Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan

0
481
Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan
Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan

Pecinta motor tentu tidak asing dengan RX King, salah satu motor keluaran perusahaan Jepang, Yamaha. Memiliki julukan raja jalanan, seberapa hebat motor ini hingga banyak kaum adam menyukainya?

Baca Juga: Mobil BMW yang Menyajikan Berkendara Senyaman Mungkin

Motor satu ini terkenal dengan 2 taknya. Perjalanan motor 2 tak di Indonesia juga tidak lepas dari keberadaan motor ini, karena saking melekatnya. Selama puluhan tahun, memang menjadi motor impian banyak orang hingga laris di pasaran.

Salah satu alasan kenapa RX King menjadi idola karena performanya yang sulit ditandingi pada masanya. Dulu, masih belum banyak motor dengan performa seperti milik motor Yamaha satu ini.

Selain performanya, desainnya yang dianggap simple tapi cukup berkelas membuat motor keluaran Yamaha tersebut selalu dicari. Ingin mengenalnya lebih jauh? Inilah informasi detailnya untuk Anda.

Review Singkat RX King yang Menjadi Favorit 

Jika Anda melihat film tahun 80-an, pasti melihat satu jenis motor yang sangat familiar. Motor dengan bentuk lurus dan ramping. Biasanya laki-laki muda yang sering membawa.

Itu adalah motor keluaran Yamaha dengan seri RX King. Bagi Anda yang lahir di tahun 80-90an, pasti pernah diantar sang ayah sekolah menaiki motor tersebut.

Jika dibandingkan dengan motor zaman sekarang, memang cukup jauh. Tapi kenangannya tidak bisa terganti. Dulu jenis RX juga paling bagus performanya dibandingkan motor lainnya.

Kecepatannya cukup bagus pada zamannya, dan desainnya lebih berkelas serta simple. Itulah kenapa orang dulu banyak memilihnya. Tidak salah dijuluki dengan raja jalanan.

Sebab di tahun 80 hingga 90-an, Anda akan sangat mudah menemukan orang mengendarai sepeda motor tersebut. Ini sudah menjadi kendaraan sehari-hari.

Untuk sekarang, apakah seri RX si raja jalanan sudah tidak diproduksi lagi. Bahkan telah disuntik mati sejak tahun 2009. 

Jika Anda melihat RX King di tahun sekarang, itu sudah pasti umurnya sudah lama, puluhan tahun yang lalu tapi masih cukup bagus bila dikendarai.

Lalu, kenapa RX menjadi incaran banyak orang pada tahun-tahun itu? Alasan pertama, desain motor Yamaha ini memang tidak lekang dimakan waktu, bersifat abadi.

Anda bisa lihat generasi ke generasi dari motor satu ini. jika diingat-ingat memang desainnya hanya itu-itu saja. Tapi hal itu tidak menjadikannya kuno, namun menjadi ciri khasnya.

Lalu, alasan kedua kenapa harus memilihnya karena memiliki tarikan tenaga yang kuat dengan mesin ganas. Dibekali dengan Yamaha Energy Induction System, mampu mempunyai tenaga cukup besar.

Karena teknologinya yang cukup canggih, RX King menciptakan mesin 2-tak dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 18,5 PM pada putaran mesinnya, yaitu 9000 rpm. Tidak hanya lincah, juga memiliki handling cukup baik.

Ulasan selanjutnya, mengapa masih menjadi idola laki-laki, motor RX sparepart originalnya masih banyak dijual. Meski motornya tidak diproduksi yang terbaru, tapi sparepartnya masih. Jadi, Anda tidak perlu bingung.

Keunggulan Si Raja Jalanan yang Disukai Hingga Sekarang

Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan_Keunggulan Si Raja Jalanan yang Disukai Hingga Sekarang
Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan_Keunggulan Si Raja Jalanan yang Disukai Hingga Sekarang

Jika Anda bertanya, kenapa RX King sudah tidak diproduksi di tahun ini, atau beberapa tahun belakangan, itu karena beberapa sebab. Penyebab utamanya karena gas emisi yang dikeluarkan motor tidak sesuai dengan gas buang sekarang.

Kini, motor yang masih mengeluarkan asap dari dalam knalpotnya, tidak bisa mengaspal lagi. polisi pasti akan mencegatnya karena telah melanggar berlalu lintas. 

Berbeda dengan zaman dulu di tahun 80-an, seri RX dari Yamaha ini memang menjadi jagoan di aspal. Kecepatannya cukup bagus dibandingkan jenis motor lainnya.

Meski desainnya sudah tercipta hampir 40 tahun lalu, tapi tidak termakan zaman. Tidak salah bila desain motor tersebut disebut juga desain abadi.

Jika dulu Anda membelinya, harganya memang mahal jika mengikuti perkembangan nilai tukar rupiah setelah inflasi.

Namun sekarang, motor RX King justru cukup murah. Bahkan ada yang hanya dibanderol 1 jutaan saja. Tapi seperti yang diketahui, untuk mengaspal ke jalan raya perkotaan, sudah tidak boleh. Tapi untuk koleksi saja boleh.

Jika masih ada yang berminat dengan seri RX Yamaha, itu dikarenakan masih banyak kelebihan yang terlihat. Seperti bodinya yang keren dan kecil, sehingga ketika dikendarai sangat ringan.

Memiliki volume silinder 132 cc dan bertipe 2 tak, memang kecepatannya cukup bagus. Uniknya, RX raja jalanan memerlukan 2 jenis pelumas. Pertama oli mesin, dan yang kedua adalah oli samping dan sebagai campuran bahan bakar mesin.

