Spesifikasi Motor Honda PCX 160 : Mesin Lebih Bertenaga dan Desain Sporty

0
525
thumb pcx - spesifikasi motor honda pcx 160

Awal tahun lalu, PT Astra Honda Motor secara meluncurkan All New Honda PCX 160, dimana ada 2 varian yang bisa dipilih konsumen, yaitu All New Honda PCX 160 dan All New Honda PCX e:HEV. Jika kamu tertarik untuk membelinya, maka harus tahu dan paham spesifikasi motor Honda PCX 160.

Baca Juga : Deretan Motor Terlaris di Indonesia di Bawah 250cc, Adakah Andalanmu?

Sebelum membeli sesuatu, lebih baik untuk mengetahui dan mempelajari seluk beluk dan spesifikasi dari barang tersebut, tak terkecuali sepeda motor. Selain tahu harganya, kamu juga akan tahu performa dan potensi motor tersebut ketika digunakan.

Berikut Spesifikasi Motor Honda PCX 160

Akhirnya, setelah terlebih dahulu diluncurkan di Jepang dan Thailand, All New Honda PCX 160 telah hadir di Indonesia, tepatnya pada Jum’at, 05 Februari 2021. Untuk kamu yang tertarik membelinya, maka wajib hukumnya mempelajari spesifikasi lengkapnya, yang bisa kamu simak di bawah ini.

1. Mesin

mesin - spesifikasi motor honda pcx 160

Bicara tentang spesifikasi motor, yang biasa dibahas pertama kali adalah mesinnya. Banyak orang yang penasaran tentang mesin yang disematkan pada Honda PCX 160, apakah ada peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Jawabannya adalah iya, karena motor ini telah dibekali dengan mesin yang memiliki kubikasi lebih besar, yang mulanya 149 cc menjadi 156 cc. Mesin Honda PCX 160 menggunakan konfigurasi 4 SOHC, 1-silinder, pengabut injeksi dan pendingan cairan.

Kombinasi racikan mesin di atas diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal, yaitu 15,8 dk di 8.500 rpm dan torsi puncak di antara 15 Nm di 6.500 rpm. Jika dibandingkan dengan varian 150 cc, versi terbaru ini mengalami pengingkatan kecepatan, yaitu 3,6 dk dan torsi 2,2 dk.

Jumlah katupnya yang meningkat dari 2 menjadi 4 juga berperan penting pada performa Honda PCX 160. Ya, penambahan jumlah katup ini membuat udara dan bahan bakar yang masuk lebih efisien sehingga bisa menghasilkan tenaga yang besar.

Berdasarkan website resmi Honda Jepang, Honda PCX 160 ini memiliki diameter throttle body dan air filter yang besar, yang bisa menyesuaikan pembengkakan mesin. Desain crankshaft juga telah menggunakan versi terbaru, sehingga bisa mengurangi vibrasi dengan baik.

Intinya, mesin Honda PCX 160 ini mampu mengurangi noise dan getaran saat berada di putaran tertinggi. Fitur ACG Starter juga membuat motor bergerung dengan halus nyaris tanpa suara saat dihidupkan pertama kali.

Kesimpulannya, skuter matik premium ini bisa kamu andalkan di berbagai situasi, di jalanan terjal, jarak jauh, maupun perkotaan.

2. Sasis

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sasis Honda PCX 160 telah dirombak dan didesain ulang, yang tujuannya untuk mengurangi berat dan kekauan ketika digunakan. Sekarang, sasinya lebih sederhana, khususnya di bagian belakang, yang bantalannya ditingkatkan menjadi 95 meter.

Hasilnya, motor ini bisa menyerap dorongan di permukaan jalan yang tidak rata dengan sangat baik. Desain pipa tubularnya juga lebih kokoh dan besar, jika dibandingkan dengan PCX lama. Honda mengklaim, desain sasis terbaru ini mengurangi bobot PCX hingga 760 gram.

Selain bobotnya yang menjadi ringan secara signifikan, sasis terbaru ini juga membuat bagasi PCX 160 lebih lega. Ya, saking besarnya, kamu bisa menyimpan helm full face di Honda PCX dengan baik, sangat cocok untuk  membawa banyak barang.

3. Desain

desain pcx - spesifikasi motor honda pcx 160

Jika dilihat desainnya, All New Honda PCX 160 yang rilis di Indonesia ini tidak ada perbedaan dengan versi Thailand. Misalnya saja pada desian lampu depan, yang lebih bersudut, horizontal dan melebar, yang pas sesuai dengan desain Honda PCX 160 secara keseluruhan.

Dibandingkan dengan PCX 150, PCX 160 ini terlihat lebih maskulin, namun begitu tetap cocok digunakan oleh rider wanita. Misalnya saja garis lampu depan yang dibuat lebih sederhana, bentuk lampu belakang yang rata, banyak sudut tajam dan lain sebagainya.

4. Dimensi

Skuter matik premium ini memiliki dimensi 1936 mm x 1108 mm x 742 mm (PxTxL), dengan ketinggian jok mencapai 764 mm. Skuter dengan bobot 131 kg ini memiliki dua kapasitas tempat duduk, dengan jarak ke motor ke tanah mencapai 135 mm.

Spesifikasi motor Honda PCX 160 di atas membuatnya sangat lincah dibawa berkendara kemana pun. Terutama bobotnya yang lebih ringan dibandingkan PCX 150, yang bisa dipacu di jalanan dengan lebih cepat.  

