Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui

0
351
Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui
Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui

Menggunakan oli terbaik untuk motor matic akan membuat mesin motor semakin awet dan bertenaga maksimal. Lalai dalam pergantian oli akan merusak banyak komponen dalam mesin, dan yang pasti motor akan kerap menimbulkan masalah.

Baca Juga: Modif Mobil dengan Budget Sedikit yang Paling Efektif

Terutama jika motor matic Anda merupakan bekas, sangat penting untuk memperhatikan kualitas olinya. Memang untuk pergantian oli ini harus dilakukan sesuai dengan seberapa sering motor tersebut digunakan. Jika setiap hari menempuh perjalanan jauh, maka lebih cepat diperlukan pergantian oli.

Untuk mengetahui yang mana oli terbaik untuk motor matic tentu harus disesuaikan dengan jenis motor dan kapasitas mesinnya. Setiap tipe motor pasti memiliki kebutuhan oli yang berbeda, sehingga penting untuk paham apa saja yang menjadi kebutuhan motor tersebut.

Menggunakan oli yang tepat artinya kenyamanan berkendara pasti jauh lebih baik, perawatan motor lebih mudah, serta tenaga motor tersebut bisa keluar secara maksimal. Oleh sebab itu, hal soal pemilihan oli ini tidak bisa dianggap remeh, karena perannya sangat besar. 

Jenis Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Harus Diketahui

Jika bicara tentang oli, pada umumnya orang akan mengacu pada oli mesin, karena jenis ini yang paling umum digunakan di semua jenis motor maupun mobil. Padahal untuk jenis kendaraan matic sendiri, ada oli lain yang perannya sangat penting, yakni oli gardan atau oli transmisi.

Oli mesin adalah yang digunakan untuk menunjang kinerja mesin, yang biasanya dimanfaatkan piston untuk melaju pergerakan mesin. Oli terbaik untuk motor matic untuk mesin banyak tersedia di pasaran, sehingga jauh lebih mudah dalam memilihnya.

Sedangkan oli transmisi ini adalah oli yang memang digunakan untuk kebutuhan transmisi motor matic tersebut, sehingga saat transmisi otomatis ini bekerja, prosesnya lebih mudah berkat adanya pelumas dari oli tersebut. Jika oli tidak ada, pergerakan transmisi otomatis ini bisa terhambat nantinya.

Adanya oli ini membuat komponen dalam mesin serta sistem transmisi bisa digerakan dengan lembut tanpa adanya suara berisik. Hal ini membuat komponen semakin terlindungi dengan baik, dan mencegah terjadinya kerusakan.

Jika oli terbaik untuk motor matic ini tidak diperhatikan, atau sudah berkurang, akan timbul pergesekan antara setiap komponen yang menyebabkan sector CVT jadi rusak. Jadi bukan hanya oli mesin yang perlu diperhatikan, tetapi oli untuk transmisi juga harus rutin diganti. 

Apa Saja Tanda Oli Motor Matic Sudah Harus Diganti

Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui_Apa Saja Tanda Oli Motor Matic Sudah Harus Diganti
Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui_Apa Saja Tanda Oli Motor Matic Sudah Harus Diganti

Biasanya pergantian oli disesuaikan dengan jarak tempuh kendaraan tersebut. Pihak bengkel umumnya merekomendasikan pergantian oli untuk jarak tempuh 1000 km. Tetapi hal ini berbeda untuk setiap mesin motor, karena kebutuhannya juga berbeda.

Sebenarnya tidak harus selalu mengacu pada anjuran pihak bengkel, karena oli terbaik untuk motor matic bisa diganti ketika sudah memunculkan tanda-tanda berikut ini. 

  • Mesin Terasa Semakin Berat

Cara paling mudah mengetahui apakah sudah perlu dilakukan penggantian oli adalah dengan mengecek kinerja mesinnya. Ketika mesin sudah terasa berat walaupun jalanan yang dilalui mulus, berarti sudah dibutuhkan pergantian oli.

Mesin berat ini terjadi akibat oli yang semakin mudah panas, sehingga tidak maksimal dalam melumasi setiap gear atau komponen dalam mesin. Jadi daripada dipaksakan tersebut, lebih baik diganti dengan oli terbaik untuk motor matic agar mesin tetap terlindungi maksimal. 

  • Ketika Dipaksa Melewati Jalanan Medan Ekstrem

Pemakaian juga mempengaruhi perlu tidaknya mengganti oli semakin rutin, karena jika sering dipakai untuk kerja berat, diperlukan oli baru secara rutin. Misalnya ketika setiap hari jalanan yang Anda lewati adalah medan ekstrem yang banyak tanjakannya.

Motor matic dirancang untuk melewati medan yang cenderung rata seperti area perkotaan. Sehingga ketika digunakan melalui medan curam atau tanjakan, mesin harus bekerja lebih ekstra. Oleh sebab itu, oli terbaik untuk motor matic harus lebih cepat diganti agar tetap mampu mengeluarkan tenaga maksimal. 

  • Mesin Tidak Nyaman Dipakai Berkendara

Walaupun Anda baru melakukan pergantian oli untuk motor matic tersebut, bisa saja kenyamanan berkendara tetap belum maksimal. Hal ini terjadi karena adanya kesalahan dalam pemilihan oli tersebut. Jika oli yang Anda gunakan salah, bisa menyebabkan kerusakan mesin.

