13 Motor Bekas Sebagai Bahan Motor Custom Ini Bisa Anda Jadikan Cafe Racer yang Keren Banget

0
1661
thumb cafe racer - motor bekas sebagai bahan motor custom

Motor custom Café Racer kian hari kian banyak peminatnya. Tampilan motor yang unik dan keren ditambah performa mesin yang mantap adalah alasan kenapa banyak orang menyukai jenis motor ini. Kamu bisa memanfaatkan motor bekas sebagai bahan motor custom untuk membuat motor Café Racer sendiri.

Baca Juga : 15 Jenis Motor Custom Terlengkap (Café Racer, Scrambler, Bobber, dll), Punya Salah Satunya?

Tidak semua jenis motor cocok dimodifikasi menjadi motor Café Racer. Mayoritas motor yang cocok bertibe naked bike. Indonesia memiliki banyak naked bike legendaris yang bisa Kamu jadikan motor café racer.

Daftar Motor Bekas Sebagai Bahan Motor Custom Café Racer

Agar modifikasi yang akan Kamu lakukan berhasil, tidak ada salahnya untuk melakukan riset mendalam mengenai modifikasi motor Café Racer. Banyak bergaul di komunitas pencinta motor custom akan banyak membantu. Diperlukan biaya yang tidak sedikit dan kerja keras untuk bisa membuat motor ini dari nol.

Selain soal anggaran dan desain, kamu pun akan dihadapkan pada masalah kelangkaan. Melakukan pencarian komponen dan motor yang akan menjadi basis Café Racer bisa menjadi sebuah petualangan yang tidak terlupakan. Akan ada banyak hal menarik dan baru yang akan kamu alami.

Berikut adalah 13 motor bekas yang bisa dimodifikasi (dijadikan bahan) untuk membuat motor Café Racer:

1. Suzuki Thunder 125

Dengan anggaran yang tidak besar, Suzuki Thunder 125 bisa kamu andalkan untuk dimodifikasi menjadi Café Racer. Dasar dan bentuk motor sudah sudah sangat cocok dan kamu tidak akan kesulitan memodifikasinya. Perombakan bagian buntut dan perombakan kerangka tengah perlu kamu lakukan.

Kekurangan terbesar dari Suzuki Thunder 125 adalah mesinnya yang tidak memiliki tenaga yang besar. Jika kamu menggunakan ban lebar dan komponen yang berat, laju motor ini tidak begitu mengesankan. Suzuki Thunder 125 bekas sebenarnya tidak sulit untuk ditemukan di luar sana. 

Hanya saja, biasanya motor ini kamu temukan dalam keadaan tidak utuh. Asalkan mesin masih bagus, perombakan besar tidak akan memakan waktu yang lama. Suzuki Thunder 125 bekas dijual di kisaran harga Rp 1,8 juta sampai Rp 3 juta. Harga tersebut terbilang ekonomis.

2. Suzuki Thunder 250

Selain Thunder 125, Thunder 250 juga cocok untuk dijadikan motor Café Racer. Motor ini justru memiliki bodi yang dinilai lebih pantas dimodifikasi dibandingkan dengan Thunder 125. Sayangnya, ketersediaan Thunder 250 cukup langka. Jika berhasil dimodifikasi, selain keren motor kamu akan terlihat sangar.

3. Suzuki A100

Jika berhasil diubah menjadi Café Racer, tampilan Suzuki A100 akan terlihat lebih unik dan eksklusif. Suzuki A100 adalah salah satu motor bekas sebagai bahan motor custom yang paling dicari. Suzuki A100 memang memiliki kemiripan dengan S90. Harga bekas dari motor ini pun dinilai cukup ekonomis. 

4. Yamaha Scorpio 225

Scorpio 225 dinilai adalah motor yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai motor custom Café Racer. Kepantasan tersebut bisa dilihat dari bodi dan performa mesinnya. Bodi yang dimiliki oleh Scorpio 225 dinilai sangat pas dan untuk melakukan modifikasi tersebut, kamu tidak akan kesulitan melakukannya.

Selain bodinya yang mantap, Scorpio 225 juga dibekali dengan mesin yang tangguh. Motor Café Racer Kamu dinilai akan memiliki tenaga yang besar. Untungnya, ketersediaan motor ini cukup baik. Jumlah motor bekasnya di pasaran dinilai cukup melimpah. Kamu pun tidak akan kesulitan menemukannya.

5. Yamaha RX King

RX King memang memiliki jiwa Café Racer. Aura vintage dan customnya sudah terlihat bahkan sebelum motor ini dimodifikasi untuk dijadikan motor Café Racer. Motor yang identik dengan “kebandelan” dan “keliaran” jalanan ini memang sepenuhnya pas untuk dijadikan motor Café Racer.

6. Yamaha RX Twin 125

Beberapa orang yang keras hati, ambisius, dan mau mengambil risiko menggunakan motor ini untuk dijadikan motor Café Racer. Jika kamu memiliki kesabaran, ketekunan, dan anggaran yang cukup, Yamaha RX Twin 125 bisa menjadi motor Café Racer yang keren, langka, dan eksklusif.

