Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya

0
213
Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya
Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya

Ada banyak orang diluar sana yang mencari kaca film terbaik. Pencarian ini merupakan hal yang sangat penting. Itu karena keberadaannya sangat vital untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga: All New Voxy 2022, Solusi Kendaraan Terbaik

Perlu diingat, kaca film sendiri memang diatur oleh pemerintah. Normalnya kendaraan umum tidak boleh menggunakan kaca film berwarna gelap.

Ini tentu perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dari penumpang. Namun hal berbeda akan tampak apabila melihat pada kendaraan pribadi.

Disini kaca film berwarna gelap masih diperbolehkan. Itu karena privasi pengendara adalah hal yang penting untuk dimiliki.

Sekarang kebanyakan dari anda pasti belum mengetahui manfaat memasang kaca film. Manfaat yang tidak diketahui ini tentu membuat pemasangan tidak dilakukan.

Manfaat Memasang Kaca Film Terbaik

Ada banyak manfaat memasang kaca film terbaik yang perlu diketahui. Manfaat ini tentu akan berguna untuk anda sebagai pengendara.

Merupakan kesalahan besar apabila manfaat ini tidak dikejar. Jika ingin informasi lebih lengkap, berikut beberapa manfaat yang perlu diketahui.

  • Sinar Matahari

Ketika berkendara di siang hari, sinar matahari pasti terasa. Mungkin sinar matahari ini akan membantu ketika seseorang berkendara pada pukul 9 atau 10.

Itu karena sinar matahari tersebut terasa hangat ketika mengenai tubuh. selain  itu ada banyak manfaat yang dirasakan pada sinar matahari di pagi hari.

Namun hal berbeda akan terasa jika sinar matahari di pukul 12 siang mengenai tubuh. Kondisi ini jelas mengganggu dan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Kaca film terbaik adalah jalan keluar dari masalah ini. Dengan menggunakan kaca film, sinar matahari bisa diredam.

Ini membuat seseorang bisa tetap nyaman ketika berkendara di siang hari. Anda yang sering berkendara menggunakan kacamata hitam tidak perlu memakainya lagi.

  • BBM

Siapa sangka kaca film terbaik juga memiliki efek terhadap BBM. Nantinya penggunaan BBM seseorang bisa dilakukan dengan lebih irit.

Beberapa orang pasti menganggap kalau kedua hal ini tidak berhubungan. Padahal keduanya memiliki kaitan yang sangat erat.

Ketika kaca film digunakan, suhu udara di dalam kabin cenderung lebih dingin. Ini jelas berbeda dengan kondisi normal dimana suhu di dalam kabin jauh lebih tinggi.

Dengan adanya penurunan suhu, kinerja ac bisa mengalami penurunan. Anda pasti tidak akan menggunakan ac terlalu sering ketika suhu di dalam sudah baik.

Penggunaan AC inilah yang berefek pada penggunaan BBM. Dengan sedikitnya penggunaan AC, BBM yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.

  • Keamanan

Kaca film terbaik juga berefek terhadap keamanan. Perlu diingat, kondisi di jalan raya memang tidak bisa ditebak. Terdapat beberapa titik dimana hal yang tidak diinginkan terjadi begitu saja.

Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah benturan yang bisa menyebabkan kaca mobil pecah. Apabila ini terjadi, kaca sering bertebaran dan berpotensi melukai pengendara.

Ketika kaca film dipakai, kemungkinan buruk tersebut bisa dihindari. Itu karena kaca film akan mengikat kaca yang pecah sehingga pecahannya tidak akan melukai pengendara.

Selain memberikan keamanan pada pengendara, kaca film juga mengamankan kaca itu sendiri. Biasanya sering terjadi benturan yang mengakibatkan kaca tergores.

Dengan adanya kaca film, goresan tersebut akan diredam sehingga kualitas kaca tidak menurun. Tentu mengganti kaca film jauh lebih baik dibandingkan harus mengganti kaca.

  • Privasi

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, kaca film terbaik juga memberikan privasi untuk penumpang. Hal ini akan sangat berbeda apabila kondisi kaca transparan.

Nantinya orang di luar bisa melihat apa yang terjadi di dalam mobil. Ini jelas tidak nyaman apabila anda ingin berinteraksi secara lebih dekat dengan keluarga.

Dengan adanya kaca film, kondisi semacam itu tidak akan terjadi. Anda tetap bisa melakukan banyak hal dan orang di luar tidak akan bisa mengganggu.

Sebenarnya menjaga privasi sangat penting untuk keamanan. Sering terdapat kondisi dimana orang luar mengintip ke dalam mobil.

Biasanya ini dilakukan dengan niatan buruk. Apabila kaca film dipasang, hal tersebut tidak akan bisa dilakukan lagi sehingga kendaraan tetap aman.

  • Keren

Tidak akan lengkap membahas kaca film terbaik tanpa memperhitungkan unsur visualnya. Perlu diingat, penggunaan kaca film akan membuat kendaraan semakin keren.

Ini jelas berbeda jika dibandingkan dengan kaca transparan. Keberadaannya terlalu umum sehingga keunikan tidak terlihat.

