Tips Beli Motor Bekas agar Awet Digunakan!

0
738
Tips Beli Motor Bekas agar Awet Digunakan!
Tips Beli Motor Bekas agar Awet Digunakan!

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing dalam membeli motor, mungkin bisa beli motor bekas atau malah baru. Semua bebas saja selama tidak merugikan untuk dilakukan. Mau bekas atau baru sama fungsinya.

Baca Juga: Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

Beda lagi jika Anda mencari hal tersebut untuk kepuasan seperti modif atau custom. Itu perlu motor baru agar lebih mudah untuk dikerjakan. Tapi jika hanya untuk keperluan harian baru cocok.

Keperluan sehari-hari tidak perlu motor atau kendaraan mewah. Asalkan bisa digunakan lancar tanpa mogok itu adalah pilihan bagus. Mau bekas sekalipun tetap worth it dibeli, jadi kenapa tidak langsung membeli?

Ingat dulu bahwa urusan membeli tidak boleh sembarangan. Apalagi barang tangan kedua yang sudah digunakan oleh pemilik pertama. Kita tidak tahu penggunaan sebelumnya sehingga jika sembarangan, mungkin tidak sesuai ekspektasi.

Jadi, sebaiknya memang usahakan memiliki tips dalam melakukannya. Setiap orang pasti punya cara tersendiri mendapatkan barang bekas terbaik. Begitu juga dengan makelar yang sehari-hari melakukan hal tersebut untuk dijual kembali.

Pastikan Tidak Hanya Beli Motor Bekas Melalui Online

Tips Beli Motor Bekas agar Awet Digunakan!

Maksud dari hal ini tentu tidak hanya sekedar deal dengan melihat gambar. Tetap harus melakukan pertemuan untuk menentukan apakah barang layak atau tidak. Jangan gunakan pembayaran secara online jika memang bisa. 

Lebih baik bertemu langsung deal di tempat meskipun sudah bernegosiasi lewat online. Cara ini memang paling baik untuk dilakukan, mengapa bisa begitu? Jelas pembeli bisa menentukan masih layak tidak barangnya. 

Untuk urusan pengecekan biasa dilakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa hal. Jadi, tidak hanya sekedar melihat body lalu putuskan membeli. Beli motor bekas seperti itu hanya akan buat susah Anda nanti.

Bisa jadi memang barangnya bagus di foto, tetapi tidak tahu kondisi bisa buat kecewa juga. Jadi memang sebaiknya cek bagian-bagian motor dahulu agar lebih meyakinkan.

1. Melihat Bagian Mesin sebelum Beli Motor Bekas

Hal pertama yang perlu dicek tentu adalah mesin, jika mesin tidak bagus mengapa harus membelinya? Mesin merupakan part motor paling mahal, di mana sekali rusak bisa habis jutaan rupiah. 

Untuk pengecekan paling mudah cek apakah bersih dari tetesan oli. Biasanya mesin bagus itu kering tanpa oli keluar sama sekali. Urusan bersih atau tidaknya mesin bisa dicuci nanti. 

Jadi sebelum beli motor bekas, cek apakah mesin benar-benar kering agar mampu menemukan motor terbaik. Lalu setelah itu coba bunyikan mesin untuk menilai sebagus apakah performanya. Jika ada bunyi klek-klek di sekitar silinder, itu tandanya klep sudah renggang.

Itu masih bagus dan dapat diatasi dengan mudah, hal lainnya yang harus dipertimbangkan adalah ketika bunyi aneh terjadi pada tengah mesin. Itu tandanya piston sudah kena dan butuh biaya besar.

2. Cek Speedometer dari Motor Tersebut

Jangan terpancing dengan speedometer yang masih rendah, tidak akan mungkin motor sudah lama masih menunjukan hal tersebut. Kecuali memang Anda kenal dengan pemilik dan tidak digunakan dalam banyak aktivitas.

Jika memang penjual berani menjaminnya, bawa saja ke bengkel dan tanyakan apakah spedo sudah diputar. Bengkel pasti akan menjawab hal tersebut dan membuat Anda yakin padanya.

Selain itu cek juga panel yang ada pada spedo, usahakan membeli panel yang masih berfungsi. Jangan memaksakan beli pada motor dengan panel yang tidak berfungsi karena itu riskan.

Mesin bagus pasti akan bisa tersambung dengan speedometer dengan lancar. Mau bekas sekalipun asalkan perawatannya bagus. Hal tersebut pasti masih bisa diusahakan.

Memang terkesan rumit karena Anda beli motor bekas, beda lagi bila baru pasti semuanya masih bagus. Ini adalah barang lama yang tidak tahu bagaimana penggunaan sebelumnya dari empunya.

3. Pastikan Kelistrikan Aman tanpa Kerusakan

Bagaimanapun jika beli motor bekas tetap harus perhatikan kelistrikan. Semua ini demi membuat Anda tetap nyaman dalam berkendara. Berkendara itu butuh lampu sen, lampu depan, lampu belakang.

Jika ada satu bagian yang rusak tentu membahayakan pengguna itu sendiri. Makanya selalu pastikan apakah kelistrikan masih berfungsi baik. Itu berarti Anda harus melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Jangan terburu buru dan gunakan untuk berputar komplek. Test drive pasti akan diberikan sehingga hal ini patut Anda pergunakan dengan baik. Lalu bagaimana jika hasilnya bagus lalu buruk sesudah membeli?

