Motor Listrik Gesits Ramah Lingkungan, Modern, dan Canggih

0
323
Motor Listrik Subsidi, Solusi Transportasi Masa Depan
Motor Listrik Subsidi, Solusi Transportasi Masa Depan

Motor listrik Gesits adalah sepeda motor bertenaga listrik yang sudah rilis resmi di Indonesia, dan diproduksi oleh perusahaan bernama Gesits Technologies Industry (GTI). Dirancang khusus dalam mengurangi ketergantungan fosil sehingga ramah lingkungan.

Baca juga : Fakta Motor Listrik Kawasaki dan Serta Cara Mudah Merawatnya

Meski sudah dikembangkan sejak 2015 lalu, tapi produksi baru di mulai sejak 2018 di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Peluncuran resmi stang motor EV pertama di Indonesia ini digelar tahun 2019.

Tepatnya pada IIMS (Indonesia International Motor Show) lalu, awalnya harga rilis dibanderol 24,95 juta rupiah, dengan jumlah pre order yang tembus sampai 1200 unit selama 9 hari pameran IIMS tersebut.

Kini harga makin melambung sebab sudah ada generasi keduanya. Gesits sendiri merupakan nama lainnya Garansindo electric scooter ITS. Dengan diluncurkan motor listrik Gesits, diharapkan Indonesia bisa mandiri menyongsong masa mendatang.

Mengenal Motor Listrik Gesits Lebih Dekat

Mengenal Motor Listrik Gesits Lebih Dekat
Mengenal Motor Listrik Gesits Lebih Dekat

Motor listrik tersebut merupakan salah satu sepeda dengan tenaga listrik lokal yang sedang berkembang di Indonesia dan menjadi alternatif untuk kalian. Tentu menarik ketika kalian butuh alat transportasi hemat bahan bakar.

Dibekali dengan dinamo listrik dengan menggunakan sistem AC 1500 Watt yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,7 hp pada rpm 3600. Serta torsi 30 nM pada rpm 3600, tentu cukup memukau.

Ditambah dengan baterai Li-NCM 72 volt 20 AH, yang dapat menempuh jarak 100 Km jika diisi maksimum. Semua itu ditambah dengan berbagai fitur modern yang membuat penggunaan motor listrik Gesits semakin praktis saja.

Untuk urusan pengisian daya bisa dilakukan sendiri di rumah atau mengganti baterai ke stasiun pengisian terdekat. Tentu dengan merogoh kocek sesuai dengan daya yang sudah terkandung di dalam baterai tersebut.

Semakin canggihnya fitur yang diberikan, dikombinasikan dengan mudahnya pengoperasian bersama sistem matic atau tanpa gigi. Jadi pengguna hanya perlu menarik tuas gas untuk mengatur kecepatan gas yang Kalian mau gunakan. 

Keuntungan Memilih Motor Listrik Gesits

Bagi kalian yang tertarik dengan EV gesits untuk dipakai sebagai daily driver, sebaiknya ketahui keuntungan dan kerugian ketika memilihnya. Meski sudah diproduksi secara baik sesuai standar nasional, tidak semuanya cocok.

Harus mengetahui apa saja keuntungan dan kelemahannya lebih dahulu, sebelum memutuskan untuk memilihnya. Silahkan simak beberapa keuntungan yang akan bisa kalian rasakan bila memutuskan untuk memilihnya sebagai daily driver.

  1. Ramah lingkungan tentu merupakan keuntungan pertama, sudah jelas bahwa tidak ada bahan bakar fosil di sini, semua murni menggunakan listrik yang diproduksi oleh negara melalui tenaga pembangkit listrik di Indonesia.
  2. Biaya lebih hemat untuk sehari-hari, penggunaan seperti ini memang akan sangat cocok dengan pilihan EV, sebab bahan bakar minyak jelas jauh lebih mahal untuk dibeli daripada listrik.
  3. Tenaga responsif bisa dikatakan iya, sebab akselerasi dari motor mesin memang lebih lancar, tapi untuk urusan top speed masih ditempati oleh motor dengan mesin konvensional.
  4. Baterai dapat diisi ulang, jadi masa pakai cenderung lebih lama dari pada bahan bakar yang harus tiap hari membeli serta antri ke pom atau membeli secara eceran, dengan harga mahal.
  5. Fitur-fitur sangat modern dan terkesan keren sesuai jaman, terdapat banyak fitur menarik yang akan membantu pemakaian makin mudah, seperti pengereman ABS, sistem kunci pintar, start stop dan lain lain.
  6. Mendukung kemandirian energi dalam negeri, sebab negara kalian sudah bisa memproduksi listrik tanpa campur tangan negara lain. Apalagi potensi tenaga listrik tidak terbatas di negara ini.

Jadi banyak kecocokan pilihan motor listrik Gesits karena keunggulannya sangat sinkron dengan keadaan di Indonesia. Hanya saja dibalik keuntungan pasti ada kerugian pada apapun itu, sehingga kalian harus mengetahui itu.

