Spesifikasi Motor Honda Beat eSP: Skuter Matik Lincah di Jalanan Padat

0
352
thumb beat - spesifikasi motor honda beat

Honda Beat adalah salah satu motor yang paling laris di Indonesia, sedikit banyak berkat performa yang luar biasa, hemat bahan bakar dan harga yang terjangkau. Mengetahui spesifikasi motor Honda Beat terbaru wajib hukumnya jika kamu ingin membelinya tahun ini.

Baca Juga : Kecanggihan Honda Super Cub C125: Motor Retro Terbaik 2021

Salah satu hal yang paling kentara, yang bisa dilihat dari motor ini adalah desainnya yang lebih ramping, membuatnya cocok diandalkan di jalanan padat dengan lincah. Masih banyak hal baik lain tentang motor matik ini, yang bisa kamu simak review-nya di bawah ini.

Berikut Review Spesifikasi Motor Honda Beat Terbaru 2021

1. Mesin

Mesin Honda Beat selalu menarik untuk dibahas, yang lumayan bertenaga untuk motor matik di kelasnya. Jadi, selain desainnya yang lebih fresh, Honda juga meningkatkan kecepatan dan performa di motor matik ini.

Honda Beat terbaru dibekali dengan mesin tipe SOHC, yang memiliki 4 langkah dan berpendingin udara. Mesin ini memiliki kapasitas 110 cc, lengkap dnegan teknologi eSP, yang membuatnya mampun menghasilkan tenaga yang baik.

Ya, motor matik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 8.86 Ps, setiap kali mencapai putaran 7.500 rpm. Motor ini juga mampu mencapai torsi maksimum, di angka 9.01 Nm, tepatnya di putaran ke 6.500 rpm.

Dengan spesifikasi mesin seperti di atas, motor ini cukup mampu diandalkan untuk dipacu dengan cepat. Ya meskipun tidak secepat motor matik dengan cc yang lebih besar, kualitas Honda Beat ini sesuai dengan harganya.

2. Transmisi dan Suspensi

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Honda Beat dialirkan secara otomatis melalui sistem transmisi V-Matic. Menggeber motor bisa lebih lancar berkat sistem transmisi yang berkualitas, sehingga mesin dan roda belakang bisa tersinkronkan dengan baik.

Hasilnya, motor ini bisa diandalkan, entah di jalanan lurus khas perkotaan, jalanan menanjak, hingga jalanan terjal. Rider pun bisa lebih nyaman dan percaya diri ketika mengendarai Honda Beat 2021 di segala situasi dan kondisi.

Selanjutnya kita akan membahas spesifikasi kaki-kaki yang dimiliki oleh Honda Beat 2021, yang bertugas menunjang rangka dan bodinya. Dengan suspensi yang sesuai, motor ini bisa dikendarai dengan nyaman di segala kondisi jalanan.

Untuk bagian depan, Honda Beat eSP menggunakan suspensi telekospik. Sedangkan untuk bagian belakang, kamu bisa melihat suspensi lengan ayun, yang juga sudah dilengkapi dengan peredam kejut tunggal.

Berbekal dua suspensi tersebut, motor ini bisa menahan pengemudi dan penumpang dengan baik. Begitu juga ketika melewati jalan yang berlubang, motor matik ini bisa melaluinya dengan nyaman tanpa mengganggu kestabilan pengemudi.

3. Bahan Bakar dan Sistem Pembakaran

Honda Beat 2021 menggunakan bahan bakar bensin, yang bisa diisi di tangki dengan kapasitas maksimal mencapai 4 liter. Meskipun tidak terlalu banyak, namun sudah umum dimiliki oleh motor matik sekelas Honda Beat ini.

Beruntungnya, mesin Honda Beat terbatu ini sudah dilengkapi dengan teknologi eSF, yang membuat konsumsi bahan bakar bisa diminimalisir. Ditambah dengan sistem pembakaran PGM-FI, Honda Beat eSF ini semakin irit bahan bakar.

Karena itu, kapasitas tangki yang minimalis tersebut masih bisa dibantu dengan teknologi eSF dan sistem pembakaran PGM-FI. Jadi, motor ini bisa dibawa ke perjalanan yang jauh tanpa harus isi BBM berulang kali.

4. Rangka dan Dimensi

Honda Beat eSP memiliki rangka tipe tulang punggung, yang didesain lebih slim dan mungil. Bisa dipastikan, berdasarkan kerangka tersebut, motor ini memiliki dimensi yang lebih kecil, sangat berbeda jika dibandingkan skuter matik premium seperti Honda PCX dan sejenisnya.