Namun untuk mendapatkan kesan keren, anda tidak bisa asal dalam memilih kaca film. Penyesuaian dengan desain dan warna kendaraan perlu dilakukan.

Jangan sampai memilih kaca film yang memiliki warna bertabrakan. Hal tersebut hanya akan membuat kendaraan terlihat aneh.

Berbagai Variasi dari Kaca Film

Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya_Berbagai Variasi dari Kaca Film
Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya_Berbagai Variasi dari Kaca Film

Ketika seseorang menggunakan kaca film terbaik, berbagai kebutuhan bisa terpenuhi. Itu karena, kaca film ini memiliki banyak fungsi.

Namun perlu diingat kalau terdapat berbagai variasi untuk setiap kebutuhan kaca film. Untuk anda yang belum mengetahui, berikut variasi tersebut.

  • Metal

Kaca film paling basic adalah yang menggunakan bahan metal. Keunggulan kaca film ini adalah harganya lebih murah. Namun kemampuan menyerap panasnya sangat kurang sehingga tidak cocok untuk anda yang ingin mendapatkan suasana sejuk.

Jenis kaca film selanjutnya adalah nano keramik yang lebih baik dari tipe metal. Salah satu keunggulan dari tipe nano keramik ini terletak pada masa pakainya yang lebih lama. Ini terjadi karena proses pencelupan sudah dilakukan terlebih dahulu.

  • Organic Windows

Jika mencari varian yang lebih baik dari metal namun tidak semahal nano keramik, organic windows adalah solusinya. Tipe ini memiliki dua warna utama yaitu hitam dan silver. Selain itu ada juga tipe lain yang warnanya mendekati hijau.

Tips Ketika Memilih Kaca Film

Memilih kaca film terbaik tidak bisa dilakukan sembarangan. Diperlukan kejelian dalam proses pemilihannya. Kejelian ini akan menentukan hasil kaca film yang didapat.

Jika anda ingin mengetahui tata cara pemilihannya, ini adalah tempat yang tepat. Di kesempatan kali ini, tata cara pemilihannya akan dibahas secara lebih lengkap.

  • Tingkat Kegelapan

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memilih kaca film terbaik adalah tingkat kegelapan. Memang kaca film yang gelap akan menjaga privasi.

Namun jangan melakukan kesalahan dengan memilih yang terlalu gelap. Nantinya jarak pandang ketika berkendara akan terganggu.

Akan lebih baik apabila tingkat kegelapannya tidak lebih dari 40 persen. Hal tersebut membuat anda tetap memiliki jarak pandang hingga 400 meter ke depan.

  • Terang di Dalam

Kaca film memang perlu terlihat gelap di luar. Namun hal berbeda akan terlihat dari dalam. Terdapat beberapa jenis yang kondisi gelap tetap terasa ketika berada di film.

Itu tentu tidak bisa dimasukkan ke dalam kaca film terbaik. Pastikan untuk memilih jenis yang terang di dalam agar berkendara tetap terasa nyaman.

  • Fitur UV 400

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, kaca film memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sebenarnya fungsi ini merupakan sebuah fitur bernama UV 400.

Perlu diingat, tidak semua kaca film memiliki fungsi tersebut. Pastikan kaca film yang dipilih memang memilikinya.

  • Perhatikan Warna Mobil

Sebelumnya telah dijelaskan kalau kaca film terbaik pasti terlihat keren. Namun hal ini akan didapat apabila penyesuaian dengan warna kendaraan dilakukan.

Apabila anda merasa kesulitan memilih warna kaca film, pilih saja warna hitam. Itu karena warna hitam adalah jenis paling umum yang cocok ke setiap kendaraan.

  • Merek Ternama

Ada banyak merek ternama yang menjual kaca film. Namun ada juga merek baru yang kualitasnya belum teruji.

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk memilih produk dari merek ternama. Walaupun merek baru belum tentu buruk, anda perlu memastikan kualitasnya secara lebih detail.

  • Budget

Sebaik apapun kaca film akan menjadi percuma apabila keberadaannya tidak sesuai budget. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu maksimal budget yang dimiliki.

Sebelumnya telah dijelaskan kalau kaca film berbahan metal adalah tipe yang paling murah. Jika budgetnya rendah, jenis tersebut bisa dipilih. Namun apabila anda memiliki budget lebih, tidak salah jika memilih bahan yang lebih bagus.

Bahaya Penjual Kaca Film Tidak Berkualitas

Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya_Bahaya Penjual Kaca Film Tidak Berkualitas
Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya_Bahaya Penjual Kaca Film Tidak Berkualitas

Perlu diingat, sekarang ada banyak penjual kaca film tidak berkualitas. Kondisi ini jelas merugikan anda karena produknya bisa rusak dalam waktu cepat.

Selain itu manfaat yang sebelumnya disebutkan bisa saja tidak terasa. Oleh karena itu, pastikan untuk detail dalam memilih kaca film.

Ada banyak orang di luar sana yang sudah tertipu oleh penjual semacam itu. Jangan sampai anda menjadi orang selanjutnya yang tertipu.

Baca Juga:Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis

Praktekkan setiap poin yang sebelumnya telah kami jelaskan. Mempraktekkannya adalah cara terbaik untuk mendapatkan kaca film terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here