Kerugian Memilih Motor Listrik Gesits

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun juga ada beberapa kerugian yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

  1. Jarak tempuh terbatas, dimana satu baterai penuh hanya memiliki jarak sekitar 100 Km, tidak cocok untuk perjalanan jauh karena harus melakukan pengisian ulang sampai 7 jam, jadi memakan waktu.
  2. Waktu pengisian daya yang lama, sudah disinggung bahwa satu kali pengisian sampai penuh butuh 7 jam kurang lebihnya. Ini menjadi hambatan karena tidak semua orang mau menunggu waktu selama itu.
  3. Infrastruktur pengisian daya belum banyak dan merata, jika dipakai pada Jabodetabek tentu akan beres. Tapi, ketika penggunaan akan dilakukan antar kota, pasti tidak bisa karena belum semua pom sediakan itu.
  4. Biaya operasional mahal jika dipikir secara keseluruhan saat ingin perjalanan jauh. Intinya jika ingin lebih aman dalam perjalanan jauh, setidaknya bawa baterai cadangan dan itu pasti mahal untuk kalian beli.
  5. Suhu dapat mempengaruhi kinerja baterai, sehingga akan membuat motor listrik Gesits bisa berjalan tidak sesuai perintah, bahkan bisa memperpendek usia baterai. Tidak cocok untuk cuaca di negara Indonesia ini.
  6. Harga lebih mahal daripada motor spesifikasi sama dengan mesin konvensional. Sehingga pangsa pasar hanya bisa pada kalangan atas, jadi tidak memberikan manfaat secara keseluruhan, kecuali disubsidi oleh pemerintah pusat setempat.
  7. Penggunaan bahan kimia dalam baterai yang tidak ramah, nikel menjadi bahan tersebut yang sulit untuk dicari. Belum lagi ada eksploitasi yang ada di Afrika untuk mendapatkannya, seperti pisau bermata dua. 

Meskipun ada beberapa kerugian yang bisa didapatkan, tapi jika Kalian memiliki uang lebih boleh untuk menjadikannya daily driver. Apalagi yang hanya digunakan untuk urusan jarak dekat, sudah pasti pilihan terbaik.

Spesifikasi dan Fitur-fitur Motor Listrik Gesits

Keuntungan dan kerugian merupakan pertimbangan ketika akan membelinya. Namun, itu tidak mencakup apa spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan. Jadi kalian harus tahu itu dan ini dia daftar penjelasan lengkap terbarunya:

  1. Spesifikasi:
  • Mesin bertenaga listrik AC 2000 Watt
  • Tenaga maksimum 6,7 Hp
  • Torsi maksimum 30 Nm
  • Baterai lithium-ion 72V, 20 Ah
  • Jarak tempuh maksimum 100 km per pengisian daya (dua baterai)
  • Maksimal kecepatan motor listrik Gesits mencapai 70 km per jam
  • Panjang x lebar x tinggi (1,947 mm x 674 mm x 1,135 mm)
  • Wheel base 1,290 mm
  • Berat total keseluruhan 244 kg
  • Curb weight 94,5 kg
  • Maksimal penumpang 150 kg
  1. Fitur:
  • Sistem pengereman ABS
  • Sistem kunci pintar
  • Sistem start-stop
  • Layar digital yang menampilkan informasi kecepatan, jarak tempuh, dan sisa baterai
  • Lampu LED yang hemat energi dan tahan lama
  • Desain yang aerodinamis dan ergonomis serta kekinian
  • Motor listrik Gesits tersedia dalam beberapa pilihan warna
  • Tempat penyimpanan benda di bawah jok
  • Pengisian daya menggunakan colokan listrik rumah
  • Mudah dikendalikan dan cocok untuk pemula
  • Lampu hazard sama seperti pada kebanyakan mobil

Spesifikasi dan fitur yang semakin menunjukkan bahwa ini pilihan bagus di jaman sekarang. Mulai dari desain sampai mesin dipikirkan matang-matang untuk keselamatan serta kenyamanan pengguna, sehingga membuatnya wajar dilirik orang-orang.

Harga OTR Motor Listrik Gesits Baru dan Bekas

Harga OTR Motor Listrik Gesits Baru dan Bekas
Harga OTR Motor Listrik Gesits Baru dan Bekas

Harga motor EV karya anak bangsa Indonesia ini berbeda-beda tergantung pada banyak aspek. Apalagi jika ditanya mengenai kondisi baru dan bekas. Namun, untuk keluaran terbaru jelas tercantum pada 28 jutaan.

Sementara untuk kondisi bekas, tergantung dari tahun pembuatan, kondisi kendaraan, lokasi penjualan, dan kesepakatan antara kedua belah pihak. Kisaran harga bekas pada kisaran dari 18-20 jutaan, sudah turun 40 persenan.

Bisa juga jauh lebih rendah tergantung dari banyak aspek, jadi kalian harus teliti dalam melakukan transaksi pada pembelian kondisi bekas. Bila perlu pakai jasa inspeksi yang sudah ada di Internet.

Detailnya pada harga bekas tergantung dari pertama lokasi, kedua tahun pembuatan, dan ketiga kondisi motor. Semakin bagus akan semakin mahal harga dan bisa berlaku sebaliknya bahkan sampai 16 jutaan saja.

Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada faktor-faktor pasar. Oleh karena itu, sebaiknya cek harga motor listrik Gesit secara langsung di dealer resmi atau pasar kendaraan yang terpercaya sebelum membeli kendaraan tersebut.

Baca juga : Tips Mudah dan Sederhana Merawat Vespa Matic Agar Tetap Awet

Itulah beberapa informasi yang bisa didapatkan mengenai kendaraan populer tersebut. Semakin kesini pasar akan beralih ke EV dari konvensional. Jadi tidak ada salah mempelajari seluk beluk dari motor listrik Gesits.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini