Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya

0
39
Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya
Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya

Bagi para pecinta motor, informasi mengenai motor termahal di dunia mungkin menjadi daya tarik tersendiri. Mengingat saat ini, motor tidak hanya digunakan untuk kebutuhan sehari – hari saja, melainkan juga sebagai barang koleksi.

Baca juga: Modifikasi Lampu Tepat Agar Snow Blindness Tidak Terjadi

Setiap motor memiliki modifikasi sesuai fungsinya masing – masing, sehingga harganya juga berbeda satu sama lainnya. Beberapa motor yang diciptakan dengan teknologi dan performa mesin kuat daripada mobil tentunya memiliki harga mahal.

Tidak jauh berbeda dari teknologi lainnya, kendaraan motor juga melewati perkembangan sesuai eranya. Simak penjelasan berikut tentang perkembangan motor secara umum di dunia, perkembangan sesuai eranya, dan tipe – tipenya.

Sejarah Perkembangan Motor di Dunia Sejak Abad 19

Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_Sejarah Perkembangan Motor di Dunia Sejak Abad 19
Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_Sejarah Perkembangan Motor di Dunia Sejak Abad 19

Beberapa tahun setelah munculnya sepeda kayuh pertama dari Pierre Michaux, muncullah kehadiran sepeda motor hingga pertengahan 1880an. Ernest, adalah anak dari Pierre Michaux yang membuat sepeda motor pertama.

Ia menciptakannya dengan cara menggabungkan mesin uap kecil ke salah satu desain sepeda pertamanya, lalu mereka mulai memproduksi berbagai model. Namun sebenarnya, revolusi motor sendiri terjadi pada tahun 1885.

Awal dari munculnya motor termahal di dunia ini dimulai dari penemuan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach. Mereka berhasil memproduksi sepeda motor dengan mesin pembakaran berbahan bakar bensin.

Tidak heran jika Anda mengenal sepeda motor modern bernama Riding Wagon, karena diambil dari nama penemunya, Daimler Reitwagen. Mulai saat itu, para penemu dan insinyur lainnya membuat sepeda mesin versinya sendiri.

10 tahun semenjak Daimler Reitwagen dirilis, ada pabrikan Jerman Hildebrand & Wolfmuller yang memproduksi sepeda motor pertamanya secara massal. Dari sini, terciptalah fitur keselamatan dan permintaan semakin meningkat selama awal abad 20.

Perkembangan Motor Termahal di Dunia Sesuai Eranya

Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_Perkembangan Motor Termahal di Dunia Sesuai Eranya
Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_Perkembangan Motor Termahal di Dunia Sesuai Eranya

Berikut ini adalah pembahasan tentang bagaimana perkembangan motor di dunia yang dikelompokkan berdasarkan eranya.

  • Era Jerman

Henry Hildebrand dari Munich memperkenalkan motor model terbaru pada tahun 1892. Kemudian disusul oleh Werner Brothers tahun 1897. Jadi penjualan sepeda motor pertama adalah untuk umum.

Motor tersebut merupakan hasil pabrikan Munich, Jerman, yang bernama Hildebrand und Wolfmuller di Muenchen tahun 1893.

  • Era Amerika Serikat

Perkembangan motor termahal di dunia berikutnya berdasarkan era Amerika Serikat. EJ Pada tahun 1985, Pennington mendemonstrasikan sepeda motor desainnya sendiri, sehingga dianggap menjadi orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle.

  • Era Inggris

Saat era Inggris tahun 1902, ada perusahaan pembuat sepeda bernama Triumph yang memutuskan memproduksi motor pertama menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada 1905, mereka memproduksi sendiri secara utuh motor tersebut.

  • Era Perang Dunia I

Era PD I (1914 – 1918), Indian Motorcycle Manufacturing Company menjadi pabrik motor terbesar di dunia. Namun tahun 1953, mereka diambil alih oleh Royal Enfield.

  • Era Perang Dunia II

Sedangkan masa PD II (1939 – 1945), motor diciptakan khusus kebutuhan militer saja. Baru setelahnya, yaitu 1946, Piaggio sang desainer Italia memperkenalkan skuter Vespa yang langsung menarik perhatian dunia.

  • Pasca Perang Dunia II Sampai Sekarang

Perkembangan motor termahal di dunia terakhir adalah pasca PD II hingga saat ini. Honda memproduksi motor bebek dengan nama cub pada tahun 1952. Akhirnya motor bebek produksi Jepang tersebut semakin populer. 

Tipe – Tipe Motor Sesuai Fungsinya

Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_Tipe – Tipe Motor Sesuai Fungsinya
Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_Tipe – Tipe Motor Sesuai Fungsinya

Jika Anda sedang berencana membeli motor, maka ada baiknya mengenal dahulu tipe – tipenya sesuai dengan keperluan. Berikut adalah tipe sepeda motor yang dapat Anda jadikan referensi sesuai fungsinya.

  • Sport

Jenis sport atau motor balap terkenal akan desain body aerodinamis, biasanya dipakai dalam ajang balap motor. Tujuannya supaya aliran angin lebih lancar dan tidak menghambat laju motor.

Secara umum, motor sport mempunyai kapasitas mesin lumayan besar. Namun jika digunakan untuk jalanan umum, performa mesinnya dibatasi.

  • Naked/Standar

Tipe naked sebenarnya tidak jauh berbeda dari sport, hanya saja tidak ada tambahan fairing. Biasanya dipakai di daerah perkotaan sebagai kendaraan harian. Posisi berkendaranya lebih nyaman karena tidak membungkuk seperti sport.

