Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang

0
60
Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang
Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang

Sejarah MotoGP yang sangat panjang dari jaman dahulu sampai sekarang memang menjadi bagian menarik untuk diketahui. Karena selama adanya perjalanan tersebut, pastinya sudah melalui banyak hal sampai menjadi kompetisi Grand Prix sepeda motor terbesar saat ini.

Baca juga: Kehadiran Porsche 911 GT3 di Indonesia, Siap Warnai Otomotif

Pasalnya, kompetisi berikut ini merupakan kompetisi tertinggi pada dunia balapan sepeda motor. Jika kalian merupakan salah satu penggemar dari MotoGP ini, maka jangan sampai lewatkan semua informasi menarik yang akan kami sajikan hanya untuk kalian dalam artikel ini.

Untuk saat ini sendiri, kejuaraan MotoGP sudah terbagi menjadi 3 pembagian kelas yang bisa kalian ketahui. Mulai dari Moto3, kemudian moto2, dan adanya MotoGP itu sendiri. Bagi penggunaan sepeda motor pada ajang tersebut, yakni menggunakan motor khusus (prototype) yang memiliki arti tidak hanya dipakai pada saat balapan saja, namun juga dijual ke pasaran khusus.

Sejarah Kompetisi MotoGP Sejak Tahun 1949-1970

Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang_Sejarah Kompetisi MotoGP Sejak Tahun 1949-1970
Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang_Sejarah Kompetisi MotoGP Sejak Tahun 1949-1970

Untuk mendapatkan banyak informasi menarik mengenai dunia MotoGP berikut ini, kalian dapat memahami sejumlah informasi sejarah MotoGP berikut sampai akhir. Pertama kalinya, yakni sejak jaman 1949, kompetisi atau ajang dari balapan motor ini diselenggarakan oleh Federation International de Motocyclisme.

Sejak adanya kompetisi sejak tahun tersebut, sebenarnya sudah diselenggarakan dengan adanya konsep berbeda dan juga kelas berbeda pada masing-masing ajang balapannya. Terkait pembagian kelas bagi sidecars sendiri atau berupa motor bersespan, diantara memiliki kelas 50cc, kemudian 125cc, 350cc, dan untuk kelas 500cc.

Sempat mendominasi balapan, jenis motor bersama tipe mesin 4 tak ini sekitar masa 1950-an memang sudah ramai. Selain itu, di sepanjang tahun 1960 juga menjadi salah satu bagian yang sudah terjadi lama. Seluruh jenis kelas sudah dibuka dengan mudah, bahkan dari tahun 1960-an sendiri, sepeda motor tipe khusus mulai hadir serta mendominasi kelas kecil pada balapan tertentu.

Jika kalian ingin mengetahui sejumlah daftar juara yang ada di MotoGP, maka simak semua daftar di bawah dengan baik. Daftar berikut merupakan kejuaraan yang sempat terbentuk di tahun 1949 sampai dengan 1970. Pahami secara seksama dan memberikan banyak wawasan menarik bagi kalian.

MotoGP 1949, yang dimenangkan oleh Leslie Graham, kemudian selanjutnya pada 1950 sudah dimenangkan oleh Umberto Masetti. Bahkan di tahun 1951, Geoff Duke sudah berhasil memenangkan pertandingan berikut. Di tahun 1952 sejarah MotoGP sendiri berhasil dimenangkan lagi oleh Umberto Masetti.

Pada tahun 1953 sampai dengan 1955, Geoff Duke sudah berhasil memenangkan semua kejuaraan tersebut dengan baik. Karena kalian bisa mengetahui kehebatan dari Geoff ini, maka senantiasa ketahui secara bagus terkait dengan mereka sendiri.

Kemudian, perlu diketahui pula pada tahun 1956 sejarah MotoGP sampai dengan 1958 sudah dipenuhi oleh kejuaraan dari John Surtees. Dan di tahun 1961, Garry Hocking berhasil mengambil kejuaraan yang hebat. Mike Hailwood berhasil meraih kejuaraan berturut-turut pada tahun 1962 sampai dengan 1965. Serta Giacomo Agostini yang mendapatkan kejuaraan berturut-turut sejak tahun 1966 sampai dengan 1970.

Perjalanan MotoGP Pada Tahun 1971-2001

Sejak tahun 1970-an, keberadaan dari motor bermesin 2 tak sendiri telah berhasil mendominasi serta menyingkirkan keberadaan dari mesin berjumlah 4 tak. Sejumlah motor juga telah menggunakan sebanyak 2 mesin berlangkah dan tiga silinder di dalamnya, memberikan kesan paling istimewa dan menarik.

Beberapa motor yang digunakan, sebenarnya telah memiliki 3 silinder, seperti adanya keberadaan dari MV sejarah MotoGP Agustus yang menggunakan motor tiga silinder berikut ini. Hal ini terbilang sukses untuk dibawa menuju kejuaraan dunia balapan sendiri jika kalian mengetahuinya.

Hal tersebut akan membawa kesuksesan pada pemakaian dari motor tiga silinder terbaik yang bisa kalian ketahui. Pemilihan pada jenis mesin tersebut, sebenarnya dilatarbelakangi oleh adanya bobot lebih ringan, sampai dengan memenuhi sejumlah kualifikasi pada jenis lintasan balap yang semakin menjadi lebih baik.

Sehingga sudah tercetak pada jaman 1997, sudah ada banyak ditemui banyak jenis sepeda motor yang ada di dunia balapan Grand Prix 500 dengan memakai mesin 4 silinder. Keberadaan dari GP500 ini sendiri merupakan buah dari puncak balap MotoGP yang akan memenuhi periode kompetisi diantara masa 1971 sampai dengan 2001.

