AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

0
327
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Mungkin beberapa pemilik kendaraan belum tahu betul bahwa AC mobil tidak dingin ini menjadi salah satu masalah besar. Anda harus segera mengatasi masalah pada AC mobil tersebut. Karena, mobil Anda bisa saja mengalami kerusakan berat.

Baca Juga: Deretan Mobil Sport Tercepat dan Termahal di Dunia

Dan tanda-tandanya ada pada kerusakan bagian AC mobil. Oleh sebab itu, sebagai pemilik Anda wajib melakukan pengecekan terlebih dahulu. Memang, ada berbagai faktor-faktor yang membuat AC mobil tidak bekerja secara normal. 

Sebagai langkah solutif, tentu Anda harus membawa kendaraan ke bengkel spesialis AC mobil. Anda dapat melakukan pengecekan secara mandiri dahulu pada bagian AC mobil sebelum membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

Sebab, bisa saja AC mobil tidak mengeluarkan hawa dingin karena kerusakan kecil, seperti banyaknya debu yang menempel pada blower AC mobil. Oleh karena itu, melakukan pengecekan menjadi syarat wajib sebelum membawa mobil kesayangan ke bengkel.

Pentingnya AC Mobil Ketika Digunakan Berkendara

AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Sebagai pengendara, tentu dengan adanya AC mobil membuat Anda nyaman ketika menyetir kendaraan. Sebab, suhu panas di jalan dapat menyebabkan Anda kurang fokus ketika berkendara. 

Sehingga, risiko mengalami kecelakaan dapat diminimalisir dengan menghidupkan AC mobil. Mengingat fungsi dari AC mobil ini cukup besar, maka pemilik kendaraan wajib melakukan perawatan berkala. Tujuannya agar komponen tetap dapat bekerja secara normal.

Dan ketika Anda merasa bahwa kabin mobil terasa panas, maka pemilik kendaraan harus waspada. Sebab, AC mobil tidak dingin menjadi salah satu masalah yang harus segera diatasi. Bisa saja mobil Anda mengalami masalah pada komponen AC mobil.

Kerusakan komponen ini meliputi thrust bearing hingga extra fan AC mobil Anda. Selain itu, AC mobil yang hanya mengeluarkan udara panas ini bisa saja menjadi pertanda kerusakan pada mesin, yakni overheat. Overheat adalah kerusakan di bagian mesin akibat beberapa faktor.

Mulai dari mesin mobil aus yang menyebabkan suhu naik secara tiba-tiba. Akibatnya, komponen AC mobil juga mengalami kerusakan. Akibatnya, udara yang dihasilkan dari komponen AC mobil ini hanya berupa suhu panas. 

Jika tidak segera diatasi, maka komponen akan mengalami kerusakan fatal. Anda harus mengganti seluruh unit komponen AC mobil. Harga unit komponen tersebut cukup mahal, sesuai dengan jenis mobil. 

Sebagai langkah pencegahan kerusakan pada komponen tersebut, maka Anda wajib tahu apa saja yang menjadi penyebab AC mobil Anda terasa tidak dingin. Setelah itu, ketahui juga langkah solutif apa yang harus Anda ambil untuk mengatasi masalah pada komponen AC mobil.

Ini Dia Daftar Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Sebagai pemilik kendaraan, tentu Anda merasa bingung apa saja yang membuat AC mobil terasa panas secara tiba-tiba. Rata-rata, pemilik mobil merasa acuh ketika AC mobil terasa panas. Karena beranggapan bahwa masalah ini dapat selesai dengan sendirinya.

Padahal, masalah ini menunjukkan bahwa mobil pribadi milik Anda mengalami kendala cukup berbahaya. Jadi, Anda harus segera menemukan solusi untuk mengatasi masalah AC mobil yang terasa tidak dingin. Untuk itu, ini dia penyebab AC mobil tidak dingin. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kerusakan di Bagian Kompresor

Penyebab pertama yakni adanya kerusakan pada bagian kompresor. Kompresor adalah komponen paling penting. Namun, kompresor ini mengolah gas freon menjadi zat cair dan disalurkan ke kondensor. 

Jika kompresor rusak, maka blower tidak akan menghembuskan udara dingin. Apabila kompresor mengalami kerusakan parah, seperti bocor atau penyok, maka pemilik harus melakukan penggantian unit.

2. Kehabisan Freon

Penyebab kedua yakni kadar gas freon mobil habis. Memang, gas freon menjadi salah satu “bahan baku” untuk menghembuskan udara dingin yang dikelola oleh kompresor. Jika gas freon habis, maka kompresor tidak dapat menghasilkan udara dingin.

Selain itu, kebocoran pada penampung freon juga menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak mengeluarkan gas dingin. Untuk itu, cek bagian freon apabila AC mobil tidak dingin.

3. Extra Fan Rusak

Penyebab ketiga adalah kerusakan di bagian extra fan. Extra fan adalah komponen yang berguna membantu untuk menurunkan suhu freon di kondensor yang telah dicairkan dari kompresor. 

