Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan

0
530
Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan
Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan

Memahami bagaimana cara merawat velg mobil merupakan kewajiban untuk pemilik kendaraan. Apalagi pada dasarnya termasuk sebagai bagian kendaraan terpenting. Terlebih karena digunakan pada bagian ban mobil Anda.

Baca Juga: Cara Pasang Segitiga yang Benar di Bahu Jalan Tol

Selain itu secara jelas fungsi pemakaian velg yaitu supaya bisa memindahkan gaya gesek. Terutama dari bagian sistem rem menuju permukaan jalan tersebut. Pastinya bisa mengerem jika terdapat sparepart tersebut.

Manfaat lainnya yaitu mampu dijadikan sebagai penopang dari keseluruhan bagian kendaraan. Tidak heran jika harus memiliki kekuatan yang baik. Terlebih dapat membantu supaya sistem kemudinya bekerja secara maksimal.

Nantinya beragam cara merawat velg mobil sangat dibutuhkan supaya fungsinya tidak menurun. Apalagi ada risiko setelah lama dipakai performanya tidak seperti awalnya. Terutama jika Anda merupakan pengendara yang sibuk.

Pastinya jika tidak dirawat dengan baik, dapat menyebabkan daya rem kurang kuat. Saat digunakan pada media jalan kurang merata dirasa tidak nyaman. Tidak heran berpotensi besar mengganggu bagi sang pengendara.

Dalam rangka melakukan perawatan, diharapkan memahami pemeriksaan tepat. Tentu masih berkaitan dengan pencegahan sampai langkah pertama pada perbaikan. Tidak ketinggalan tutorial pencucian beserta saat mencabutnya.

Cara Merawat Velg Mobil Paling Rutin Terbaik

Menjaga secara rutin merupakan proses perawatan paling sederhana tapi memiliki manfaat terbesar. Nantinya dapat berupa pengecekan sampai perbaikan. Tidak ketinggalan mengetes supaya performa tetap maksimal.

  • Mengecek Rutin

Melakukan pengecekan rutin dapat dijadikan sebagai cara merawat velg mobil bagus. Dalam proses pengecekan tersebut setidaknya dilakukan seminggu sekali. Bahkan jika sangat sibuk, sehari sekali tetap bisa dicek.

Beberapa hal yang harus dilihat adalah mengenai presisi ukurannya supaya tidak bergeser. Ternyata hal ini juga dapat menyebabkan keretakan. Pastikan jika sedang beristirahat dari berkendara, menengok ketinggian dan retakan.

  • Perbaikan Secepatnya

Proses perbaikan pada velg sebenarnya termasuk hal yang menyulitkan. Tidak heran dibutuhkan perbaikan secepatnya terutama menuju bengkel resminya. Apalagi jika terdapat bengkok di mana sangat sulit diperbaiki.

Terlebih proses perbaikan pada umumnya selalu memakai mesin pres supaya bentuknya dapat kembali. Jika dilakukan sendiri pastikan sulit sempurna. Bahkan tidak jarang mengakibatkan kecelakaan karena prosesnya sulit.

  • Mengetes Performa

Cara merawat velg mobil selanjutnya yaitu selalu rajin untuk mengetes performa. Biasanya kita akan menemukan kondisi enak atau tidak saat dipakai berkendara. Hal ini dapat dilakukan jika jarang Anda pakai.

Selain itu jika sering digunakan terkadang cukup tersamar kondisi kurang baiknya. Jadi, diwajibkan memiliki waktu untuk memperhatikan performa. Terutama mengenai goncangan sampai kemampuan pengereman yang muncul.

Cek Kondisi Ban Kendaraan dan Lihat Jalan

Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan_Cek Kondisi Ban Kendaraan dan Lihat Jalan
Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan_Cek Kondisi Ban Kendaraan dan Lihat Jalan

Memperhatikan kondisi ban kadang tidak terlalu dipikirkan waktu mengurus velg. Apalagi jika dianggap sebagai dua buah bagian berbeda. Padahal satu sama lain berpengaruh sehingga harus dilakukan perawatan yang baik.