  • Enduro

Enduro atau motocross sebenarnya hanya dikhususkan berbagai jenis jalanan aspal maupun tanah berbatu. Enduro sering dipakai saat event balap gurun ratusan kilometer karena memang mesinnya tahan dengan segala medan.

  • CUB

Tipe motor termahal di dunia berikutnya yaitu CUB. Cub lebih dahulu terkenal di Jepang dan Indonesia dengan bentuk kerangka seperti leher bebek. Desain memudahkan wanita agar mudah mengendarainya walaupun mengenakan rok.

  • Cruiser

Tipe Cruiser umumnya dipakai untuk keperluan jarak jauh karena kapasitas mesinnya juga bisa dikatakan lumayan besar. Jadi Cruiser lebih cocok digunakan pada jalanan aspal lebar.

  • Sport Tourer

Seperti Cruiser, Sport Tourer juga berfungsi untuk perjalanan jauh, namun perbedaannya terletak pada Tourer yang desainnya seperti motor Sport. Ukuran lebih lebar serta dilengkapi kotak khusus membuatnya dapat menyimpan barang bawaan.

  • ATV

ATV memiliki 4 roda serta dipakai untuk area berbatu atau berlumpur, sehingga tidak cocok digunakan pada jalanan umum, ATV dipakai ke beberapa area yang tidak dapat dilalui oleh mobil.

  • Skuter

Tipe motor termahal di dunia berikutnya yaitu skuter. Segmen pasarnya paling besar di Asia, sering digunakan di perkotaan maupun desa karena dianggap lebih multifungsi. Perkembangan skuter memunculkan banyak produsen ternama.

7 Motor Termahal di Dunia

Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_7 Motor Termahal di Dunia
Menengok Motor Termahal di Dunia dan Perkembangannya_7 Motor Termahal di Dunia

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa terdapat beberapa motor yang justru memiliki harga lebih mahal daripada mobil. Bahkan ukuran tubuh, ban, serta kapasitas penumpangnya lebih kecil.

Namun motor mahal ini memiliki teknologi serta performa mesin lebih kuat, oleh sebab itu patokan harganya tidak jauh berbeda dari mobil atau bahkan di atasnya. Berikut adalah 5 motor mahal di dunia.

  • Brough Superior SS100

Motor termahal di dunia yang pertama datang dari Brough Superior SS100 tahun 2015 Brough sendiri meluncurkan motor ini saat pameran EICMA tahun 2016 yang dibanderol harga Rp. 632 juta.

Motor Brough memiliki keunggulan pada performa yang kuat ditambah desain terbaik serta konstruksi terbuat dari bahan unggul.

  • Energica Ego 45 Limited Edition

Berikutnya adalah Energica Ego45 Limited Edition bebas emisi, berada pada kisaran harga Rp. 1 miliar karena merupakan motor listrik lintasan balap. Sampai saat ini, Energica Eco merupakan motor listrik terbaik.

  • Virus Alyen 988

Motor termahal di dunia selanjutnya adalah Virus Alyen seharga Rp. 1,4 miliar. Tampilan bodynya keren sehingga disebut sebagai karya seni roda dua. Desain motornya menarik daripada motor – motor besar pada umumnya.

Virus Aylen merupakan sport motorcycle bertenaga 200bhp semi naked karena didukung oleh mesin V-twin dari Ducati Panigale. Tidak heran jika beberapa kalangan menginginkan agar Virus Alyen dibekali mesin V4 Ducati juga. 

  • Ducati Panigale V4 Superleggera

Kedua, Ducati Panigale V4 Superleggera 230 bhp dengan bobot 159 kilogram. Namun bisa dibilang bahwa motor ini tergolong sangat ringan, bahkan tidak jauh berbeda seperti bobot motor sport menengah ke bawah.

Karena produksinya terbatas, maka hanya ada 500 unit untuk seluruh dunia, dibanderol kisaran harga Rp. 1,5 miliar. Jadi walaupun bobotnya ringan, namun Ducati Panigale V4 Superleggera memiliki tenaga lumayan besar.

  • Combat Motors P-51 Combat Fighter

Motor termahal di dunia berikutnya adalah Combat Motorts P-51 Combat Fighter harga Rp. 1,6 miliar, dikenal sebagai motor pilihan modern. Combat Fighter didesain copper serta bobber classic dengan menonjolkan garpu depan girder.

  • Arch KRGT-1

Selanjutnya adalah Arch KRGT-1 bergaya cruiser seharga Rp. 1,6 miliar. Arch KRGT dikenal karena performa buasnya ditambah sentuhan custom spesial. Bahan produksi menggunakan aluminium billet, sehingga harga jualnya sangat tinggi.

  • Combat Motors Wraith

Berikutnya adalah Combat Motors Wraith, yaitu salah satu motor paling eksklusif. Didesain dengan kecepatan tertinggi lebih dari 250 kpj dari tenaga 145 bhp serta torsi 160 lb-ft.

Mesin tersebut yang dimasukkan dalam rangka aluminium billet. Oleh sebab itu, Combat Motors Wraith dibanderol pada kisaran harga Rp. 2,2 miliar.

Secara umum, motor di atas didominasi oleh motor sport karena kapasitas mesinnya besar, teknologi performanya kuat, mampu menempuh jarak jauh. Di Indonesia sendiri, mayoritas didominasi oleh jenis motor skuter karena serbaguna.

Namun Anda tetap dapat melintasi jalanan menggunakan motor mahal seperti penjelasan kami tersebut. Sebelum membeli motor termahal di dunia, tetap pertimbangkan juga keperluannya dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here