Performa Motor Yamaha XSR 155: Si Gagah Dengan Gaya Klasik

0
126
thumbnail xsr 155 - performa motor yamaha XSR 155

Dalam kesempatan kali ini gilirannya kita akan membahas secara lengkap seputar performa motor Yamaha XSR 155. Awal perilisan motor sport unik keluaran Yamaha ini diselenggarakan di Thailand sekitar Januari tahun 2020 silam. Jika kamu menggemari motor unik dengan style retro klasik silakan baca hingga tuntas.

Baca Juga : Spesifikasi Motor Yamaha Nmax 125: Skuter Matik Keren yang Powerfull dan Irit BBM

Pada umumnya Yamaha XSR ini mengusung konsep retro klasik pada dominasi desainnya, dipadu dengan mesin gahar serta sistem keamanan maupun kenyamanan pengendara yang optimal. Konsep desain retro klasiknya juga dipadukan dengan ragam fitur modern yang ciamik. Langsung baca ulasan lengkapnya ini.

Berikut Rangkuman Performa Motor Yamaha XSR 155

1. Desain Legendaris

  • Yamaha XSR 155 dinilai mengusung konsep desain motor klasik yang disuguhkan dengan balutan sentuhan modernitas nan kekinian.
  • Yamaha XSR 155 disemati dengan lampu khas motor retro mengusung bentuk desain membulat yang dilengkapi dengan pasangan lampu sein. Lampu utama yang unik dari Yamaha XSR 155 ini telah dibekali dengan teknologi LED. Yang selain memberi nuansa klasik kental namun juga kualitas pencahayaannya makin efisien.
  • Pada bagian tangki bahan bakarnya dilengkapi pula dengan desain lekukan tegas yang memang menjadi ciri khas utama dari naked bike bergaya klasik.
  • Kesan gagah nan berotot ditunjang dari desain tampilan struktur tulang rangka yang jelas dalam menopang blok permesinan di wilayah sekitaran bawah tangki bahan bakarnya.
  • Nuansa motor klasik makin kental terasa dengan desain tampilan jok belakang yang mengusung style Heritage lurus sejajar hingga ke belakang yang amat menyuguhkan gaya legendaris. Amat cocok memenuhi ekspektasi jika kamu penggemar nuansa motor klasik yang maksimal. Kenyamanan kala berkendara jadi terjamin secara optimal tentunya.
  • Untuk bagian lampu belakangnya juga dilengkapi dengan style stop lamp bergaya membulat dengan sematan teknologi LED yang efisien untuk penerangan juga.

2. Fitur Rangka dan Kaki-kaki

 

  • Yamaha XSR 155 keluaran pabrik Jepang ini untuk fitur penopang bodi motor serta penjaga keseimbangan pada bagian depan menggunakan suspensi Thales Copic atau juga Upside Down.
  • Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan suspensi mode Swing Arm atau juga Monocshock sebagai peredam kejut maupun juga getaran kala berkendara. Fitur yang disematkan ini diklaim efektif untuk menjaga keoptimalan keseimbangan kendaraan sekalipun digunakan untuk berbagai medan berbeda-beda lho.
  • Sementara untuk fitur velg Yamaha XSR 155 ini menggunakan tipe Allow Wheels dengan diameter sepanjang 17 inci yang disematkan pada bagian depan sekaligus juga belakangnya.
  • Untuk tipe ban menggunakan jenis Tubeless Dual Purpose dengan ukuran pada bagian depannya yakni 110 / 70 – R17 M / C 54S. Sementara untuk bagian belakangnya mengusung tipe ukuran 140 / 70 – R17 M / C 66S.
  • Lanjut untuk fitur rem maka Yamaha XSR 155 ini menggunakan tipe pemasangan rem cakram lengkap pada bagian depan maupun belakangnya.

3. Fitur Speedometer Digital

  • Untuk desain speedometer Yamaha XSR 155 mengusung bentuk membulat dengan tampilan informasi kendaraan dalam bentuk digital yang memudahkan untuk dipahami selama berkendara. Desain speedometer digital bulat ini terlihat amat kompak serta informatif secara optimal ya.
  • Speedometer digital membulat tersebut mencantumkan beragam info kendaraan yang lengkap. Mulai dari hitungan kecepatan kilometer per jam, tampilan rpm, tampilan jarak yang ditempuh, tampilan waktu dengan panel jam digital, tampilan tachometer, tampilan indikator untuk ketersediaan bahan bakar kendaraan maupun untuk lampu sein serta lampu utamanya.

4. Fitur Dimensi Rangka Optimal

  • Fitur dimensi rangka ini penting untuk menjaga kekuatan keseimbangan bodi motor maupun juga menunjang bentuk kerangkanya yang optimal.
  • Yamaha XSR 155 ini mengusung fitur rangka dengan jenis Delta Box yang memiliki kombinasi unggulan antara bahan yang ringan namun memiliki tingkat kekokohan maksimum.
  • Yamaha XSR 155 ini memiliki susunan ukuran dimensi yakni dengan panjang hingga 2.000 mm, lebarnya hingga 805 mm serta tingginya hingga 1.080 mm.
  • Yamaha XSR 155 ini dilengkapi juga dengan ukuran sumbu roda hingga 1.330 mm yang berpadu dengan ukuran ground clearance hingga 170 mm.
  • Sedang pada bagian ketinggian jok Yamaha XSR 155 ini menyematkan jarak hingga ukuran 795 mm. Terlihat agak lebih tinggi daripada sematan ukuran yang terdapat pada jok Yamaha Vixion dengan jarak hingga 795 mm.
  • Sebagai info tambahan untuk ukuran tangka bahan bakar dari Yamaha XSR 155 ini mampu menampung hingga total kapasitas bensin sebesar 10 liter jumlahnya.

