Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

0
341
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Belajar menyetir mobil mungkin menjadi salah satu keinginan dari banyak orang lho. Memang kadang membuat bingung untuk belajar setir mobil, lebih nyaman memilih transmisi manual atau yang otomatis. Dikarenakan kedua jenis mobil ini mempunyai kekurangan maupun kelebihannya masing – masing.

Baca Juga: Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

Bagi Anda yang ingin latihan atau belajar setir mobil, sebenarnya jenis transmisi otomatis cukup mudah lho. Ketika belajar, Anda pun tidak akan dibuat pusing dengan pengaturan kopling, gas dan juga rem. Oleh sebab itulah transmisi otomatis ini bisa dijadikan pilihan dan cocok untuk Anda yang ingin bisa menyetir mobil.

Akan tetapi, mungkin tidak ada salahnya bila Anda belajar menyetir dengan mobil yang memiliki transmisi manual. Jenis transmisi ini juga banyak sekali digunakan oleh mobil keluaran terbaru dan menawarkan sensasi berkendara yang berbeda. 

Bagi Anda yang mungkin masih bingung memilih belajar menyetir atau latihan dengan jenis mobil manual atau pun matic, di bawah ini adalah ulasan lengkapnya.

Keunggulan dan Kekurangan Belajar Menyetir Mobil Transmisi Matic

Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Sebelum belajar menyetir mobil, kadang Anda cukup dibingungkan dengan pemilihan jenis mobil transmisi matic atau yang manual untuk digunakan sebagai latihan mengemudi. Tetapi, sebelum Anda memutuskan memakai jenis mobil yang mana, alangkah baiknya kenali jenis transmisi dari kedua mobil tersebut.

Secara sederhananya, transmisi untuk mobil automatic atau yang lebih dikenal dengan istilah matic ini adalah sistem perpindahan percepatan atau pun transmisi secara otomatis tanpa melalui injak pedal kopling sebelum mengendarai mobil.

Anda hanya perlu dengan menginjak pedal gas dan juga mobil agar dapat langsung berjalan. Sedangkan untuk mobil berjenis transmisi manual memang sedikit lebih ribet dibandingkan dengan mobil matic lho. 

Sistem perpindahan percepatan atau transmisi manual ini dengan cara Anda menginjakkan pedal kopling sebelum mengendarai mobil tersebut. Berikut ini adalah kelebihan dari jenis mobil transmisi matic, di antaranya adalah :

  1. Mobil matic memang lebih cocok dipakai sebagai alat latihan untuk para pemula dikarenakan sistem operasinya yang begitu mudah.
  2. Untuk bisa menjalankan mobil matic, Anda hanya perlu injak pedal gas, secara otomatis mobil akan langsung berjalan.
  3. Latihan mengemudi di jalan yang macet mungkin akan lebih memudahkan Anda karena tidak mudah capek. Dikarenakan Anda hanya cukup menginjak rem untuk berhenti. Lalu, injak pedal gas guna menjalankan mobil tersebut.
  4. Dengan sistem mengendarai yang begitu mudahnya, latihan memakai mobil matic juga bisa membuat Anda jauh lebih cepat untuk mengemudinya.

Kekurangan Bila Belajar Menyetir Mobil Transmisi Matic

Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Setelah, Anda mengetahui keunggulan maupun kelemahan dari belajar menyetir mobil matic, berikutnya adalah ketahui kekurangan dari transmisi automatic.

  1. Bahan bakar yang diperlukan oleh mobil automatic ini jauh lebih boros dibandingkan dengan jenis manual.
  2. Para pengemudi tidak perlu lagi mengatur persneling, maka ketika sedang mengemudi di jalanan menurun pun mesti lebih berhati – hati lagi. 
  3. Service atau perawatan untuk mobil matic relatif lebih mahal. Hingga bila sudah terjadi rusak ketika Anda latihan mengemudi maka memerlukan biaya yang cukup besar.

Mengenal Kelebihan Belajar Menyetir Mobil Transmisi Manual

Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Selanjutnya adalah belajar menyetir mobil transmisi manual bisa dijadikan sebagai pilihan agar Anda lebih mudah untuk latihan dan mengendarai kendaraan roda empat. Bisa dikatakan bila Anda telah menguasai mobil manual, maka jauh lebih mudah untuk mencoba mobil matic. 

Berikut ada beberapa kelebihan dari mobil manual yang bisa dipilih untuk latihan mengendarai, seperti di bawah ini :

  1. Nah, keunggulan pertama ini adalah bila Anda sudah bisa menguasai mobil manual, maka akan jauh lebih mudah sekali untuk belajar dengan mobil matic. 
  2. Bahan bakar yang dipergunakan untuk mobil manual relatif lebih hemat dibandingkan dengan mobil automatic.
  3. Keunggulan bila Anda latihan menggunakan mobil transmisi manual adalah relatif lebih aman untuk segala medan jalan, seperti tanjakan hingga menurun. Dikarenakan sang pengemudi mempunyai kontrol untuk mengendalikan secara optimal mobil tersebut.
  4. Persneling mobil manual lebih mudah untuk diatur serta menyesuaikan dengan kecepatan ketika sedang Anda kendarai.
  5. Komponen lainnya seperti spare parts jauh lebih terjangkau hingga bila terjadi kerusakan biaya perbaikannya relatif lebih mudah.