Honda Beat eSP memiliki panjang 1856 mm, tinggi 1068m dan lebar 666 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 1256 mm. Rangkanya yang mungil dan ramping membuat Honda Beat 2021 ini hanya memiliki berat mencapai 92 kg.

Beralih ke jok atau tempat duduk, motor matik ini memiliki ketinggian yang mencapai 740 mm, sangat pas dengan postur orang Indonesia. Jadi, motor ini bisa dikendarai dengan nyaman tanpa membuat pegal.

Kemudian ground clearance di angka 146 mm juga membuat motor ini sangat nyaman, khususnya jika dikendarai di jalan perkotaan. Sayangnya, angka tersebut membuat motor ini kurang cocok digunakan di jalanan yang bergerinjal.

5. Sistem Pengereman

Sistem pengereman adalah sektor penting pada sebuah motor matik, karena mempengaruhi keselamatan berkendara. Tanpa sistem pengereman yang baik dan mumpuni, risiko kecelakaan berkendara akan bertambah, yang mana sangat fatal.

Kabar baiknya, Honda Beat 2021 ini telah memiliki sistem pengereman yang baik, ada cakram piston tunggal di bagian depan dan tromol di bagian belakang. Dua sistem pengereman ini sudah sangat baik, yang bisa membuat rider percaya diri di segala medan jalanan.

6. Ban dan Velg

Honda Beat 2021 ini menggunakan ban depan ukuran 80/90-14 M/C – Tubeless dan ban belakang ukuran 90/90 -14 M/C – Tubeless. Tipe ban yang sudah tubeless membuatnya tidak gampang bocor dan lebih stabil ketika digunakan.

Honda Beat ini juga mendapatkan sedikit sentuhan racing, yang terletak di bagian velg-nya. Velg tipe racing tersebut membuat tampilannya sedikit sporty, sangat pas dikombinasikan dengan desain utama yang stylish.

7. Desain

Honda Beat eSP mengusung kombinasi desain yang stylish dan sporty, yang menjadi keunggulan tersendiri dari motor matik ini. Bagian depan dibentuk seperti huruf V, yang terdapat lampu utama di bagian bawah dan lamu sein di bagian atas.

Beralih ke desain samping, motor matik ini memiliki desain yang ramping, slim dan aerodinamis. Sedangkan bagian belakang tampak kompak dan sporty, dimana ada belakang yang dibagi menjadi tiga bagian, seperti lampu stop dan dua lampu sein di kanan dan kiri.

8. Speedometer

Honda Beat mengusung speedometer yang ramah pengguna, yang bisa dimanfaatkan untuk melihat informasi seperti :

  • Penunjuk kecepatan (analog)
  • Indikator mesin
  • Indikator injeksi
  • Lampu sein
  • Lampu utama
  • ECO indikator

ECO Indikator akan membantu rider agar berkendara dengan lebih irit BBM, dimana ada panel berwarna hijau dengan 3 pola.

9. Harga

Honda Beat dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar 11,2 juta, harga untuk daerah Jakarta Selatan. Harga tersebut bisa berbeda-beda, tergantung type dan dimana kamu membelinya, tentunya tidak akan ada selisih yang terlalu banyak.

10. Opsi Warna

Honda Beat eSP hadir dalam 9 opsi warna, yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera, yaitu:

  • Funk Red Black
  • Techno Blue White
  • Hard Rock Black
  • Dance White
  • Garage Black
  • Electro Blue
  • Fusion Magenta Black
  • Deluxe Black
  • Deluxe Silver

11. Fitur

Sistem Pengereman yang Baik

Motor matik ini sudah memiliki sistem pengereman yang baik, yang bisa meminimalisir kecelakaan dan meningkatkan keselamatan berkendara. Pengguna juga bisa lebih percaya diri ketika membawa kendaraan dengan cepat karena sudah ada dua rem yang luar biasa.

AHO

AHO atau Automatic Headlight On adalah fitur yang membuat lampu otomatis menyala ketika kontak diputar.

ISS

Selanjutnya ada ISS atau Idling Stop System, yang membuat mesin akan mati secara otomatis ketika berhenti selama 3 detik. Fitur ini akan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Baca Juga : Deretan Motor Terlaris di Indonesia di Bawah 250cc, Adakah Andalanmu?

Spesifikasi motor Honda Beat eSP memang tidak terlalu istimewa, namun bisa dimengerti jika melihat harganya yang terjangkau. Meskipun begitu, motor ini tetap bisa diandalkan, terutama di jalanan kota, serta memiliki desain yang sporty dan stylish.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here