Deretan Motor Terlaris di Indonesia di Bawah 250cc, Adakah Andalanmu?

0
609
thumb motor laris - motor terlaris di indonesia

Sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, tentunya Indonesia menjadi salah satu pasar penjualan motor yang sangat potensial. Deretan motor terlaris di Indonesia pun sangat beragam, karena kecenderungan pemilihan merek yang berdasarkan selera yang bermacam-macam.

Baca Juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Untuk Anda, Pengguna Motor Matic Wajib Tahu!

Mulai dari motor bebek, matic, sport hingga motor gede, semuanya memiliki peluang pasar tersendiri. Namun, untuk kelas di bawah 110cc tentunya motor matic tetap menjadi juara. Ada beberapa tipe yang bahkan sudah menjadi tipe yang kerap dijadikan stereotiping bagi sekelompok orang.

Berikut Deretan Motor Terlaris di Indonesia di Bawah 250cc

Honda Beat Series 110cc

beat 110cc - motor terlaris di indonesia

Honda Beat sudah dinobatkan sebagai motor matic paling laris di pasaran dalam negeri. Bayangkan saja, sejak pertama kali dikenalkan pada khalayak di tahun 2008 yang lalu, kini Honda Beat sudah terjual lebih dari 2 juta unit. 

Hal ini tentu sebuah kabar baik, karena jika dilihat dari segi kapasitas mesin, Honda Beat tergolong memiliki cc yang lebih kecil dibandingkan dengan motor matic lainnya. Awalnya, Honda Beat memang menyasar pangsa perempuan bertubuh kecil sebagai konsumen setianya, hal tersebut yang membuat Beat pertama kali menggunakan tangki berkapasitas 3,5 liter.

Karena animo masyarakat yang luar biasa, akhirnya pada tahun 2012 dikeluarkanlah generasi suksesor yang menggunakan 3,7 liter dengan sistem injeksi yang juga sudah berubah menjadi PGMFI. 

Kelebihan lain yang ditawarkan Honda Beat adalah penghematan pemakaian bahan bakar. Hal ini memang sudah teruji. Dengan tangki yang hanya berisi satu liter pun, kamu masih bisa berkendara hingga 60 km. Bahan bakar yang digunakan pun mudah didapatkan sebab mesin dengan kompresi 9,5 : 1 ini mampu beradaptasi dengan Pertalite maupun Pertamax.

Dengan mesin SOHC 4 langkah, motor dengan kapasitas 108,2 cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga 8,68 PS dan torsi puncak  sebesar 9,01 Nm. Belum lagi pendingin udara yang ditanamkan di dalamnya yang mampu membuat mesin terjaga suhunya secara optimal.

Ada banyak fitur pintar yang dibenamkan ke dalam Honda Beat generasi terbaru, mulai dari Parking Brake Lock, Eco Indicator, CBS atau Combi Brake System, Secure Key Shutter, Double Inner dan masih banyak fitur canggih lainnya. 

Ada 9 warna yang ditawarkan oleh motor seharga 14 jutaan ini, mulai dari Fusion Magenta Black, Dance White, Funk Red White, Electro Blue White, Techno Blue White, Soul Red White, Garage Black, dan Hard Rock Black.

Honda New Vario 125 eSP

vario 125 - motor terlaris di indonesia

Peringkat kedua matic terlaris diduduki oleh Honda New Vario 125 eSP. Motor yang menjadi generasi babat alas matic besutan Honda ini sudah terjual hingga 1,3 juta sejak pertama kali diluncurkan. Hal ini tentu saja karena performa mesin Honda yang sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Menilik dapur pacunya, Honda Vario 125 eSP menggunakan mesin SOHC 4-valve dengan liquid cooled system. Hal ini membuat Vario 125 eSP mempunyai daya keluaran yang besar namun dengan suara yang halus dan suhu mesin yang terjaga.

Keunggulan lain yang disuguhkan oleh motor seharga 18 jutaan ini adalah kapasitas bagasi yang besar, yaitu mencapai 18 liter. Bukan hanya itu saja, penanaman sistem idle stop membuat Honda Vario 125 eSP bisa menghemat pemakaian bahan bakar.

Motor ini juga sudah dilengkapi degan panel instrumen digital, lampu dengan All LED, serta Smart Key System. Selain itu juga ada fitur tambahan berupa theft alarm dan answer back system yang membuat pemiliknya bisa merasa aman meninggalkan motor ini di parkiran.

Honda Scoopy 110 eSP

scoopy 110 - motor terlaris di indonesia

Satu lagi skuter matic besutan Honda yang merajai pasar kendaraan roda dua di Indonesia, dia adalah Honda Scoopy 110 eSP. Sejak diperkenalkan satu dekade lalu, motor yang mengusung konsep retro klasik ini sudah terjual hingga hampir 500 ribu unit. Sungguh sebuah pencapaian untuk motor generasi baru.

Awalnya, banyak orang yang skepstis dengan kehadiran motor dengan desain bagian belakang yang menggembung ini. Namun, ternyata motor dengan lampu sein terpisah  dan menggunakan velg berukuran 14 inci ini mampu membuktikan kualitasnya. 

