Bocoran Subsidi Mobil Hyundai Ionik 5

0
201
Bocoran Subsidi Mobil Hyundai Ionik 5
Bocoran Subsidi Mobil Hyundai Ionik 5

Bocoran subsidi mobil Hyundai, kini ramai diperbincangkan. Bahkan ramai dibicarakan di media sosial oleh para penggunanya. Yang cukup antusias dengan adanya kabar tersebut.

Baca juga : Inden Mobil Jadi Ladang Cuan, Kenali Lebih dalam Terkait Hal Tersebut

Mobil Hyundai yang dimaksud adalah mobil listrik Hyundai Ionik 5. Hyundai telah meluncurkan mobil listriknya di Korsel (Korea Selatan). Yang menjadi ikon mobil listrik Hyundai sebagai tanda awal dari sub-merk Ioniq, sebagai mobil yang serba listrik.

Dengan adanya subsidi yang disediakan oleh pemerintah, tentunya konsumen akan mendapatkan potongan harga. Sehingga, akan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga normal.

Fakta Bocoran Subsidi Mobil Hyundai Ionik 5

Fakta Bocoran Subsidi Mobil Hyundai Ionik 5
Fakta Bocoran Subsidi Mobil Hyundai Ionik 5

Adanya kabar mengenai bocoran subsidi mobil Hyundai, tentu tidak mencuat begitu saja ditengah-tengah masyarakat. Bocoran ini diawali dengan adanya informasi bahwa pemerintah telah meluncurkan subsidi bagi mobil listrik sejak tanggal 01 bulan April 2023.

Kabarnya, pemerintahan Joko Widodo memberikan subsidi dengan insentif yang berupa potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebanyak 10%. Yang berarti besarnya PPN yang dikenakan pada mobil listrik ini hanya  sebesar 1% saja.

Sedangkan, besarnya pajak yang ditanggung sebelum adanya subsidi adalah sebesar 11%. Tentu ini akan meringankan para pemilik mobil listrik dalam pembayaran PPN tersebut. 

Dan mobil listrik Hyundai Ionik 5 termasuk pada daftar mobil listrik yang menerima subsidi tersebut. Yang akan menjadi salah satu pemikat bagi para peminatnya. Untuk mempertimbangkan Hyundai Ionik 5 menjadi mobil listrik pilihan.

Walaupun, kabar mengenai adanya bocoran subsidi mobil Hyundai ini, pihaknya masih belum memberikan kabar besaran potongan dari harga produknya. Hal ini bukan tanpa alasan. Melainkan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) masih menunggu petunjuk pemerintah.

Yang tentunya berkaitan dengan aturan petunjuk teknis yang detail, mengenai adanya subsidi tersebut. Informasi ini disampaikan oleh Chief Operating Officer PT (HMID), yaitu makmur.

Namun, pihak PT HMID baru bisa memberikan bocoran subsidi mobil ini. Mengenai besarnya potongan harga dari mobil listriknya tersebut. 

Yang diperkirakan bisa menjadi lebih murah, dengan potongan sekitar Rp. 60.000.000 sampai dengan Rp. 70.000.000, tergantung tipenya.

Adapun, potongan tersebut baru dapat diketahui dari total Dasar Pengenaan Pajak (DPP) yang ditambahkan dengan PPN. Sementara, harga potongan yang diberikan pemerintah berasal dari DPP. 

Berikut Spesifikasi dan Kelebihannya 

Berikut Spesifikasi dan Kelebihannya 
Berikut Spesifikasi dan Kelebihannya

Dan mengenai bocoran subsidi mobil Hyundai, untuk mendapatkan insentif yang berupa potongan PPN ini, masyarakat harus menunggu keputusan dan aturan dari pemerintah. Karena ada aturan dan petunjuknya. Namun, jika para konsumen ingin segera membeli tanpa adanya insentif tersebut, tetap diperbolehkan.

Tentunya, dengan melakukan pembelian sesuai harga normal tanpa adanya potongan PPN. Jika para konsumen tidak ingin mengambil potongan harga dari intensif pemerintah. 

