Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula

0
210
Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula
Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar bagi Anda yang baru belajar mengendarai mobil memang susah-susah gampang. Mungkin banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. 

Baca juga: Perbedaan lampu LED, HID dan Halogen Pengertian Cara Kerjanya

Hal ini dikarenakan, mobil matic lebih mudah cara menggunakannya dibandingkan dengan mobil manual. Perpindahan gigi memang menyulitkan terlebih bagi kaum perempuan, sehingga banyak perempuan yang menggunakan mobil matic. 

Mobil matic dan manual jelas saja berbeda satu dan lainnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaannya tergantung dari kenyamanan para pengendara. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar mungkin lebih Sulit dibandingkan Anda yang terbiasa mengemudi mobil matic. Jika terjadi kesalahan penurunan gigi, kendaraan bisa mengalami gejolak saat berjalan. 

Mengenal Mobil Manual dan Mobil Matic

Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula_Mengenal Mobil Manual dan Mobil Matic
Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula_Mengenal Mobil Manual dan Mobil Matic

Sebagian pengendara mungkin belum mengenal mengenai perbedaan antara mobil manual, dan mobil matic. Mobil transmisi manual pada umumnya memiliki jenis gigi percepatan, lima diantaranya untuk melaju kedepan dan yang satu untuk berjalan ke belakang. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar ini mungkin membutuhkan strategi agar berjalan dengan mulus. Mobil dengan transmisi manual harus menggunakan kopling saat mengoper gigi, sedangkan transmisi mobil matic memiliki sistem dengan lebih simple. 

Transmisi mobil matic juga cenderung lebih singkat terdapat dua jenis transmisi yaitu semi otomatis dan otomatis. Diantara kendaraan mobil manual dan mobil matic memiliki perbedaan yang sangat mencolok. 

Pada transmisi mobil semi matic ditemukan pada mobil keluaran terbaru, yang memiliki fungsi seperti transmisi manual di mana perpindahan gigi dilakukan oleh pengemudi tanpa melibatkan kopling. 

Sementara untuk transmisi mobil matic perpindahan bergerak secara otomatis tanpa perintah pengemudi. Oleh karena itu penggunaan mobil matic jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan mobil manual. 

Perbedaan Jenis sistem Transmisi Mobil 

Salah satu perbedaan mobil matic dan manual terletak pada sistem perpindahan giginya. Pada mobil manual perpindahan giginya dilakukan dengan menginjak kopling dan menggeser tuas persneling yang ditujukan untuk menurunkan atau menaikkan gigi transmisi. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar juga memiliki perbedaan cara ketika menaikkan gigi mobil. Perpindahan transmisi mobil matic dengan perpindahan giginya dilakukan dengan alat dikenal dengan nama gearbox. 

Dengan canggihnya teknologi yang semakin berkembang, tercatat bahwa setidaknya saat ini asa 6 transmisi matic atau automatik yang biasa digunakan pada pabrikan otomotif. Sehingga penggunaannya juga berbeda. 

Perbedaan transmisi manual dan matic bisa Anda lihat dari pengoperasiannya. Sistem transmisi manual mengharuskan bagian tubuh Anda dari kaki hingga tangan ters bekerja sama. Kaki kanan digunakan untuk menginjak rem dan gas. 

Sementara kaki kiri digunakan untuk menginjak pedal kopling. Selain itu juga pada tangan kiri harus aktif untuk menggerakkan tuas transmisi untuk memindahkan gigi, sementara pada mobil matic bisa dibilang jauh lebih mudah, hanya satu kaki saja untuk menggerakkan mobil. 

Sementara kaki kanan bertugas untuk menginjak pedal gas dan juga pedal rem. Tangan kiri jauh lebih leluasa untuk kegiatan yang lain, karena hal ini hampir jarang digunakan meski pada saat proses pemindahan gigi. 

Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar bagi Pemula

Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula_Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar bagi Pemula
Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula_Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar bagi Pemula

Salah satu keadaan yang sulit dipelajari ketika menyetir mobil manual yaitu ketika Anda harus memindahkan gigi. Menyetir mobil manual sebenarnya lebih melatih kesabaran karen harus mengoper persneling sambal menginjak pedal kopling. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar dari menurunkan posisi dari tinggi ke rendah bisa Anda coba dengan cara berikut ini, yaitu dengan membalik Langkah memasukkan gigi dari netral ke posisi yang tinggi. 

Hal yang harus diperhatikan sebelumnya adalah soal kecepatan mobil ketika menurunkan gigi saat mencapai kecepatan yang disarankan. Contohnya saja apabila kendaraan Anda masih di angka 50 km/jam, maka Anda jangan oper ke posisi kiri paling rendah. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar ini harus dipastikan berada pada kecepatan dibawah 50 km/jam atau sesuai dengan buku petunjuk. Anda harus menurunkan gigi mobil manual dengan runtut. 

Artinya, apabila Anda sedang mengemudi dengan posisi gigi di angka 5 maka Anda harus melewati gigi empat terlebih dahulu. Sambil mengoper gigi, kecepatan kendaraan dikurangi. Anda tidak boleh dari 5 langsung ke 3, hal ini akan berpengaruh pada mesin. 

