Spesifikasi Motor Vespa Primavera : Motor Matik Klasik dengan Konsep Modern

0
130
thumb primavera - spesifikasi motor vespa primavera

Spesifikasi motor Vespa Primavera sangat menarik untuk diulik, khususnya bagi kamu yang tertarik membelinya tahun ini. Vespa yang diproduksi pabrikan asal Italia, Paggio, ini memang menawarkan spesifikasi yang mumpuni sebagai motor matik kelas menengah.

Baca Juga : Detail Lengkap Performa Vespa Sprint I Get 150 : Skuter Sporty, Namun Santai

Tentu, sebelum membeli sesuatu, alangkah baiknya mencari tahu informasi detail tentang sesuatu tersebut, tidak terkecuali Vespa Primavera ini. Kabar baiknya, kamu berada di tempat yang tepat, karena di bawah ini akan diulas spesifikasi dan review lengkap dari Vespa Primavera.

Berikut Review dan Spesifikasi Motor Vespa Primavera

Selain memproduksi Vespa LXV 150 3V, Paggio juga memproduksi Vespa Primavera, yang sama-sama legendaris dan laris di pasaran. Vespa Primavera memang masih mengusung unsur klasik, namun sudah ditambahkan sentuhan modern dengan berbagai fitur yang menarik.

Di Indonesia sendiri, Vespa Primavera telah masuk ke jajaran skuter matik yang paling diminati, terutama karena spesifikasi mesin, desain dan fiturnya yang luar biasa. Daripada penasaran, kamu bisa menyimak review dan spesifikasinya di bawah ini.

1. Mesin

Sektor mesin atau dapur pacu dari Vespa Primavera sangat menarik untuk dibahas. Tentu kamu penasaran se-powerfull apa mesin yang ditawarkan oleh skuter matik ini juga potensi yang bisa dikeluarkannya ketika dikendarai di jalanan.

Terkait dengan mesin, Vespa Primavera telah dilengkapi dengan mesin berteknologi i-Get, silinder tunggal 4 strokes dan 3 valves. Kapasitas mesinnya sendiri mencapai 154,8 cc, yang juga memiliki pendingin udara agar mesinnya tidak terlalu panas digunakan dalam perjalanan yang lama.

Berkat mesin tersebut, Vespa Primavera ini bisa menghasilkan kecepatan hingga 8,7 kW, yaitu di putaran 7.500 rpm. Mesin juga bisa mencapai puncak torsi tertinggi, yaitu di angka 12 Nm di putaran 5.000 rpm.

Menariknya lagi, mesin yang terdapat di skuter matik ini telah memiliki standar Euro 3, yang bisa menjadi bukti akan kemampuannya. Pastinya, mesin di motor ini bisa membuat pengguna berakselerasi dengan cepat di segala situasi dan kondisi jalanan.

2. Dimensi

Selanjutnya kita akan membahas dimensi Vespa Primavera, yang juga penting untuk kamu ketahui. Paggio sendiri mengabarkan bahwa sasis dan bodi milik Vespa Primavera hadir dengan gaya dan semangat yang baru dan berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Rangka Vespa Primavera terbuat dari baja yang besar, yang membuat motor bisa stabil saat dibawa dengan kecepatan yang tinggi. Jadi sangat wajar, jika dimensi dari motor ini besar, yaitu 1852 mm x 680 mm x 780 mm (PxLxT).

Melihat dimensi di atas, bisa disimpulkan bahwa vespa ini mengusung bodi yang besar dan kokoh. Menariknya, tinggi joknya juga sudah disesuaikan dengan ukuran orang dewasa, jadi sangat nyaman dibawa untuk touring ke tempat-tempat yang jauh.

3. Rangka dan Kaki-kaki

Di segmen ini, kita akan membahas tentang rangka dan kaki-kaki yang dimiliki oleh Vespa Primavera. Seperti yang telah disingggung sedikit di atas, skuter matik ini memiliki rangka yang terbuat dari baja, yang pastinya akan berat dan menambah bobot keseluruhannya.

Namun jangan khawatir, rangka yang berat ini telah diantisipasi oleh Paggio sebagai produsennya. Ya, mereka telah membekali vespa ini dengan dua suspensi tangguh di bagian depan dan belakang, yang bisa menyokong bobot vespa dengan baik.

Untuk suspensi depan, Vespa Primavera menggunakan Single Arm, yang dilengkapi dengan pegas Helical dan Double Hydraulic Shock Absorber. Suspensi ini diklaim sangat ampuh untuk memberikan kenyamanan dan keseimbangan kepada pengendara.

Sedangkan untuk suspensi belakang, ada suspensi Shock Absorber Adjustable Preload, yang memiliki 4 setelan. Suspensi ini akan membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman saat bermanuver, khususnya di jalanan terjal penuh bebatuan.

4. Desain

Sektor terluar atau desain eksterior dari Vespa Primavera selalu menarik untuk dibahas, yang mana mengusung desain yang unik dan menarik. Sebenarnya, Vespa Primavera memiliki desain luar yang nyaris mirip dengan Vespa 946.

Vespa ini mengusung desain retro, yang dikombinasikan dengan garis-garis modern dan ergonomis, sehingga tampak elegan. Contohnya saja di bagian depan, yang ramping dan menggelembung ke bawah, mirip dengan desain motor vespa klasik.