Berdasarkan informasi yang beredar, mobil listrik Hyundai Ionik 5 dijual dengan harga mulai dari Rp. 748.000.000 untuk tipe mobil  terendah. Sedangkan untuk tipe mobil paling tinggi dijual dengan harga Rp. 859.000.000 sesuai dengan spesifikasinya.

Itulah beberapa bocoran mengenai harga mobil listrik Hyundai. Tentunya memiliki harga yang berbeda jika konsumen mengambil insentif dari pemerintah. Yang pastinya harga akan menjadi lebih murah dari harga normal.

Namun, apa saja spesifikasi yang dimiliki Hyundai Ionik 5 ini? Tentunya dengan sederet kelebihan yang dimiliki oleh mobil listrik ini. Sehingga, membuat para konsumen semakin yakin untuk memilih Hyundai Ionik 5 sebagai mobil listrik pilihan.

  • Spesifikasi Menarik Mobil Listrik Hyundai Ionik 5

Setelah mengetahui adanya bocoran subsidi mobil Hyundai lengkap dengan perkiraan potongan harga. Berikut, kita akan memberikan bocoran lain seputar mobil listrik Hyundai ini. Yaitu mengenai spesifikasi menarik yang dimiliki Ionik 5.

Tentunya, ini akan sangat penting untuk diketahui. Terutama, bagi kalian yang telah condong ingin memiliki mobil listrik ini. Ionik 5 termasuk pada kategori mobil listrik yang murni atau disebut BEV (Battery Electric Vehicle) pertama.

Yang berasal dari sebuah pabrik besar, yang juga diproduksi oleh lokal. Sehingga memiliki berbagai hal yang menarik, salah satunya spesifikasi yang dimilikinya. 

Selain bocoran subsidi mobil Hyundai yang diberikan untuk Ionik 5, PT HMID menyediakan mobil listrik ini dengan empat varian pilihan. Yang diklasifikasikan berdasarkan jarak tempuh yang dimilikinya. 

Diantaranya Signature Standard dan Signature Long Range, juga prime standard dan long range. Selain itu, juga tampil dengan lima warna pilihan, diantaranya Black Pearl, Optic White, Gravity Gold Matte, Magnetic Silver Metallic dan Titan Gray Metallic

Mobil ini dirancang menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP). Yang khusus disiapkan untuk basis pada mobil listrik ini. Membuat pabrik leluasa mendesain eksteriornya, kabin, serta kinerja dari fitur-fitur listrik agar lebih optimal.

Spesifikasi Ionik 5 di Indonesia berbeda dengan versi luar negeri. Di tanah air, mobil ini hadir dengan sistem penggerak roda belakang. Sedangkan di negara-negara lainnya juga hadir dengan versi All Wheel Drive (AWD).

Spesifikasi utama Hyundai Ionik 5 ini memiliki jenis transmisi otomatis, dengan kapasitas 5 kursi dan tenaga listrik sebesar 214 hp.

  • Kelebihan Mobil Listrik Hyundai Ionik 5

Selain mendapatkan subsidi dari pemerintah dengan adanya informasi mengenai bocoran subsidi mobil Hyundai. Membuat konsumen bisa mendapatkan potongan harga dari harga normal. Mobil listrik ini juga memiliki beberapa kelebihan yang menjadi daya tariknya.

Beberapa kelebihan ini tidak lain dirancang agar saat pengemudi, pengguna merasa nyaman dan aman. Serta merasakan performa yang luar biasa saat berkendara.

  • Interiornya yang Luas

Pertama, selain adanya bocoran subsidi mobil Hyundai. Kabarnya Ionik 5 memiliki interior yang terbilang luas. Karena, Ionik 5 dirancang dengan menggunakan platform yang telah dioptimalkan. Tentunya untuk mobil listrik ini. Sehingga, membuat ruang kabin dapat dirancang menjadi lebih luas.

Selain itu, tidak ada pembatas antara bangku pengemudi dan penumpang. Membuat konsol tengah dapat diatur maju mundur. Dan membuat pengemudi dapat menyetir dengan rileks serta membuat posisi sandaran tangan menjadi pas. Sehingga, membuatnya nyaman.

