Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus

0
291
Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus
Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus

Cara merawat body mobil agar tetap mulus sebenarnya bukanlah hal sulit. Hanya perlu ketelatenan supaya perawatan rutin dilakukan. Jadi, bukan hanya bagian mesinnya saja perlu dirawat, tapi juga body sebagai penunjang penampilan.

Baca Juga: Perbedaan New Brio RS Urbanite Edition dengan Brio Tipe Lama

Banyak pengguna kendaraan tidak menyadari bahwa ada berbagai kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh terhadap mudah rusaknya bagian body. Padahal kebiasaan tersebut penting diketahui untuk kemudian dihindari.

Apa sajakah kebiasaan yang dimaksud dan bagaimana cara merawatnya? Untuk mengetahuinya, yuk simak uraian berikut ini. Namun sebelum itu, pahami terlebih dahulu mengapa perawatan mobil itu penting dilakukan.

Inilah Beberapa Alasan Merawat Mobil Itu Penting Dilakukan

Sebelum mengetahui cara merawat body mobil agar tetap mulus, pahami alasannya mengapa perawatan penting dilakukan secara berkala. Hal ini menyangkut bukan hanya body atau bagian luar saja, tapi juga termasuk mesin.

Alasan pertama yaitu karena berhubungan dengan keselamatan. Suku cadang akan rentan mengalami kerusakan bila kendaraan jarang memperoleh perawatan. Bila kerusakan parah tentu sangat membahayakan penumpang yang ada di dalamnya. 

Jangan sampai mengabaikan hal yang terlihat sepele karena dampaknya bisa sangat besar. Bukan hanya berdampak terhadap keselamatan para pengemudi atau penumpang, tapi juga pengeluaran menjadi lebih besar untuk perbaikan terutama saat terjadi tragedi kecelakaan.

Alasan berikutnya cara merawat body mobil agar tetap mulus penting berkaitan dengan faktor kenyamanan. Suku cadang terawat akan berdampak signifikan terhadap performa mobil. Mulai dari pengeraman yang lebih nyaman, tarikan gas lebih halus dan aspek menguntungkan lainnya.

Alasan terakhir yaitu mempunyai harga yang lebih bersaing. Walaupun mengalami penurunan nilai jual tapi tidak terlalu ekstrem. Sebab, banyak pencari kendaraan yang mengutamakan perawatan baik dari pengguna terdahulunya.

Kebiasaan yang Menyebabkan Body Mobil Rentan Mengalami Kerusakan

Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus_Kebiasaan yang Menyebabkan Body Mobil Rentan Mengalami Kerusakan
Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus_Kebiasaan yang Menyebabkan Body Mobil Rentan Mengalami Kerusakan

Ada berbagai kebiasaan menyebabkan body mobil rentan mengalami kerusakan. Sangat disayangkan banyak orang yang tidak menyadari atau sebenarnya sudah mengetahui tapi mengabaikan. Kebiasaan yang dimaksud beberapa diantaranya:

  • Parkir di Sekitar Area Binatang

Cara merawat body mobil agar tetap mulus menjadi percuma bila Anda tidak menghindari kebiasaan buruk yang membuatnya lebih rentan rusak. Salah satunya yaitu parkir di sekitar area binatang.

Body kendaraan akan berada pada situasi terancam bila meletakkannya di kawasan yang banyak binatang berkeliaran. Bentuk ancaman tersebut seperti adanya kotoran binatang yang bukan hanya sulit dibersihkan, tapi juga berbau busuk.

  • Parkir di Bawah Pohon Bergetah

Kebiasaan parkir tidak tepat selanjutnya adalah di bawah pohon bergetah. Untuk kebiasaan satu ini masih banyak dilakukan oleh orang-orang. Padahal, walaupun terlihat nyaman dan teduh, bila bergetah akan berdampak buruk terhadap mobil Anda.

Getah ini sulit dihilangkan bila mengenai body mobil. Jadi, sebelum parkir sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah pohon tersebut memiliki getah atau tidak. Bila tidak mengetahui secara pasti, pilih saja area lain untuk memarkir kendaraan.

  • Parkir di Area Terbuka

Cara merawat body mobil agar tetap mulus bisa diterapkan dengan maksimal bila Anda menghindari kebiasaan yang membuatnya rentan mengalami kerusakan. Seperti memarkirnya di area terbuka.

Area terbuka yang dimaksud terpapar panasnya sinar matahari langsung. Tidak hanya berpotensi merusak cat saja, tapi juga meningkatkan suhu kabin. Area terbuka mempunyai risiko tinggi saat hujan turun.

Penting dipahami bahwa perubahan suhu drastis dari panas, lalu langsung terkena air hujan bukanlah sebuah hal baik. Kondisi ini akan menyebabkan body mobil menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

  • Mengelap Sembarangan

Kebiasaan yang tidak disarankan dilakukan terakhir yaitu mengelap sembarangan, seperti memakai kain berpermukaan kasar. Saat mengelap mobil tidak disarankan memakai kain sembarangan.

Beragam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus yang Bisa Dilakukan

Merawat body mobil tidak harus dilakukan di bengkel atau salon khusus karena Anda bisa melakukannya di rumah secara mandiri. Beberapa cara merawat body mobil agar tetap mulus yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Memarkir di Area Teduh

Parkir kendaraan di area teduh, tapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hindari di bawah pohon bergetah. Memarkir di tempat teduh akan menghindarkan kendaraan dari paparan panas matahari secara langsung yang berlebihan.

