Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01 dan Kelebihannya

0
556
Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01 dan Kelebihannya
Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01 dan Kelebihannya

ngin mengenal lebih dalam seputar motor listrik Yamaha E01, maka pembaca bisa mendapatkan berbagai informasinya berikut ini. E01 merupakan salah satu tipe motor listrik yang dikeluarkan oleh produsen kendaraan asal Jepang terbesar di dunia, yaitu Yamaha yang menarik perhatian.

Baca Juga: Yamaha Fazzio vs Honda Genio, Siapa yang Terbaik?

Meskipun di Indonesia sendiri motor listrik belum digunakan secara luas, namun jenis kendaraan roda dua ini memang selalu menarik perhatian. Kendaraan ini tidak membutuhkan bahan bakar sejenis bensin, penggunaan listrik ini dianggap mampu mengurangi polusi dan ramah lingkungan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli motor listrik Yamaha E01, sebaiknya harus bersabar dulu karena kendaraan ini belum terjual bebas di Indonesia. Yamaha memiliki alasan sendiri, mengapa E01 belum dijual secara massal dan Anda bisa mengetahuinya melalui informasi berikut ini.

Namun sebelum penjualan E01 bisa dilakukan secara massal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki oleh kendaraan ini. Serta kami akan mengungkap berbagai alasan, kenapa motor listrik bisa menjadi moda transportasi yang pas untuk berkendara di daerah perkotaan.

Kenali Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01

Sebelum membeli kendaraan, tentu saja kita wajib tau bagaimana spesifikasi dari kendaraan tersebut. Dengan mengetahui spesifikasinya secara lengkap, tentu konsumen bisa menimbang keputusannya, apakah tipe transportasi roda dua tersebut cocok dengan kebutuhan atau tidak.

Sama halnya saat memilih untuk memiliki motor listrik Yamaha E01, tentu dengan mengetahui spesifikasi dari kendaraan ini, maka Anda bisa lebih yakin untuk membelinya atau tidak. Jenis kendaraan roda dua listrik, yang dirilis oleh Yamaha dan kini sudah menjadi incaran banyak orang.

Saat ini memang banyak masyarakat Indonesia, yang mulai tertarik dengan kendaraan ini. Sebab penggunaan mobil listrik memang mulai diterapkan oleh pemerintah, sebagai salah satu langkah menghentikan polusi dan emisi gas yang dihasilkan oleh asap moda transportasi.

Spesifikasi menarik yang berasal dari teknologi canggih dan dimiliki oleh Yamaha E01 adalah, baterai portable yang dapat disimpan di bawah jok motor. Sebenarnya terdapat tiga mode pengisian, yaitu sistem daya cepat, normal, dan portable. 

Untuk pengisian daya cepat hanya membutuhkan waktu 1 jam hingga mencapai 90 persen, pada sistem normal membutuhkan waktu 5 jam agar baterai terisi penuh. Sedangkan pengisian daya pada baterai portable motor listrik Yamaha E01, membutuhkan waktu 14 jam.

Kecepatan maksimal kendaraan bisa mencapai 100 kilometer per jam, sedangkan akselerasi 0-50 kilometer per jam membutuhkan waktu 3,9 detik. Alat transportasi roda dua ini disebut-sebut mirip dengan Yamaha Nmax, karena terdapat stang tinggi dan adjustable windscreen.

Selain itu terdapat pula berbagai fitur menarik, seperti ABS Dual Channel, Traction Control, juga teknologi Y-Connect, yang mengandalkan sim card dan jaringan seluler agar terhubung untuk mengirim data ke server aplikasi.

Kelebihan Memiliki Motor Listrik bagi Diri Sendiri dan Lingkungan

Kelebihan Memiliki Motor Listrik bagi Diri Sendiri dan Lingkungan
Kelebihan Memiliki Motor Listrik bagi Diri Sendiri dan Lingkungan

Perlu kami beritahu kembali, bahwa penggunaan motor listrik yang Anda lakukan, semata-mata tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri saja. Melainkan pengguna kendaraan motor listrik, juga berkontribusi dalam memberi manfaat kepada lingkungan sekitar.

  • Bebas Pajak

Salah satu kelebihan memiliki motor listrik Yamaha E01 adalah, pengguna terbebas dari pajak kendaraan. Saat memiliki alat transportasi pribadi, kita wajib untuk membayar pajak, namun berbeda halnya dengan motor listrik, dimana Pemprov DKI membebaskan pajak menjadi 0%.

  • Ramah Lingkungan

Salah satu kelebihan lainnya adalah, kendaraan ini ramah lingkungan karena tidak ada asap yang keluar dari kendaraan. Sehingga tidak ada karbondioksida tambahan yang berdampak negatif, baik pada lingkungan sekitar maupun kesehatan manusia.

Penggunaan kendaraan ini tidak hanya membawa dampak positif bagi diri sendiri, namun juga di lingkungan sekitar anda, sehingga tidak ada salahnya jika Anda beralih menggunakan transportasi roda dua listrik kedepannya.

  • Irit Bahan Bakar

Dengan menggunakan motor listrik Yamaha E01, Anda juga akan lebih menghemat bahan bakar. Karena transportasi roda dua ini memanfaatkan daya pengisian baterai, maka kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 3.000 saja untuk sekali pengisian dengan waktu minimal 4 jam.

Pengisian daya tersebut tentunya jauh lebih murah, daripada harus mengisi bensin di SPBU. Namun memang waktu pengisiannya jauh lebih lama, sehingga Anda memang harus meluangkan waktu untuk pengisian daya pada baterai. 