Bukan hanya itu, juga terdapat tambahan pengaturan lainnya. Seperti pada setir tilt dan teleskopik, pengaturan jok elektrik, serta sandaran kepala yang nyaman.

Hyundai Ionik 5 juga dilengkapi fitur istimewa yaitu Relaxation Comfort Seat. Dengan sentuhan satu tombol yang membuat kursi rebah sampai posisi rileks secara otomatis. Juga speaker Bose, membuat mobil ini memiliki tata suara yang berkelas.

Juga dilengkapi head unit digital, yang memiliki ukuran layar sentuh 12,3 inci. Merupakan kumpulan fitur-fitur dan pusat hiburan bagi penumpangnya. Yang terletak di dalam satu panel bersama instrument cluster digital dengan ukuran yang sama.

Bahkan Ac dual zone climate control dapat ditemukan pada semua varian. Sementara untuk wireless charger hanya untuk varian Signature.

  • Desain 

Adanya kabar bocoran subsidi mobil Hyundai ini, ditujukan untuk Ionik 5 yang memiliki desain yang hampir memiliki kesamaan dengan Hyundai Pony. Yang juga memiliki kesan sebagai mobil masa depan dengan desainnya yang berkelas dan classy. Bagian sisi depan kendaraan dilengkapi Front Center Garnish Hidden LED dan Parametric Pixel LED Headlamps.

Juga kap mesin dengan tipe clamshell. Sehingga, saat berkendara membuat mobil bisa mengoptimalkan sisi aerodinamikanya. Serta desain parametrik dengan diameter 20 inci pada tipe Signature Long Range. Membuatnya memiliki dimensi roda terbesar juga unik.

Bagian belakangnya, dilengkapi Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps. Yang dilengkapi spoiler yang aerodinamis. Gagang pintunya menggunakan Flush Door Handles. Pada tipe Prime berfungsi secara manual. Dan pada tipe Signature berfungsi otomatis.

  • Dapat Dijadikan Sumber Listrik

Selain adanya kabar bocoran subsidi mobil Hyundai Ionik 5 yang menarik. Nyatanya, mobil listrik ini juga memiliki kelebihan yang tak kalah menarik. Yaitu dapat dijadikan sebagai sumber listrik. Yang dilengkapi dengan teknologi Vehicle to Load (V2L).

Yang hadir untuk pertama kalinya pada mobil listrik Hyundai ini. Yang memiliki kemampuan menambah fungsi kendaraan, sehingga dapat menjadi sumber listrik dengan daya maksimal sebesar 3,6 kW.

Menariknya, listrik tersebut dapat ditransfer ke berbagai barang elektronik lain. Untuk penggunaan di dalam atau diluar mobil. Tentunya ini akan sangat berguna.

Perlu diketahui, fitur V2L hanya dapat digunakan saat mobil memiliki kapasitas baterai antara 20% hingga 100%. Jika di bawah itu, maka fitur ini tidak dapat digunakan.

  • Nyaman Saat Digunakan

Bocoran subsidi mobil Hyundai dengan memberikan insentif berupa potongan PPN, akan meringankan konsumen. Selain mendapatkan potongan harga dari subsidi tersebut, konsumen dapat dipastikan mendapatkan kenyamanan saat mengendarai Hyundai Ionik 5 ini.

Karena tidak ada mesin, membuat suasana kabin akan menjadi lebih senyap. Membuat berkendara menjadi terasa halus dan nyaman. Juga membuat permukaan jalan menjadi terasa pas. Tidak terlalu keras atau lembut.

Memiliki performa yang gesit. Mudah untuk mencapai kecepatan sebesar 100 km/jam. Sehingga, mobil ini akan sangat nyaman saat digunakan sehari-hari.

Baca juga : Apa Itu Power Sliding Door? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dengan berbagai spesifikasi dan kelebihan yang dimiliki Hyundai Ionik 5, tentu akan menarik konsumen. Untuk segera memilikinya agar mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dan potongan harga dari adanya bocoran subsidi mobil Hyundai Ionik 5.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here