Jual Beli Motor Bekas, Ini Tips untuk Penjual dan Pembeli

0
544
Jual Beli Motor Bekas, Ini Tips untuk Penjual dan Pembeli
Jual Beli Motor Bekas, Ini Tips untuk Penjual dan Pembeli

Ketika melakukan aktivitas jual beli motor bekas memang harus sangat berhati-hati baik sebagai penjual atau pembeli. Karena, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pembelian atau penjualan barang bekas.

Baca juga: Pilihan Oli Terbaik untuk Motor Manual yang Beragam

Misalnya saja, ketika Anda bertindak sebagai pembeli dan tidak memperhatikan setiap detail dengan lengkap mungkin saja akan mendapatkan motor bekas dengan kualitas yang buruk. Hal tersebut tentunya dapat membuat motor yang Anda beli menjadi cepat rusak atau tidak nyaman untuk digunakan.

Begitu juga jika Anda bertindak sebagai seorang penjual. Sebagai seorang penjual motor bekas tentunya harus memiliki strategi marketing yang baik agar nantinya bisa memenangkan persaingan. Karena bisnis jual beli motor bekas saat ini marak dilakukan.

Motor merupakan salah satu alat transportasi utama masyarakat Indonesia. Motor lebih disukai karena memang mampu melewati gang-gang kecil dan juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil.

Beberapa orang lebih suka membeli kendaraan bekas karena memiliki harga yang lebih murah dibandingkan ketika membeli dengan harga yang baru. Harga kendaraan bekas bisa turun 10% sampai dengan 50% dari harga barunya.

Oleh karena itu, membeli kendaraan bekas adalah pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan kendaraan dengan harga yang murah. Sebenarnya membeli kendaraan bekas tidak menjadi masalah jika Anda melakukannya dengan cara yang benar.

Tips Jual Beli Motor Bekas Sebagai Pembeli

Ketika Anda membeli motor bekas tentunya Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan barang yang berkualitas. Kendaraan bermotor biasanya akan mengalami penurunan kinerja ketika digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, jika Anda tidak memperhatikan beberapa hal penting dalam kendaraan ini bisa membuat Anda tertipu ketika membeli motor bekas. Berikut beberapa tips dari kami ketika melakukan jual beli motor bekas sebagai pembeli.

1. Surat kendaraan yang lengkap

Salah satu hal yang sangat penting ketika membeli motor bekas yaitu adalah memiliki surat kendaraan yang lengkap. Hindari ketika ada kendaraan bekas tetapi tidak memiliki surat yang lengkap.

Karena itu menunjukkan bahwa kendaraan tersebut mungkin saja didapatkan dengan cara-cara ilegal. Kendaraan yang tidak memiliki surat lengkap dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Walaupun begitu, sangat tidak disarankan membeli kendaraan tanpa surat-surat lengkap. Karena ini dapat membuat Anda tidur sebagai penadah motor curian dan bisa menyebabkan Anda berurusan dengan hukum. 

2. Memiliki KM yang rendah

Tips jual beli motor bekas yang kedua sebagai pembeli yaitu adalah memilih KM yang masih rendah. KM yang rendah menunjukkan bahwa kendaraan tersebut jarang digunakan oleh pengguna sebelumnya.

Ketika sebuah kendaraan jarang digunakan, biasanya masih memiliki kondisi mesin yang bagus. Itu artinya mesin masih bisa bekerja dengan optimal, sehingga masih sangat nyaman untuk digunakan.

3. Lakukan riset harga pasaran motor bekas

Ketika melakukan aktivitas jual beli motor bekas sebagai seorang pembeli sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset harga pasaran motor bekas.

 Ini sangat penting agar nantinya Anda tidak dibodohi oleh penjual. Karena jika Anda tidak mengetahui pasaran motor bekas nantinya akan sangat mudah dikelabui oleh penjual dengan harga yang lebih mahal.

Cara untuk mengetahui harga pasaran motor bekas ini sangat sederhana. Anda bisa mengunjungi beberapa showroom penjualan motor bekas kemudian membandingkan harganya.

Dengan begitu, nantinya Anda bisa mengetahui berapa harga rata-rata motor bekas yang ada di pasaran. Ini akan sangat berguna agar nantinya Anda bisa menemukan harga motor yang sesuai dengan kualitas yang diberikan.

4. Pastikan seluruh fitur masih bekerja dengan baik

Salah Satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika melakukan aktivitas jual beli motor bekas yaitu adalah memastikan bahwa seluruh fitur masih bekerja dengan baik. Jangan sampai Anda membeli motor bekas yang banyak fiturnya sudah tidak berfungsi. 

Ketika sudah banyak fitur yang tidak berfungsi biasanya kendaraan bermotor sangat tidak nyaman untuk dikendarai. Melakukan pemeriksaan komponen secara menyeluruh adalah hal yang wajib dilakukan ketika akan membeli motor bekas.