Prosedur cara merawat velg mobil memang dilakukan dengan memperhatikan bannya dulu. Apalagi ternyata bisa memberi pengaruh jika kurang angin. Jadi, wajib selalu mengisi angin supaya performa velg dan ban maksimal.

Kita sudah mengetahui jika sedang kurang angin, tidak dapat memacu kendaraan dengan baik. Bahkan cukup membahayakan sehingga harus segera diisi. Belum lagi adanya potensi kecelakaan sampai kerusakan besar.

Demi menghindari masalah lebih buruk, segera mengisi angin ban adalah pilihannya. Selain itu tidak ketinggalan mengecek agar tidak dalam keadaan bocor. Begitu juga kondisi ban luarnya supaya lancar dalam berkendara.

Selain itu cara merawat velg mobil terpenting lainnya adalah berkaitan dengan kondisi jalan. Anda harus memperhatikan jalan karena cukup berpengaruh terhadap keadaan. Apalagi jika sering menghantam jalan berlubang.

Umumnya jika mengunjungi daerah pinggiran, biasanya terdapat kondisi semacam ini. Pastinya seringkali tidak dapat dihindari apalagi jika sedang berpapasan. Jikapun harus dilalui, pastikan untuk melajukan perlahan.

Hal ini digunakan dengan maksud supaya velg tidak rusak bahkan retak. Nantinya suspensi dapat bekerja secara maksimal sehingga tidak ada kerusakan. Terlebih karena redaman pada benturan tersebut diminimalkan.

Pengemudi Harus Menjaga Velg Tetap Mengkilap

Salah satu langkah menjaga velg supaya tetap bagus adalah soal kilapan. Anda bisa menggunakan beberapa bahan seperti aluminium foil supaya kelihatan keren. Tapi dapat memakai pasta gigi maupun cairan khusus.

Bila Anda ingin mencoba cara merawat velg mobil agar mengkilap, pertama boleh memakai aluminium foil. Kebanyakan orang mengenal sebagai pembungkus makanan. Tapi ternyata ampuh memuluskan velg terutama bagian karatnya.

Tidak menutup fakta bagian velg sangat rentan dikenai karat. Supaya lebih maksimal, bersihkan dulu permukaan dan tambahkan air garam atau cuka. Baru setelah itu menggosokkan dengan aluminium foil pada karatannya.

  • Pasta Gigi

Velg termasuk bagian yang terkadang sulit dibersihkan oleh pemiliknya. Tidak lain disebabkan karena banyak bagian yang cukup tersembunyi. Jika dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan karat terutama jika terkena hujan.

Hal ini pastinya disebabkan karena hujan dan air bisa menyebabkan kondisi tetap basah atau lembab. Untuk sekedar mengatasi, Anda dapat mengaplikasikan pasta gigi. Nantinya kelembaban menghilang dan jamur tidak tumbuh.

  • Cairan Khusus

Selain memakai metode alternatif, cara merawat velg mobil agar mengkilap bisa menggunakan cairan khusus. Jika masih baru, umumnya pemilik kendaraan sering memakainya. Tapi kemudian melupakan setelah berjalannya waktu.

Meskipun sudah lama dipakai, jangan lupa untuk rajin memakai cairan tersebut. Apalagi secara maksimal dapat membuat kondisi velg tetap prima. Ditambah tidak akan muncul masalah seperti karat, jamur atau retak.

Sekarang telah muncul beberapa merk pembersih velg terkenal dan bisa digunakan. Pastikan Anda memakai yang sesuai dengan tipe sparepart sehingga harus melihat kandungannya. Meski lebih mahal tapi bagus, pantas dipilih.

