Ulasan Lengkap Tips Modif Motor Dengan Konsep Saat Ini

0
1230
tips modif motor

Bagi anak muda, sebuah kendaraan bisa dijadikan sebagai jati diri. Untuk itu, mereka akan berusaha memodifikasi kendaraannya sesuka hati. Terutama untuk kendaraan bermotor. Seperti layaknya seorang, tips modif motor mengubahnya akan membuat lebih percaya diri.

Baca Juga : Beberapa Masalah Pada Motor Injeksi yang Sering Terjadi Ini, Akan Membuat Risau!

Ada berbagai macam jenis dan tipe motor yang bisa dimodifikasi. Mulai motor matik, sport, dan bebek. Cara memodifikasi untuk ketiga jenis motor tidaklah berbeda jauh jika hanya modif sederhana saja. Yang terpenting adalah menemukan bengkel dan barang yang sama-sama bagus.

Sebelum memulai modifikasi motor, ketahui tipsnya. Apalagi sebagai pemula. Pasalnya ada beberapa jenis aksesoris yang bisa diganti. Seperti stiker, spion, piringan rem cakram, dan sebagainya. Untuk memulai modifikasi. Berikut tipsnya.

Sebelum Memulai Tips modif motor

tips modif motor

Ada beberapa konsep modifikasi motor yang bisa dipilih. Mulai dari yang sederhana, elegan dan stylish, sampai yang ekstrim. Ada beberapa tips sebelum memulai tips modif motor. Sehingga motor terlihat lebih keren dan lebih macho ketika menggunakannya.

  1. Velg variasi

Ingin motor bisa tampil gahar dan macho. Gunakan aksesoris pada velg dengan berbagai variasi. Sesuaikan degan ukuran ban dan tampilan yang diinginkan. Dijamin motor akan terlihat lebih berbeda. Tips ini yang sering dipakai pertama kali ketika akan memodifikasi motor.

2. Filter udara

Yang selanjutnya adalah mengganti filter udara. Pilih dengan kualitas yang terbaik, sehingga motor sejenis matic akan bernapas dengan baik. Mungkin bisa juga sekalian mengganti knalpot dengan kualitas yang baik. Meskipun harganya lebih mahal sedikit, namun bisa meningkatkan performa motor lebih baik.

  1. Pasang wind shield

Ada satu tips tips modif motor supaya lebih gaya. Yaitu memasang windshield. Ada yang mengatakan bahwa aksesoris ini wajib digunakan. Karena bisa meminimalisir tekanan udara dari depan. Sedangkan pemasangannya berada di bagian depan atas speedometer motor.

  1. Mengganti rem cakram

Ada kalanya piringan rem cakram akan menjadi halus. Mengganti rem cakram merupakan salah satu cara tips modif motor. Ganti yang lebih pakem, diatas standar untuk memberikan tampilan yang lebih bagus. Sesuaikan dengan jenis motor yang dimiliki. Karena jenis rem setiap motor berbeda.

  1. Ganti lampu

Tips modif motor yang sering dilakukan ketika modifikasi motor adalah mengganti lampu pabrikan dengan lampu variasi. Perlu diketahui, lampu variasi yang sering dipakai adalah LED. Alasannya lampu tersebut lebih terang, apalagi jika digunakan ketika malam hari supaya lebih jelas. Lampu tersebut sangat membantu penggunanya.

  1. Mengganti headlamp

Penggantian ini khusus untuk motor sport saja. Biasanya pemakai motor sport kurang menyukai desain headlamp dari pabrikan. Sehingga sering kali pengguna memodifikasi headlamp yang berbentuk bulat. Sehingga akan lebih terkesan dengan aura klasik.

Selain itu, tidak sedikit yang memakai headlamp model moge. Ada pula yang hanya mengganti cover headlamp saja. Sehingga lebih terkesan facelift. Modifikasi ini hanya bisa jika dibawa ke bengkel. Karena biasanya terdapat tambahan bracket. Supaya headlamp bisa terpasang dengan sempurna.

  1. Spakbor

Dengan mengganti bagian spakbor motor depan dan belakang, motor akan terlihat lebih sporty dan keren. Biasanya pengendara akan mengambil jenis spakbor yang berada di atas kelasnya. Untuk penggantian spakbor bisa dilakukan sendiri. Hanya menambahkan bracket saja. Tapi jika kesulitan bisa dibawa ke bengkel terpercaya.

  1. Merubah setang motor

Jika menginginkan suasana berbeda ketika berkendara motor, maka bisa merubah setang motor asli dari pabrikan dengan beberapa variasi. Ada berbagai macam setang yang bisa dipilih. Seperti setang fatbar, setang jepit, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips sebelum memulai tips modif motor. Memang ketika memodifikasi motor mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan ada yang harga modifnya lebih besar dibandingkan dengan harga aslinya. Namun, semuanya itu memiliki satu tujuan. Yaitu untuk kepuasan diri.

Perlu diketahui, untuk memodifikasi motor memang tidak dilarang. Namun modifikasi tersebut masih sesuai dengan aturan pemerintah yang sudah ditetapkan. Sehingga motor modifikasi masih bisa digunakan di jalan utama kota tanpa takut ditilang oleh polisi.

