Ban Mobil Terbaik Agar Berkendara Semakin Nyaman dan Aman

0
183
Ban Mobil Terbaik Agar Berkendara Semakin Nyaman dan Aman
Ban Mobil Terbaik Agar Berkendara Semakin Nyaman dan Aman

Ban mobil terbaik menjadi faktor penentu sebuah kendaraan memiliki tingkat kenyamanan tinggi atau tidak. Karena perannya sendiri bukan sekedar menggerakkan kendaraan saja, bisa lebih dari itu. 

Baca Juga:Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

Fungsinya sebagai bagian dari keselamatan juga sangat tinggi. Kondisi Itu dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk penggunaan teknologi di dalamnya. Maka, jangan terburu-buru membeli tetapi, perhatikan dulu secara keseluruhan.

Fungsi Ban Mobil Terbaik Saat Berkendara

Mungkin, selama ini Anda hanya mengira bahwa, roda berfungsi sebagai penggerak kendaraan saja. Tetapi, bila dilihat dari kacamata otomotif, ternyata fungsinya lebih dari itu. Karena, komponen ini mendukung keselamatan.

Pada dasarnya perannya ada 4, yaitu mengirim traksi, mendukung berat mobil, menyerap seluruh guncangan sampai mempertahankan serta mengubah perjalanan. Inilah alasan mengapa Anda harus memilih ban mobil terbaik.

Jika, 4 poin tersebut sulit untuk dicapai maka, kemungkinan besarnya pengendara akan mengalami kecelakaan hebat. Karena, semuanya itu saling berhubungan satu sama lain. Bukan hanya membeli saja, perawatan juga penting.

Perlu diketahui, bahwa harga roda sendiri cukup mahal. Jika, Anda menggunakannya asal saja, kemungkinannya roda cepat rusak bahkan, menjadi faktor utama kecelakaan. Misalnya saja, saat melaju ternyata selip.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan dengan benar bagaimana merawatnya. Sebenarnya, tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan kedisiplinan tinggi. Perlu diingat, ban merupakan komponen penting dalam mobil.

Cara Merawat Roda Agar Awet
Cara Merawat Roda Agar Awet

Bentuk perawatan dari ban ini dapat dilakukan dengan mengetahui tentang bagaimana sebuah ban bisa rusak. Misalnya saja, terkena benda tajam, tekanan udaranya tidak sesuai saran dari pabrikan.

Bisa juga sering melakukan pengereman mendadak, yang membuat permukaan pada ban menjadi terkikis. Dengan mengetahui permasalahan tersebut, Anda dapat menghindarinya sehingga, roda bisa berumur panjang, setidaknya beberapa ratus km lagi.

Bukan hanya mengetahui bagaimana roda bisa rusak, tetapi ada beberapa macam perawatan lagi yang harus diperhatikan, seperti

  • Melihat Keadaan Ban Seluruhnya

Walaupun ban mobil terbaik di dunia, tetapi Anda tetap harus mengetahui keadaannya seperti apa. Terutama mengenai tekanan serta kapasitasnya, artinya seperti ini. Saat membawa barang 10 kg, kondisi angin harus sesuai.

Jika tidak, bisa saja kerusakan akan terjadi terutama bagi Anda yang sering melakukan hal tersebut. Kondisi roda yang tidak tahan, membuat seratnya akan terkelupas dan sering mengalami bocor. Dalam melihat keadaan ban ini, setiap pengemudi harus melakukan sebagai berikut

  • Lakukan Rotasi

Biasanya, Ban yang sering rusak bagian depan. Terlihat aus karena, pengemudi sering melakukan pengereman. Bila kondisi itu terjadi, ban mobil terbaik diputar ke bagian belakang kemudian, untuk depan beli baru.

Sistem perputaran itu, membuat biaya ganti jauh lebih hemat. Selain itu, kondisi roda sendiri cukup efektif. Walau sedikit aus, penggunaan harian perkotaan masih bisa menempuh jarak beberapa ratus kilometer.

  • Mengisi Dengan Nitrogen

Bila selama ini mengisi angin menggunakan oksigen, coba saja mulai sekarang mengubahnya memakai nitrogen. Senyawa tersebut membuat kendaraan Anda menjadi lebih stabil walau dalam keadaan cepat.

