ini bisa menjadi rujukan utama. Dari segi performa sendiri karbon sangat optimal untuk kendaraan sport berkecepatan tinggi.

Dengan mengetahui tiga jenis tersebut tentu sekarang Anda bisa mempertimbangkan sendiri mana yang paling tepat digunakan. Apakah lebih memilih murah meriah dengan aluminium atau ketahanan seperti baja.

Proses Pembuatan Velg Mobil Juga Mempengaruhi Kualitas

Jangan salah ternyata proses pembuatan dari rim juga mempengaruhi bagaimana kualitas ketika digunakan. Sehingga Anda juga perlu menjadikannya bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah produk.

Paling umum ada tiga cara pembuatannya yaitu casting, molding, dan forging ketiganya akan kami jelaskan. Sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah acuan sebelum memutuskan untuk membeli produk.

  • Casting 

Ini adalah proses pembuatan velg mobil terbaik paling primitif namun sampai sekarang masih digunakan karena mudah dan cepat. Sehingga produsen bisa membuat dalam jumlah besar tanpa memakan waktu lama.

Kemudian kelemahan dari metode ini adalah beban pada rim jauh lebih tinggi. Sehingga ini juga relatif mempengaruhi performa kendaraan ketika digunakan melintas di jalanan.

  • Molding 

Proses pembuatan ini sebenarnya hampir mirip dengan waktu membuat guci dari tanah liat. Jadi bahan panas velg mobil terbaik masih berbentuk cair akan dibentuk pada kolam khusus sehingga bisa menjadi seperti hasil akhir.

Metode tersebut ternyata memberikan kekuatan lebih ketika dibandingkan dengan casting. Kemudian berat jenis dari velg juga relatif rendah sehingga membuat kendaraan semakin nyaman.

  • Forging 

Jika menginginkan ketahanan tinggi maka teknik forging adalah opsi terbaik. Pembuatan ini langsung menggunakan blok bahan tertentu kemudian di press menggunakan tekanan ekstra tinggi.

Kebanyakan jenis forging velg mobil terbaik digunakan untuk offroad atau kompetisi balap dengan lintasan ekstrim. Untuk fungsi sehari-hari biasanya forging dipakai pada kendaraan berat.

Dari ketiga tipe tersebut tentu kita bisa melihat bagaimana sebenarnya bagian tersebut dibuat secara optimal. Apabila Anda memang menginginkan ketahanan paling tinggi forging merupakan sebuah opsi terbaik.

Perhatikan Juga Konstruksi Velg Mobil

Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan_Perhatikan Juga Konstruksi Velg Mobil
Detail Velg Mobil Terbaik yang Anda Butuhkan_Perhatikan Juga Konstruksi Velg Mobil

Memperhatikan konstruksi saat dibuat juga sangat berpengaruh ketika nantinya kita pakai turun ke jalan. Apalagi banyak orang tidak menyadari bahwa velg tidak hanya terdiri dari satu blok konstruksi saja.

Ada tiga jenis konstruksi yang sekarang beredar di pasaran dan akan kami jelaskan sehingga Anda memahaminya. Karena ini juga relatif berpengaruh terhadap kualitas ketika nantinya digunakan.

  • One piece (monoblock)

Ini adalah konstruksi velg mobil terbaik paling umum yang ada di Indonesia dimana rim hanya terdiri dari satu blok saja. Jadi velg tersebut sudah paten seperti itu dan tidak bisa dipisahkan antar bagian.

Kelebihan utama dari monoblock tentu saja dari daya tahan karena tidak ada bagian lepasan lainnya. Namun sekali lagi tergantung pada bahan penyusun utama dari bagian tersebut.

  • Dual piece

Konstruksi satu ini menggunakan dua blok yaitu bagian dalam dan luar kemudian dipasang jadi satu. Sehingga bagian face dan barrel digabungkan menggunakan baut khusus agar terpasang kuat.

Ini merupakan sebuah jenis yang sekarang sudah banyak beredar dan disukai oleh pengguna. Kelebihan utama terletak pada estetika sehingga kita bisa menemukan berbagai variasi.

  • Triple block 

Ini sebenarnya hampir velg mobil terbaik sama dengan dual block hanya saja konstruksinya terbagi menjadi tiga. Jadi bagian face masih dipisahkan lagi dengan lip yang memisahkannya dengan barrel.

