Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

0
669
Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!
Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

Komponen mobil utama menjadi bagian terpenting yang harus Anda perhatikan untuk kendaraan roda empat. Sebagian dari pengendara pastinya tidak suka bila kondisi mobil dalam masalah saat digunakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastinya dibutuhkan perawatan mobil secara berkala.

Baca Juga: Alasan Beli Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui!

Service rutin atau perawatan mobil secara berkala ini termasuk prosedur yang sudah diwajibkan oleh pabrikan. Bila mobil Anda masih memiliki masa garansi tetapi tidak dilakukan perawatan berkala pada bengkel resmi, maka garansi tersebut sudah tidak berlaku.

Bukan hanya untuk mobil baru saja, mobil bekas juga harus mendapatkan perawatan secara berkala. Hal tersebut bertujuan supaya performa mobil tetap dalam kondisi prima, bila mesin kendaraan keadaan baik maka siap untuk Anda gunakan kapan saja sesuai kebutuhan.

Inilah Keunggulan Perawatan Komponen Mobil Utama Perlu Diketahui

Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!
Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

Perawatan komponen mobil secara berkala ini menjadi hal sangat penting karena bisa membuat mesin kendaraan jadi lebih baik dan performa menjadi maksimal.

Pemakaian kendaraan untuk kebutuhan setiap hari, pastinya ada sejumlah komponen mobil yang mengalami perubahan. Misalnya saringan udara berubah jadi kotor, busi mesin jadi aus, atau kampas rem yang kian menipis.

Perawatan mobil secara berkala inilah bisa dilakukan agar pembersihan atau setel ulang kembali. Bila ada part mobil yang sudah tidak lagi berfungsi, maka segera diganti. Dengan cara inilah, kondisi mesin bakalan jadi lebih maksimal.

Service mobil secara rutin ini bisa memaksimalkan kondisi sistem bekerja dengan cukup baik. Selain itu juga, manfaat perawatannya juga bisa mengurangi beban biaya pengeluaran yang jauh lebih besar.

Apabila masalah pada komponen mobil utama segera diketahui dan dideteksi lebih awal, pastinya kerusakannya juga tidak begitu parah. Hal tersebut juga sangat penting karena dalam mobil memiliki berbagai sistem yang saling berhubungan.

Komponen Mobil yang Perlu di Service untuk Bepergian Jarak Jauh

Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!
Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

Perawatan komponen mobil utama secara berkala ini harus Anda lakukan dan berguna sekali untuk menjaga kondisi mobil tetap prima bila ingin bepergian jarak jauh. Perjalanan jarak dekat maupun jauh, Anda tidak boleh menyepelekan perkara performa mesin mobil, karena bisa saja di jalan terjadi kendala apabila service mesin jarang dilakukan. 

Biasanya mobil yang digunakan untuk menempuh jarak jauh ini akan mengalami perjalanan macet di jalan, hingga memerlukan waktu yang lebih panjang daripada semestinya.

Hal ini juga bisa menyebabkan komponen mobil dan juga mesin harus dipaksa bekerja secara maksimal. Bisa Anda bayangkan bagaimana sulitnya mesin tersebut bekerja sehingga jangan heran jika terjadi kerusakan pada bagian dalam mesin.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang begitu parah, ada beberapa tips perawatan untuk komponen mobil utama yang harus Anda cek sebelum bepergian. Hal ini bertujuan supaya perjalanan Anda terasa lebih nyaman dan bebas dari hambatan apapun selama di perjalanan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Ban mobil 

  1. Cek alur di permukaan ban dan juga kebocoran 
  2. Tekanan angin dalam ban harus pas 
  3. Ban cadangan harus di bawa dan dalam keadaan siap digunakan kapan saja
  4. Lalu, Anda bisa juga mengisi cairan untuk menambal ban secara otomatis 
  • Rem mobil 

  1. Cek bagian oli rem, pastikan jumlah takaran dan layak untuk digunakan 
  2. Pastikan kampas rem masih tersedia
  • Supensi bodi mobil 

Untuk rangkaian komponen mobil utama tidak boleh dilupakan adalah suspensi. Anda bisa cek untuk memastikan tidak ada kebocoran pada damper, serta dudukan karet pada suspensi.

  • Oli mesin mobil 

Hal yang selalu diperhatikan oleh pengendara ketika service kendaraan adalah bagian oli mesin harus diganti secara berkala. Anda bisa memilih kualitas oli terbaik yang bisa tahan panas dikarenakan kondisi mesin yang pas bakalan merusak kadar oli.

Setelah oli, selanjutnya adalah bagian radiator mesin. Biasanya kondisi air radiator mesin yang panas atau overheating bisa mengeluarkan kepulan asap pada bagian depan kap mobil, sehingga tekanan dalam radiator pun mengalami peningkatan sampai bisa membuat part jebol.

Adapun penyebab utama dari over heating ini adalah air radiator yang diisi dengan air biasa, hal tersebut tidak jadi masalah saat mobil dalam keadaan berjalan, namun bila macet parah maka tidak mampu mendinginkan mesin dalam waktu cepat.