Jika extra fan mati, maka kondensor tidak dapat mengolah gas freon secara sempurna. Akibatnya, AC mobil Anda menjadi tidak dingin.

Langkah Solutif untuk Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas, maka pemilik kendaraan wajib tahu langkah solutifnya. Sebab, kerusakan pada bagian AC mobil ini bisa saja semakin parah jika tidak segera ditangani oleh ahli.

Umumnya, pemilik kendaraan disarankan untuk segera ke bengkel spesialis AC mobil terpercaya. Akan tetapi, pemilik kendaraan dapat melakukan pengecekan secara mandiri terlebih dahulu. Langkah solutif yang pertama, silahkan membongkar bagian blower AC mobil. 

Karena, blower AC mobil ini sering dipenuhi debu dan kotoran. Jika memang blower AC terlalu banyak dipenuhi debu dan kotoran, maka bersihkan dengan menggunakan kain bersih atau vacuum cleaner.

Langkah solutif kedua untuk mengatasi AC mobil tidak dingin adalah mengecek beberapa komponennya. Cek bagian filter AC hingga extra fan kondensor. Jika mengalami kerusakan pada bagian tersebut, maka Anda bisa melakukan penggantian komponen saja.

Selain itu, langkah solutif selanjutnya adalah mengecek kondisi komponen AC mobil di bengkel mobil spesialis. Sebab, bengkel spesialis AC mobil ini menggunakan alat canggih untuk melakukan pengecekan komponen secara menyeluruh. Jadi, Anda dapat mengetahui apa saja kerusakan-kerusakan komponen AC mobil. 

Setelah itu, pihak bengkel spesialis akan menganalisis kerusakan pada komponen AC mobil. Kemudian, pihak bengkel melalui montir akan melakukan langkah-langkah perbaikan. Sebagai pemilik, Anda wajib tahu jenis-jenis kerusakan pada bagian komponen. 

Jika montir menyatakan bahwa komponen tidak dapat diperbaiki, maka pemilik kendaraan wajib melakukan penggantian unit. Penggantian unit ini membutuhkan biaya cukup besar. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan ini wajib tahu hal-hal berbagai tips untuk mencegah kerusakan di bagian komponen AC. 

Tips-Tips untuk Mencegah AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Agar AC mobil tetap berfungsi secara normal, maka pemilik kendaraan wajib tahu beberapa tips untuk mencegah kerusakan di komponen tersebut. Sehingga, kabin mobil tetap terasa dingin dan Anda semakin fokus ketika berkendara.

Tips yang pertama, jangan langsung menghidupkan AC setelah mobil distarter. Hal ini dapat merusak bagian komponen karena dipaksa untuk langsung bekerja. Beri jeda sekitar 5 menit untuk menghidupkan AC mobil. 

Jika kebiasaan buruk ini selalu Anda lakukan, maka komponen akan mengalami kerusakan permanen. Tips mencegah kerusakan AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah mengecek kadar gas freon secara berkala. Sebab, AC mobil terasa panas karena kehabisan kadar gas freon.

Jika kadar gas freon telah habis, maka Anda wajib mengisi ulang ke bengkel spesialis AC mobil terdekat. Sebab, pengisian freon ini tidak boleh dilakukan secara mandiri. Butuh montir berpengalaman agar gas freon dapat terisi tanpa adanya kebocoran.

Tips selanjutnya adalah melakukan pembersihan komponen-komponen pada AC mobil secara berkala. Sebab, banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada kompresor, kondensor, evaporator, hingga blower ini dapat menyebabkan berkurangnya suhu dingin pada kabin.

Maka dari itu, bersihkan bagian-bagian tersebut agar debu dan kotoran tidak menempel hingga menyebabkan udara dingin tidak keluar. Anda disarankan untuk melakukan pembersihan sekitar 1 kali dalam 2 minggu.

Perkiraan Biaya Perbaikan Karena AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!
AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Biaya perbaikan masalah AC mobil yang terasa tidak dingin ini cukup beragam. Untuk biaya isi ulang freon AC mobil ini ditaksir mencapai Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000. Sedangkan untuk biaya perbaikan AC mobil ini ditaksir mencapai Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000, tergantung jenis kerusakannya.

Dan apabila ada penggantian unit komponen, maka biaya yang dibutuhkan akan semakin mahal. Biaya penggantian unit, seperti kompresor ini mulai dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.000.000, tergantung jenis mobil yang Anda gunakan.

Untuk mendapat perkiraan biaya perawatan, perbaikan, hingga penggantian unit komponen AC mobil, maka silahkan datang ke bengkel spesialis terdekat. Setelah itu, Anda akan diberitahu kerusakan apa saja yang membuat AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas saja.

Baca Juga: Daftar Mobil Konsep Ramah Lingkungan dengan Model Futuristis

Sebagai pengendara, Anda tentu merasa kurang nyaman ketika AC mobil terasa kurang dingin. Masalah tersebut dapat membuat Anda kehilangan fokus saat berkendara. Maka dari itu, ketahui penyebab AC mobil tidak dingin dan solusi mengatasi masalah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here