7. Kawasaki Ninja 250R

Kawasaki Ninja 250R bisa dimodifikasi menjadi motor custom Café Racer. Performa mesin Ninja 250R memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Laju kencang dengan tarikan penuh tenaga mampu dihasilkan oleh motor ini. Faktor lain yang membuat motor ini bisa dijadikan Café Racer adalah bodi jenis full fairing. 

Bodi tersebut dikenal kokoh. Jika berhasil dijadikan motor Café racer, Kawasaki Ninja 250R akan memiliki tampilan yang unik, perpaduan klasik, dan modern. Harga Kawasaki Ninja 250 R bekas memang masih tinggi. Kamu bisa membelinya di kisaran harga Rp 19 juta sampai Rp 25 juta.

8. Honda Tiger

Motor bekas sebagai bahan motor custom selanjutnya adalah Honda Tiger. Honda Tiger dilengkapi dengan mesin 200 cc dan performa yang garang. Tidak mengherankan jika motor ini banyak dicari untuk dijadikan motor Café Racer. Tangguh dan dan bandel memang karakter dari motor legendaris ini.

Honda Tiger memiliki bodi yang cukup besar. Bobot motor ini pun cukup berat. Dengan beberapa modifikasi masalah “berat badan” tersebut bisa teratasi, modifikasi custom café racer memungkinkan bodi motor menjadi lebih ramping. Akibatnya, kemampuan bermanuver motor ini menjadi lebih baik.

Tiger 2000 dan Revo adalah 2 jenis Tiger yang paling banyak dicari untuk dijadikan motor Café Racer. Untuk Revo, teknologi PGM-FI membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Harga Honda Tiger bekas ada di kisaran Rp 5 sampai Rp 7 juta. Di masa depan, nilai motor ini mungkin justru meningkat.

9. Honda CB250

Honda CB250 adalah motor Honda CB yang sangat populer. Motor ini cukup banyak dicari dan menjadi favorit banyak orang. Rupa dari motor ini sudah menyerupai motor Café Racer generasi pertama. Tanpa dimodifikasi pun aura dan kesan klasik dari Café Racer sebenarnya sudah terpancar dari motor ini.

Honda CB250 tidak memiliki rilis baru. Artinya, motor ini akan menjadi legenda dan berstatus klasik selamanya. Kamu bisa memodifikasi motor ini menjadi motor Café Racer yang tangguh. Tidak hanya terlihat keren, motori ini juga memiliki mesin yang bertenaga.

10. Honda CB650

Honda CB650 memiliki rupa yang gagah dan keren. Sayangnya, ketersediaan motor ini cukup langka. Harganya pun cukup tinggi. Jika kamu menginginkan motor ini untuk dijadikan motor Café Racer, kamu tampaknya memerlukan anggaran yang cukup tinggi. Jika sukses dimodifikasi, hasilnya akan bernilai tinggi.

11. Honda S90

Anggaran yang diperlukan untuk membeli motor klasik dari Honda ini tidak perlu tinggi. Harga Honda S90 ini tidak mahal. Honda S90 adalah tipe Honda CB yang dinilai gagah dan berkelas. 

Mengubahnya menjadi motor Café Racer tampaknya akan menjadi sesuatu yang cukup menyenangkan dan memuaskan.

12. Honda Mega Pro

Honda Mega Pro terutama yang edisi aktor sinetron “Primus” memang masih memiliki harga yang lumayan tinggi. Motor ini, bekasnya bisa dijual di kisaran harga Rp 4 juta sampai Rp 7 juta. 

Semakin baik kondisinya, tentu semakin mahal pula harganya. Mega Pro memiliki struktur yang seimbang dan proporsional.

Dari bagian rangka depan sampai ke belakang terlihat lurus. Beberapa penyesuaian memang perlu dilakukan. Untungnya, memodifikasi Honda Mega Pro menjadi Café Racer cukup mudah. Memang rata-rata motor Honda terkesan lebih mudah untuk dimodifikasi menjadi motor custom.

Untuk modifikasi, Mega Pro yang dirilis di bawah tahun 2008 direkomendasikan untuk dimodifikasi ketimbang Mega Pro baru. Kelebihan lain dari motor ini adalah kapasitas mesin 160 cc dengan tenaga yang mumpuni. Pemasangan komponen berat tidak akan membuat motor menjadi lamban.

13. Honda GL100

Honda GL100 adalah salah satu motor basis terbaik untuk dijadikan motor Café Racer. GL100 yang merupakan rilisan tahun 1979 adalah suksesi dari Honda CB. Honda GL100 juga merupakan salah satu motor favorit untuk dijadikan motor Café Racer. Modifikasi yang dilakukan cukup sederhana.

Kamu bisa memasang fairing yang menjulur hingga bawah. Dari situ saja, tampilan motor ini sudah terlihat klasik. Selain kelahiran tahun 1979, kamu juga bisa menggunakan Honda GL100 kelahiran 1984. Harga bekas motor ini ada di kisaran Rp 1 juta sampai Rp 6 juta. 

Baca Juga : Deretan Motor Terlaris di Indonesia di Bawah 250cc, Adakah Andalanmu?

Tidak mudah memang mencari motor bekas sebagai bahan motor custom Café Racer. Faktor umur dan ketersediaan motor menjadi alasan kenapa melakukan perburuan motor-motor tersebut adalah sebuah tantangan besar. Dengan kesabaran dan tekad kuat, kamu pasti bisa membuat motor Café Racer idaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here