Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman

0
389
Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman
Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, sudah seharusnya melengkapi barang-barang yang wajib ada di mobil agar lebih aman dan nyaman selama berkendara. Apalagi jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh seperti ke daerah.

Baca Juga: Inilah Warna Mobil yang Bikin Dilirik Banyak Orang

Beberapa peralatan juga telah ditetapkan dalam undang-undang sehingga harus tersedia dan dapat digunakan dengan baik. Sehingga jika tidak ingin terkena tilang, perlu sekali untuk melakukan pengecekan peralatan ini sebelum mengendarai kendaraan tersebut.

Selain itu ada juga tambahan barang-barang yang wajib ada di mobil lainnya meskipun tidak ada dalam undang-undang berlalu lintas. Tambahan barang penting di mobil ini digunakan jika terjadi hal-hal tidak diinginkan pada pengemudi maupun penumpangnya.

Kemudian agar lebih nyaman dan aman, beberapa aksesoris juga diperlukan sehingga harus ada dalam mobil. Selain itu, beberapa toolkit juga harus tersedia untuk mengantisipasi adanya kendala-kendala teknis.

Peralatan yang Wajib Ada di Mobil Menurut UU

Terdapat beberapa barang-barang yang wajib ada di mobil tertuang dalam UU no 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan. Pada pasal 57 ayat 3, setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan barang berikut.

Pertama adalah sabuk pengaman untuk menjaga penumpang tetap pada tempatnya ketika terjadi kecelakaan. Selanjutnya adalah segitiga pengaman pada kendaraan roda empat jika harus parkir atau berhenti ketika keadaan darurat.

Barang-barang yang wajib ada di mobil lainnya adalah ban cadangan, dongkrak, serta pembuka roda. Anda juga harus memiliki pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas, helm dan rompi pemantul cahaya untuk pengemudi pada roda empat dan lebih.

Jika berbagai barang ini tidak tersedia dalam mobil, maka Anda akan mendapatkan sanksi khusus sesuai dengan UU LLAJ pasal 278. Jika pengemudi tidak melengkapinya, maka akan mendapat pidana paling lama 1 bulan atau denda sebesar Rp250.000.

Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil

Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman_Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil
Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman_Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil

Selain menurut UU lalu lintas, terdapat juga barang yang wajib ada di mobil lainnya untuk membuat suasana mobil senyaman mungkin ketika perjalanan jauh maupun dekat. Berikut adalah beberapa barang harus tersedia dalam kabin kendaraan.

  • Kanebo

Kebersihan mobil sangat penting agar pengendara maupun penumpang di dalamnya merasa lebih nyaman sampai tujuan. Oleh sebab itu, Anda perlu membawa kanebo sehingga dapat digunakan untuk membersihkan interior seperti dasbor atau kaca dari noda.

Kanebo dapat dilipat dan disimpan dalam wadah kecil sehingga tidak akan menggunakan banyak tempat pada kabin kendaraan. Biasanya Anda dapat menaruhnya di laci dashbor maupun cup holder yang ada di door trim.

  • Tempat Sampah

Barang-barang yang wajib ada di mobil agar kebersihan tetap terjaga tentu saja adalah tempat sampah. Hal ini karena ada banyak aktivitas dalam kendaraan yang akhirnya menimbulkan sampah, misalnya sobekan karcis parkir, bungkus makanan, dan lainnya.

Agar tidak memakan tempat, Anda tidak perlu menggunakan tempat sampah berukuran besar asalkan sering mengosongkannya. Posisi tempat sampah sebaiknya berada pada baris kedua karena dapat dijangkau penumpang di depan maupun belakang.

  • Tisu

Barang penting selanjutnya dan harus ada dalam kabin adalah tisu untuk membersihkan diri seperti tangan yang kotor atau wajah berkeringat. Tisu sebaiknya tidak digunakan untuk mengelap interior, terutama sudut sempit karena seratnya bisa tertinggal di sana.

Penempatan tisu sendiri bisa kondisional, sesuai dengan kebutuhan dari pengendara maupun penumpangnya. Meski demikian sebaiknya tidak menaruhnya di atas dasbor agar tidak menghalangi pandangan ke depan.

  • Minuman

Minuman menjadi salah satu barang-barang yang wajib ada di mobil apalagi jika sedang berkendara dalam jarak jauh. Hal ini karena tidak jarang pengemudi maupun penumpang mengalami dehidrasi dalam perjalanan.

Padahal dehidrasi dapat membuat konsentrasi menurun serta kondisi lainnya yang berbahaya karena meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Ada baiknya membawa air minum secukupnya dalam botol yang dapat dipakai lebih dari sekali agar mengurangi sampah.

  • Senter

Meski tampak tidak penting, namun senter merupakan barang-barang yang wajib ada di mobil karena dapat sangat membantu Anda dalam beberapa kondisi. Misalnya saja keadaan darurat ketika malam hari, untuk mengecek mesin atau kaki-kaki.

  • APAR

APAR atau alat pemadam api ringan termasuk barang wajib, apalagi setelah ditetapkan dalam peraturan dari Dirjen Perhubungan sejak 18 Februari 2020 lalu. Mobil keluaran terbaru tahun 2021 umumnya sudah menyediakan APAR.

Jika mobil Anda merupakan keluaran lama, maka tidak ada salahnya untuk menyediakan sendiri alat pemadam api ringan. Harganya di pasaran cukup beragam, mulai Rp150.000 hingga Rp700.000 untuk kapasitas 1kg.

Aksesoris yang Wajib Ada di Mobil

Selain barang-barang yang wajib ada di mobil seperti penjelasan sebelumnya, ada juga beberapa aksesoris penting selama perjalanan. Berikut adalah rekomendasi aksesoris dalam kendaraan Anda agar lebih nyaman hingga tujuan.

  • Charger USB

Dengan teknologi yang semakin canggih, charger USB menjadi sangat penting terutama jika menempuh jarak dalam waktu lama. Dengan adanya aksesoris ini, maka ponsel bisa tetap aktif tanpa harus takut kehabisan baterai.

Ada baiknya membeli charger USB dengan banyak slot sehingga bisa digunakan untuk beberapa perangkat. Harga charger USB sendiri beragam tergantung modelnya, jika memilih fast charging maka akan lebih mahal karena pengisian daya bisa lebih cepat.

  • Phone Holder

Aksesoris pelengkap barang-barang yang wajib ada di mobil selanjutnya adalah phone holder untuk membantu melihat navigasi ponsel sambil berkendara. Sebaiknya pemasangannya sendiri berada di tempat yang mudah terlihat dan tidak mengganggu pandangan.

  • Head Unit dan GPS

Head unit merupakan salah satu android yang dapat memenuhi kenyamanan maupun keamanan ketika melakukan perjalanan. Fiturnya juga cukup lengkap mulai dari hiburan, GPS, serta kamera tampak depan dan belakang sehingga mudah untuk parkir.

Peralatan GPS sendiri akan sangat membantu menampilkan peta yang lebih detail serta rute perjalanan paling mudah. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat ketika baru pertama kali melewati suatu daerah.

  • Purifier

Barang-barang yang wajib ada di mobil tidak boleh ketinggalan lainnya adalah purifier untuk membuat udara dalam kabin kendaraan terasa bersih dan sejuk. Terdapat cukup banyak jenis model purifier, seperti terhubung soket listrik atau melekat di AC.

  • Dash Cam

Selanjutnya juga tidak kalah penting, yaitu dash cam yang dapat merekam kondisi jalan ketika berkendara. Pentingnya dash cam adalah untuk alat bukti jika terjadi hal tidak diinginkan, misalnya seperti kecelakaan mobil.

Dash cam juga bisa memantau kendaraan Anda ketika sedang ditinggalkan, apalagi beberapa model kamera memiliki G-sensor. Fitur ini akan membuat sensor kamera langsung bekerja ketika terdapat gerakan sehingga meminimalisir pembobolan.

Toolkit yang Wajib Ada di Mobil

Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman_Toolkit yang Wajib Ada di Mobil
Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman_Toolkit yang Wajib Ada di Mobil

Barang-barang yang wajib ada di mobil tidak kalah penting lainnya adalah toolkit untuk digunakan jika terjadi kendala teknis. Berikut adalah beberapa toolkit yang harus tersedia di dalam kendaraan roda empat Anda.

  • Obeng Bolak-balik

Obeng yang memiliki dua sisi ini memiliki ujung mata kembang dan ujung minus. Keduanya dibutuhkan untuk membuka berbagai komponen dalam mobil seperti panel dashboard, filter udara, dan masih banyak lainnya.

  • Kunci-kunci

Terdapat berbagai macam ukuran kunci pas, namun ukuran baut yang umum digunakan untuk mobil membutuhkan kunci pas 8, 10, 12, dan juga 14. Selain itu, pastikan juga menyertakan tang serta kunci inggris kecil maksimal bukaan 20 inci agar lebih fleksibel.

  • Tang Kombinasi

Barang-barang yang wajib ada di mobil selanjutnya adalah tang kombinasi, sebab toolkit ini akan sangat berguna ketika keadaan darurat. Tang ini dapat memutar maupun memotong kabel jika terjadi permasalahan pada komponen kelistrikan maupun selang kendaraan.

  • Dongkrak

Dongkrak merupakan salah satu toolkit standar dan wajib dibawa karena sangat berguna untuk mengganti ban kempes. Meskipun bentuknya cukup besar dan memakan tempat, namun dongkrak harus dibawa baik untuk jarak dekat maupun jauh.

  • Kunci Roda

Terdapat berbagai macam kunci roda yang tersedia di pasaran, seperti kunci roda berbentuk palang, kunci roda engkol, juga kunci roda L. Kunci roda berbentuk palang memiliki ukuran berbeda dan digunakan untuk mengendurkan serta mengencangkan baut roda.

Baca Juga: Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet

Menggunakan mobil untuk perjalanan dekat maupun jauh harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan dari pengendara di dalamnya. Oleh sebab itulah barang-barang yang wajib ada di mobil seperti penjelasan sebelumnya harus selalu tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here