Dari awal pembuatannya, memang sudah dirancang sebagai motor cepat oleh Yamaha. Tidak heran juga, kenapa untuk dibawa berkendara bisa bergerak dengan kecepatan maksimal.

Untuk kelebihan lainnya, knalpot langsing, untuk menempuh perjalanan jauh sangat bandel, mudah dimodifikasi, dan harga jualnya masih cukup bagus.

Spesifikasi Detail Dari RX King Motor Yamaha

Meski sudah tidak lagi berproduksi, Yamaha seri RX ini masih diminati banyak orang. Entah hanya untuk koleksi, pajangan, atau sekadar untuk berkendara ringan di jalanan kompleks untuk melepas rasa rindu.

Ingatlah jangan bandingkan dengan motor jaman sekarang. Seri RX King itu sudah tidak diproduksi sejak tahun 2009. Jadi, tidak bisa mengikuti perkembangan motor jaman sekarang dengan teknologi terbaru.

Jadi, deskripsi detail spesifikasi yang akan kami sampaikan ini hanya untuk Anda dengan minat tinggi pada seri RX si raja jalanan. Berikut adalah spesifikasi detailnya :

  1. Dimensi P x Lx T dari motor ini adalah 1.970 mm x 735 mm x1.065 mm
  2. Untuk beratnya mencapai 100 kg. Masih terbilang ringan untuk motor khusus laki-laki.
  3. Perkiraan jarak sumbu rodanya, yaitu 1.245 mm
  4. Kapasitas bahan bakarnya mencapai 9,5 liter
  5. Tipe mesinnya 2 tak dengan adanya pendingin mesin.
  6. Untuk karburatornya sebesar Cm 26 x 1 Mikuni
  7. Ban depan 2,75-18 4 PR
  8. Ban belakang 3,00 – 18 4 PR
  9. Velg RX King menggunakan spoke wheel

Kisaran Harga Motor RX Sekarang Ini

Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan_Kisaran Harga Motor RX Sekarang Ini
Mengenal RX King, Motor Yamaha yang Menjadi Raja Jalanan_Kisaran Harga Motor RX Sekarang Ini

Sebenarnya untuk spesifikasinya cukup banyak detailnya. Tapi paling inti, seperti yang telah kami sebutkan di atas. Sudah jadi bahan pertimbangan juga mau membelinya atau tidak.

Karena RX King sudah tidak diproduksi lagi, jadi memang harga yang tertera itu masih harga zaman dulu atau bahkan semakin rendah.

Meski begitu, orang yang menjual motor tipe RX itu masih banyak. Rata-rata memang second, tapi karena dirawat dengan baik, jadinya masih cukup bagus.

Seri RX paling baru dikeluarkan pada tahun 2008. Setelah itu, sudah tidak ada lagi. untuk keluaran 2008 itu masih banyak digunakan hingga sekarang.

Jika dimodifikasi, gas keluarannya tidak terlalu berasap, sehingga bisa turun ke aspal jalanan kota dengan aman. Jika penasaran dengan harganya, berikut perkiraannya :

  1. Keluaran tahun 1983-1985 sekitaran Rp 2,5 juta sampai 2,75 juta
  2. Tahun 1986-1990 harganya Rp 2,85 juta sampai 3.1 juta.
  3. 1995-1996 itu antara Rp 4.2 juta sampai 5.4 juta
  4. Sudah memasuki tahun 2000 harganya naik menjadi Rp. 5.7 juta sampai dengan 8.4 juta
  5. Paling baru, yaitu antara tahun 2006-2008 yaitu Rp. 8.2 juta sampai dengan 15 juta.

Harga tersebut tergantung dari toko atau daerah masing-masing. Tapi perkiraan harganya memang rata-rata seperti itu.

Tips Merawat Motor RX Raja Jalanan yang Antik

Motor satu ini memang begitu antik, terutama untuk keluaran tahun 80-an. Banyak kenangan pula yang tersimpan di dalamnya.

Jika Anda memiliki peninggalan motor RX King dari Eyang, buyut atau bahkan ayah sendiri, bisa terus disimpan dengan baik melalui perawatan paling tepat.

Untuk keluaran tahun 2005 sampai 2008, itu perawatannya biasa seperti motor pada umumnya. Yaitu diservis secara rutin, ganti oli, hingga ganti ban atau aki jika sudah waktunya.

Untuk motor RX kelas anti, yaitu antara tahun 80-90-an, memang lebih ekstra lagi dalam perawatannya.

Pertama, selalu cek kondisi oli motor. Pelumas motor RX memang ada dua. Pengecekan secara berkala mencegah piston menjadi kering.

Lalu, pastikan bahwa sparepart yang ada di dalam motor masih layak pakai. Untuk itulah pengecekan secara rutin wajib dilakukan agar tahu kondisi mesin di dalamnya.

Hindari juga untuk mengangkat beban terlalu berat. Jika sering mengangkat beban berat, mesin akan cepat panas dan sudah pasti mengalami kerusakan dalam waktu cepat.

Dan paling penting, bila digunakan dalam perjalanan jauh, sangat penting motornya untuk beristirahat selama 24 jam.  Dengan melakukan hal itu, mesin akan terjaga kualitasnya.

Baca Juga: Uniknya Helm Cargloss Untuk Penyuka Gaya Retro

Sudah terpikirkan mau membeli edisi tahun berapa? Dengan ulasan dan spesifikasi tertera di atas, memang perlu perawatan ekstra untuk RX King. Tidak dianjurkan juga menggunakannya di tengah kota jika motornya keluaran tahun 80 hingga 90-an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here