Beberapa Masalah Pada Motor Injeksi yang Sering Terjadi Ini, Akan Membuat Risau!

0
653
thumbnail motor - motor injeksi

Sekarang ini, pengguna motor injeksi kian banyak. Hal itu karena motor injeksi yang ditawarkan sebuah perusahaan lebih hemat bahan bakar daripada motor karburator. Walau lebih hemat bahan bakar, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada sebuah motor injeksi.

Sebelum Anda ingin mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada motor injeksi, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu injeksi dan bagaimana sistem injeksi ini bekerja. Injeksi merupakan suatu metode efisiensi pembakaran, yaitu pencampuran antara bahan bakar dengan udara pada sebuah kendaraan bermotor dengan perangkat yang bernama injector (injektor) untuk menghasilkan suatu pembakaran yang sempurna. Injektor ini bertugas untuk membekali campuran bahan bakar dengan udara tadi.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Kesayangan, Agar Tetap Awet Dan Aman

Sehubung dengan efisiensi pembakaran pada motor injeksi, masih saja ada masalah yang sering terjadi. Jika Malfunction Indicator Lamp atau kode sensor lampu pada motor Anda hidup dan berkedip, itu tandanya ada masalah yang muncul. Dengan begitu, sebaiknya Anda jangan mematikan mesin kendaraan Anda, tetapi carilah sumber masalah yang terjadi pada kendaraan tersebut.

Masalah Pada Motor Injeksi yang Sering Terjadi

masalah injeksi - motor injeksi

Selanjutnya, Anda akan mulai mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada motor injeksi anda. Simak penjelasan mengenai hal tersebut sebagai berikut.

Tarikan Gas yang Tidak Stabil

tarikan gas - motor injeksi

Tarikan gas yang tidak stabil ini termasuk masalah yang sering terjadi pada sebuah kendaraan injeksi yang membuat risau. Hal ini biasanya akan mengganggu kenyamanan pengalaman berkendara Anda. Masalah ini dipengaruhi oleh tarikan gas pada kendaraan yang sering diabaikan.

Filter udara pada sebuah kendaraan adalah faktor utama yang menyebabkan tarikan gas tidak stabil. Filter yang rusak membuat mesin tidak bisa menyaring udara kotor yang masuk sehingga membuat tarikan gas menjadi tidak optimal. Hal tersebut akan membuat pembakaran pada motor injeksi Anda tidak berjalan dengan sempurna dan mesin kendaraan anda menjadi kurang bertenaga. Selain itu, pengaturan jarak renggang busi yang tidak tepat juga menjadi faktor lain tarikan gas tidak stabil.

Kendaraan Mati Mendadak

mati mendadak - motor injeksi

Masalah yang sering terjadi selanjutnya bisa disebabkan oleh mesin yang mati mendadak. Mesin yang mati mendadak dan sering terjadi walau kerap diabaikan, akan membuat kendaraan anda semakin mengalami kerusakan. Masalah utamanya, secara teknis akan berdampak pada kompresi motor yang bocor dan overheat. Meski begitu, hal tersebut juga bisa berdampak pada kerusakan mesin yang permanen.

Kompresi yang bocor tadi juga termasuk masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Faktor utamanya adalah udara kotor yang masuk secara terus menerus kedalam mesin. Akhirnya dinding piston dan dinding silinder akan mengalami penyumbatan sehingga memengaruhi mesin kendaraan yang mati mendadak.

Tak lupa dengan overheat. Masalah yang sering terjadi pada kendaraan injeksi ini harus Anda wapadai. Overheat adalah kondisi ketika mesin kendaraan sudah terlalu panas dan tetap Anda gunakan. Seharusnya pada kondisi ini, Anda harus membuat mesin kendaraan Anda istirahat sebelum dihidupkan dan digunakan kembali. Dampak buruk dari overheat tersebut akan membuat mesin injeksi lebih sering mati.

Mesin yang Tidak Bisa Dihidupkan

tak hidup - motor injeksi

Terkadang, ada masalah seperti mesin yang tidak bisa dihidupkan pada sebuah kendaraan. Masalah tersebut sering terjadi pada motor injeksi karena bahan bakar yang tercampur kotoran. Jika hal tersebut terjadi, maka akan ada saluran pemasukan yang mengalami kebocoran.

Kondisi pembakaran yang tidak berjalan secara optimal biasanya sangat dipengaruhi oleh supply bahan bakar tersebut. Jika terjadi hal tersebut, maka kendaraan injeksi menjadi sulit dihidupkan karena masalahnya akan berdampak pada kelistrikan motor. Selain itu, mesin yang susah dihidupkan bisa terjadi karena kondisi aki yang sudah buruk.

Komponen Mesin Injektor yang Rusak

komponen mesin - motor injeksi

Komponen injektor yang rusak bisa saja menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Padahal, tanpa peran dari injektor, proses injeksi pada motor tidak akan bekerja. Pemicu kerusakan ini bisa disebabkan karena kesalahan pemilihan bahan bakar.

Ketika komponen mesin ini rusak, maka akan membuat kendaraan sulit untuk menyalurkan dan juga mencapurkan antara bahan bakar dan udara. Dengan begitu, proses pembakaran pada kendaraan tidak akan optimal.

Sebaiknya Anda memilih bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi motor injeksi yang rentan oleh kotor jika proses pembakaran menggunakan bahan bakar premium. Selain itu, mesin kendaraan akan mengalami detonasi atau mesin kendaraan ngelitik cepat dan lambat sebagai dampak lainnya dari penggunaan bahan bakar yang kurang baik.

Baca Juga : Motor Yamaha Terbaru 2021 Mendatang di Indonesia

Itu tadi beberapa masalah yang sering terjadi pada sebuah motor injeksi. Dengan begitu, anda harus merawat kendaraan anda dengan baik. Anda bisa melakukan servis secara berkala agar kondisi kendaraan anda tetap prima. Usahakan untuk melakukan servis kendaraan anda di dealer resmi atau bengkel terpercaya sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here