Apalagi bila parkir dilakukan dengan durasi waktu cukup lama. Bila Anda tidak menemukan tempat teduh di area sekitar, baik itu pohon maupun gedung, bisa memanfaatkan penutup mobil.

Selain panas, tidak disarankan membiarkan kendaraan terlalu lama terkena hujan. Bila sudah terlanjur terkena terlalu lama, segera basuh dengan air bersih. Alasannya supaya body kendaraan terhindari dari timbulnya jamur.

  • Saat Membersihkan Pakai Kain Halus 

Cara merawat body mobil agar tetap mulus berikutnya pakai kain halus saat membersihkan, seperti kanebo. Sebaiknya jangan memakai kain yang tidak didesain khusus untuk membersihkan body mobil supaya keawetan senantiasa terjaga.

  • Pakai Sabun Khusus Saat Mencucinya

Saat mencuci kendaraan gunakan sabun khusus, jangan sembarangan. Banyak pemilik kendaraan memakai detergen, sabun cuci yang sebenarnya malah akan membuat warna cat menjadi pudar dan kusam.

Harga sabun khusus memang sedikit lebih mahal, namun kualitasnya tidak akan menimbulkan dampak buruk terhadap mobil. Rutin cuci kendaraan saat musim kemarau minimal satu minggu sekali.

Sedangkan saat musim penghujan, lakukan satu minggu dua kali. Intensitas pencucian berbeda karena air hujan mampu mengikis warna cat pada bagian body mobil. Penyebabnya adalah adanya asam yang terkandung di dalamnya.

Saat ada baret-baret halus, cara merawat body mobil agar tetap mulus pakai obat poles atau wax. Rutinitas ini bisa dilakukan sebanyak dua bulan satu kali. Pastikan mengoleskan secara merata, tunggu kering, kemudian bersihkan lagi memakai lap microfiber.

  • Sesudah Dicuci Segera Keringkan

Tidak kalah penting, jangan lupa setelah mencuci kendaraan, segera keringkan memakai lap berbahan microfiber. Tujuannya untuk merawat cat supaya senantiasa mengkilap, mulus dan terhindar dari timbulnya baret.

Disarankan untuk menghindari pengeringan memakai sinar matahari karena sisa air cucian bisa membekas pada body mobil. Jadi, agar tidak menimbulkan bercak, segera keringkan kendaraan usai selesai dicuci.

  • Pasang Penutup atau Sarung Mobil pada Malam Hari

Pada malam hari, sangat penting memasang penutup atau sarung mobil. Hindari memarkir pada malam hari di tempat terbuka karena rentan terkena embun yang bisa memudarkan cat serta mengurangi daya tahan body kendaraan.

Bila Anda membiarkannya secara terus-menerus, kendaraan bisa mengalami retak kecil. Cara merawat body mobil agar tetap mulus menggunakan penutup ini bertujuan melindungi kendaraan dari kemungkinan penyok dan baret karena berbagai penyebab.

  • Dibersihkan Secara Teratur

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu bersihkan secara teratur. Apalagi intensitas penggunaan kendaraan tinggi. Seperti kita tahu bahwa di luar, mobil rentan terkena debu dan asap yang memiliki kandungan beragam bahan kimia.

Akibatnya, daya tahan cat body kendaraan bisa terpengaruh. Bila tampak kotor, tidak ada salahnya untuk segera mencuci supaya debu menumpuk bisa dicegah. Debu menumpuk bisa menyebabkan cat mudah kusam.

Manfaat Bila Merawat Body Mobil dengan Baik yang Bisa Diperoleh

Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus_Manfaat Bila Merawat Body Mobil dengan Baik yang Bisa Diperoleh
Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus_Manfaat Bila Merawat Body Mobil dengan Baik yang Bisa Diperoleh

Bila sering merasa malas untuk merawat kendaraan, ketahui manfaatnya supaya lebih bersemangat menerapkan. Ada banyak manfaat bisa diperoleh bila menerapkan cara merawat body mobil agar tetap mulus dengan baik, beberapa diantaranya:

  • Pengeluaran Lebih Hemat

Manfaat pertama yang bisa diperoleh yaitu membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Sebab, perawatan rutin akan segera mendeteksi kerusakan kecil pada kendaraan. Hal ini akan menghindari kerusakan besar.

Berbeda bila body kendaraan jarang dirawat, kerusakan yang awalnya kecil berpotensi menjadi besar. Tentu situasi ini berdampak terhadap biaya perbaikan lebih mahal. Bukan hanya bertarif mahal saja, keamanan tidak dapat terjamin dengan baik.

  • Nilai Jual Terjaga

Penerapan cara merawat body mobil agar tetap mulus yang tepat akan menjaga nilai jual. Perlu diingat bahwa tidak semua jenis kendaraan itu bertahan lama untuk satu pengguna atau pemilik saja.

Bahkan ada yang sengaja berganti-ganti kendaraan saat versi diinginkan keluar, sehingga menjualnya ke orang lain dijadikan pilihan. Supaya penurunan nilai jual tidak terlalu tinggi dan berjalan lancar, perawatan rutin penting dilakukan.

  • Usia Pakai Kendaraan Lebih Panjang

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh yaitu usia pakai kendaraan menjadi lebih panjang. Jadi, secara otomatis biaya pengeluaran untuk membeli mobil lebih hemat. Apalagi mengingat sekarang ini harga mobil berkualitas tidak murah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk rutin menjalankan perawatan kendaraan, namun masih banyak pengguna yang tidak memperdulikan. Anda bisa menerapkan cara merawat body mobil agar tetap mulus tersebut untuk meminimalisir timbulnya kerusakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here