Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima

0
61
Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima
Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima

Sebelum membeli skuter atau Vespa yang sudah berumur, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu bagaimana tips merawat Vespa tersebut. Apalagi Vespa dengan usia atau kelahiran tahun 1950 sampai 1975 dibandrol dengan harga selangit.

Baca juga: Cara Blokir STNK Secara Online dengan Praktis

Tentu kita tidak mau memiliki benda dengan harga yang mahal namun merepotkan, seperti ancaman mogok di jalan hingga onderdil yang susah dicari karena pabrik menghentikan produksinya.

Hal ini membuat para pecinta skuter pun enggan memakai Vespa favoritnya untuk harian, padahal kenyataannya merawat skuter tua seperti Vespa tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja sedikit berbeda dengan skuter pada umumnya.

Sebagai seorang penghobi motor Vespa Tua tentu kita harus mengetahui secara detail apa saja tips merawat Vespa dengan tepat. Agar nantinya motor tersebut memiliki performa yang terjaga secara maksimal dan selalu dalam kondisi prima.

Seperti yang diketahui bahwa banyak orang memilih Vespa bahkan tidak hanya sekedar hobi namun bisa dijadikan sebagai investasi karena harganya yang terus melambung. Sehingga kita juga perlu menjaga kondisi skuter atau Vespa tersebut agar nilai jual semakin tinggi.

Karena meskipun tua jika dirawat dengan baik tentunya akan mampu membuat kondisinya tetap prima dan kita bisa menggunakannya tanpa khawatir mesin bermasalah yang membuatnya mogok di perjalanan.

Tips Merawat Vespa Pada Bagian Mesin

Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima_Tips Merawat Vespa Pada Bagian Mesin
Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima_Tips Merawat Vespa Pada Bagian Mesin

Hal terpenting dalam merawat kendaraan bermotor adalah membuat kinerja mesinnya tetap baik. Kita perlu melakukan servis secara rutin yaitu 3 bulan sekali dan ganti oli setiap 500 km secara rutin.

Bahkan citra Vespa yang gampang mogok bisa hilang dengan kebiasaan melakukan servis rutin tersebut apalagi jika motor tersebut dipakai untuk harian maka sebaiknya kalian selalu mengecek platina pada mesin agar pengapiannya normal.

Jika Vespa tersebut jarang dipakai sebaiknya mesin perlu dipanaskan setidaknya seminggu sekali. Jangan lupa pula untuk melakukan pengecekan pada bagian karburator dan tangki karena kalian perlu memastikan kebersihannya.

Ada banyak tips merawat Vespa yang sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan namun sayangnya pemilik seringkali merasa malas melakukannya. Jika kita malas membawa oli samping sebagai campuran bensin sebaiknya sediakan filter.

Di dalam tangki motor Vespa sebaiknya diberi filter serta sering dicek kebersihannya agar nantinya endapan kotoran tidak sampai masuk karburator karena jika kotoran masuk karburator maka mesin terganggu dan mudah ngadat.

Bodi Vespa Juga Perlu Perhatian Khusus

Tips merawat Vespa tidak hanya tentang bagian mesin saja namun bodinya juga perlu dipikirkan. Body Vespa sendiri didominasi bahan logam sehingga ancaman karat juga sangat besar.

Lalu Bagaimana merawat agar body Vespa tetap mulus, atau setidaknya bebas karat yang mungkin bisa terjadi ketika motor tersebut terkena air hujan? Sebenarnya mudah saja karena hal pertama yang perlu diperhatikan adalah segera mencucinya setelah terkena air hujan.

Cara lainnya adalah dengan membeli body cover atau selubung motor, kalian bisa membelinya di toko otomotif atau e-commerce. Apalagi jika kalian jarang memakainya maka sebaiknya motor Vespa ditutup agar terjaga dari suhu dan debu yang menempel.

Karena tidak hanya air hujan saja, suhu serta debu yang menempel juga menyebabkan timbulnya bercak karat sehingga tips merawat Vespa terutama bagian bodi sebenarnya sedikit tricky.

Lalu Bagaimana jika bercak karat sudah terlanjur muncul pada Vespa Tua tersebut? Sebenarnya jika belum menyerap hingga bagian dalam chrome, maka kalian bisa langsung membersihkannya.

Cobalah untuk mengikat bagian yang berkarat tersebut dengan sikat gigi yang lembut dan non abrasif, pilih juga sabun yang direkomendasikan untuk body Vespa. Jangan lupa melakukan percobaan pada bagian kecil terlebih dahulu untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Tips merawat Vespa di bagian body memang berbeda dengan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya bahkan kita juga disarankan memakai bedak untuk melapisi bagian Chrome agar tidak mudah berkarat.

Perhatikan Bagian Perseneling Sebagai Bagian Utama Skuter

Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima_Perhatikan Bagian Perseneling Sebagai Bagian Utama Skuter
Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima_Perhatikan Bagian Perseneling Sebagai Bagian Utama Skuter

Persneling merupakan bagian utama dari skuter seperti Vespa bahkan ketika sering terkena hujan maka kemungkinan persneling akan terganggu karena korosi. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk menghindari hal semacam itu?

Kita hanya perlu menyiapkan pelumas anti korosi dan mengaplikasikannya secara rutin untuk menghindari korosi. Apalagi saat ini di era digital semua perlengkapan Untuk merawat Vespa bisa ditemukan dengan mudah pada e-commerce.

