5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!

0
227
5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!
5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!

Bagi Anda yang kemana-mana menggunakan mobil, penting sekali mengetahui tips agar mobil tidak boros BBM. Apa lagi saat ini harga BBM semakin mahal, jadi sebisa mungkin Anda harus mengiritnya.

Baca Juga: Cari Kaca Film Terbaik? Ini Cara Memilihnya

Pada beberapa bran mobil, memang ada yang sudah dilengkapi dengan mesin hemat BBM. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan berbagai macam tips lagi untuk menghemat BBM. 

Tapi, sebagian masih besar menggunakan mesin yang boros. Selain dari segi mesin bawaan, masih banyak penyebab mesin boros lainnya. Di antaranya adalah Anda berkendara secara agresif saat di jalanan.

Hal ini mungkin jarang disadari oleh banyak orang, tapi nyatanya memiliki pengaruh besar. Contoh dari perilaku agresif dalam berkendara sendiri adalah melakukan akselerasi secara mendadak.

Atau, menginjak rem terlalu kuat. Nah untuk menghindarinya, Anda perlu tips agar mobil tidak boros BBM. Selain itu, mobil yang boros juga disebabkan oleh penggunaan bahan bakar tidak tepat.

Misalnya, seharusnya mobil Anda diisi menggunakan pertamax. Tapi, karena mempertimbangkan harga dan ketersediaan, Anda menggantinya dengan pertalite. Padahal, belum tentu mesin mobil kamu cocok.

Maka, akibatnya adalah akan timbul kerak pada mesin dan injektor mobil. Sehingga, kerja mobil semakin berat dan otomatis konsumsi bahan bakar juga semakin boros.

Tapi tenang saja, sebab Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lima tips agar mobil tidak boros BBM di bawah ini. Simak selengkapnya berikut ya.

Tips Mobil Hemat BBM dengan Menghindari Stop and Go

Gaya mengemudi stop and go memang sering sekali digunakan pada kondisi tertentu, terutama pengguna mobil transmisi manual. Gaya mengemudi ini artinya adalah Anda harus maju dan berhenti tanpa mematikan mesin.

Cara mengemudi dengan gaya ini adalah:

  1. Pada track yang tidak terlalu menanjak atau tajam, maka Anda bisa menggunakan gigi rendah. Misalnya adalah gigi dua atau satu.
  2. Pada track yang menanjak curam, maka pilih gigi satu. Tujuannya adalah agar Anda masih tetap menyala dan mobil bisa terus melaju.
  3. Hindari menggunakan kopling karena akan membuat mesin cepat panas.
  4. Salah satu tips agar mobil tidak boros BBM dengan gaya mengemudi stop and go adalah menggunakan rem tangan. Sehingga, pengemudi mobil bisa langsung melajukan mobilnya. 
  5. Saat ada tanjakan landai, pengemudi bisa menggunakan rem kaki yang dikombinasikan dengan kopling. Caranya adalah dengan menginjak pedal rem saat berhenti, lalu menetralkan posisi dari persneling.

Biasanya, hal ini terjadi saat kondisi macet di area pariwisata atau di jalan raya saat mudik. Karena tidak mematikan mesin saat gaya mengemudi ini, maka resikonya adalah BBM menjadi boros.

Semakin sering Anda melakukan stop and go, maka semakin boros BBM. Oleh sebab itu, jika memang total waktu berhentinya cukup lama, lebih baik matikan saja mesinnya.

Tips agar mobil tidak boros BBM adalah dengan menghindari sebisa mungkin gaya mengemudi satu ini. Caranya adalah dengan memilih rute perjalanan yang tidak macet dan jalurnya tidak begitu ekstrem.

Selain itu, Anda juga harus merencanakan perjalanan terlebih dahulu. Jangan sampai terjebak macet karena persiapan yang dilakukan kurang matang. Dengan demikian, penggunaan BBM akan jauh lebih irit.

Cara Mengirit BBM Mobil dengan Menjaga Kecepatannya

5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!_Cara Mengirit BBM Mobil dengan Menjaga Kecepatannya
5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!_Cara Mengirit BBM Mobil dengan Menjaga Kecepatannya

Mungkin kamu belum tahu bahwa menjaga kecepatan mobil ternyata dapat mengirit BBM. Hal ini terjadi karena saat mengemudi dalam keadaan cepat dan ugal-ugalan, mesin bekerja secara ekstra.

Sehingga, konsumsi bahan bakar juga jauh meningkat dan lebih boros. Hambatan udara pada mesin mobil juga akan lebih besar. Sehingga pada beberapa mobil, lajunya menjadi kurang stabil.

Sebagai tips agar mobil tidak boros BBM berikutnya, jangan mengendarai mobil terlalu lambat juga. Meski hambatan udaranya semakin kecil dan dapat melaju stabil, tapi penggunaan bahan bakarnya jauh lebih banyak.

Sebab, berkendara dengan kecepatan lambat dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar boros juga. Seperti yang diketahui mesin mobil berputar sekitar 1000 – 3000 rpm. 

Saat mobil melaju rendah, maka akan bahan bakar yang harus dipompa ke mesin jumlahnya lebih banyak. Kecepatan yang ideal agar BBM mobil tetap awet adalah 40 – 80 km/jam.

Dengan mempertahankan laju mobil di kecepatan tersebut, maka Anda akan menghemat bahan bakar. Tapi pada beberapa kasus, mobil yang digunakan tidak stabil. 

Hal ini menyebabkan laju pada kecepatan ideal menjadi tidak nyaman. Sebagai tips agar mobil tidak boros BBM, yang harus dilakukan adalah memperbaiki beberapa komponen yaitu strutbar dan sway bar.