Tidak perlu khawatir karena jika bukan kelistrikan itu harganya murah. Paling untuk lampu hanya puluhan ribu dan itu malah bisa divariasikan. Bila ingin lebih terang kini banyak motor memakai LED.

4. Cek Bagian Ban dan Velg

Anda membeli untuk awet bukan? Jadi jika beli motor bekas usahakan untuk mengecek bagian ban. Apakah ban masih tebal dan tidak aus penting dilakukan. Semua bisa dilakukan dengan mudah melalui tangan saja.

Cek apakah ban masih tebal karena itu penting sekali. Belum lagi jika daerah rumah Anda banyak jalan berlubang, itu penting untuk menjaga ban dalam tetap aman. Hal itu berlaku untuk pemakai ban lama.

Jika ban tubeless juga butuh tebal bukan? Itulah pentingnya mengecek hal tersebut agar perjalanan aman. Lalu untuk urusan velg itu opsional karena mengeceknya juga susah.

Bagi awam membedakan velg masih sehat atau tidak itu susah. Kecuali jika memang membawa kaca pembesar dan bisa mengetahui mana letak keretakan. 

Selain keretakan harusnya Anda juga cek pada kelurusan velg. Makin lurus velg itu bagus dan tidak membuat jalan motor oleh. Jadi mengecek lebih dalam memang diperlukan juga.

5. Kaki-kaki Motor Juga Perlu Dicek

Kaki-kaki atau bahasa aslinya soft breaker itu memang penting dalam kendaraan. Mau mobil atau motor sama saja fungsinya. Sebagai peredam saat terjadi guncangan berkendara.

Ini sering terjadi jika daerah Anda masih pelosok serta banyak polisi tidur. Dengan mengecek bagian ini akan menghemat pengeluaran dalam perbaikan, tidak perlu keluar uang untuk beli baru intinya.

Cara mengeceknya mudah hanya dengan menggenjot saja pada jok motor. Lalu jika terjadi pemantulan empuk seperti kijang innova, itu berarti masih bagus. Tandanya beli motor bekas tersebut tepat.

Tapi jika memang motor sudah lama dan diberi harga rendah. Tidak perlu ambil pusing karena penjual sudah menjelaskan. Anda hanya perlu ganti saja kekurangan tersebut pada shockbreaker baru.

Harganya sudah bervariasi dengan banyak pilihan. Model apapun juga sudah ada dan dapat dicocokkan dengan jenis motor. Jadi tidak hanya untuk urusan fungsional tetapi juga estetika.

6. Cek Tangki Motor Incaran Anda

Mengecek tangki motor itu perlu untuk menentukan apakah aman kendaraan tersebut. bayangkan jika tangki motor sudah karatan, itu akan berakibat pada pembakaran.

Bisa saja malah membuat pembakaran lebih cepat dan membuat boros bahan bakar. Tentunya Anda tidak mau beli motor bekas seperti itu bukan? Jadi usahakan untuk membeli dengan melihat dahulu.

Melihat apakah tangki masih kinclong atau tidak. Indikasi masing bagus adalah bahan bakar tidak keruh, itu bisa dilihat dengan menyenteri rangka tersebut jika memang tidak kelihatan.

Selalu ingat jangan menyenteri dengan hp yang tersambung dengan sinyal seluler. Itu berbahaya jika terjadi panggilan mendadak. Lebih baik pakai senter biasa untuk mengeceknya dahulu.

Ada sangkut pautnya dengan kondisi panel speedometer, pastikan juga bahan bakar bisa dicek secara akurat. Bayangkan saja jika bahan bakar tidak bisa dicek, tentu akan menyulitkan dalam berkendara.

7. Test Ride dan Buktikan Sendiri

Semua hal tersebut jika sudah dicek dan menunjukkan indikasi bagus. Pasti akan membuat performa motor enak saat ditunggangi. Itulah mengapa Anda harus mencobanya dahulu sebelum beli motor bekas.

Jadi coba-coba saja untuk berkendara sepanjang komplek guna mengetahui kualitasnya. Anda disarankan untuk mengecek bagaimana kemampuan akselerasi awal, responsivitas tarikan, rem, dan suspensi untuk menentukan berapa nilai akuratnya.

Bila kurang bisa menilai hal tersebut, bawa teman atau rekan bengkel saja. Mereka akan melakukan penilaian performa dengan cara test drive juga. Jika setuju angkut saja motor tersebut.

Pasalnya, penilaian dari teman atau rekan bengkel itu pasti jujur. Tidak akan menjebak Anda karena memang Mereka tidak ada sangkut pautnya. Kecuali jika rekan adalah rekan penjual.

Bagaimana mudah bukan? Sekiranya memang memiliki kesempatan untuk melakukan percobaan dengan tips tersebut, coba saja pastikan terlebih dahulu demi mendapatkan kesempatan memilih barang paling tepat.

Tidak sulit untuk membeli motor secara bekas karena sekarang semuanya sudah mudah. Apalagi dengan bantuan tips tersebut, semua orang pasti bisa menemukan barang impiannya.

Bahkan jika kesulitan menilai mana pilihan terbaik, ada fasilitas yang disediakan oleh pihak ketiga, fasilitas tersebut dinamakan inspeksi motor dari profesional. Jadi urusan membeli motor tidak asal-asalan lagi.

Baca Juga: Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Semua sudah ada pihak profesional yang akan menjamin ketepatan dalam memilih. Tidak perlu mengecek satu per-satu part yang disampaikan. Anda hanya tinggal menerima laporan apakah beli motor bekas atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here