Keunggulan utama selain dari estetika adalah offset dari velg sendiri mudah diatur. Sehingga sekali lagi ini berhubungan erat dengan aspek estetika dari kendaraan yang menggunakannya.

Meskipun banyak orang berpendapat bahwa dual dan triple block memiliki ketahanan rendah namun perlu dilihat produsennya. Kebanyakan produsen jenis tersebut ternama sehingga kualitas dan ketahanannya juga tidak boleh dianggap remeh.

Pengaruh Produsen Velg Mobil Terhadap Kualitas

Aspek produsen dari sebuah barang tentu saja memberikan pengaruh masif terhadap kualitas barang. Jadi kita juga perlu memperhatikan secara seksama agar nantinya memperoleh barang yang tepat guna.

Ada tiga jenis produsen yang perlu kita kenali yaitu velg mobil terbaik OEM, aftermarket, dan replika di pasaran. Jadi kami akan menjelaskan ketiganya sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah referensi.

  • OEM 

Original equipment manufacture adalah komponen asli yang dibuat oleh pabrikan otomotif terkait. Jadi ketika kita membeli mobil baru maka velg yang terpasang adalah OEM.

Sebagai sebuah produk yang dibuat langsung oleh pabrikan resmi tentu saja ini menjamin kualitasnya. Sehingga para pengguna awam kami rekomendasikan menggunakan OEM saja.

  • Aftermarket 

Ini merupakan spare parts velg mobil terbaik yang dibuat oleh perusahaan khusus bukan produsen mobil terkait. Sehingga perusahaan tersebut hanya memproduksi aksesoris misalnya pada kendaraan roda empat.

Kualitas yang diberikan dari produk aftermarket ini juga sangat bagus dan boleh diadu dengan OEM. Namun sekali lagi ini juga dipengaruhi oleh seperti apa kredibilitas dari manufakturing tersebut.

  • Replika 

Meskipun kami tidak menyarankan menggunakan produk replika namun tidak ada salahnya mencari tahu. Jadi produk replika ini biasanya memang memiliki kualitas jauh di bawah.

Sehingga jika velg mobil terbaik digunakan untuk kontes atau pajangan saja tidak masalah. Namun ketika penggunaan benar-benar turun ke jalan maka kami kurang merekomendasikannya untuk Anda.

Dengan mengetahui semua jenis tersebut tentu Anda bisa mempertimbangkan mana yang harus dibeli. Replika sendiri juga belum tentu harus dijauhi karena beberapa memiliki kualitas cukup bagus.

Aspek Keamanan dari Pemilihan Velg Mobil

Setelah kita membedah dari berbagai aspek tadi sekarang kita masuk pada pembahasan keamanan sendiri. Sebenarnya sudah sedikit disinggung pada pembahasan sebelumnya namun tidak secara eksplisit.

Jadi dalam pemilihan velg kendaraan roda empat kita harus menyesuaikan berdasarkan penggunaan mobil sendiri. Apabila lintasannya masih dalam kota dan kebutuhan harian biasa aluminium OEM adalah opsi terbaik.

Ini sudah memberikan aspek keamanan dan kenyamanan maksimal bagi pengguna kendaraan setiap hari. Selain itu harganya juga relatif murah dan tahan lama sehingga kita tidak perlu repot menggantinya.

Part bawaan dari pabrik atau OEM adalah solusi bagi para pengguna casual setiap hari. Namun ketika kita ingin melakukan modifikasi dan penggunaan ekstrim maka aluminium forging adalah opsi tepat.

Boleh saja menggunakan velg mobil terbaik karbon namun harganya yang mahal tidak jarang membuat orang berpikir dua kali. Sehingga opsi aluminium forging ini bisa menjadi salah satu langkah paling optimal.

Antara velg dengan monoblock sampai triple block sebenarnya hanya sekedar style saja. Ini akan memudahkan pengguna untuk menentukan seperti apa nanti gaya kendaraan ketika dikendarai.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Lampu Hazard pada Saat Berkendara

Apabila sudah memahami berbagai aspek seperti tadi tentu sekarang Anda menjadi tidak bingung lagi. Velg mobil terbaik yang bisa Anda pilih tentu saja berdasarkan kebutuhan dari kendaraan itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here