Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya

0
57
Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya
Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya

Motor listrik Anubis adalah inovasi yang brilian. Sepeda motor ini merupakan produksi Baran Energy. Seri yang dikeluarkan, yakni Anubis Cruissercross, adalah tipikal kendaraan yang cocok guna melintas off-road maupun jalan raya.

Baca juga: Aplikasi E-Samsat untuk Bayar Pajak Online

Motor jenis ini terbilang sangat fungsional. Merupakan motor serba bisa di segala macam kontur medan jalanan. Terlebih dengan menggunakan listrik sebagai nyawanya, membuat motor ini tampak super-modern dan efisien.

Mengenal Tentang Motor Listrik Anubis

Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya_Mengenal Tentang Motor Listrik Anubis
Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya_Mengenal Tentang Motor Listrik Anubis

Spesifikasi dari motor ini sangat mumpuni. Motor Anubis mempunyai kapasitas baterai 8,3 kWh. Dengan kapasitas tersebut, Anubis bisa melesat menembus 130 km lebih untuk pemakaian di area perkotaan.

Motor ini menciptakan tenaga hingga 46 HP dengan torsi senilai 106 Nm. Anubis bisa terus digeber hingga kecepatan maksimal 160 km/h. Catatan yang impresif untuk ukuran motor listrik.

Dari segi desain, Anubis sangat tampak futuristik. Panel bodi motor yang minimalis serta penggunaan cover suspensi membuat motor lebih penuh. Sistem pengereman depan dan belakangnya menggunakan satu cakram.

Motor listrik Anubis menampilkan elemen bernuansa digital pada dirinya dengan amat eksplisit. Seluruh lampunya menggunakan sistem LED. Sementara itu, kompartemen penyimpanannya ada di atas tempat bahan bakar di motor konvensional.

Akan ada dua tipe motor Anubis yang akan dilepas ke pasar. Keduanya dibedakan dari segi velg, yakni spoked off road dan velg jalan raya.

Paspampres Akan Gunakan Anubis

Keandalan yang dibuktikan oleh motor keluaran anyar Anubis Cruiser Cross rupanya tidak main-main. Sekelas Paspampres saja tertarik untuk menggunakannya sebagai kendaraan patrolinya. Kemampuan akselerasinya sangat mengagumkan.

Dengan menaiki motor listrik Anubis, speed 100 km/h bisa kalian tempuh dalam jangka waktu 3 sekon saja. Baran Energy selaku produsen bahkan memberikan garansi baterai dengan jangka 10 tahun untuk motor dengan kecepatan maksimum 160 km/h ini.

Pihak Paspampres sendiri sampai kepincut dibuatnya. Dikabarkan, lima puluh unit Anubis Cruiser Cross siap dipesan pihak Paspampres. Dan tidak hanya Paspampres, Angkatan Darat tak ketinggalan juga melirik motor listrik ini.

Dari segi spesifikasi, pihak Baran Energy sendiri mengatakan bahwa itu bisa disesuaikan, termasuk jika jadi deal dengan Paspampres. Mulai dari segi desain, komponen tambahan, sampai kapasitas baterai bisa dibuat menyesuaikan kebutuhan.

Motor listrik Anubis telah mendapatkan 8 konsumen pertama mereka. Namun, produksi unitnya akan sangat dibatasi. Kabarnya, jumlah yang diproduksi belum sampai ribuan dan bisa dibilang ini limited edition.

Meski demikian, akan tetap ada pengembangan seri ke depannya. Penjualan seri pertama ini sebagai uji coba untuk dua kuartal pertama tahun ini. Pangsa pasarnya pun masih eksklusif yakni para kolektor atau pencinta motor listrik.

Limitasi unit yang dipasarkan ini disebabkan oleh problematika perizinan. Tipe motor listrik Anubis ini dipatok sebagai “niche” produk lebih dulu. Setelah melihat perkembangan maka akan diluncurkan seri-seri berikutnya yang lebih terjangkau.

Sudah Diuji di Sirkuit Sentul

Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya_Sudah Diuji di Sirkuit Sentul
Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya_Sudah Diuji di Sirkuit Sentul

Seri pertama motor listrik Anubis sengaja dikonsentrasikan pada segi performa. Meski kecepatan maksimalnya 160 km/h, namun itu masih bisa digeber lagi hingga menyentuh speed 220 km/h. Akselerasinya yang gila juga menjadi daya tarik tidak tertandingi.

Untuk mengecas baterai motor listrik ini sampai penuh, perlu waktu kurang dari 7 jam. Dengan kapasitas baterai yang mumpuni, waktu pakainya pun akan setimpal dan worth it sekali untuk digunakan.

Bobot motor listrik Anubis ini mencapai 175 kilogram serta sudah diuji di landasan sirkuit Sentul. Hasilnya, kecepatan puncak motor ini masih bisa didorong lebih kilat lagi. Dengan mode fashion sport, Anubis bisa menembus jarak 60 meter hanya dalam satu detik.

Hasil yang didapat dari mengecas Anubis hingga penuh selama 7 jam adalah jarak tempuh yang bisa jauh. Diperkirakan, dengan baterai penuh, Anubis bisa berlari melibas jarak 166 kilometer.

