Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

0
695
Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!
Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

Sekarang aktivitas luar rumah menjadi menurun, tentu dibutuhkan trik merawat motor agar performanya tetap prima. Memang sekarang hal seperti ini sering terjadi apalagi bagi pekerja kantoran.

Baca Juga: Cara Merawat Cat Motor Yang Benar

Jika sebelumnya setiap hari motor digunakan untuk beraktivitas, mungkin sekarang hanya menjadi pajangan belaka. Apabila kendaraan dibiarkan terlalu lama pasif maka akan banyak masalah menghampirinya.

Biasanya paling umum terjadi gangguan adalah bagian kelistrikan dari kendaraan tersebut. Karena jarang digunakan maka aki motor bisa kehilangan kemampuannya menghasilkan listrik.

Jika dibiarkan diam lebih lama lagi bahkan karat akan mulai timbul dan menggerogoti bagian logam pada motor. Tentu hal seperti itu tidak boleh dibiarkan karena berbahaya ketika nanti digunakan.

Ada banyak sebenarnya masalah yang bisa timbul akibat motor aktif mendadak menjadi pasif. Oleh karena itu kami sudah merangkum beberapa hal penting agar para pemilik bisa melakukan perawatan dengan benar.

Sebenarnya tidak terlalu sulit merawat kendaraan yang mendadak pasif. Bahkan para pemilik awam bisa cukup mudah melakukannya sendiri sehingga tidak perlu terlalu bergantung pada bengkel.

Jadi nanti setelah aktivitas kembali normal kendaraan dapat digunakan seperti biasa. Pastinya akan sangat mengganggu ketika motor akan dipakai namun ternyata performanya menjadi buruk.

Trik Merawat Motor, Jangan Lupa Sesekali Dinyalakan

Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!
Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

Meskipun kendaraan jarang digunakan namun jangan pernah lupa untuk memanaskan mesinnya. Nyalakan selama beberapa menit agar performa mesin tetap terjaga ketika nantinya digunakan lagi.

Hal ini juga akan membantu menjaga performa pada kelistrikan motor karena aki sering mati jika tidak digunakan. Aki sepeda motor bisa mati total apabila terlalu lama tidak digunakan untuk menyalakan kendaraan.

Kemudian mesin kendaraan yang jarang dinyalakan juga berpotensi untuk kehilangan performanya. Hal tersebut karena adanya akumulasi sedimen pada bagian terkait karena lama tidak berfungsi.

Pada kasus berat biasanya mesin akan total tidak berfungsi jika memang sedimennya dalam kuantitas besar. Oleh karena itu rutin memanaskan mesin adalah trik merawat motor yang tidak boleh dilupakan.

Akan ada banyak gangguan yang akan terjadi ketika hal sepele ini tidak dilakukan. Mulai dari mengendapnya oli, akumulasi sedimen pada mesin, hingga gangguan kelistrikan secara total di motor.

Meskipun kendaraan tidak digunakan setidaknya setiap dua atau tiga hari sekali lakukan pemanasan mesin. Waktu untuk melakukannya juga tidak butuh terlalu lama agar performa bisa normal kembali.

Setidaknya luangkan waktu tiga hingga lima menit setiap tiga hari sekali untuk melakukan pemanasan mesin. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka kondisi motor nantinya akan tetap terjaga ketika dipakai lagi.

Akan sangat menjengkelkan ketika kendaraan hendak digunakan namun ternyata malah tidak menyala. Sehingga trik sederhana ini dapat dijadikan salah satu langkah mitigasi paling mudah bagi pemiliknya.

Trik Merawat Motor, Rutin Ganti Oli Meski Jarang Dipakai

Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!
Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

Ada sebuah miskonsepsi terjadi dalam lingkungan pemilik kendaraan tidak hanya roda dua namun juga roda empat. Motor yang jarang dipakai tidak perlu diganti oli karena kilometer berada dalam jarak tetap.

Hal seperti itu tentu saja salah besar karena oli akan aktif ketika mesin motor dinyalakan. Oleh karena itu meskipun tidak digunakan penggantian oli tetap perlu dilakukan secara rutin bagi pemiliknya.

Misalnya tidak ada mobilitas total menggunakan kendaraan bermotor setidaknya tetap perlu mengganti pelumas setiap dua bulan sekali. Hal seperti ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya pengendapan.

Ketika terjadi pengendapan maka performa pelumas pada mesin tidak akan optimal. Ketika dibiarkan dalam jangka panjang hal seperti ini akan membuat bagian dalam mesin menjadi aus.

Sebagai trik merawat motor yang krusial penggantian oli memang tidak boleh telat. Dalam istilah mekanik ini disebut sebagai oli tidur dimana terjadi endapan pada bagian bawah tempat oli.

Apabila tetap dipaksakan untuk berjalan menggunakan oli tidur tentu saja akan buruk bagi mesin. Nantinya mesin akan cepat panas dan membuat pembakaran tidak berjalan secara optimal.

Ketika memang kendaraan akan diistirahatkan dan tidak digunakan dalam jangka waktu lama pastikan untuk mengganti dengan oli baru. Hal ini agar nantinya tidak terjadi endapan secara masif.

Setelah mengetahui hal tersebut tentunya pemilik bisa lebih teliti dalam menentukan bagaimana perawatannya. Sehingga ketika dipakai lagi performa akan tetap terjaga dan nyaman digunakan.

Trik Merawat Motor yang Tidak Pernah Dipakai

Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

Ini akan cukup berbeda dengan perawatan sebelumnya karena kondisi mesin tidak pernah menyala. Jika nantinya kendaraan direncanakan untuk beristirahat dalam jangka waktu lama maka ada hal yang perlu diperhatikan.

  • Gunakan Standar Tengah

Bagi motor matic ini berfungsi agar nantinya tenaga baterai tidak terkuras habis. Karena standar samping digunakan untuk mematikan mesin dan memiliki sensor yang terus bekerja.

Bagi motor bebek manual standar tengah digunakan untuk menjaga performa shock. Sehingga nantinya tidak terjadi kebocoran salah satu bagian shock yang digunakan sebagai tumpuan.

  • Cek Kondisi Internal

Ketika jarang digunakan biasanya akan ada hewan atau serangga bersarang pada bodi bagian dalam. Tentu saja hal ini sangat destruktif dan dapat membuat kendaraan mati total.

Oleh karena itu pengguna perlu sering mengecek untuk mencegah adanya hewan bersarang. Biasanya hewan tersebut akan bersarang karena adanya kotoran sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

  • Cuci Bersih

Sebelum mempensiunkan motor usahakan mencucinya agar bersih secara maksimal. Ini adalah trik merawat motor agar nantinya tidak terdapat residu dan endapan noda pemicu karat.

Selain itu ketika kondisinya benar-benar bersih maka tidak akan ada hewan bersarang di dalamnya. Hal sepele seperti ini perlu diperhatikan karena memang dapat memberikan dampak signifikan.

Dengan menerapkan tiga langkah tersebut tentu saja Anda bisa mengistirahatkan tunggangan secara tenang. Namun jangan lupa juga untuk sesekali memeriksa bagaimana performa mesinnya.

Trik Merawat Motor Jarang Dipakai agar Tangki Tidak Berkarat

Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!
Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

Ini harus dibahas tersendiri karena memang menjadi musuh terbesar bagi kendaraan yang pasif. Tangki bahan bakar bisa berkarat ketika jarang digunakan oleh karena itu perhatikan hal berikut ini.

  • Isi Tangki

Ketika motor tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama usahakan untuk mengisi tangki secara penuh. Tujuannya adalah untuk menutupi seluruh permukaan tangki dengan bahan bakar.

Sehingga nantinya tidak terjadi reaksi oksidasi pada bagian logam yang dapat membuatnya berkarat. Apabila nanti berkarat tentu saja bisa mengganggu sampai ke saluran pembakaran.

  • Tutup Tangki

Salah satu pemicu terjadinya korosi pada bagian tangki adalah adanya reaksi oksidasi. Reaksi oksidasi ini akan terjadi apabila ada oksigen yang masuk pada bagian interior tangki.

Untuk mencegahnya usahakan untuk menutup bagian secara rapat agar kedap udara. Jika trik merawat motor ini digunakan maka korosi pada bagian dalam tangki dapat dimitigasi.

  • Kualitas Bahan Bakar

Ingat untuk selalu mengisi bahan bakar melalui SPBU resmi agar kualitasnya terjaga. Ini bertujuan agar tidak ada kontaminasi bahan lain pada bagian dalam tangki yang dapat merugikan.

Selain itu dengan menggunakan bahan bakar dari SPBU resmi maka kualitasnya juga bagus untuk mesin. Oleh karena itu sebelum mengistirahatkan kendaraan sebaiknya gunakan bahan bakar terbaik.

Dengan menerapkan tiga trik sederhana di atas tentu saja Anda bisa mencegah terjadinya korosi pada tangki. Jadi ketika motor hendak digunakan lagi performanya bisa tetap terjaga dan tidak ada kerusakan komponen.

Perhatikan Kelistrikan Sebagai Tips Merawat Motor

Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!
Trik Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Mari Kita Cari Tau!

Tidak hanya terbatas pada aki saja namun kelistrikan kendaraan juga ada pada bagian kabelnya. Ini perlu diperhatikan secara seksama karena bagian tersebut paling rawan rusak ketika jarang digunakan.

Bagian interior harus dipastikan kering agar tidak terjadi potensi korsleting ketika nantinya dihidupkan. Kemudian dengan membersihkan secara total juga akan menjaga kemungkinan kabel diserang oleh hewan.

Ini adalah hal paling sering terjadi ketika kendaraan disimpan dan jarang digunakan. Biasanya hewan pengerat akan memakan lapisan terluar kabel dan menyebabkan korsleting ketika hendak dihidupkan.

Tentu saja: hal seperti ini akan sangat berbahaya dan merusak bagi kendaraan itu sendiri. Oleh karena itu pastikan untuk rutin melakukan pengecekan dan jangan sampai ada sisa bahan tertentu yang menarik minat pengerat.

Dalam jangka waktu tertentu pasti akhirnya aki akan kehabisan tenaga listrik ketika tidak digunakan. Jadi pemilik setidaknya juga perlu rutin untuk menyalakan kendaraan guna menjaga performa kelistrikan.

Perawatan secara rutin tetap perlu dilakukan meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Jangan sampai anda mengabaikan karena akan berdampak buruk pada performa ketika nantinya dinyalakan.

Oleh karena itu secara umum untuk memperlakukan barang pasif samakan ketika hendak digunakan sehari-hari. Tetap panasi mesin secara teratur dan cek bagian krusial pada kendaraan.

Jangan ragu untuk melihat secara total bagian dalam body motor untuk mencegah adanya binatang bersarang. Hal seperti ini memang sekarang sedang sering terjadi karena banyaknya perubahan pola hidup.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Hampir sama seperti manusia, ketika motor tetap dirawat maka performanya juga akan prima. Namun ketika trik merawat motor tadi tidak diterapkan tentu saja kemampuannya akan jauh berkurang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here