Strut bar merupakan komponen yang dipasang pada shockbreaker. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penghubung atau pengunci kanan dan kiri. Sehingga handling dan manuver lebih stabil serta nyaman.

Sedangkan way bar berguna untuk mengurangi ayunan suspensi. Sehingga, mobil tetap stabil dan aman dari body roll meski Anda mengendarainya dalam kecepatan antara 80 km/jam hingga lebih dari itu.

Tidak heran jika pemasangan kedua komponen tersebut sangat dianjurkan dan berguna. Apa lagi, bagi pengemudi yang ingin hemat BBM.

Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM dengan Menggunakan Transmisi Manual

Bagi Anda yang ingin hemat BBM maka bisa mencoba tips satu ini, yaitu dengan menggunakan transmisi manual. Hal ini dikarenakan pengaturan dalam mobil di atur oleh sendiri.

Berbeda dari transmisi matic yang harus menggunakan ECU atau komputer. Artinya ada penggunaan energi yang lebih besar dan dapat memakan banyak bahan bakar untuk mengoperasikannya.

Meski seharusnya secara teoritis penggunaan komputer dalam mobil matic dapat menghemat bahan bakar. Sayangnya pada kenyataannya tidak demikian, sebab terbukti bahwa mobil manual lebih hemat.

Tips agar mobil tidak boros BBM ini sering digunakan oleh pengemudi jarak jauh. Mereka lebih memilih mobil manual karena berbagai kelebihannya. Selain irit bahan bakar, berikut kelebihan lainnya:

  • Lebih Aman Untuk Semua Medan Jalan

Jika Anda akan bepergian ke tempat yang memiliki medan curam dan menanjak, maka lebih baik menggunakan mobil matic. Sebab, Anda dapat mengatur laju dan aspek lainnya sehingga mobil lebih stabil.

  • Perawatan Lebih Murah

Berbicara mengenai budget, tentu saja mobil dengan manuver manual jauh lebih terjangkau. Mulai dari harganya yang lebih murah, bahkan perawatannya juga sangat terjangkau.

Hal ini dikarenakan harga onderdil dari mobil manual lebih bersahabat di kantong. Perawatan komponen lainnya juga sangat mudah, sehingga tidak perlu dipatok harga tinggi.

  • Akselerasi Lebih Baik

Salah satu alasan mobil manual sering dijadikan tips agar mobil tidak boros BBM adalah karena memiliki akselerasi yang lebih baik dari matic. Sebab, Anda bisa mengatur kecepatan dan persneling.

Jadi, mobil dapat melaju dengan kecepatan konstan. Hal ini tentu sangat menghemat bahan bakar.

  • Dapat Digunakan untuk Engine Brake

Engine brake merupakan teknik pengereman yang mengandalkan putaran mesin untuk menurunkan gigi. Dengan engine brake ini, pengereman makin mulus dan gigi lebih halus.

Hemat BBM dengan Menghindari Penggunaan Ban Besar

5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!_Hemat BBM dengan Menghindari Penggunaan Ban Besar
5 Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM, Sangat Mudah!_Hemat BBM dengan Menghindari Penggunaan Ban Besar

Tips agar mobil tidak boros BBM berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan ban berukuran besar. Seperti yang diketahui bahwa ban atau roda merupakan komponen mobil terpenting.

Tanpa adanya ban, mobil tidak dapat melaju dengan benar. Bahkan, mobil tidak bisa bergerak tanpa ban. Saat ini banyak pengemudi yang memilih ban besar untuk mobilnya dengan alasan lebih keren.

Selain itu ban besar juga dapat meningkatkan grip kendaraan dan daya redam kendaraan. Sehingga, mobil lebih nyaman dikendarai meski di medan yang berbatu dan ekstrem.

Meski demikian, ban berukuran besar justru akan membuat mobil lebih boros BBM. Sehingga, banyak pengemudi yang memberikan tips agar mobil tidak boros BBM untuk menghindari penggunaan ban besar. 

Sebab gaya gesek dan bobot ban meningkat, sehingga menyebabkan laju rolling resistance jadi terhambat. Mobil akan bekerja ekstra dan memakan lebih banyak bahan bakar untuk tetap melaju.

Agar mobil Anda lebih hemat bahan bakar, cukup gunakan ban berukuran standar. Berikut ini adalah tips memilih ban mobil terbaik dan tidak boros BBM:

  1. Pilih ban dengan motif V jika Anda sering melewati jalan licin dan becek. 
  2. Pilih ban dengan motif bulat apa bila jalan yang sering dilewati adalah bergelombang.
  3. Pilih ban yang belum kadaluarsa agar performanya tetap baik. Sebab saat kadaluarsa, kualitas karet ban jadi menurun.
  4. Pilih eco tire sebagai tips agar mobil tidak boros BBM. Sebab, ban ini memiliki unique selling point yang dapat menghemat bahan bakar.

Tips Mobil Tidak Boros dengan Rutin Melakukan Service

Mobil bisa menjadi boros saat sudah lama tidak diservice. Sebab, akan banyak komponen yang mengalami masalah dan bekerja tidak seperti semestinya. Misalnya saja katup throttle body, injektor, dan komponen lainnya.

Jika tidak dirawat secara teratur, maka komponen tersebut bisa menyebabkan penggunaan BBM menjadi boros. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mobil lebih hemat bahan bakar maka lakukan service secara rutin.

Jika Anda sudah menggunakan mobil tersebut dalam waktu lama, maka minimal harus melakukan service 6 bulan sekali. Selain itu, pastikan kamu juga melakukan service ketika akan bepergian jauh.

Baca Juga: Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis

Sebagai pengguna mobil, Anda pasti sering kesal jika bensin cepat habis. Apa lagi saat ini harganya sangat mahal. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti tips agar mobil tidak boros BBM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here