5. Mencoba mengendarai motor yang akan dibeli

Ketika melakukan aktivitas jual beli motor bekas, Anda tidak boleh hanya terpaku terhadap kondisi bodynya saja. Karena biasanya ketika motor akan dijual bodynya Akan diperbaiki agar terlihat seperti baru.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencoba mengendarai motor yang akan dibeli agar mengetahui apakah masih nyaman untuk digunakan atau tidak. Ini juga bisa dilakukan untuk mengecek kondisi mesin kendaraan bermotor.

Tips Jual Beli Motor Bekas Sebagai Seorang Penjual

Tips Jual Beli Motor Bekas Sebagai Seorang Penjual
Tips Jual Beli Motor Bekas Sebagai Seorang Penjual

Menjual motor bekas menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Hal ini dikarenakan, beberapa orang lebih menyukai membeli motor bekas Karena harganya yang lebih murah.

Walaupun begitu, menjalankan bisnis jual beli motor bekas bukan merupakan perkara yang mudah. Berikut beberapa tips dari kami ketika Anda Ingin menjalankan bisnis penjualan motor bekas.

1. Pastikan bodi kendaraan masih mulus

Salah satu hal yang akan sangat diperhatikan ketika pembeli mencari motor bekas yaitu adalah kondisi bodinya. Oleh karena itu sebagai seorang penjual, harus bisa memastikan kondisi bodi masih mulus.

Jika didapati ada goresan pada bodi motor alangkah baiknya untuk segera diperbaiki. Karena goresan kecil saja ini dapat membuat tampilan kendaraan menjadi kurang menarik dimata pembeli.

Walaupun terlihat sederhana, ini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena biasanya orang-orang akan mencari motor bekas yang masih memiliki kondisi mulus.

2. Melakukan servis sebelum motor dijual

Ketika menjalankan bisnis jual beli motor bekas sangat penting untuk melakukan servis terlebih dahulu terhadap motor yang akan dijual. Ini sangat penting agar nantinya performa motor tidak terlalu berbeda jauh dari ketika baru.

Selain melakukan servis, penggantian oli dan juga penambahan minyak rem sangat penting untuk dilakukan. Biasanya para pembeli juga akan mengecek kondisi oli dan juga minyak rem ketika membeli motor bekas.

3. Menjual motor yang memiliki surat lengkap

Jangan sampai Anda melakukan jual beli motor bekas tanpa surat yang lengkap. Karena nantinya Anda bisa berurusan dengan hukum, jika terbukti melakukan aktivitas jual beli barang-barang ilegal.

Ketika Anda menjual Motor dengan surat yang lengkap juga akan meningkatkan kepercayaan pembeli. Saat ini masyarakat sepertinya sudah tidak tertarik lagi dengan motor motor bodong karena bisa membuat berurusan dengan hukum.

4. Promosi menggunakan media sosial

Media sosial adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk melakukan aktivitas jual beli motor bekas. Di era modern seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan banyak pelanggan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan mendapatkan banyak pelanggan dari media sosial.

Komponen yang Harus Diganti Setelah Membeli Motor Bekas

Ketika membeli motor bekas ada beberapa komponen yang harus diganti untuk memberikan performa yang maksimal. Berikut beberapa komponen yang Direkomendasikan untuk diganti ketika membeli motor bekas.

1. Lampu

Lampu merupakan salah satu komponen yang sangat penting ketika berkendara. Ini merupakan salah satu komponen yang sepertinya perlu diganti ketika Anda membeli motor bekas.

2. Ban motor

Menggunakan ban motor yang sudah halus tentunya akan sangat berbahaya, oleh karena itu jika Anda mendapati ban motor sudah gundul sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

3. Oli Mesin

Oli mesin sangat berguna untuk menjaga kesehatan mesin. Oleh karena itu, penggantian oli mesin sangat penting untuk dilakukan, karena mungkin saja pengguna sebelumnya belum melakukan penggantian dalam waktu yang lama. 

Cara Mendapatkan Motor Bekas Berkualitas dengan Harga Murah

Cara Mendapatkan Motor Bekas Berkualitas dengan Harga Murah
Cara Mendapatkan Motor Bekas Berkualitas dengan Harga Murah

Salah satu alasan orang-orang melakukan aktivitas jual beli motor bekas yaitu adalah untuk mendapatkan harga yang murah. Biasanya motor bekas memiliki harga yang sudah turun drastis dibandingkan dengan harga barunya.

Untuk bisa mendapatkan harga yang murah dan barang yang masih berkualitas, Anda bisa mencari motor bekas bukan pada penjual motor atau showroom. Anda bisa membelinya pada masyarakat biasa yang berkeinginan untuk menjual motor.

Usahakan untuk memilih motor bekas pakai dari perempuan. Karena biasanya motor bekas pakai dari perempuan memiliki kondisi mesin yang masih baik.

Baca juga:Daftar Harga Motor Matic Terbaru 2022 yang Bervariasi!

Ketika Anda akan membeli motor bekas, sangat penting untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. Pada intinya adalah Anda harus selalu berhati-hati ketika melakukan aktivitas jual beli motor bekas agar tidak tertipu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here