Jika di atas kalian sudah memahami mengenai siapa saja sejarah MotoGP yang akan mendapatkan kejuaraan dari masa 1971 sampai dengan 2001. Mulai dari MotoGP di masa 1971 Giacomo Agostini yang berhasil memenangkannya sampai dengan tahun 1972. Kemudian selanjutnya diikuti oleh Phil Read pada masa 1973 sampai dengan 1974.

Giacomo Agostini berhasil merebut kejuaraan kembali di masa 1975, lalu Barry Sheene dengan memenangkan kejuaraan pada jaman 1976 dan 1977. Kenny Roberts dengan memperoleh kejuaraan tinggi pada masa 1978 sampai dengan 1980 juga menjadi incaran bagi semua orang.

Dilanjutkan sejarah MotoGP pada zaman 1981 yang berhasil dimenangkan Marco Lucchini, dan 1982 oleh Franco Uncini, 1983 oleh Freddie Spencer. Tidak lupa pada masa 1984 oleh Eddie Lawson, selanjutnya pada 1985 oleh Freddie Spencer. Dilanjutkan kembali melalui beberapa tahun selanjutnya yang bisa kalian ketahui dan kenali dengan mudah dan baik.

Sejarah Panjang Selanjutnya di Tahun 2002- 2019

Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang_Sejarah Panjang Selanjutnya di Tahun 2002- 2019
Sejarah MotoGP, Perjalanan Panjang Kompetisi Hingga Sekarang_Sejarah Panjang Selanjutnya di Tahun 2002- 2019

Memasuki masa transisi sejarah MotoGP adanya keberadaan mesin 2 tak sendiri sudah mulai dipertimbangkan untuk diperbolehkan mengikuti perlombaan atau hanya boleh mengikuti kelas premier saja. Karena memang tepatnya pada tahun 2002 sampai dengan 2006 sendiri, pada kali pertama pabrikan motor tersebut berhasil diizinkan guna memperbesar dari kapasitas total sebuah mesin tersebut.

Sehingga hasil dari kapasitas mesin akan diizinkan mencapai maksimal memenuhi 990cc. Perlu kalian ketahui sejak berada di dalam ajang balapan tahun 2007, kapasitas maksimal dari mesin ini sudah harus memenuhi 800 cc. Kemudian sejarah MotoGP pabrikan motor juga diperbolehkan untuk berguna melakukan pemilihan jumlah silinder.

Jumlah silinder yang sangat tepat dipergunakan yakni berjumlah 3 sampai dengan 6 namun harus memiliki adanya batas berat. Pada tahun tersebut, memang kapasitas motor tidak dibatasi berjumlah 500cc, namun dengan adanya beberapa jenis perubahan menjadi sebuah MotoGP.

Jika kalian ketahui bahwa adanya pabrikan motor ternama berikut, cenderung akan memilih pada pemakaian mesin 4 tak terbaru yang bisa kalian gunakan. Maka dapat hadir pada jenis perlombaan yang akan diterima, untuk mengetahui dari daftar juara pada tahun 2002 sampai dengan 2019, maka kalian dapat menyimak semua sejarah MotoGP di bawah ini.

Sejumlah Daftar Kejuaraan Sejak Tahun 2002-2019

Untuk Valentino Rossi, menjadi kejuaraan pada tahun 2002 sampai dengan 2005, sehingga menjadikan dirinya semakin terkenal pada tahun tersebut. Kemudian selanjutnya, di tahun 2006 posisi Rossi digantikan oleh Nicky Hayden. Dan di tahun 2007 sendiri, Casey Stoner juga dapat menempati posisi tersebut.

Kembali dimenangkan oleh Valentino Rossi, yakni pada tahun 2008 sampai dengan 2009, menjadikan nama Rossi dalam sejarah MotoGP kembali melejit. Jorge Lorenzo juga berhasil menyandang posisi di tahun 2010, casey stoner dengan kemenangan pada tahun 2011, dan Jorge Lorenzo pada tahun 2012.

Kemenangan pada tahun 2013 sampai dengan 2014, diambil oleh Marc Marquez, kemudian di tahun 2015 oleh Jorge Lorenzo. Serta pada tahun 2016 sampai dengan 2019 sudah berhasil dimenangkan kembali oleh Marc Marquez yang menjadi sebuah andalan kemenangan pada tahun tersebut.

Ajang paling bergengsi di dunia ini memang senantiasa memberikan warna baru bagi orang-orang yang menyukainya. Berbagai jenis pabrikan motor ternama yang ada di dunia juga turut andil ketika sudah masuk ke dalamnya. Begitu pula dengan Yamaha, dengan menjadi salah satu pabrikan dan berhasil meraih juara besar dari berbagai bidang prestasi sejarah MotoGP tersebut.

Ada banyak sekali sejarah pengalaman paling besar, maka kalian dapat menjadi buah wawasan terbaik bagi kalian. Tidak ada hambatan yang bisa diperoleh ketika sudah mengikuti serangkaian dari MotoGP yang sudah pernah diadakan selama bertahun-tahun lamanya bagi diri kalian.

Karena penggunaan dari sepeda motor sendiri juga sangat penting kalian ketahui. Banyak orang yang memiliki cita-cita menjadi seorang pembalap, dan berharap bahwa kemampuannya dapat menjadikan kemenangan saat melakukan balapan tersebut dan membanggakan dirinya.

Baca juga: Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala

Dengan mengetahui semua sejarah dan siapa saja yang pernah memenangkan balapan tersebut, menjadikan kalian semakin kuat dalam menghadapi beberapa motivasi terbaik menjadi seorang pembalap. Karena memang tidak ada salahnya ketika memiliki keinginan menjadi pembalap, dengan melihat banyak sejarah MotoGP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here