Dari segi tampilan, memang motor ini lebih mengarah kepada konsumen wanita karena pemilihan warna lembut serta desain yang feminim. Hal tersebut juga yang membuat Honda lebih mengedepankan desain daripada kekuatan geberan mesin.

Untuk dapur pacunya, Honda Scoopy menggunakan tipe mesin SOHC 4-stroke dengan liquid cooling system. Dengan tipe mesin itu, motor berkubikasi 110 cc ini mampu menyemburkan power hingga 9,1 PS per 7.500 rpm.

Dengan harga berkisar antara 15 jutaan. motor yang sudah dibekali dengan Combi Brake System dan Secure Key System ini sangat cocok dibawa berkendara berkeliling kota. Selain itu, penambahan panel dengan kombinasi digital serta analog sangat memudahkan pengedara dalam mengoperasikannya. 

Yamaha Mio M3 125

mio m3 - motor terlaris di indonesia

Deretan motor terlaris di Indonesia selanjutnya diduduki oleh Yamaha Mio M3 125. Dengan cc besar serta mesin yang tangguh, tidak bisa dipungkiri jika mesin berdesain imut ini malah dapat menjadi pesaing bagi motor matic lain di kelasnya.

Hal ini terbukti dari penjualan yang mencatatkan angka hingga setengah juta unit. Dari sejak pertama kali diluncurkan, Yamaha Mio sudah beberapa kali mendapatkan sentuhan baru guna melengkapi kebutuhan para konsumen setianya.

Mio generasi baru membenamkan mesin Blue Core SOHC dengan silinder tunggal 4-stroke dengan sistem pendingin udara. Untuk mendukung performa dapur pacunya, pihak Yamaha juga memadukan sistem pelumasan wet sump serta pengapian TCI.

Salah satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh Mio generasi baru ini adalah adanya Eco Lamp Indicator yang memudahkan pengguna untuk mengatur pemakaian bahan bakar. Selain itu, pembenaman fuel injection pada tangki 4,2 L miliknya membuat motor ini menjadi sangat irit.

Bayangkan saja, hanya dengan konsumsi 1 liter bbm, kamu sudah dapat mengajak motor keren ini berkendara hingga jarak 60.3 km. Jika kamu tertarik membawa pulang motor ini, maka kamu harus menyiapkan mahar sebesar 16,5 juta. 

Yamaha N-Max 155

yamaha nmax - motor terlaris di indonesia

Bermesin Bluce Core, SOHC bersilinder tunggal, 4-stroke dengan liquid cooling system, Yamaha N-Max 155 mampu menghasilkan tenaga hingga 11,1 kW dengan torsi puncak 14,4 Nm. Hal ini tentu menjadikan motor ini masuk ke dalam klasifikasi motor berdaya besar.

Walaupun harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan matic lainnya, namun Yamaha N-Max terbukti bisa menarik hati konsumennya. Bukan hanya lewat bodinya yang gagah dan kompak, kelebihan lain yang ditawarkan motor dengan kubikasi 155 cc ini adalah dari segi kenyamanan berkendara. 

Hal ini membuat Yamaha N-Max 155 sempat meraih penghargaan dalam kategori desain terbaik pada tahun 2018 yang lalu. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Perdagangan dalam kategori bidang transportasi.

Skuter premium ini dilengkapi degan ruang kaki yang lega serta panel digital yang mudah dioperasikan. Fitur lain yang dibenamkan ke dalam motor ini adalah Anti-Lock Braking System, anti theft alarm dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah dibahas di atas, motor ini memang termasuk ke dalam kelas sultan. pasalnya untuk bisa membawa pulang varian motor ini, kamu harus bisa menyiapkan paling tidak 20 jutan. Lebih tepatnya adalah 27,5 juta untuk tipe Yamaha N-Max 155 STD dan 31 jutaan untuk tipe Yamaha N-Max 155 ABS.

Yamaha All New Soul GT

new soul - motor terlaris di indonesia

Motor terakhir yang menjadi motor paling laris di Indonesia adalah Yamaha All New Soul GT yang emmiliki 2 varian, yaitu AKS dan AKS SSS. Jika dilihat, bodi dari motor matic dengan kubikasi 125 cc ini memang besar. Namun, rancangan bodi gendut ini masih bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan Yamaha N-Max.

Mesin motor yang dibanderol dengan harga 17 jutaan ini juga menggunakan teknologi Blue Core. Dengan penggunaan jenis mesin ini, maka akselerasi motor bisa sangat lincah di segala medan. 

Baca Juga : Beberapa Masalah Pada Motor Injeksi yang Sering Terjadi Ini, Akan Membuat Risau!

Dari sekian banyak merek, motor besutan pabrikan gaek seperti Honda dan Yamaha masih menjadi primadona. Sedangkan untuk tipe umumnya yang paling laris adalah varian matic dibandingkan dengan motor bebek manual. Daftar deretan motor terlaris di Indonesia ini bisa saja bertambah seiring dengan penambahan tipe baru dari pabrikan-pabrikan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here