Selain itu, penggunaan nitrogen ini membuat daya cengkramnya jauh lebih baik daripada biasanya. Hal tersebut menjadi poin positif, karena tingkat keselamatan berkendara dan akselerasi tinggi, terutama saat melewati medan sulit.

  • Mengubah Cara Berkendara

Perawatan ban mobil terbaik selanjutnya adalah mengubah cara berkendara Anda. Poin utamanya adalah menghindari jalanan rusak, jika harus melewatinya, usahakan untuk tidak melaju dalam keadaan cepat, lebih baik pelan.

Bila pengemudi memaksakan keadaan tersebut, bisa saja kondisinya akan pecah. Menurut penelitian juga, usia ban saat melewati kondisi jalanan buruk seperti ini, biasanya cepat rusak jadi harap mulai diperhatikan.

Tips Memilih Roda Kendaraan Agar Nyaman Melintas

Sampai saat ini, banyak pabrikan roda bermunculan. Bukan hanya brand dalam saja luar negeri juga sudah masuk ke Indonesia menawarkan berbagai spesifikasi mumpuni. Tidak Heran bila Anda terkadang susah menentukannya. 

Hampir setiap pabrikan mempunyai berbagai macam kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sebelum masuk ke pembahasan rekomendasi, mari simak dulu bagaimana tips memilih agar meningkatkan kenyamanan dalam berkendara

  • Memilih ban mobil terbaik dengan memperhatikan berbagai teknologinya, hal ini sangat penting untuk disimak karena, mengandung bagian dari keamanan serta keselamatan saat Anda berkendara.
  • Lihat dulu bagaimana desain serta motif alurnya, keadaan tersebut jadi penting ketika Anda melintas di curah hujan tinggi. Alur yang bagus membuat roda terbebas dari insiden tergelincir serta selip.

Rekomendasi Ban yang Bisa Dipilih

Rekomendasi Ban yang Bisa Dipilih
Rekomendasi Ban yang Bisa Dipilih

Kebutuhan roda menjadi salah satu poin penting untuk dipilih dengan hati-hati. Jangan terburu-buru dan memutuskan untuk membelinya hanya melihat dari segi harganya saja tetapi harus lebih teliti lagi. 

Oleh karena itu, Anda harus melanjutkan membaca rekomendasi di bawah ini. Pembahasannya akan lengkap sehingga, Anda bisa menentukan sendiri mana yang lebih cocok untuk kendaraan atau gayanya. 

Ban mobil terbaik pertama adalah GT Radial yang mempunyai grip atau bentuk alur yang bervariasi. Kondisi tersebut membuat daya cengkramnya cukup bagus tidak heran bila tingkat keamanannya tinggi. 

Bentuknya cukup bervariasi, tidak heran kalau kemampuannya dalam memecah genangan nomor satu. Hal ini mampu menghindarkan kendaraan dari keadaan Aquaplaning atau hydroplaning sebagai penyebab utama kecelakaan, ketika turun hujan. 

Proses pembuatannya juga bukan sembarangan. Mereka memakai teknologi bernama nanosilika serta kompon dengan performa tinggi, sehingga mampu meredam suara bising dari luar sesuai standar Eropa agar kondisinya tetap hening.

GT Radial sendiri mempunyai usia cukup panjang. Jarak tempuhnya bisa mencapai beberapa kilometer, hal itu tidak mengherankan karena, pabrikan ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan balapan. 

  • Bridgestone

Ban mobil terbaik selanjutnya adalah Bridgestone, namanya sudah cukup terkenal bukan? Pabrikan satu ini sering dijadikan pilihan karena, berbagai macam kelebihan yang ditawarkan tidak heran bila banyak orang memilihnya. 

Salah satu poin andalannya adalah hemat bahan bakar. Karena, bahan pembuatannya adalah teknologi kompon nanoprotech, sehingga mampu menurunkan koefisien pada hambatan gulir sehingga, menurunkan energi di puncak kompon ketika berputar. 

Hal ini menjadi alasan mengapa Bridgestone menjadi roda terbaik di Indonesia yang mempunyai dua musim. Pada saat hujan alurnya mampu memecah genangan, sementara saat panas silikanya mampu menjaga traksi roda. 

Dengan begitu mampu menjaga kestabilan. Hadirnya flat contact patch mampu mengurangi keausan serta memudahkan untuk reduksi. Kondisi inilah yang memberikan waktu pemakaian Bridgestone cukup panjang dibandingkan pabrikan lainnya.

  • Michelin

Ban mobil terbaik berikutnya adalah Michelin, produsen asal Prancis tersebut menjadi pemasok tunggal dalam dunia balap. Tidak heran bila pengalamannya memberikan kualitas roda sangat bagus dan tiada banding.

Mereka juga sudah menyematkan berbagai teknologi mumpuni seperti Progressive Sipe Technology, sehingga mempunyai daya cengkeram terhadap jalanan cukup bagus. Serta mampu memberikan kestabilan ketika melintas di jalan.

Kondisi tersebut memberikan perlindungan dan keamanan ekstra untuk kendaraan. Bukan hanya itu saja, pabrikan ini mempunyai teknologi Michelin Overlap yang memastikan, roda tetap dalam keadaan prima walau terkena benda tajam.

  • Achilles

Ban mobil terbaik dari Achilles merupakan produk resmi Indonesia yang mempunyai standar internasional. Selain itu, roda dari pabrikan tersebut mempunyai berbagai jenis serta ukuran, tinggal pilih sendiri sesuai kebutuhan.

Bila ada pertanyaan apakah awet atau tidak? Maka, jawabannya adalah cukup tahan lama, hanya saja ada catatan penting perlu diketahui. Bila produk dengan ukuran lebih kecil biasanya usianya lebih cepat dibandingkan besar.

Tetapi, semua itu kembali ke bagaimana kondisi jalannya. Semakin halus masa pakainya juga panjang, harganya sendiri cukup terjangkau sekitar Rp500 ribu saja. Inilah alasan utama mengapa banyak pengemudi memilihnya.

  • Dunlop

Ban mobil terbaik selanjutnya adalah Dunlop, mempunyai fasilitas Digital Rolling Simulation demi menjaga kesenyapan dalam kabin. Hal itu terjadi akibat roda memiliki kemampuan keseragaman saat berputar.

Apalagi, mereka juga sudah menambahkan Noise Shield Technology demi meningkatkan kesenyapan saat berkendara. Menariknya, kemampuan tersebut mampu memberikan tingkat efektif hingga 50%, apakah cukup sampai disitu saja kemampuannya?

Bukan, Dunlop juga memberikan sentuhan Run Flat, sebagai upaya memberikan sentuhan aman ketika melakukan berbagai macam manuver. Untuk berbelok dengan kecepatan tinggi atau melaju diatas 100 km/jam tetap aman terkendali.

  • Accelera

Ban mobil terbaik selanjutnya adalah Accelera, mempunyai teknologi mumpuni. Tidak heran bila performa serta kualitas roda tersebut nomor satu. Saat dikendarai, Anda akan merasakan bagaimana rasanya roda tersebut seimbang.

Traksi yang dihadirkan tergolong lancar, tidak heran bila usianya cukup panjang. Tersedia banyak pilihan, paling cocok digunakan untuk kendaraan model SUV. Performanya dalam melibas berbagai mode jalan tidak perlu diragukan.

Saat hujan deras hingga panas terik, kondisinya tetap dalam keadaan prima. Dari segi harganya sendiri cenderung terjangkau. Poin penting yang harus diperhatikan adalah cara memilihnya harus tepat.

Artinya teliti dulu sebelum memutuskan membayar. Karena, Accelera kurang baik dalam melakukan sortir. Jadi, roda produk gagal sering diloloskan hingga dijual di pasaran, maka jangan asal pilih begitu saja ya.

Baca Juga:Fitur Terbaru Avanza 2022 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Roda menjadi komponen penting bagi kenyamanan serta keselamatan pengemudi dalam berkendara. Memilih ban mobil terbaik juga sangat penting, karena didalamnya terdapat teknologi demi menciptakan suara senyap serta hemat BBM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here