Bagian depan vespa ini terlihat sederhana, bahkan mirip dengan vaspa di tahuin 60-an, seperti headlamp yang menyatu dengan dashboard. Kemudian ada dua kaca spion berbentuk bulat, yang memperkuat kesan klasik dari vespa ini.

Untuk mengurangi kesan klasiknya, bagian depan vespa ini terdapat lampu sein dengan desain yang modern dan futuristik. Desain sampin terlihat sederna, ada tambahan lekukan garis modern, yang membuat vespa ini terlihat mewah dan elegan.

Terakhir, bagian belakang vespa ini terdapat lampu belakang (stoplamp), yang berbentuk simetris dan terlihat modern. Overall, Vespa Primavera memiliki desain sederhana dan klasik, namun ada beberapa bagian yang terdapat sentuhan modern dan futuristik.

5. Transmisi

Mesin Vespa Primavera yang menggunakan teknologi i-Get di atas disalurkan ke roda belakang menggunakan sistem transmisi Automatic CVT. Sistem transmisi ini membuat pengendara bisa laju akselerasi vespa menjadi lebih cepat dan gesit.

Selain cocok untuk gaya-gayaan di jalanan kota, sistem transmisi di atas membuat vespa ini terasa handal dibawa di jalanan terjal.

6. Sistem Pengeraman

Sistem pengeraman yang dimiliki oleh Vespa Primavera ini sangat canggih, yang akan membuat pengendara merasa aman saat berkendara di jalanan yang datar maupun licin. Di bagian depan, ada cakram berdiameter 200 mm, sedangkan di bagian belakang ada tromol yang berukuran 140 mm.

Dua sistem pengereman cakram dan tromol ini bisa membuatmu percaya diri saat mengendarai Vespa Primavera. Risiko terjadinya selip, benturan hingga kecelakaan juga bisa diminimalisir, yang mana sangat bagus.

7. Ban

Untuk mendukung dua suspesinya yang membuat Vespa Primavera nyaman untuk dikendarai, sudah ada ban tubeless yang tidak mudah bocor. Ban Vespa Primavera berukuran 110/70-11 untuk bagian depan, sedangkan ban belakang memiliki ukuran 120/70-11.

Kombinasi suspensi yang nyaman dan ban besar yang tidak mudah bocor, membuat Vespa Primavera dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Vespa ini bisa kamu ajak jalan-jalan santai di perkotaan maupun touring melewati jalanan yang lebih kompleks.

8. Bahan Bakar

Vespa Primavera memiliki tangki, yang memiliki kapasitas maksimal 8,5 liter, sangat cukup untuk perjalanan jauh tanpa harus berhenti di SPBU berulang kali. Sedangkan bahan bakarnya sendiri menggunakan bensin, yang penggunaannya bisa efisien berkat mesin teknologi i-Get.

Teknologi tersbebut tidak hanya membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, namun juga ramah lingkungan.

9. Speedometer

Selanjutnya kita bahas spesifikasi motor Vespa Primavera di bagian speedometer, yang menampilkan berbagai panel indikator yang lengkap. Speedometer vespa ini memiliki desain yang klasik, dengan beberapa sentuhan modern dan futuristik.

Panel indikator di vespa ini dibagi menjadi dua, yaitu atas dan bawah. Bagian atas menampilkan penunjuk kecepatan konvensional, yaitu dengan panel indikator analog. Sedangkan di bagian bawah ada panel indikator berbentuk digital, yang menunjukkan sisa bahan bakar.

Panel indikator digital sendiri memilik lampu LCD berwarna biru, yang memperkuat kesan modern dari vespa ini. Speedometer model seperti ini juga bisa kamu temukan di Vespa 946, yang mengkombinasikan desain retro dan futuristik.

10. Fitur

ABS

Sistem pengereman ABS adalah fitur keamanan yang penting, yang akan mencegah ban selip ketika direm. Fitur ini akan membuat pengendara yakin dan percaya diri ketika harus melewati jalanan yang licin.

Pass Switch

Berkat fitur ini, pengendara bisa memilih lampu yang digunakan sesuai dengan kondisi jalan. Ini sangat membantu pengendara, khususnya di jalanan yang gelap, yang risiko terjadinya kecelakaan sangat tinggi.

Engine Check Warning

Selanjutnya ada Engine Check Warning, yang akan membuat lampu indikator menyala saat ada masalah pada mesin. Fitur ini akan mencegah terjadinya damage yang lebih besar, karena kamu akan langsung tahu masalah pada vespa dan menindaklanjutinya.

Opsi Warna

Vespa Primavera hadir dalam 3 opsi warna yang bisa dipilih konsumen sesuai dengan preferensi masing-masing, yaitu :

  • Orange Tramonto
  • Grey Materia
  • White Innocenza

Baca Juga : Spesifikasi Honda New Vario 125 Esp: Motor Irit dengan Tampilan Keren yang Nyaman

Dari review spesifikasi motor Vespa Primavera di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa skuter matik ini mengusung desain klasik dan modern. Vespa dengan mesin berteknologi handal ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 33,3 juta untuk Jakarta dan sekitarnya, bisa berbeda di tempat lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here