Fitur motor ini juga memiliki dua tipe berkendara. Ada mode Eco dan Sport. Mode Eco adalah untuk mengendalikan supaya tidak begitu liar, dan mode Sport berguna untuk menguji speed maksimum.

Meski futuristik dan super modern, motor listrik Anubis masih mengadopsi beberapa bagian pada motor sport konvensional. Hanya saja, tentu dilakukan adaptasi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, penggantian fungsi dari tangki bahan bakar.

Salah satu fitur yang cukup unik dari Anubis yaitu Power Home. Memang, fitur ini tampak tidak berbeda jauh dengan apa yang ada pada mobil listrik Tesla. Fitur ini memungkinkan baterai kendaraan dioptimalkan guna mengakomodir voltase listrik rumahan.

Khas Motor Adventure

Torsi yang dipunyai Anubis mungkin berjiwa sport, akan tetapi dari segi desain, motor ini justru memiliki kekhasan motor tipikal adventure. Sisi ini tampak pada spakbor yang tinggi dan bermoncong serta kehadiran handguard pada motor.

Kalau kalian berminat untuk membelinya, siapkan dana 10 juta rupiah sebagai setoran awal pembelian. Ini sebetulnya cukup terjangkau mengingat motor seri ini dijual dengan kuantitas terbatas. Maka nominal pra pesannya tampak bisa dimaklumi.

Motor listrik buatan lokal ini memang mengusung style adventure. Tidak heran jika harga 300 juta cukup kompatibel untuk ber-offroad ria menaiki motor listrik Anubis. Ini tentunya menjadi pembuka menuju mode baru yakni era motor listrik.

Kedatangan era kendaraan listrik sepertinya memang sudah semestinya. Hal ini mengingat energi tak terbarukan seperti pasokan bahan bakar fosil yang terus menipis dieksplorasi setiap hari. Kelahiran Anubis juga sebagai respon atas keluhan publik tentang problem polusi.

Penamaan Anubis ini juga sangat mitologis. Anubis diambil dari salah satu dewa Mesir dan dianggap sebagai representasi loyalitas dan pengantar menuju masa yang lebih baik. Visi inilah yang senantiasa dibawa Baran Energy dalam mengembangkan motor listrik Anubis.

Misi untuk menghadirkan energi baru sebagai upaya preventif menanggulangi ketergantungan terhadap energi tak terbarukan adalah demi masa depan. Semangat transisi menuju ke masa yang lebih baik inilah yang mendorong Baran Energy memproduksi motor listrik.

Motor listrik Anubis memang memiliki spesifikasi yang mengagumkan. Torsi 92 Nm, top speed secepat kilat, dan clutchless direct drive pada tipe transmisinya juga menjadikan motor ini kian paripurna.

Keunggulan dari Motor Listrik

Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya_Keunggulan dari Motor Listrik
Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya_Keunggulan dari Motor Listrik

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh motor listrik yang tidak dipunyai oleh mobil konvensional. Khususnya, berkaitan langsung dengan kualitas lingkungan terutama pada reduksi dampak polusi udara.

  • Hemat Energi dan Performa Impresif

Mobil listrik jauh lebih baik dalam efisiensi energi daripada kendaraan konvensional. Baterai mobil listrik mengubah 59 hingga 62 persen energi untuk menggerakkan kendaraan. Sementara itu, mobil bertenaga gas hanya mengubah 17 hingga 21 persen energi.

Motor listrik pun juga tidak kalah mumpuni. Mereka memungkinkan operasi mengemudi yang tenang dan mulus dengan akselerasi yang kuat. Dengan cara ini, kalian akan dua kali diuntungkan dari segi efektivitas penggunaannya.

  • Minim Perawatan

Mobil listrik terdiri dari bagian yang bergerak jauh lebih sedikit daripada mobil konvensional. Mereka tidak memerlukan penggantian oli atau filter bahan bakar, timing belt, dan muffler untuk diganti sementara mobil bensin melakukannya. 

Pemilik mobil konvensional harus mampir ke pom bensin setiap kali mobil mereka ingin diisi ulang. Namun, dengan mobil listrik, kalian tidak perlu melakukan itu. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan tipe lain, misalnya, seperti motor listrik.

Motor listrik memiliki bagian yang bergerak jauh lebih sedikit dan tidak pernah memerlukan penggantian oli, busi, atau filter bahan bakar. Pengereman regeneratif juga memperpanjang umur bantalan rem dengan menggunakan motor listrik untuk memperlambat kendaraan.

Ini biasanya berarti menurunkan biaya perawatan secara keseluruhan dan meningkatkan penghematan. Asal patuhi panduan cara merawatnya dengan baik, motor listrik akan jauh lebih menghemat daripada motor konvensional.

Kalian dapat mengisi daya mobil atau motor listrik plug-in di rumah dalam semalam. Bisa juga dengan mengisi daya kendaraan Anda di tempat kerja atau saat berbelanja di toko kelontong. Sangat-sangat fleksibel dan nyaman digunakan.

Baca juga: Cara Blokir STNK Secara Online dengan Praktis

Banyak pemerintah di planet ini menawarkan kredit pajak dan berbagai insentif untuk membantu meningkatkan penjualan mobil atau motor listrik. Hal ini sebagai respons guna mendukung teknologi yang lebih terbarukan karena motor listrik Anubis lebih efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here