Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil

0
489
Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil
Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil

Masih banyak yang belum mengetahui cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil tanpa harus keluar. Solusi untuk permasalahan ini sebenarnya sangatlah sederhana, di mana setiap mobil memiliki petunjuknya masing-masing.

Baca Juga: Matic atau Manual? Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil

Seperti diketahui bahwa tangki digunakan sebagai wadah bahan bakar dari kendaraan. Tanpa ada wadah tersebut, kendaraan tidak bisa melaju di jalanan. Bahkan ada beberapa kendaraan memiliki tank sekunder sebagai cadangan.

Tidakkah Anda penasaran wadah bahan bakar tersebut terbuat dari apa? Sehingga tahan dengan panas. Biasanya, tank bbm terbuat dari bahan plastic propilen, regrind, polietilen densitas tinggi, dan etil vinil alcohol.

Adapun bahan-bahan lain yang mungkin digunakan sebagai tank bensin seperti baja, besi, atau aluminium. Mungkin hal ini tidak terlalu penting untuk diketahui, tapi dengan mengetahuinya Anda akan mendapat wawasan tambahan.

Sebelum membahas cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil dengan mudah, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana kerja dari tangkinya. Bahan bakar didorong oleh pompa di dalamnya sehingga bisa diproses.

Tangkinya dilengkapi dengan rekomendasi pabrikan untuk jenis bahan bakar yang tepat sesuai kendaraannya. Hal ini perlu Anda ketahui, karena jika tidak, tangkinya tersebut bisa meleleh ketika bahannya kurang sesuai rekomendasi.

Jika memiliki kendaraan khusus atau mobil dengan performa tinggi, maka tangkinya akan semakin bagus. Ini dikarenakan kendaraannya tersebut memerlukan bahan bakar oktan tinggi untuk dapat melaju di jalanan dengan mulus.

Alasan Mengapa Tangki Mobil Ada Di Sebelah Kanan dan Kiri

Sebagai pengendara atau penumpang, Anda tentu pernah melihat bahwa ada dua letak tangki bbm pada mobil. Agar tidak kesulitan, pengendaranya perlu tahu cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil.

Ketika tidak mengetahuinya, pengendara tentu akan kesulitan ketika mengantri dan mengisi bbm di SPBU. Karena pada satu sisi, tank berada jauh dari selang pompa dan lainnya ada dekat dengan pompanya.

Pada dasarnya, lokasi wadah bahan bakar tersebut tergantung dari mana negara asal mobilnya. Jika mobil tersebut dirancang untuk lalu lintas kanan atau kiri, maka tangkinya ada di arah yang sama.

Contohnya adalah kendaraan jepang yang sering meletakkan tangkinya di sisi kiri. Peletakan di sebelah kiri sebenarnya memberikan banyak keuntungan seperti membuat pengemudinya memiliki kemungkinan kecil lupa untuk menutupnya.

Hal sebaliknya, ketika berada di kanan seseorang mungkin akan mudah lupa jika tangkinya belum ditutup. Untuk itu, cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil perlu diketahui sehingga bisa mengantisipasinya.

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang mengatur dimana sebaiknya letak tangki bahan bakar dari suatu kendaraan. Ini hanya dilakukan sebagai bentuk variasi dan ciri khas dari setiap pabriknya saja.

Hal tersebut juga sering dikaitkan dengan desain kendaraan, terutama pada bagian bawahnya. Karena rangka bawahlah yang nantinya akan menentukan dimana akan diletakkan tangkinya tersebut.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa tangkinya tersebut tidak berdasar preferensi si pengemudinya. Namun, wadah dari bahan bakarnya akan berada pada posisi paling luas dari bagian kendaraannya tersebut.

Simak Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM di Mobil

Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil_Simak Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM di Mobil
Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil_Simak Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM di Mobil

Sangat menjengkelkan ketika sudah masuk ke lokasi pengisian bbm, tapi Anda tidak mengingat di mana letak tangkinya. Apalagi ketika sudah memarkir mobil, tapi arahnya terbalik, tentu sangat menyulitkan.

Sebagai pengendara, tentu harus mengetahui hal sepele ini agar memudahkan ketika berkendara. Berikut adalah beberapa cara atau trik untuk mengetahui di mana lokasi tangki pada mobil.

  • Melihat Indikator BBM

Jika Anda teliti, cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil cukup dengan melihat ke arah indikator panel speedometernya. Di sebelah logo bensin biasanya terdapat arah panah kanan atau kiri.

  • Melihat Ujung Knalpotnya

Setiap jenis mobilnya memiliki letak berbeda dari ujung-ujung knalpot dan tangkinya. Posisi kedua komponennya itu selalu berbeda arah, jika knalpot di sisi kanan maka tangkinya ada pada kirinya.

  • Baca Buku Petunjuk Pembeliannya

Memastikan di mana lokasi tangkinya, Anda bisa melihatnya melalui buku petunjuk yang diberikan ketika membeli kendaraannya. Tidak hanya itu, tapi ada banyak hal yang bisa Anda pelajari di buku petunjuknya.

Ketiga cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil tersebut bisa Anda terapkan sehingga tidak perlu keluar kendaraan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa terhindar dari berbagai kecelakaan seperti kelupaan.