Inilah Kekurangan Latihan Menyetir Mobil Transmisi Manual

Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Setelah Anda mengetahui kelebihan bila belajar menyetir mobil transmisi manual, maka kurang lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai kekurangannya, di antaranya adalah : 

  1. Sistem pengoperasian relatif sedikit sulit. Anda dapat mengontrol antara pedal gas, rem dan kopling sebelum memindahkan gigi.
  2. Anda harus bisa mengimbangi gas dan juga kopling sebelum mengendarai mobil.
  3. Untuk latihan menyetir di jalanan yang macet relatif lebih sulit dan menguras tenaga dikarena Anda mesti menginjak kopling supaya mobil tidak mati. 
  4. Memerlukan waktu yang relatif lama untuk belajar menggunakan mobil transmisi manual.

Informasi seputar kelebihan dan juga kekurangan dari mobil manual atau pun matic ini sebagai media belajar. Anda bisa dengan bijak memilih di antara keduanya menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Ini Dia Tips Belajar Menyetir Mobil Khusus untuk Pemula

Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?
Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Belajar menyetir mobil bagi para pemula bisa dijadikan sebagai langkah untuk mahir mengendarai. Meskipun cukup banyak yang beranggapan bahwa mengendarai mobil transmisi manual sedikit lebih sulit dibandingkan dengan matic atau otomatis, tetapi mobil manual ini cenderung disukai karena memberikan kontrol penuh pada pengemudinya.

Berikut ini, ada beberapa hal atau tips menarik seputar latihan setir mobil khusus untuk yang baru belajar, di antaranya adalah :

  • Mengenal komponen penting berkendara

Langkah pertama yang mesti Anda perhatikan saat belajar menyetir mobil ialah kenali berbagai fitur dalam mobil. Komponen terpenting yang wajib Anda ketahui di antaranya adalah pedal gas, rem dan juga kopling.

Khusus untuk mobil manual, kedua kaki Anda mesti bekerja seirama supaya lebih nyaman berkendara. Anda pun harus bisa kenal dengan posisi gigi mobil yang terdiri dari 5 posisi dengan kegunaan berbeda – beda.

Selain itu juga, kenali fungsi dan posisi pedal mobil. Untuk pedal yang berada di bagian kanan adalah gas, sedangkan yang tengah ialah rem mobil. Sementara itu, bagian posisi kiri ini merupakan kopling.

  • Cara menghidupkan mesin mobil 

Untuk menghidupkan mesin mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda bisa cek terlebih dahulu posisi mobil dalam posisi gigi netral. Bila sudah netral barulah putar kunci hingga mesin nyala. 

Sesudah mesin menyala bisa menjalankan mobil, namun hindari kesalahan dalam menginjak ketiga pedal yang ada di kaki Anda.

  • Terbiasa gunakan kopling dan gas 

Tips yang mesti diterapkan untuk mengendarai mobil manual adalah harus terbiasa memakai kopling dan gas secara bersamaan. Dikarenakan permasalahan yang kerap kali dikeluhkan para pengendara adalah tiba – tiba mesin mobil mati sendiri disebabkan tidak biasa melepaskan gas dan kopling.

Anda bisa membiasakan untuk kendalikan gas dan kopling secara bersamaan. Kesalahan yang kerap kali dilakukan orang belajar mobil adalah menginjak pedal gas secara berlebihan sedangkan melepaskan kopling tidak terlalu tepat.

  • Latih memindahkan gigi 

Gigi mobil terdiri dari 5 posisi. Anda bisa memindahkannya setelah melepaskan gas dan juga kopling. Penting diperhatikan adalah mengatur putaran pada mesin dengan kondisi rendah yaitu di bawah 2000 rpm. 

  • Kendalikan mobil ketika di jalanan menanjak

Mobil manual atau pun matic pastinya harus waspada dan hati – hati bila menaiki jalan yang cukup menanjak. Yang dikhawatirkan bila salah dalam penggunaan rem dan juga lainnya justru bisa membuat mobil Anda menjadi mundur ke belakang, dan berbahaya saat jalanan lagi macet.

Anda bisa menggunakan rem tangan supaya mobil bisa bertahan stabil dan tidak lagi berjalan mundur sambil menginjak pedal gas pelan – pelan.

  • Rem selalu siap siaga 

Biasakan kaki Anda kenali posisi pedal rem. Hal tersebut karena rem menjadi bagian paling penting untuk bisa mengendalikan mobil supaya tetap aman dikendarai. Rem juga berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil Anda sehingga menghindari kecelakaan di jalanan. 

Maka dari itulah, usahakan untuk selalu siap siaga dalam penggunaan pedal rem tersebut meskipun Anda mengendarai mobil dengan kecepatan sedang. 

Baca Juga: Alasan Beli Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui!

Belajar menyetir mobil menggunakan jenis transmisi manual atau pun automatic sebenarnya sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja. Pastikan untuk benar – benar memahami kondisi mobil yang akan digunakan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here