Jadi lebih baik segera ganti oli dengan spesifikasi dan kualitas yang tepat untuk motor tersebut. Tidak ada gunanya menggunakan oli yang tidak cocok, karena kinerjanya pasti tidak maksimal. Rutin mengganti oli memang penting, tetapi lebih penting memilih jenis yang tepat. 

Cara Memilih Oli Terbaik untuk Motor Matic

Jenis oli untuk motor matic begitu beragam dengan fungsinya masing-masing, sehingga penting untuk paham cara memilih oli yang tepat. Oli yang dimaksud di sini adalah oli mesin, dan pastikan hal ini Anda perhatikan ketika mencari oli tersebut.

  • Sesuaikan Jenis Kekentalan Oli dengan Kebutuhan Penggunaan

Untuk menentukan oli yang tepat untuk motor matic Anda, salah satu hal yang penting diperhatikan adalah kekentalan pada olinya. Kekentalan oli ini harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan, serta medan yang dilalui motor tersebut.

Untuk kebutuhan menengah seperti area perkotaan yang tidak padat, lebih baik pilih oli dengan kekentalan menengah, atau tidak terlalu encer. Karena jika oli terlalu kental, akan membuat kinerja mesin terlalu kental. Jenis oli terbaik untuk motor matic juga tidak boleh mudah menguap. 

  • Pastikan Oli Memiliki Kemampuan Membersihkan Mesin

Hal lain yang juga harus diperhatikan saat hendak memilih oli untuk kendaraan matic adalah pastikan kemampuan oli tersebut tidak hanya melindungi, tetapi juga membersihkan mesin. Hal ini karena bisa saja ada karat atau korosi yang mengganggu kinerja mesin.

Jika endapan pada mesin dibiarkan, lama kelamaan akan menimbulkan banyak masalah pada motor nantinya. Oleh sebab itu penting untuk menggunakan oli yang memiliki kemampuan pembersih, sehingga oli terbaik untuk motor matic ini menghadirkan perawatan maksimal. 

  • Pilih Oli yang Kualitasnya Sudah Terbukti

Ketika memilih oli, yang paling utama juga adalah pastikan oli tersebut memiliki reputasi baik serta sudah memenuhi standar. Oli yang baik umumnya harus sudah mendapatkan standar API, yakni standar yang dibuat oleh American Petroleum Institute.

Semakin tinggi nilai API-nya semakin berkualitas oli tersebut, karena lembaga ini memang khusus menetapkan standar oli yang baik untuk mesin. Jadi pastikan label API ini tertera pada oli terbaik untuk motor matic yang Anda pilih agar manfaatnya untuk mesin banyak. 

  • Minta Rekomendasi Dari Teknisi

Jika Anda masih kesulitan menentukan jenis oli yang tepat untuk kebutuhan motor matic, cara paling mudah adalah meminta rekomendasi para teknisi. Teknisi tentu jauh lebih paham kebutuhan motor Anda, terutama jika teknisi tersebut dari bengkel resmi dan berpengalaman. 

Memastikan motor matic Anda selalu menggunakan oli terbaik sangat penting demi ketahanan motor tersebut. Performa mesin pasti meningkat jika setiap saat menggunakan oli terbaik. Jika menggunakan oli yang tepat, maka tidak perlu mengganti terlalu rutin, karena kualitasnya tetap bagus. 

Dampak Buruk Jika Menggunakan Jenis Oli yang Tidak Tepat

Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui_Dampak Buruk Jika Menggunakan Jenis Oli yang Tidak Tepat
Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui_Dampak Buruk Jika Menggunakan Jenis Oli yang Tidak Tepat

Jika lalai dalam memilih oli terbaik untuk motor matic akibatnya tidak hanya membuat kenyamanan berkendara jadi berkurang, tetapi juga berpotensi membuat umur mesin semakin singkat. Tentu Anda tidak ingin jika motor baru cepat rusak hanya karena masalah sepele tersebut. 

Contohnya jika Anda memaksakan penggunaan oli untuk motor manual dipakai di motor matic, fungsi oli tersebut tidak akan maksimal. Selain itu, jenis komponen pada manual dan matic juga berbeda, sehingga pasti ada komponen mesin yang tidak terlindungi oli nantinya. 

Hal pertama yang akan terjadi pada mesin tersebut jika jenis oli yang dipilih tidak sesuai spesifikasi adalah performa mesin akan menurun drastis. Tenaga yang dikeluarkan tidak maksimal, karena komponennya tidak dapat bekerja optimal. 

Selain itu salah memilih oli terbaik untuk motor matic juga membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Hal ini karena mesin dipaksa bekerja lebih berat, sehingga membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak juga.

Penting untuk setiap pengendara paham bahwa salah dalam pemilihan oli akibatnya tidak sepele, karena akan merusak mesin jika dilakukan untuk waktu lama. Komponen mesin secara perlahan akan mengalami kerusakan, sehingga motor matic Anda usianya tidak akan lama.

Baca Juga: Merek Mobil Listrik yang Telah Masuk ke Indonesia

Oli perannya sangat besar untuk kinerja mesin, sehingga penting untuk memilih jenis oli terbaik, agar motor mampu bekerja secara optimal. Pastikan oli terbaik untuk motor matic sesuai dengan kebutuhan mesin, agar kendaraan lebih nyaman dan tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here