Mencuci dan Mengelap Velg Sangat Disarankan

Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan_Mencuci dan Mengelap Velg Sangat Disarankan
Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan_Mencuci dan Mengelap Velg Sangat Disarankan

Pentingnya cara merawat velg mobil pastinya dipengaruhi oleh pemiliknya. Kerajinan dalam menjaga kendaraan dan semua sparepart akan menjadi kunci. Baik dari performa saat berkendara maupun visualnya bagi orang lain.

Bagian velg ternyata menjadi salah satu sparepart penting yang wajib dicuci. Terutama karena seringkali kotor sehingga mengganggu tampilan. Tapi saat mencuci pastikan supaya tidak terlalu panas suhunya waktu.

Ternyata setelah digunakan cukup lama, velg bisa meningkat suhunya. Hal ini menyebabkan kita perlu menunggu sampai suhunya telah banyak menurun. Tujuannya supaya tidak mengalami perubahan bentuk karena guyuran airnya.

Bukan hanya perubahan bentuk, hal yang ditakutkan lainnya adalah tumbuh jamur. Terutama bila tadinya sudah dikenai suhu panas lalu disiram pakai air. Jangan lupa pakai sabun cuci supaya kebersihannya maksimal.

Selanjutnya dalam cara merawat velg mobil yakni rajin mengelap bagian tersebut. Hal ini paling penting dilakukan setelah mencuci kendaraan. Biasanya orang selalu membiarkan karena dianggap akan mengering sendiri.

Memang tidak salah tapi jika dibiarkan tanpa di lap bisa menyebabkan kurangnya kebersihan. Ditambah dapat muncul seperti bercak air atau sabun. Apalagi kondisi lapisan kromium di dalamnya tergolong sensitif.

Pastikan supaya Anda tetap memakai kain lap yang cukup lembut. Tujuannya supaya jika terdapat pasir atau kotoran tidak terjadi adanya goresan. Umumnya paling disarankan memakai kain dari bahan berupa microfiber.

Mengganti Velg Roda Empat Adalah Alternatif

Meski sudah melakukan cara merawat velg mobil dengan baik, tidak menutup kemungkinan tetap menurun fungsinya. Hal ini mungkin disebabkan karena umurnya terlalu lama. Termasuk sebelumnya sudah pernah terkena masalah.

Jika terdapat kerusakan dan belum diperbaiki juga dapat mengakibatkan masalah serupa. Supaya tidak menjadi permasalahan baru, disarankan agar segera mengganti. Banyak bengkel resmi dapat didatangi segera.

Umumnya supaya efektif, disarankan supaya mengecek dulu tingkat kerusakan. Termasuk sebenarnya apa masalah yang menyebabkan fungsinya menurun. Tujuannya melihat apakah masih dapat diperbaiki oleh bengkel repair.

Pastinya cara merawat velg mobil dengan ketok sudah cukup dikenal. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi velg melengkung atau bengkok. Tapi jika terlalu parah, hindari memaksakan dan harus segera menggantinya.

Sebelumnya disarankan mencari bengkel resmi sehingga velg baru dijamin asli. Selain itu pemasangan yang dilakukan juga oleh sang montir langsung. Tentu bisa diberikan juga pesan supaya pemakaian kendaraan lebih baik.

Kita sudah mengetahui banyak kondisi buruk dimunculkan karena tidak merawat dengan baik. Jadi, disarankan mencuci dengan bersih secara rajin. Termasuk memperhatikan apapun langkah yang bisa menghasilkan kondisinya tetap baik.

Bila menuju tempat servis sekalipun pastikan jika layanan mereka adalah yang terlengkap. Bukan hanya untuk velg melainkan bagian lain dengan fungsi sama-sama penting. Apalagi semuanya harus dijaga secara maksimal.

Baca Juga: Cairan Wiper Habis, Boleh Pake Air Biasa atau Air Sabun?

Hal yang penting adalah Anda sudah mengetahui bagaimana pentingnya memberi perawatan. Jadi, bisa membuat jadwal khusus supaya bisa melakukan servis dengan baik. Baik cara merawat velg mobil sendiri maupun dibantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here