  • Perawatan Lebih Mudah

Salah satu keunggulan dari transportasi roda dua listrik adalah, pengguna cukup mudah untuk merawat transportasi roda dua ini karena komponennya sedikit jika dibandingkan dengan motor konvensional. 

Anda hanya perlu mengganti baterai secara berkala, serta melakukan servis agar performa kendaraan stabil. Dengan perawatan yang lebih sedikit tersebut, tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan bisa lebih hemat.

Alasan Motor Listrik Yamaha E01 Belum Bisa Dijual secara Massal

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, mengapa penjualan Yamaha E01 belum bisa dilakukan secara massal. Padahal setelah mengetahui manfaat dari motor listrik tersebut, pasti akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan motor listrik Yamaha E01.

Berdasarkan pihak dari Yamaha Motor Company, Yamaha E01 masih berupa konsep dan belum siap dijual ke publik. Konsep ini juga masih harus dikembangkan, dan perlu dilakukan uji coba beberapa kali hingga siap digunakan oleh konsumen setia Yamaha.

Pihak YMC juga menyatakan, jika nantinya motor ini sudah siap dijual ke publik, maka namanya masih menggunakan Yamaha E01 agar publik tidak bingung. 

Uji coba tersebut nantinya akan dilakukan di 6 negara termasuk Indonesia, untuk memastikan agar motor listrik Yamaha E01 tahan di berbagai kondisi cuaca dan lalu lintas ibu kota.

Kekurangan yang Dimiliki oleh Motor ListrikKekurangan yang Dimiliki oleh Motor Listrik

Meskipun memiliki beragam kelebihan, nyatanya tidak ada alat transportasi yang sempurna dan mampu memenuhi berbagai aspek kehidupan. Terdapat kekurangan tersendiri yang akan Anda rasakan dari menggunakan motor listrik, dan mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan lagi.

  • Beban Maksimal

Salah satu kekurangan dari motor listrik Yamaha E01 adalah, beban maksimal kendaraan ini hanya mencapai 120 kg. Sehingga hanya bisa ditumpangi oleh dua orang dewasa saja, maka dari itu Anda harus berpikir dua kali jika membawa beban berat di atas kendaraan.

  • Jarak Tempuh

Memang ada kekurangan tersendiri, apabila menggunakan bahan bakar berupa baterai. Dimana pengendara hanya mampu beberapa kilometer saja, tergantung ketersediaan baterai pada motor, sehingga jika berkendara jarak jauh, Anda harus berpikir dua kali.

  • Bengkel Resmi dan Sparepart

Karena mayoritas kendaraan masih menggunakan bahan bakar bensin, bengkel resmi atau dealer kendaraan motor listrik Yamaha E01 masih sangat jarang ditemukan. Alhasil jika ada kendala pada kendaraan baik pada baterai atau komponen lain, Anda harus mendapat penggantinya.

Salah satu kekurangan inilah, yang membuat masyarakat Indonesia belum sepenuhnya berganti ke kendaraan tanpa bensin ini. Melihat sedikitnya dealer atau bengkel resmi yang dapat menangani kendaraan listrik, membuat masyarakat tidak ingin mengambil risiko.

  • Rawan Terkena Air dan Banjir

Jika hanya melewati genangan air saja, maka Anda tidak perlu khawatir sebab kendaraan ini sudah mendapat pengamanan kelistrikan dari pabrik. Namun jika genangan airnya cukup tinggi, maka kami sarankan bagi Anda untuk tidak melewatinya.

Merawat Motor Listrik agar Pemakaian Bisa Tahan Lama

Mungkin Anda sudah terbiasa merawat kendaraan roda dua berbahan bakar bensin, lalu apakah merawat kendaraan roda dua berbahan bakar listrik sama saja atau terdapat perbedaan. Untuk lebih lengkapnya, kami akan mengajak Anda untuk mengungkap cara merawat kendaraan ini.

  • Mengganti Van Belt

Van belt berfungsi untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang agar motor bisa melaju, komponen ini memiliki masa pakai tertentu yaitu 3.000 KM. jika sudah mencapai jarak tempuh tersebut, maka van belt harus diganti walaupun tarikan masih dirasa baik-baik saja.

  • Cabut Baterai Jika Tidak Digunakan

Tips merawat motor listrik Yamaha E01 lainnya adalah, pengendara perlu mencabut baterai jika tidak digunakan dalam waktu lama. Namun sebelum dilepas, sebaiknya isi daya baterai terlebih dahulu agar jika ingin digunakan motor bisa langsung dijalankan.

  • Jauhi Banjir

Sebaiknya pengendara juga perlu menjauhi genangan air tinggi atau banjir, yang melebihi soket pengisian daya. Soket terletak pada area dek tengah motor tepatnya di antara kaki pengendara, untuk motor ini sebaiknya Anda tidak nekat menerjang banjir karena bisa merusak kendaraan.

  • Pengecekan pada Ban dan Pengereman

Selain itu pemilik motor listrik Yamaha E01, juga sebaiknya rutin melakukan pengecekan sistem pengereman, setidaknya dua sampai 3 bulan sekali. Dengan mengecek secara rutin, maka akan semakin minim terjadi kerusakan pada kendaraan Anda nantinya.

Baca Juga: Truk Fuso Modifikasi pada Sistem Suplai Bahan Bakar

Banyak sekali brand terkenal dari produsen kendaraan, yang mengeluarkan kendaraan roda dua, dengan bahan bakar listrik. Salah satunya adalah Yamaha, dimana mereka sudah merilis gambar maupun spesifikasi dari motor listrik Yamaha E01, namun belum menjualnya secara masal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here