Tips merawat Vespa terutama di bagian persneling memang terdengar simple namun sayangnya sering kali terlupakan. Padahal faktanya kendaraan ini memiliki posisi gigi transmisi di tangan kiri berbeda dengan kendaraan roda dua lainnya.

Sehingga hal yang kerap menghantui pengendara Vespa adalah persneling sering keras saat perpindahan gigi atau persneling gigi sering loncat-loncat sendiri. Sehingga selain perlu mengoleskan pelumas anti korosi maka kita juga perlu memeriksa kondisi bak persneling.

Hindari pula terlalu kencang menarik kabel dan memang sebaiknya jangan terlalu sering terkena hujan karena tidak hanya bagian body saja yang akan rusak namun part kabel bagian dalam persneling juga mudah berkarat.

Deretan Tips Merawat Vespa yang Perlu Dilakukan Secara Rutin

Selain memperhatikan bagian mesin, body dan persneling, ada beberapa hal yang perlu diperiksa secara rutin agar nantinya Vespa tua yang kita miliki semakin prima, di antaranya adalah:

  • Selalu Perhatikan Kondisi Busi

Busi juga merupakan komponen vital pada Vespa bahkan umumnya menjadi sumber penyakit yang paling sering ditemui oleh para pengguna Vespa Tua. Jadi yang perlu dilakukan adalah selalu memperhatikan kondisi busi.

  • Rajin Mengecek Bagian Aki

Jika kita memiliki model Piaggio Vespa keluaran tahun 80-an maka sebaiknya kita sering membersihkan kerak pada aki menggunakan sikat dan air panas karena motor Vespa tersebut sudah menggunakan aki untuk starter awal ketika mesin dinyalakan.

Sehingga sangat jelas bahwa tips merawat Vespa adalah dengan sering mengecek bagian aki bahkan ketika kita meninggalkan Vespa dalam waktu yang lama sebaiknya aki dilepas saja.

  • Bersihkan Karburator Secara Berkala

Bagian lain selain busi yang tidak kalah penting adalah karburator di mana jika karburator sudah kotor dan tersumbat maka akan menyebabkan akselerasi menjadi tidak sempurna.

Nantinya pembakaran bahan bakar juga kurang baik sehingga pada akhirnya motor mudah mogok sehingga sebaiknya kita perlu membersihkan karburator secara berkala yang bahkan bisa dilakukan secara mandiri.

  • Cek Bagian Kabel

Tips merawat Vespa berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan di bagian kabel Karena setelah memastikan kondisi busi, aki dan karburator dalam kondisi baik maka kita juga perlu memeriksa kabel-kabelnya.

  • Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi sangat disarankan karena pada Vespa Tua pembakaran dengan oktan rendah membuat prosesnya kurang maksimal sehingga hasil kinerjanya pun mudah terganggu.

  • Pakailah Oli Samping Berkualitas Tinggi

Jika kita memiliki Vespa dengan mesin 2 tak, artinya kita membutuhkan oli samping untuk mendukung pelumasan komponen yang bergerak dan selalu pilihlah kualitas yang bagus agar nantinya kondisi motor tua kalian lebih terjaga.

Vespa memang semakin digemari baik oleh kalangan anak muda maupun para orang tua yang memang sudah lama menyukai skuter, sehingga diperlukan tips merawat Vespa agar kondisinya tetap terjaga.

Memang selain desainnya yang klasik, motor buatan Italia ini kerap dicari karena Tidak diragukan lagi kekuatannya bahkan beberapa orang sering menghabiskan waktu luang untuk merawat Vespa tuanya.

Selain membahas Bagaimana tips merawatnya maka untuk pemula dan ingin membeli Vespa tua maka sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada kondisi deck dan kaki-kaki, kondisi mesin dan kelistrikan serta sebaiknya ajak teman yang lebih ahli.

Percuma saja jika kita mengetahui bagaimana tips merawat Vespa namun jika Vespa yang dibeli tidak dalam keadaan prima. Jadi yang perlu diperhatikan ketika akan membeli Vespa tua adalah cek surat-surat serta nomor mesin dan nomor rangka, kemudian bagian dek.

Apabila cat sudah mengelupas bahkan dek Sudah bengkok maka artinya motor tersebut tidak layak digunakan dan akan sangat berbahaya jika dipaksakan berkendara karena bisa saja Vespa terbelah dua.

Bisa saja Vespa tersebut diperbaiki dengan mengelasnya atau mengganti dek, namun akan membutuhkan budget tambahan. Selain memeriksa bagian kaki-kaki maka cari tahu kondisi mesin dengan cara menyalakannya terlebih dahulu.

Jika sekali starter langsung menyala dan stabil atau tidak mudah mati maka pertanda bahwa mesin masih dalam kondisi baik Namun kita juga perlu memeriksa komponen lainnya misalnya membuka tutup samping kanan dan melihat bagian bawah mesin.

Baca juga: Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya

Periksa pula bagian karburator dan kelistrikan-kelistrikannya mulai dari menyalakan lampu depan hingga lampu sein. Jadi ketika sudah memilih skuter yang tepat dan sudah dalam keadaan prima maka kita bisa menerapkan tips merawat Vespa di atas dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here