  • Tune Up 

Tune up ini merupakan rangkaian wajib dari perawatan komponen mobil utama. Untuk mesin mobil terbaru lebih fokus pada proses pembersihan dalam sistem pembakaran mobil, baik dengan mesin diesel maupun bensin secara berkala. 

Dengan tune up inilah, bisa mengembalikan tenaga dari mesin yang hilang dikarenakan proses pembakaran dalam mesin tidak lagi efisien. Pada saat bepergian jauh, sebaiknya untuk service bagian penting mesin mobil tersebut.

  • Busi mobil dan filter mesin 

Ketika Anda sedang melakukan service mobil, pastikan busi pada mesin bensin harus dicek dan diganti saja bila sudah tidak layak digunakan lagi. 

Selanjutnya, perhatikan juga seluruh filter mesin yang ada di dalam komponen. Bila kondisi filter sudah rusak sebaiknya diganti untuk perjalanan jarak jauh lebih aman.

  • Aki Mobil 

Untuk cek aki mobil ini sebaiknya diperiksakan langsung ke bengkel yang sudah mempunyai battery tester. Hal ini dikarenakan bisa mengetahui persentase battery life secara akurat. Sebagai informasi tambahan, untuk jarak jauh aki harus berada di atas 50 persen.

  • Air Conditioning (AC)

AC menjadi bagian dari komponen mobil utama karena diperlukan pada saat Anda terjebak macet dan tidak terasa panas di dalam kendaraan. AC mobil yang bisa memberikan dingin secara maksimal dan tekanan freonnya harus normal, hembusan angin juga bisa optimal dan tidak mengeluarkan bau.

Cara Merawat Komponen Mobil Bisa Dilakukan Sendiri

Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!
Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

Setelah Anda mengetahui komponen mobil utama yang harus diperhatikan dan mendapatkan perawatan secara berkala, berikut ini ada beberapa cara untuk melakukan service mobil secara mandiri.

  • Isi bahan bakar mobil sebelum habis 

Bahan bakar yang digunakan mesin kendaraan memiliki kandungan sedimen yang dapat mengental, terlebih lagi jika masuk ke dalam tangki mesin. Bila tangki ini dibiarkan hampir kosong, maka endapannya juga bisa menyumbat saringan bensinnya.

Hal tersebut bisa mengakibatkan hambatan aliran bahan bakar yang bakalan masuk ke dalam pembakaran hingga prosesnya tidak dapat berjalan sempurna. Oleh sebab itulah, hindari tangki bahan bakar sampai kosong.

  • Isi radiator dengan coolant

Pengisian tangki radiator kerap kali digunakan dengan cairan sembarangan. Semisalnya menggunakan air keran dikarenakan lebih hemat biaya. Padahal air keran ini tidak bisa membantu proses pendinginan mesin dengan sempurna dalam mesin.

Selain itu juga, air keran dapat menimbulkan karat dan membuat mesin jadi cepat rusak. Disarankan untuk Anda gunakan air radiator coolant karena sudah dibuat dengan formula khusus memberikan performa terbaik untuk mesin mobil.

  • Ganti oli secara rutin

Oli pada mesin ini memiliki fungsi sebagai cairan pemulas dan membantu proses pendinginan mesin mobil. Oleh sebab itulah, Anda bisa ganti oli secara berkala menjadi salah satu tips merawat mesin mobil dan jadikan fokus utama.

Dalam keadaan normal, Anda dapat memakai jarak sebagai acuan penggantian oli mesin mobil. Akan tetapi, sering berkendala dalam kondisi jalanan yang macet, waktu pergantian oli mesin harus sesering mungkin.

  • Rutin cek sistem kelistrikan mesin

Komponen mobil utama yang memiliki kaitan dengan keselamatan berkendara namun seringkali diabaikan. Sistem kelistrikan yang ada pada mobil terdiri dari berbagai macam komponen, dan bisa Anda lakukan pengecekan secara berkala.

Seperti halnya pastikan tidak ada bagian pembungkus kabel yang terkelupas, seluruh kabel mesin terpasang dengan maksimal. Bila ada kerusakan, maka sebaiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel karena tidak bisa dikerjakan secara sendirian di rumah.

Perawatan pada komponen mobil ini bisa Anda lakukan di bengkel atau di rumah bila Anda tahu seluk beluk tentang mesin mobil. Maka dari itulah Anda bisa cek dan teliti terlebih dahulu kondisi mesin mobil.

Kondisi jalan yang macet dan padat, ditambah lagi dengan cuaca panas bisa membuat mobil Anda dan komponen mesin jadi bekerja secara ekstra. Bila Anda tidak melakukan perawatan mesin kendaraan secara berkala, maka lebih cepat terjadi kerusakan pada mesin mobil dan pastinya membutuhkan biaya relatif mahal.

Baca Juga: Kenali Penyebab Rem Mobil Overheat Agar Selamat di Jalanan!

Perawatan atau service mesin mobil ini bisa dilakukan setiap bulannya, menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan roda empat yang Anda gunakan. Beberapa dari komponen mobil utama juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan yang begitu parah pada kendaraan Anda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here