Masalah-Masalah yang Sering Terjadi Pada Tangki Bahan Bakar BBM

Kendaraan modern adalah kumpulan mesin kompleks yang dirancang untuk dioperasikan dengan mudah dan membutuhkan perawatan minimal. Namun, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan tepat waktu.

Perawatan dimaksudkan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik sehingga akan membawa Anda ke tujuan dengan selamat. Tapi, masalah apa yang sebenarnya akan muncul ketika Anda tidak service tangki wadah bbm?.

Masalah pertama adalah adanya suara rengekan dari tank bbm. Sebelum melihatnya, Anda perlu mengerti cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil agar lebih mudah untuk memeriksanya.

Ada beberapa kemungkinan ketika Anda mendengar rengekan tersebut, yakni pompa bahan bakarnya rusak, kehabisan bensin, atau juga tangkinya terkontaminasi. Cara paling tepat untuk mengatasi masalahnya itu adalah dengan memeriksanya.

Selanjutnya adalah mesin sputter atau mengalami lonjakan secara tiba-tiba ketika sedang berkendara. Biasanya ini dikarenakan pompa tidak bisa mengirimkan bbm secara stabil ke mesin yang membuat kinerjanya turun.

Cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil juga diperlukan ketika wadah bbmnya mengalami kehilangan daya ketika sedang berkendara. Biasanya ditandai dengan mesin terasa terseret-seret.

Selanjutnya adalah mesin mengalami kenaikan suhu tinggi sehingga seringkali mati sendiri. Ini biasanya dikarenakan mesin terlalu bekerja keras dan bahan bakarnya tidak terlalu bagus sehingga membuat mesinnya cepat panas.

Pentingnya menjaga tangki agar tetap sehat dan bersih sehingga mesin kendaraan juga tetap baik seperti pertama beli. Perhatikan juga jenis bahan bakarnya juga agar menggunakan yang sesuai.

Karet Pada Tutup Tangki Bahan Bakar Mobil

Bagian terpenting sebagai penyegel tutup gas demi mencegah kotoran, serpihan, debu, dan lainnya. Dengan mengerti cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil, Anda juga tahu di mana posisi karetnya.

Segel tutup gas berkualitas tinggi dapat memastikan bahwa bahan bakarnya tetap aman di tangkinya. Seperti diketahui bahwa bensin sangat mudah menguap pada suhu kamar sehingga membutuhkan segel secara rapat.

Segel yang rapat tersebut akan memastikan tidak adanya kebocoran gas dari dalamnya. Hal itu juga akan membantu penghematan bahan bakar, menjaga keselamatan, serta mengurangi emisi.

Selain pentingnya cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil, penggantian karet tangkinya juga sangat penting. Apalagi ketika dirasa penutupnya tersebut sudah terasa agak aus atau mulai tidak rekat.

Ketika mulai tercium bahan bakar pada karet atau bagian luar tangkinya, hal ini dikarenakan aus. Hal tersebut bisa membawa ke masalah lain seperti kebocoran gas karena menguap terkena udara luar.

Selain itu, ketika lampu check engine menyala, memang bisa terjadi karena banyak alasan seperti segel tutup gasnya tidak kencang. Tutup gas merupakan bagian sistem emisi evaporasi yang berakibat masalah serius.

Diperlukan cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil agar bisa melihat di mana masalah berasal. Meskipun bisa mudah dideteksi dengan lampu mesin engine yang menyala.

Tangki untuk BBM Macet, Penyebab dan Cara Atasinya

Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil_Tangki untuk BBM Macet, Penyebab dan Cara Atasinya
Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM Di Mobil_Tangki untuk BBM Macet, Penyebab dan Cara Atasinya

Seringkali, tutup wadah bbm kendaraan mengalami macet dan sulit dibuka. Hal tersebut tentu harus segera diperbaiki, daripada harus menunggu serta mengalami kesulitan ketika akan mengisi bahan bakarnya.

Apalagi mengingat bahwa itu termasuk ke dalam bagian vital dari sebuah kendaraan yang harus dijaga agar tidak rusak. Tidak hanya dari macet saja, tapi juga masalah lain layaknya terkena karat.

Penyebab dari tangki macet biasanya dikarenakan seringnya terkena air hujan. Seperti diketahui jika air hujan seringkali membawa kotoran di udara, ditambah lagi hujannya akan membuat tangkinya berkarat.

Jadi bukan hanya cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil saja yang penting. Tapi, bagai mana caranya membuka penutup wadah bbm pada kendaraan tersebut ketika sulit untuk dibuka.

Untuk membukanya, Anda bisa menekan tutup wadahnya tersebut sambil memasukkan kuncinya. Masukkan kuncinya, jangan lupa untuk menekan dan memutarnya dengan tenaga hingga tangkinya mulai terbuka .

Ada cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan lempeng metal kecil sebagai per. Kemudian Anda bisa memegang ujungnya dengan lempengan tali, lalu tarik secara cepat dan kencang.

Baca Juga: Cara Merawat Velg Mobil Efektif Paling Disarankan

Meskipun merupakan bagian kecil pada kendaraan, tangki tetap menjadi hal yang terpenting pada setiap mobil. Cara mengetahui letak tutup tangki bbm di mobil tanpa keluar kendaraan, dan perawatannya perlu diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here