Tips Mengoper Gigi Mobil Manual 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar baru saja kami jelaskan, kami akan memberikan tips kepada Anda untuk mengoper gigi mobil manual. Mungkin ketika menyimak teori untuk menurunkan gigi cukup mudah. 

Tetapi apabila Anda sudah mempraktekkan secara langsung akan terlihat lebih susah. Anda harus rajin berlatih untuk mengoper gigi pada mobil manual agar Anda jauh lebih terbiasa. Mengemudikan mobil manual memang membutuhkan konsentrasi.

Tidak hanya membutuhkan konsentrasi tetapi Anda juga harus mempunyai koordinasi tinggi antara tangan dan kaki. Sering berlatih adalah salah satu solusi untuk berlatih mobil manual agar lebih handal. 

Awalnya memang begitu susah, tetapi apabila Anda terus berlatih hingga mencapai kebiasaan, itu menjadi hal mudah untuk dilakukan. Sehingga menyetir mobil manual tidak sesulit yang dibayangkan. 

Kelebihan Transmisi Gigi Mobil Manual

Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula_Kelebihan Transmisi Gigi Mobil Manual
Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar, Bagi Pemula_Kelebihan Transmisi Gigi Mobil Manual

Kendaraan mobil dengan gigi manual dengan gigi matic pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan transmisi gigi manual bisa Anda rasakan manfaatnya yaitu:

  • Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit

Ini adalah salah kelebihan mobil transmisi manual yaitu memiliki bahan bakar yang irit dan lebih efisien. Dibandingkan dengan mobil bertransmisi dengan mobil otomatis lainnya. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar ini memberikan efek sedemikian rupa, justru mobil matic jauh lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan mobil manual. Sebab pengemudi yang berkuasa mengatur permainan mesin.

  • Akselerasi Lebih Optimal

Selain Anda akan menghemat bahan bakar ketika menggunakan mobil manual, mobIl ini juga memiliki kelebihan akselerasi yang optimal. Ketika Anda menginjak pedal gas dan melepas pedal kopling hal tersebut berpengaruh pada akselerasi mobil. 

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar pasti juga mengarahkan pedal gas, dan kopling secara mandiri. Tentunya pengemudi berpengaruh penting untuk menyesuaikan akselerasi yang dibutuhkan. 

Akselerasi yang optimal bisa Anda lihat pada mobil-mobil yang digunakan untuk berkompetisi seperti ally, drifting, slalom dan lainnya. Mobil tersebut masih dominan menggunakan transmisi manual. 

  • Engine break lebih maksimal

Kelebihan mobil yang memiliki transmisi manual selanjutnya adalah saat engine break dengan hasil yang lebih maksimal. Ketika mobil melewati jalanan yang menurun tentu akan dibutuhkan engine break selain pengereman. 

Pada transmisi otomatis ataupun CVT bisa dilakukan engine break, namun engine brake transmisi manual tentu lebih maksimal karena bisa diatur oleh pengemudi secara langsung. 

  • Perawatan Mudah dan Murah

Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar memang membutuhkan usaha yang lebih, tetapi Anda tak perlu khawatir kelebihan lain dari transmisi manual ini cara perawatan yang mudah dan murah. 

Hal ini juga penting untuk diperhatikan, karena mobil yang bertransmisi manual mempunyai kelebihan perawatan yang mudah dan murah, sehingga pengeluaran untuk perawatannya tidak merogoh kantong begitu dalam. 

Transmisi manual memiliki servis yang mudah, seperti ketika menyetel kopling, ketika melakukannya tidak terlalu rumit. Selain komponen transmisi manual juga lebih simple beda dengan transmisi matic. 

  • Harga Mobil Bersaing

Saat mobil-mobil baru bersaing untuk mengembangkan transmisi otomatis, dengan harga yang jauh lebih mahal. Tetapi untuk transmisi manual bisa Anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. 

Terdapat mobil bekas yang justru harganya lebih tinggi jika menggunakan transmisi manual, contohnya saja BMW seri 3 tahun 1990an. Harga sangat bersaing, tergantung dari jenis mobil yang dijual. 

Berikut Kekurangan Mobil Transmisi Manual

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mobil transmisi manual mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan telah kami jelaskan sebelumnya, dan kami akan membahas kekurangan mobil transmisi manual yaitu:

  • Susah Dikendarai Bagi Pemula

Kekurangan yang pertama adalah susah dikendarai bagi pemula, terlebih Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar. Hal ini pada umumnya dikarenakan pengemudi pemula belum mengatur momentum menginjak gas dan melepas kopling. 

  • Membuat Kaki Kiri Cepat Pegal

Kekurangan selanjutnya yaitu ketika menggunakan transmisi manual akan membuat kaki kira Anda cepat pegal. Hal ini dikarenakan harus berulang kali menginjak pedal kopling. 

Kendaraan baik transmisi manual dan transmisi otomatis bisa membuat nyaman masing-masing orang. Sesuai dengan apa yang disenangi, terlebih bagi pecinta mobil dengan transmisi manual, harus tahu Cara menurunkan gigi mobil manual dengan benar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here