5. Spesifikasi Mesin Gahar

  • Yamaha XSR 155 ini telah dibekali dengan mesin utama SOCH dilengkapi dengan teknologi WA dengan kapasitas mesin maksimum hingga 155 cc yang dikombinasi dengan sistem pendinginan cair.
  • Yamaha XSR 155 ini memiliki opsi transmisi percepatan manual hingga 6 tingkatan. Dengan kisaran target power 19 Hp (19 dk) untuk putaran 10.000 rpm-nya (9.900 rpm). Sedang pada bagian torsinya bisa mencapai hingga 14. 7 Nm setiap kali 8.500 rpm putaran.
  • Yamaha XSR 155 ini mampu mencapai akselerasi top speed hingga 125 km per jamnya ya. Dilengkapi juga dengan sistem suplai bahan bakar tipe Fuel Injection plus pembakaran tipe TCI dengan hasil rasio kompresi hingga 11. 6 : 1 lho.

6. Kisaran Patokan Harga Yamaha XSR 155

Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun lalu di Thailand, Yamaha XSR ini dibanderol dengan harga sebesar 91.500 Baht. Jika dirupiahkan bisa ditemukan harga hingga Rp42.000.000,-. Namun harga di tanah air bisa saja dibanderol lebih murah lantaran Indonesia menjadi salah satu basis produsen motor ini.

7. Keunggulan Yamaha XSR 155

Di bawah ini terdapat beberapa daftar utama yang dinilai memiliki nilai keunggulan spesifik yang berhasil diusung oleh Yamaha XSR 155 ini. Beragam keunggulan di bawah ini menjadi ciri khas kuat yang bisa menjadi referensi pembaca untuk mempertimbangkan mengapa tipe motor satu ini memang layak dipilih.

  • Sematan fitur LED pada lampu klasik akan mengoptimalkan pencahayaan kala berkendara utamanya di saat malam hari. Dengan begini maka keselamatan serta kenyamanan berkendara akan terjamin jauh lebih optimal.
  • Desain tangki bahan bakar tipe drip shaped membuat tampilan motor bergaya klasik ini terlihat makin modern. Akan sangat mendukung juga untuk kenyamanan kala berkendara dengan bentuknya yang amat suportif tersebut.
  • Desain untuk speedometer Yamaha XSR 155 dilengkapi dengan tampilan full LCD digital membulat yang menjadi perpaduan sempurna bertemunya nuansa klasik serta modern dalam sebuah terobosan suatu kendaraan keluaran terbaru satu ini. Desain memukau dilengkapi panel info lengkap yang sangat informatif.
  • Yamaha XSR 155 dilengkapi dengan ban belakang maupun ban depan bertipe tubeless. Jenis ban satu ini sangat bisa mendukung kenyamanan berkendara baik itu di setiap medan perjalanan yang berbeda-beda pula.

8. Kekurangan Yamaha XSR 155

Dengan info yang diusahakan selalu berimbang, disuguhkan pula bagi pembaca mengenai beberapa potensi kekurangan Yamaha XSR 155 yang bisa diteliti lebih lanjut. Diharapkan mampu dijadikan sebagai informasi penyeimbang sehingga ke depannya saat menentukan pilihan tak menimbulkan penyesalan ya.

  • Di balik semua keunggulan yang dimiliki oleh Yamaha XSR 155 ini ada juga sedikit kekurangannya. Salah satu yang kentara yakni ketersediaan elektrik starter yang tidak dilengkapi pula dengan adanya fitur kick starter. Bayangkan pengendara pasti akan agak kesulitan menyalakan motor jika aki atau baterai motor sedang habis. Hal ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu sebelum menentukan pilihan ya.
  • Menurut beberapa pengendara yang telah mencoba Yamaha XSR 155 ini secara seksama suguhan suspensinya memiliki nuansa yang cenderung lebih keras. Sehingga agak mengurangi kenyamanan kala berkendara dengannya.
  • Kenyamanan yang kurang optimal juga dirasakan pengendara dari jenis jok yang dipilih untuk sematan Yamaha XSR 155 ini. Dikatakan jika jok tersebut tak cukup tebal sehingga kurang menyuguhkan kenyamanan kala berkendara pada akhirnya.
  • Selain itu kekurangan Yamaha XSR 155 selanjutnya ada kaitannya dengan harga yang dipatok. Harga tersebut dinilai terlalu tinggi jika dibandingkan dengan fitur yang disuguhkan ke publik. Belum lagi harga tersebut juga akan berdampak pada biaya pajak yang melambung pula. 

Baca Juga : Spesifikasi Motor Honda PCX 160 : Mesin Lebih Bertenaga dan Desain Sporty

Rangkaian daftar poin ulasan perihal performa motor Yamaha XSR 155 di atas diharapkan bisa menambah referensi untuk kamu yang tertarik dengan konsep motor-motor unik. Diulas secara mendetail agar kamu memiliki tambahan rujukan mencukupi untuk bekal menelaah rangkaian keunikan motor sport klasik ini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here