5. Suspensi dan Pengereman

suspensi rem - spesifikasi motor honda pcx 160

Motor Honda PCX 160 dilengkapi dengan Dual Rear Suspensition untuk suspensi belakang dan Telescopic untuk suspensi depan. Dua supensi berkualitas di atas membuat motor ini sangat tangguh dan nyaman digunakan di jalanan kasar.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan sayang jika harus membawa motor kesayangan ke medan yang terjal yang jauh berbeda dengan jalan perkotaan. Motor ini akan membawamu ke mana pun dengan nyaman, di semua situasi dan kondisi.

Untuk pengeramannya sendiri, Honda PCX 160 dilengkapi dengan dua cakram, masing-masing untuk bagian depan dan belakang. Dua cakram yang  makem ini akan membuatmu percaya diri ketika melintasi jalanan yang rata, penuh kerikil maupun jalanan yang licin.

6. Transmisi

All New Honda PCX 160 menggunakan CVT sebagai sistem transmisinya, yang diklaim lebih smooth dibandingkan transmisi matik konvensional. CVT atau Continous Variable Transmission menggunakan puli yang dihubungkan oleh belt/sabuk baja, jadi perpindahan giginya lebih halus.

Berkendara dengan skuter matik premium ini pastinya lebih nyaman, karena minim hentakan sehingga akselerasi dan ketenangan pengendara tidak terganggu. 

7. Sistem Pembakaran

All New Honda PCX 160 menggunakan jenis bahan bakar petrol dan memiliki sistem  pembakaran transistor penuh. Opsi start-nya sendiri adalah electric, yang membuaatmu bisa  menghidupkan motor dengan  mudah.

Motor ini juga memiliki sistem bahan  bakar PGM-FI, yang lebih efisien dan tidak boros bahan bakar. Ditambah dengan kapasitas tangki bahan bakar  8,1 liter,  motor ini sangat aman digunakan untuk perjalanan jauh tanpa harus isi BBM berulang kali.

8. Konsol

konsol pcx - spesifikasi motor honda pcx 160

Honda PCX 160 memiliki panel instrumen dalam bentuk digital, dimana pengendara bisa memantau BBM, speedometer, tripmeter dan panel lainnya dengan mudah. Kamu juga bisa memantau kondisi oli, perawatan v-Belt, dan indikator fitur HTSC (tipe ABS ddaan e:HEV).

9. Ban & Pelek

ban dan velg2 - spesifikasi motor honda pcx 160

Motor  ini memiliki roda dan ban yang lebih gambot, dimana ban tubeless-nya memiliki ukuran 110/70-14 untuk ban depan dan 130/70-14 untuk ban belakang.  Selain tidak mudah bocor, bannya juga sangat bisa diandalkan di semua jenis jalanan.

Beralih ke pelek, motor ini menggunakan desain pelek baru, yang berbentuk Y Shaped dengan palang berjumlah 5. Pastinya, desain pelek terbaru ini membuat All New Honda PCX 160 terlihat lebih sporty dibandingkan varian yang lebih rendah. 

10. Fitur Kemanan dan Keselamatan

smartkey system - spesifikasi motor honda pcx 160

  • Dimmer Switch

Motor skutik premium ini sudah dilengkapi dengan Dimmer Switch, yang membuat pengendara bisa mengatur tingkat  kecerahan lampu. Pengedara bisa memilih kecerahan yang diinginkan, misalnya saja meningkatkan kecerahan di jalanan yang gelap. 

Semua teknologi lampu di motor ini juga sudah menggunakan LED, selain hemat aki, juga bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang. Cahaya yang cukup dan bisa diatur sedemikian rupa membuat fitur kemanan di motor ini komplit.

  • Sistem Pengereman ABS

All New Honda PCX 160 telah menggunakan sistem pengereman ABS, yang bisa menghambat laju motor dengan baik. Sistem ABS ini juga anti selip, yang bisa meminimalisir benturan maupun kecelakaan dengan baik. 

  • Anti Theft Alarm

Pencurian sepeda motor semakin meningkat, tidak heran banyak motor keluaran terbaru dilengkapi dengan fitur anti theft, tidak terkecuali dengan Honda PCX 160. Motor ini dilengkapi dengan Anti Theft Alarm, yang membuatnya berbunyi ketika ada usaha pencurian.

  • Answer Back System

Lupa dimana kamu meletakkan motor? Tenang, motor ini sudah memiliki fitur Answer Back System, yang akan mempermudahkan pengguna menemukan lokasi parkirnya. Ada juga fitur Smart Key untuk menghidupkan motor dengan sekali pencet. 

  • USB Charger

Ada juga USB Charger, yang memiliki daya 5V 2.1A, untuk charging smartphone selama perjalanan. Kamu tidak perlu takut smartphone mati saat  melakukan travelling atau perjalanan jauh.

Baca Juga : Rekomendasi 9 Motor 250 CC Terbaru dan Termurah Untuk Kamu Sebagai Pilihan Sebelum dibeli Nanti

Dari ulasan spesifikasi motor Honda PCX 160 di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa Honda PCX 160 adalah skuter yang bertenaga, irit BBM dan memiliki desain inovatif-sporty. Jika  tertarik, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 30,3 juta (CBS) dan 33,9 juta (ABS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here