Tren modifikasi motor memang sudah menjamur. Dengan alasan yang berbagai macam. Mulai dari kepuasan sampai ikut-ikutan teman se-klub. Ada beberapa style tips modif motor yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan keinginan sehingga hasilnya bisa memuaskan diri.

Macam Style dan Tips modif motor

tips modif motor

Sebelum memulai untuk memodifikasi motor. Ketahui beberapa style modifikasi motor. Sehingga memahami beberapa aliran style yang sedang populer dan tren zaman sekarang. Sehingga ada bayangan hasil modifikasi motor yang diinginkan.

  1. Tipe Bobber

Tipe ini muncul di Amerika sekitar tahun 1920 an. Awalnya tipe ini digunakan hanya untuk motor besar Harley Davidson saja. Dengan campuran tipe Bobber akan menambah kegagahan motor besar tersebut. Tap, style bobber sudah bisa digunakan oleh berbagai macam tipe motor.

Ciri dari motor ini adalah bagian fender depan dilepas. Kemudian bagian belakang diperpendek. Ban berbentuk donat untuk depan dan belakang, setang rendah, dan melepas semua kelebihan aksesoris. Sehingga motor terlihat lebih minimalis.

Untuk jok diganti dengan model single steater. Dengan kondisi lebih rendah. Cut down juga dilakukan pada rangka. Dengan memakai pipa diagonal mulai ujung setir sampai roda belakang.

  1. Cafe Racer

Style ini lebih populer dibandingkan dengan yang lainnya. Inspirasi dari style motor ini dari gaya motor balap jaman dulu. Sehingga hasilnya terlihat unik. Ciri khas dari style ini terletak pada jok yang dipasang rata dengan single reater.

Selain itu ada perubahan pada tangki bahan bakar yang dibuat lebih langsing dan memanjang. Pada bagian belakang berbentuk Hornet atau buntut tawon. Sehingga bisa memakai fairing.

Sebenarnya style cafe racer lebih mengoptimalkan pada kecepatan dan kesederhanaan ketika berkendara. Namun, gaya berkendara yang menunduk tentunya membuat tidak nyaman ketika dipakai touring(jarak jauh).

  1. Brat Cafe

Style Brat Cafe hampir sama dengan style Cafe Racer. Perbedaannya berada di jok belakang. Bagian jok belakang pada Cafe Racer berbentuk buntut tawon, sedangkan Brat Cafe memanjang seperti skateboard.

  1. Scrambler

Jika ingin tips modif motor yang bisa dipakai untuk bertualang, maka tipe scramble bisa digunakan. Karena modifikasi motor tipe ini sangat cocok untuk dipakai berbagai medan. Tipe ini juga paling banyak diminati.

Adapun ciri dari tipe ini adalah rodanya memakai motif kotak atau tahu. Letak knalpot dan ground clearance juga tinggi. Bahkan knalpot berada di samping bodi motor. Sehingga lebih mudah untuk bermanuver di segala medan. Bagian jok juga dipangkas supaya lebih rata.

  1. Bratstyle

Nama style ini berasal dari bengkel modifikasi dari Jepang. Motor modifikasi yang dibuat sangat unik dan berkarakter. Sehingga yang melihat bisa langsung mengetahui bahwa style tersebut berasal Bratstyle.

Ciri dari tips modif motor ini memakai ban yang memiliki motif klasik. Menggunakan setang semi hanger, tangki chopper, dan menggunakan jok dan suspensi lebih panjang. Sehingga bisa dipakai untuk boncengan. Style ini sekilas mirip dengan bobber.

  1. Chopper

Ciri khas dari style ini adalah memakai jok rendah tapi stang tinggi. Fork yang panjang dengan rangka yang didesain khusus kemiringannya. Yang terlihat kontras adalah ukuran untuk roda depan yang lebih besar dibandingkan roda belakang. Bahkan lebarnya juga tidak sama. Style ini sering dipakai untuk motir harley davidson.

  1. Jap style

Hanya sedikit yang dimodifikasi jika memilih Jap style. Merupakan salah satu tips modif motor yang nyaman dipakai untuk sehari-hari. Yang harus diubah ketika memilih style ini hanya pada bagian rangka belakang yang dipotong untuk dudukan spekbor dan memakai stoplamp kecil.

Untuk ban juga diganti yang lebih besar dan lebar, sedangkan tangki bensin lebih kecil sehingga terlihat lebih simpel. Proporsi whealbase juga lebih pendek dibandingkan bodi motor.

  1. Moped

Kemungkinan style moped sangat jarang ditemui di Indonesia. Karena moped merupakan akronim motor ysng memakai pedal. Penampakannya lebih mirip skuter atau motor bebek. Style ini baru saja berkembang di Indonesia. Namun berbeda dengan negara lain. Karena modifikasinya terkadang memakai roda tiga atau empat.

Baca Juga : Harga Motor Yamaha Gear 125 dan Spesifikasinya

Itulah berbagai macam style tips modif motor yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan keinginan dan jalur yang akan dipakai untuk berkendara. Untuk memodifikasi motor memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, hasilnya motor akan terlihat unik sehingga akan lebih menampilkan kepercayaan diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here