Tips Perawatan Motor Bebek yang Mudah untuk Dilakukan

0
151
thumb motor bebek (1) - tips perawatan motor bebek

Motor bebek adalah salah satu roda dua yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kendaraan ini memiliki sistem yang sederhana meski tidak semua orang tahu cara merawatnya dengan baik. Jika kamu menggunakan roda dua ini, simak tips perawatan motor bebek terlebih dahulu.

Baca Juga : Ingat, Ini Dia 8 Penyakit Motor Mio yang Harus Diketahui

Dengan menyimak tips perawatan motor bebek yang ada dalam artikel di bawah ini. Kamu akan tahu apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sehingga kendaraan roda dua ini bisa lebih awet baik pada bodi hingga mesin digunakan. Simak tips perawatan motor selengkapnya di bawah ini.

Berikut Berbagai Tips Perawatan Motor Bebek

Cara atau tips untuk melakukan perawatan motor bebek sebenarnya ada banyak. Kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini agar kendaraan roda dua tersebut bisa digunakan dengan maksimal dan minimum sekali terjadi kerusakan.

1. Dipanaskan Dahulu Sebelum Dipakai

Salah satu hal yang harus dilakukan jika ingin memiliki motor bebek yang selalu maksimal untuk dikendarai adalah melakukan pemanasan. Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Apa melakukan apapun kamu bisa mengendarai bebek dengan baik.

Meski demikian pemanasan akan membuat mesin menjadi lebih baik sehingga kecepatan maksimal bisa didapatkan. Mesin dengan kondisi yang sudah maksimal akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Hal ini bisa meningkatkan masa pakai dari mesin hingga bertahun-tahun.

Jika kamu ingin mengendarai motor bebek ada baiknya dipanaskan selama beberapa menit setiap. Lakukan di pagi hari sehingga saat dikendarai motor dalam kondisi yang baik. Apalagi saat malam kondisi cuaca sedang sangat dingin, pemanasan akan membuat fungsi dari mesin berjalan maksimal.

2. Selalu Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Siap motor memiliki rekomendasi bahan bakar yang berbeda-beda. Ada yang bisa menggunakan premium atau BBM standar, ada juga yang harus menggunakan BBM dengan oktan tinggi seperti Pertamax. Untuk itu kamu harus membaca buku manual terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Biasanya roda dua bebek keluaran terbaru dianjurkan menggunakan bahan bakar dengan oktan yang cukup tinggi. Minimal menggunakan Pertalite agar tarikan dari mesin bisa maksimal. Jika kamu bisa menggunakan Pertamax akan lebih baik lagi karena fungsi dari mesin bisa dimaksimalkan.

Jika kamu tidak memiliki buku manual ada baiknya untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi. Meski menggunakan motor keluaran agak lama, bahan bakar jenis ini akan bisa memaksimalkan kinerjanya sehingga lebih awet dan kamu jadi jarang mengisi BBM.

3. Memakai Oli yang Direkomendasikan

Selain bahan bakar kamu juga harus menggunakan oli yang direkomendasikan. Oli yang dijual di luar sana biasanya memiliki skala atau nilai tertentu yang disesuaikan dengan jenis mesin dari motor bebek yang kamu gunakan.

Jangan asal menggunakan oleh karena barang tersebut harganya lebih rendah. Jika terlalu encer atau terlalu kental bisa saja menyebabkan masalah pada kinerja dari mesin. Itulah kenapa kamu disarankan untuk memilih aki dengan kualitas yang baik sesuai dengan standar.

Jika kamu merasa kebingungan ada baiknya untuk datang ke lokasi service resmi dari motor bebek itu. Tanyakan pada teknisi di sana Apa jenis oli yang sangat direkomendasikan. Dengan begitu kamu tidak akan salah pilih sehingga fungsi dari mesin tidak akan terganggu.

4. Melakukan Pengecekan Aki

Lakukan pengecekan aki terlebih dahulu. Pengecekan ini dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya masalah pada sistem itu. Misal kamu menggunakan aki dengan sistem kering, cek apakah pegangan atau listrik yang ada di dalamnya masih besar untuk menyalakan kendaraan.

Jika menggunakan aki jenis basah, cek apakah air asam sulfat yang ada di dalamnya masih dalam kondisi banyak. Apabila jumlahnya sangat kecil kemungkinan besar akan sulit melakukan reaksi untuk memicu terjadinya listrik.

Pengecekan ini harus dilakukan secara rutin paling tidak setiap sebulan sekali. Apabila terjadi penurunan kualitas kamu bisa segera menambahkan bahan asam sulfat atau aki kering diisi terlebih dahulu. Dengan begitu kualitas dari roda dua akan selalu terjaga setiap saat.

5. Mengganti Oli Secara Berkala

Tips perawatan motor bebek selanjutnya adalah mengganti oli secara berkala. Seperti yang diketahui oleh sangat bermanfaat untuk kinerja dari mesin agar meminimalkan terjadinya gesekan. Dengan penggantian oli, kualitas dari mesin akan bisa dijaga dengan maksimal.

Oli pada motor bekerja untuk melapisi seluruh bagian dari mesin saat bekerja. Proses pembakaran akan berjalan dengan baik sehingga kendaraan bisa dijalankan dengan maksimal. Apabila oli tidak diganti kemungkinan besar akan menyebabkan pemanasan jadi berlebihan.

Jika panas pada mesin semakin besar, resiko terjadi overheating tidak bisa dihindari lagi. Hal ini bisa menyebabkan kendaraan menjadi mogok dan akhirnya tidak bisa digunakan. Ganti oli secara berkala paling tidak setiap enam bulan sekali.

6. Selalu Membersihkan Bodi Setelah Digunakan

Setelah menggunakan motor bebek kamu bisa langsung membersihkan body nya setelah dipakai. Pembersihan body ini bisa dilakukan dengan melakukan pencucian secara rutin. Bisa kamu bisa mencucinya seminggu dua sampai tiga kali sesuai dengan kebutuhan.

Apabila motor tersebut digunakan saat hujan atau melewati area yang sangat. Ada baiknya untuk langsung dicuci untuk menghindari adanya kotoran atau lumpur yang menempel dan akhirnya mengering. Apabila kotoran tersebut sudah mengering biasanya sulit untuk dibersihkan.

Saat mencuci motor ada baiknya tidak memakai. Pakai sabun motor usus sehingga bagian dari body seperti cat atau stiker yang menempel tidak akan mengalami kerusakan.

7. Pengecekan Kelistrikan

Lakukan pengecekan kelistrikan yang ada pada roda dua. Kamu bisa melihat ada atau tidaknya masalah pada motor bebek seperti lampu yang digunakan. Setelah setelah motor dinyalakan lampu tersebut tidak bisa menyala dengan maksimal berarti ada masalah dengan.

Cek juga bagian dari klakson. Apabila tidak bisa digunakan berarti ada bagian yang terputus. Cek satu per satu bagian yang tercampur dengan listrik untuk melihat ada tidaknya gangguan yang terjadi.

8. Cek Busi

Tips perawatan motor bebek selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada busi yang dimiliki oleh motor. Beberapa motor bebek masih menggunakan busi yang digunakan untuk melakukan matikan listrik agar mesin bisa menyala dan melakukan fungsi pembakaran dengan sempurna.

Normalnya busi harus diganti setiap satu sampai dua tahun sekali. Penggantian ini dilakukan agar saat melakukan start dengan menggunakan stang di bagian samping, mesin bisa langsung menyala dan bisa dilakukan proses pemanasan hingga siap dipakai.

Apabila besi yang digunakan sudah sangat buruk, biasanya akan sulit untuk digunakan. Proses starter akan berjalan buruk. Jika hal ini terjadi bisa saja motor yang kamu pakai mogok di tengah jalan. Itulah kenapa kamu disarankan untuk melakukan penggantian secara rutin.

9. Bawa Ke Bengkel Secara Rutin

Cara yang paling mudah untuk melakukan perawatan pada motor bebek adalah dengan rutin membawanya ke bengkel. Hal ini dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya masalah yang bisa memicu kerusakan baik itu minor atau mayor pada motor.

Teknisi akan melakukan pengecekan dari bagian luar hingga dalam. Apabila ada yang berpotensi menyebabkan kerusakan biasanya akan langsung diperbaiki. Jadi tidak akan rusak seiring dengan berjalannya waktu.

10. Ganti Ban Sebelum Botak

Lakukan penggantian ban secara berkala dan jangan menunggu sampai permukaan dari ban terasa halus atau botak. Normalnya ban yang dimiliki oleh motor memang tidak rata dan memiliki tekstur. Bagian itulah yang akan menyebabkan ban melakukan gesekan dengan aspal sepanjang perjalanan.

Gesekan ini bermanfaat untuk menghindari terjadinya selip atau terpeleset. Apalagi jalanan yang dilalui sangat licin setelah terkena tumpahan minyak ataupun setelah hujan. Jika ban luar yang kamu gunakan sangat mulus, kemungkinan terjadi kecelakaan akan sangat besar.

Selalu perhatikan kondisi ban yang kamu gunakan. Apabila sudah terlihat mulus di seluruh sisinya kamu harus menyiapkan budget untuk melakukan penggantian. Dengan melakukan ini motor bisa berjalan dengan baik dan kamu bisa aman melakukan perjalanan.

Melakukan perawatan pada motor bebek sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi kendaraan ini yang paling umum dijual di Indonesia. Semua orang hampir tahu bagaimana cara melakukan perawatan dengan baik meski tidak semuanya bisa memaksimalkan hal itu.

Baca Juga : Tips Perawatan Motor Gede yang Direkomendasikan

Dengan mengetahui tips perawatan motor bebek yang tersaji di atas, kamu bisa melakukan perawatan dengan baik. Berbagai hal bisa dilakukan agar bagian bodi hingga mesin roda dua tersebut bisa terjaga dengan maksimal. Dampaknya, motor agar awet dan jarang sekali masuk ke bengkel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here